silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Nama: Iney Darusalamah
Nim : 857247141
Terimakasih atas sarannya… Dengan begitu Guru jadi mempunyai cara lain agar anak anak tidak merasa bosan dengan senam yang baisa di lakukan dan bisa menggantinya dengan senam tradisional sekaligus untuk mengenalkan kepada anak agar mengetahui senam daerah
Nama: Tsalitsa
NIM: 858970404
Gagasan untuk menerapkan senam tradisional di TK ini sangat menarik dan inovatif. Dengan menggabungkan gerakan senam dan tari tradisional serta diiringi musik gamelan, kegiatan ini mampu:
– Memberikan pengalaman baru dan menarik bagi anak dalam beraktivitas fisik. – Serta memperkenalkan budaya lokal melalui gerakan dan musik tradisional.
– Mengembangkan kemampuan motorik kasar dan koordinasi tubuh dengan gerakan-gerakan yang lebih menantang
– Melatih kepekaan ritmis dan mengapresiasi kesenian tradisional sejak dini
Nama : Juju Julaeha
Nim : 859666471
Dalam video tersebut sangat bagus dalam menerapkan senam dengan menggabungkan tari tradisional dengan gerakan senam dapat menjadi alternatif
nama: zahrah raudhatul jannah
nim : 856833358
upbjj : bengkulu
judul video; senam tradisional.
dalam video disampaikan bahwa kegiatan ini diinisiasi karena kadangkala senam yang biasa dilakukan membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. video ini mengajak kita sebagai seorang guru untuk lebih kreatif dalam mengembangkan kegiatan senam yang salah satu tujuannya pengembangan kegiatan fisik motorik anak. senam tradisional menjadi salah satu opsi pilihan untuk kreasi senam yang dilakukan, senam tradisional ini dipadukan dengan memanfaatkan alunan musik tradisional sebagai irama dalam senam. hal ini juga merupakan salah satu cara guru untuk mengenalkan lagu-lagu atau alat musik daerah yang belum pernah didengar oleh anak, guru juga dapat menjadikan ini sebagai bentuk pelestarian budaya daerah, dapat pula dikembangkan menjadi seni tari kreasi yang dikembangkan dari lagu atau musik daerah. ini juga dapat menjadi salah satu bukti bahwa alat musik daerah dapat pula diaplikasikan dalam kegiatan senam yang mungkin selama ini tidak pernah ada. kreatifitas seperti ini lah yang diharapkan dapat dimiliki oleh setiap guru pendidikan anak usia dini, terus berinovasi dan mengembangkan pembelajaran untuk mencapai aspek perkembangan yang menjadi capaian.
nama: saskia putri anissa
mk: pembelajaran terpadu
judul video: senam tradisional
video ini sangat bermanfaat untuk menambah ide dalam variasi kegiatan senam, video ini juga sangat membantu guru dan sangat menginspirasi. kegiatan senam dengan menggunakan lagu tradisional juga sangat bermanfaat bagi anak usia dini untuk mengenalkan macam-macam kebudayaan yang ada di Indonesia dengan kegiatan yang menarik perhatian anak,penggunaan musik tradisional juga membuat anak tertarik pada kegiatan senam yang tadinya hanya yang selalu. video ini sangat membantu saya sebagai guru
Nama : Siti Aisyah(858530953)
video tersebut menambah wawasan saya tentang strategi pembelajaran untuk mengembangkan motorik kasar dan motorik halus dengan cara senam tradisional yang menarik dan inovatif. Dengan menggabungkan gerakan senam dan tari tradisional serta diiringi musik gamelan, kegiatan ini mampu:
1. anak mampu melakukan aktifitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan menulis,keseimbangan ,kelincahan dan melatih keberanian
2. Serta memperkenalkan budaya lokal melalui gerakan dan musik tradisional.
3. Mengembangkan kemampuan motorik kasar dan koordinasi tubuh dengan gerakan-gerakan yang lebih bervariasi
4. Melatih kepekaan ritmis dan mengapresiasi kesenian tradisional sejak dini
Nama: SAMSINAR
Nim:859412841
Saya setuju dengan apa yang disampaikan dalam video tersebut. Biasanya anak akan bosan dengan gerakan senam yang sama setiap harinya,Dengan adanya beragam variasi pada kegiatan senam diharapkan anak tidak merasa bosan menggerakkan tubuh mereka. Sehingga koorninasi antar gerakan anggota tubuh dapat terkontrol dengan baik. Saya berharap kegiatan seperti ini juga dapat dicontohkan bagi para guru di luar sana dalam melaksanakan suatu kegiatan yang bervariasi dan juga menarik demi terciptanya keselarasan pada perkembangan anak usia dini.
Nama: Sinta Zulhanifah
NIM: 857779826
Video yang menarik sebagai referensi kita dalam menciptakan kegiatan motorik anak yang tidak membosankan, anak menyukai musik dan tarian sederhana, melalui senam tradisional dapat menjadi salah satu cara meningkatkan minat anak dalam belajar sekaligus sebagai pengembangan motorik kasar dan motorik halus pada anak, dengan senam tradisional kita juga dapat mengenalkan anak mengenai seni dan budaya setempat.
Nama : Lucia indriyati
NIM : 858758546
UPBJJ UT SEMARANG
Judul : Senam Tradisional
Komentar : Dari video pembelajaran tersebut dapat kita simpulkan bahwa dengan kegiatan senam dapat meningkatkan imajinasi anak serta dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan motorik anak usia dini. Manfaat lainnya yaitu anak menjadi lebih bersemangat karena senam dapat meningkatkan keceriaan anak. Menggunakan lagu tradisional juga sangat bermanfaat bagi anak usia dini untuk mengenalkan macam-macam kebudayaan yang ada di Indonesia dengan kegiatan yang menarik .
Nama : Apriyanti
Nim : 857629708
Kegiatan senam dengan lagu yang monoton dapat membuat anak menjadi bosan dan tak bersemangat.. Melihat video pembelajaran motorik PAUD di atas menjadi kan referensi tersendiri yang dapat saya terapkan di sekolah selain melatih kemampuan motorik anak senam tradisional juga dapat menumbuhkan kecintaan anak pada tari tradisional di daerah nya