Sinopsis
Video ini membahas tentang seorang Guru Ekonomi SMA menggunakan metode bermain peran (role play) untuk materi peran pelaku dalam kegiatan ekonomi, dimana para siswa dirangsang untuk memahami dan mengembangkan peran pelaku dalam kegiatan ekonomi dengan cara yang lebih menarik , yaitu memerankan langsung pelaku kegiatan ekonomi. Video ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan penyampaian yang menarik dan kreatif.
b. Kekuatan dan KelemahanMembuka, mengisi dan menutup pelajaran:
Kekuatan: Ketika guru menyampaikan di awal tujuan pembelajaran dan cara pembelajaran, murid sudah tertarik ketika pelajaran dibuka. Hal itu akan berdampak dengan isi materi yang dikemukakan dan guru lebih mudah memberi kesimpulan di akhir pertemuan.
Kelemahan: Eksekusi ketika metode kreatif dilakukan adalah ketika di awal pelajarna guru tidak menyampaikan tujuan dan cara mengajar yang tidak tepat, tujuan pembelajaran tidak akan diraih.
Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran:Kekuatan: Dengan menggunakan pendekatan seperti ini, siswa menjadi lebih memahami apa yang ia pelajari karena langsung dipraktekkan oleh dirinya. Hal tersebut juga memudahkan ketika dilakukan evaluasi. Siswa menyerap lebih banyak pengetahuan ketika dirinya melakukan sendiri apa yang ia sudah pelajari.
Kelemahan: Ketika siswa tidak mengerti teks kegiatan role play dengan baik, ketika bermain role play, dirinya tidak akan memahami apa yang ia perankan. Selain itu, pesan yang disampaikan juga tidak akan terserap dengan baik oleh para audiens.
Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik:Kekuatan: Ketika telah memasuki tingkat pendidikan SMA, model pembelajaran seperti ini dapat dikatakan sangat sesuai karena dalam keseharian mereka, siswa juga menjalankan hal yang sama. Hanya saja, tersimpan teori-teori tertentu ketika bermain role play di sekolah.
Kelemahan: Bagi sebagian siswa, permainan role play dirasa tidak sesuai karena dianggap kekanakan.
Kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku:Kekuatan: Kegiatan pembelajaran seperti ini sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku karena siswa banyak berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Kelemahan: Pengawasan yang kurang dari guru akan membuat materi yang disampaikan tidak sesuai dengan materi yang seharusnya diajarkan.
Auliadi Ahmad
NAMA : IKA FEBRIANTI
NIM : 042731126
PRODI : PENDIDIKAN EKONOMI
Assalamu’alaikum wr. wb
Ijin untuk berkomentar, membawakan kelas agar murid bisa mengikuti pelajaran dengan baik enjoy merupakan tugas seorang guru, guru dituntut untuk kreatif dan inovatif membuat strategi pembelajaran yang tidak membosankan, jika hanya mengandalkan metode ceramah dan power point saja murid atau siswa akan menjadi bosan dan tidak paham atas materi yang di sampaikan, padahal setiap materi yang kita sampaikan itu selalu berkaitan ke materi selanjutnya. Untuk itu dari video di atas kita dapat mengetahui bahwa metode role playing bisa digunakan untuk metode pembelajaran yang menyenangkan karena siswa langsung bermain peran memerankan diri mereka langsung sebagai pelaku ekonomi, sehingga dengan menggunakan metode role playing ini siswa akan lebih paham terhadap materi yang di sampaikan. Terimakasih
Assalamualaikum, izin berkomentar, Metode pembelajaran Role playing ini akan cocok digunakan dalam materi yang berkenaan dengan drama atau melakukan peran tertentu dan dilakukan dalam kelompok untuk memaksimalkan penggunaan metodenya sehingga tiap tiap peserta didik dapat memahami materi yang dilakukannya. Namun, penggunaan metode ini harus dalam pengawasan penuh guru agar dalam prakteknya tetap sesuai dengan materi yang diberikan. Dan diakhir pembelajaran guru diharapkan dapat membuat kesimpulan manfaat tujuan pembelajaran dengan metode ini.
Nama : Ahmad Jasuri Faiz
NIM : 045105996
PRODI : Pendidikan Ekonomi
Ijin Menanggapi dari vidio pembelajaran melalui metode Role Playing.
Kelebihan metode ini adalah melibatkan seluruh siswa untuk berpartisipasi, siswa juga memiliki kesempatan yang besar untuk memajukan sebuah pemikirannya dalam bekerja sama.
