silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

719 Comments

  1. NAMA :Murthosiyah
    NIM :858747277
    Sangatlah bagus Mengajarkan anak anak senam tradisional yaitu kegiatan motorik kasar yang dapat mengembangkan kemampuam anak dalam berbagai aspek ,seperti seni ,motorik,sosial emosional,dan juga bahasa anak dan senam tradisional juga dapat mengenalkan budaya daerah sekitar kepada anak
    Disampinhg itu anak anak juga menjadi tidak bosan deangan senam yang biasa mereka lakukan ,anak anak menjadi lebih bersemangat dengan senam yang baru mereka kenal

  2. Nama : Nur Tri Rahayu
    Nim : 859407026

    Dalam kegiatan tersebut sudah baik dan bagus karena mengajarkan anak senam dengan musik tradisional untuk menambah kecintaan dan wawasan anak pada warisan budaya.Motorik kasar dan sosial emosional nya juga terstimulasi dengan baik.Tetapi kegiatan ini juga membosankan untuk anak yang kurang aktif.

  3. Senam sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dapat menghilangkan kebosanan dalam melakukan pembelajaran, apalagi jika pembelajaran yang dilakukan selalu monoton tentunya hal ini akan menimbulkan kebosanan pada anak. Dengan malakukan senam maka akan memberikan keriangan kepada anak, apalagi jika seorang guru dapat mengemasnya dengan pendekatan riang dan gembira. Selain melatih motorik kasar seorang anak, senam juga akan mengembalikan semangat mereka untuk melakukan pembelajaran-pembelajaran lain yang mengarah kepada aspek kognitif atau aspek lainnya.
    Maka pendapat saya tentang senam ini merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak

  4. Dalam video tersebut apa yang diterapkan oleh guru sangat menarik dan kreatif.dengan mengkombinasikan gerakan senam dengan tarian.selain itu juga dapat melatih fisik motorik kasar anak, seperti melatih keseimbangan,lincah dalam gerakan dan membuat anak lebih semangat dalam melakukan kegiatan senam yang di iringi dengan musik tradisional.

  5. Nama : SUSILANDARI
    NIM : 858741101
    S1PAUD -Universitas Terbuka Surabaya- UPBJJ Ponorogo
    Menurut pendapat saya, kegiatan dalam video tersebut merupakan suatu kegiatan yang sangat menarik. Biasanya di sekolah untuk kegiatan senam menggunakan irama senam yang biasa dilakukan anak PAUD pada umumnya. Untuk mengatasi anak supaya tidak bosan maka kita harus memberikan semangat kepada anak-anak yaitu melakukan pemanasan yang meniru dengan cara gerakan gerakan hewan misal senam pinguin, senam kupu kupu. Setelah pemanasan barulah masuk ke inti senam.
    Kegiatan senam sendiri merupakan kegiatan secara fisik terkoordinasi dalam rangka melatiih kelenturan dan kesiapan menulis, kesimbangan dan kelincahan dan juga untuk mengekspresikan diri dan berkreasi dengan gagasan dan imajinasi

  6. Nama : Dinna Rihklatus Ima Sholikhah
    NIM : 858851455
    Prodi : PGPAUD BI

    Judul Video : Melatih Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Tradisional
    Tempat ; Rumah Bintang

    Menurut saya, senam yang dilakukan seminggu sekali itu terkadang membuat anak jenuh, apalagi senam yang dilakukan hanya itu-itu saja. hal itu akan membuat anak bosan sehingga mereka menjadi malas senam dan mereka hanya mencari hal lain seperti bermain sendiri.
    Tempat yang digunakan untuk senam pada video tersebut menurut saya kurang luas. mereka jadi tidak leluasa dalam bergerak. kalau untuk senam mungkin bisa dilaksanakan di halaman bukan didepan kelas seperti itu.
    Kemudian jika anak ingin bersemangat melakuakan sesuatu, khususnya melakukan gerakan senam. ada baiknya guru yang memberikan intruksi juga harus memberikan contoh dengan semangat. memberikan contoh dengan ekspresi ceria sehingga anak – anak juga ikut semangat.
    ketika anak bosan dengan senam itu-itu saja, yang dilakukan guru sudah tepat memberikan sesuatu yang baru yaitu senam yang di padu dengan tari tradisional. tari yang diberikan membuat anak – anak merasa tertarik jadi itu membuat mereka menjadi mau ikut bergerak.
    namun untuk dingat senam tradisional yang dilakukan harus memiliki gerakan yang mudah, yang gampang diikuti oleh anak.

  7. NAMA : YULIA WAHYUNINGSIH
    NIM : 858748863

    Dari video yang saya lihat dengan judul Senam Tradisional Dengan tujuan Melatih Motorik kasar anak dan seni anak melalui kegiatan senam tradisional. Ternyata memiliki dampak yang bagus dan sangat menarik. Ketika guru mengajak anak-anak melakukan senam dengan bervariatif anak-anak sangat suka. Namun ketika kegiatan senam merupakan kegiatan rutinitas yang setiap pagi diikuti anak, terkadang anak merasa bosan bahkan tidak mau mengikuti si anak asyik dengan kegiatan yang disukai. Karena bosan mengikuti senam yang itu-itu saja. Yang dirasa sudah tidak menarik lagi. padahal Senam memiliki kompetensi dasar diatara melatih kekuatan otot tangan dan kaki, melatih kelenturan menjaga keseimbangan, bebas berekspresi, . Begitu banyak manfaat senam bagi anak. Namun minim sekali minat anak untuk mengikuti senam. Naaaaah, Dari video diatas Maka apa yang dilakukan seorang pendidik ketika menghadapi anak- anak yang sulit ikut senam. Video diatas menayangkan bagaimana cara menciptakan suasa senam yang sangat diminati dan bersemangat untuk ikut dengan melakukan senam tradisional melalui tari tradisional. Yang sangat bagus. Dan bisa dilakukan dan diterapkan di sekolah masing-masing. Misal kita orang ponorogo dapat melatih senam melalui tari tradisional dengan tari jatil, tari bujang ganong yang modern dan sangat disukai semua anak. Dengan mengajarkan anak dari tahap yang sangat mudah supaya bisa diikuti anak.

    Terima kasih.

  8. Nama : Stevanie Henny Yuniarti
    NIM : 857507406
    Jurusan : S1-Masukan Sarjana PAUD

    Gambaran singkat proses pembelajaran yang dilakukan dalam video tersebut.
    Pada video tentang “Senam Tradisional” menggambarkan bagaimana guru melakukan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak dengan kegiatan senam yang berbeda sehingga dapat membuat anak tertarik dan memotivasi anak untuk menggerakkan tubuhnya. Dalam video, selain aspek perkembangan fisik motorik, aspek perkembangan kognitif dan aspek perkembangan seni juga secara tidak langsung dikembangkan oleh guru. Melalui kegiatan ini pun, anak – anak menjadi sehat karena menggerakkan tubuhnya dengan gerakan senam dan menumbuhkan rasa cinta akan kesenian tradisional Indonesia.

    1. Pilihan video :
    a. Video : Seri Mengembangkan Kemampuan Motorik PAUD
    b. Judul : Senam Tradisional

    2. Kelebihan dan kelemahan pada video :
    a. Kelebihan dalam proses pembelajaran :
    – Guru dengan kreatif mengemas kegiatan senam yang gerakannya monoton menjadi senam yang
    gerakannya variatif yaitu “Senam Tradisional”.
    – Guru melakukan gerakan senam secara perlahan sehingga anak mudah untuk mengikutinya.
    – Guru melakukan gerakan senam yang sederhana sehingga anak mudah untuk mengikutinya.
    b. Kelemahan dalam proses pembelajaran :
    – Tempat untuk melakukan senam pada awal video yaitu di lorong kelas kurang memberikan ruang gerak
    untuk anak.
    – Pencahayaan pada lorong kelas kurang.
    – Guru kurang ekspresif and energik dalam melakukan gerakan senam, baik pada saat di lorong kelas
    maupun di dalam kelas.
    – Pengaturan posisi anak berdiri ketika senam dilakukan di dalam ruangan terlalu dekat, mengingat di
    video ruangan yang dipakai cukup besar.