Dalam metode pembelajaran tentu ada kelebihan dan kekurangan, dengan berdasar vidio tersebut bisa saya simpulkan ada beberapa kelemahan yang bisa menjadi pertimbangan untuk melakukan metode tersebut :
1. Metode role playing memerlukan waktu yang relatif lama/panjang.
2. Banyak memerlukan kreativitas dan kreasi baik dari guru maupun siswa, dan belum tentu semua guru mempunyai kualitas tersebut.
3. Siswa sekarang banyak yang merasa malu jika ditunjuk untuk memrankan suatu adegan pembelajaran.
Maka dari itu kita sebagai guru harus benar-benar mempertimbangkan untuk menerapkan metode ini dalam sebuah pembelajaran. Terimakasih
Dari video diatas, menurut pengamatan saya adalah sebagai berikut :
Metode pembelajaran dengan role playing sangat dibutuhkan bagi siswa dalam beberapa materi tertentu. Karena dengan adanya pemeragaan baik secara individu ataupun kelompok dalam suatu materi, mereka akan belajar lebih ekstra untuk memahami tugas atau peran masing-masing.
Manfaat yang diperoleh siswa dengan adanya metode tersebut diantaranya, mendapatkan wawasan tentang nilai sikap dan persepsinya, mampu mengembangkan keterampilan dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi, serta lebih memahami materi pembelajaraan karena adanya gambaran dan perumpaan melalui peragaan tersebut.
Hal itu dapat dibuktikan setelah diadakannya metode role playing, siswa lebih mudah menangkap materi dan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Assalamualaikum Wr. Wb, mohon izin berkomentar
metode role playing atau bermain peran menurut saya cocok digunakan untuk beberapa materi pembelajaran teretentu yang memang efektif apabila menggunakan metode ini. misalkan dalam materi hubungan sosial antar sesama atau materi tentang pelaku pelaku ekonomi, para siswa dapat berperan sebagai pelaku pelaku ekonomi agar dapat mengerti dan mengetahui mana mana itu pelaku ekonomi dan apa saja tugas tugasnya, selain itu dengan metode ini siswa dapat mengembeangkan kreativitas mereka, memupuk kerjasama siswa, melatih mental, keberanian, dan kepercayaan diri siswa, dan dapat melatih siswa untuk berfikir dan memaknai apa yang sebenernya dia perankan. adapun kelemahannya antara lain kemungkinan malah dapat membuat mentalseseorang jatuh karena sedikit kesalahan akan temannya tertawakan. atau suasana akan mrusak apabila ada yang menertawakan penampilan siswa yang lain.
nama : Ratih Ayu Purwandhani
NIM : 031197674
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Assalamualaikum, izin menanggapi
metode role playing atau bermain peran bisa menjadi metode yang menyenangkan jika diterapkan di kelas, pada motede ini siswa mampu memainkan peran sebagai pelaku ekonomi dan mempraktekkannya langsung di kelas, sehingga siswa akan lebih memahami materi yang sedang dipelajari, namun metode ini pun memiliki kelemahan yaitu memerlukan waktu yang lama jika semua siswa mau bermain peran, dan tidak semua siswa mau bermain peran terkadang ada beberapa siswa yang merasa malu untuk mempraktikkannya di depan kelas dan biasanya metode ini memerlukan skenario yang sudah dihafal sebelumnya.
nama: tri hartini
nim : 043750548
prodi: Pendidikan Ekonomi
Menurut saya Metode pembelajaran dengan role playing akan dibutuhkan oleh siswa dalam beberapa materi tertentu. Misalnya materi yang berkenaan dengan drama atau melakukan peran tertentu dan dilakukan dalam kelompok untuk memaksimalkan penggunaan metodenya.
Manfaat yang diperoleh siswa dengan adanya metode tersebut diantaranya, mendapatkan wawasan tentang nilai sikap serta siswa akan mampu mengembangkan keterampilan dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi, siswa juga akan lebih memahami materi pembelajaraan karena adanya gambaran atau perumpaan melalui peragaan tersebut.
Namun perlu diingat bahwa penggunaan metode ini, harus dalam pengawasan penuh guru agar dalam prakteknya tetap sesuai dengan materi yang diberikan. Dan diakhir pembelajaran guru diharapkan dapat membuat kesimpulan manfaat tujuan pembelajaran dengan metode ini.