    3. Pendapat saya tentang proses pembelajaran pada video “Senam Tradisional”, apa yang dilakukan guru
    dalam memberikan arahan kepada anak-anak sudah baik. Guru memilih melakukan kegiatan senam di
    area terbuka di sekolah. Guru juga melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu untuk meminimalisir
    cedera pada anak-anak saat melakukan gerakan inti. Selama melakukan kegiatan senam, guru
    memberikan arahan yang jelas dengan tempo gerakan dan gerakan sederhana yang dapat diikuti oleh
    anak. Hanya dalam melakukan gerakan senam, guru terlihat kurang ekspresif dan energik sehingga
    (mungkin) dapat membuat anak-anak juga kurang semangat. Jika guru lebih ekspresif dan energik,
    anak-anak pun secara otomatis akan ikut semangat dan biasanya anak-anak juga akan mengikuti
    ucapan guru yang melakukan gerakan sambil mengucapkan kata-kata. Misalnya, “Satu….dua….tiga”.

    Berkaitan dengan setting dalam kegiatan senam sudah tepat dilakukan di luar kelas. Anak-anak dapat
    belajar dengan suasana baru, tidak selalu berada di kelas. Hanya mungkin guru perlu mengatur posisi
    anak saat berbaris atau berdiri dan mengatur jarak satu anak dengan anak lainnya sehingga anak
    memiliki ruang gerak yang cukup. Pencahayaan perlu diperhatikan sehingga anak dapat melihat
    gerakan yang dilakukan guru dengan jelas.

    Kesesuaian proses pembelajaran dengan kompetensi (aspek perkembangan) anak yang akan dicapai :
    Melalui kegiatan “Senam Tradisional” yang dilakukan oleh guru untuk kegiatan belajar anak sudah
    sesuai terkait dengan mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak. Tidak hanya motorik
    kasar yang guru kembangkan dalam kegiatan senam ini, aspek perkembangan kognitif pada anak pun
    dikembangkan dalam kegiatan ini. Anak memperhatikan setiap gerakan yang dilakukan oleh guru
    dimana hal tersebut membutuhkan konsentrasi. Anak – anak juga belajar tentang tari tradisional yang
    ada di Indonesia yang dikemas oleh guru menjadi senam tradisional. Hal ini, juga mengembangkan
    aspek perkembangan seni pada anak yang dengan gerakan menari melalui senam.

    Demikian pendapat saya.
    Terima kasih.

  9. Nama : Koes Fatmawati wn
    Nim : 858739968
    Prodi : PG PAUD BI

    Perkembangan fisik motorik pada anak paud pada kegiatan senam adalah yang rutin dilakukan disekolah paling tidak 1 minggu sekali atau dua kali.Dalam hal ini anak adalah seorang yang suka akan hal- hal baru,yang menarik untuk diikuti.Dalam video ini menceritakan,tentang kegiatan senam anak yang kurang menarik perhatian anak yaitu melakukan senam tanpa variasi,terkesan monoton dam gerakannya hanya itu-itu saja yang diulang ulang,sehingga membuat anak jenuh dan asyik bermain.Anak suka dengan hal hal yang baru,dengan memberikan materi yang berbeda,anak pasti akan lebih antusis dalam mengikuti kegiatan senam.Senam tidak hanya modern saja namun,bisa kita kreatifitaskan dengan musik lain yaitu musik tradisional.Dengan musik tradisional ini anak akan belajar tentang hal baru.Penggunaan musik tradisional dan musik gerakan senam yang teratur dan dinamis,ternyata dapat menjadi alternatif perkembangan fisik anak.lingkungan yang mendukung yaitu ditempat-tempat yang agak luas,akan menambah gerak anak lebih leluasa.Penggunaan musik tradisional akan menambah wawasan tentang seni budaya dari daerah masing-masing.Dalam video ini sudah menunjukan perubahan yaitu mengajak anak untuk senam bersama dengan menggabungkan musik tari tradisional,dengan hal tersebut selain mengenalkan seni budaya dari daerah,anak juga lebih antusias dalam mengikuti kegiatan senam

  10. Nama : Sri Lestari
    NIM : 858164951
    PRODI : PGPAUD – BI
    POKJAR : MAGETAN

    Saya sangat tertarik dengan pembelajaran dalam video tersebut. dalam video tersebut guru memberi kegiatan pengembangan fisik motorik melalui kegiatan senam tradisional. senam tradisional mampu membangkitkan semangat anak-anak karena senam tradisional sangat jarang dilakukan di lembaga. kebanyakan senam yang dilakukan di lembaga adalah senam ceria, senam fantasi dan senam irama.
    senam tradisional yang menggabungkan senam dan tari menjadikan anak mengenal seni budaya yang dikemas dengan kegiatan senam.

Leave a Reply