silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Nama: Rizani Rinja
NIM : 857747883
Setelah melihat video tersebut, dapat memberi inspirasi untuk melatih motorik anak dengan cara yang lebih kreatif. Dimana dengan kombinasi tarian tradisional dalam senam dapat memberikan pengalaman baru untuk anak sehingga anak akan mengikutinya.
Nama : Aluh Meri Patmawati
Nim : 859147378
Setelah melihat video yang berjudul senam tradisional.
Dapat mengenalkan senam tradisional dan gerakan yang menggabungkan senam dan tarian, ini adalah ide yang sangat kreatif dan menarik. Hal ini dapat membuat kegiatan senam menjadi lebih bervariasi dan menantang bagi anak-anak usia dini. Menggunakan unsur-unsur budaya lokal, seperti musik gamelan dan gerakan tarian tradisional, dapat membantu anak-anak mengenal dan memahami warisan budaya nenek moyang mereka sejak dini. Selain itu, kegiatan senam seperti ini tidak hanya mengembangkan keterampilan motorik kasar anak-anak, tetapi juga melatih koordinasi tubuh dan keseimbangan.
Nama:Yuni Indriyastuti
Nim :857859962
Dengan melihat vidio diatas menambah wawasan kami selaku pendidik bagaimana menciptakan kreatifitas anak dalam pengembangan fisik motorik dengan perpaduan lagu daerah dan senam
Anwargani Saputra
836860408
Senam Tradisional dapat menjadi pengembangan motorik kasar anak, dengan adanya musik yang digunakan, juga bisa menjadi penambah wawasan anak mengenai seni dan budaya serta menstimulasi aspek seni pada anak usia dini.
Nama : mai gemini
Nim :857997785
Upbjj : yogyakarta
Judul : melatih kemampuan motorik melalui senam tradisional
Reaksi anak dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah anak-anak senang dan mengikuti senam tradisional mengikuti arahan guru dan iringan musik tradisional. Hal ini merupakan alternatif pembelajaran yang perlu diterapkan oleh guru dalam pembelajaran, saat anak mulai merasa bosan karena sering melakukan kegiatan senam yang sudah sering dilakukan maka guru melakukan inovasi dengan memberikan senam tradisional yang disesuaikan dengan daerahnya masing-masing, karena anak-anak sudah mengenal iringan musik dan gerakan dari daerah nya sendiri, seperti didaerah Jawa bisa melakukan tarian jaranan dan sebagainya. Anak- anak akan tertarik dan melakukan kegiatan dengan ruang gembira. Pembelajaran yang didapat selain kemampuan motorik dalam hal seni dan budaya dapat tercapai dan berkembang.
Terimakasih.
Nama : Luluk idnawati
NIM : 858965205
menurut pendapat saya melalui senam tradisional selain melatih motorik kasar anak juga memberi pengetahuan anak tentang budaya. anak tentu akan suka dengan hal – hal yang baru. karena biasanya kita disekolah melakukan senam yang itu – itu saja yang anak – anak kebanyakan sudah hafal, setelah memberikan senam tradisional dengan menggunakan musik gamelan pasti akan membuat anak menjadi lebih bersemangat karena itu merupakan hal baru bagi anak.
Nama: Ni Putu Diana Sari
Nim: 859028991
Judul: Senam Tradisional
Yang saya alami sama dengan video di atas. Ketika diajak senam anak-anak cepat merasa bosan karena setiap minggu diulang-ulang. Sehingga saya mencari alternatif lain agar anak semangat dalam melakukan kegiatan motorik kasar. Salah satunya yang saya lakukan adalah dengan mengajak anak melalukan senam tradisional yaitu menari Bali yang paling sederhana, kebetulan saya dari Bali. Benar saja dengan gerakan yang baru anak-anak lebih antusias mengikuti gerakannnya.
Nama: Richky Putranto
NIM: 858101491
Senam traditional sangat bermanfaat bagi anak, selain mengenalkan budaya indonesia, senam traditional juga dapat mengembangkan motorik pada anak. Yang dimana anak bisa mempunyai keseimbangan yang baik dan kreatif untuk menggerakkan tubuhnya.
NAMA : ARIYANA
NIM : 859685045
Video “Senam Tradisional” cukup jelas dalam menunjukkan gerakan senam, namun kurang membahas manfaat dan sejarahnya. video bisa ditambahkan dengan pertanyaan refleksi untuk membantu siswa mengkaji ulang materi yang telah dipelajari. Durasi video bisa dipersingkat agar lebih fokus dan tidak membosankan. Bisa ditambahkan subtitle untuk membantu siswa yang kesulitan memahami audio. Video “Senam Tradisional” bisa ditambahkan musik latar yang lebih sesuai dengan tema senam tradisional. Video “Senam Tradisional” bisa ditambahkan penjelasan tentang manfaat dan sejarah senam tradisional. Video bisa ditambahkan dengan pertanyaan refleksi untuk membantu siswa mengkaji ulang materi yang telah dipelajari. Oleh karena itu, mempelajari video pembelajaran dari Portal Guru Pintar (GPO) dapat menjadi investasi yang berharga bagi guru yang ingin meningkatkan kemampuan mengajarnya dan meningkatkan peluang karirnya.
Selain itu, guru juga dapat menggunakan video-video pembelajaran dari GPO untuk membantu siswanya belajar di luar kelas. Hal ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dan meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan.
Video tersebut sangat bermanfaat ..
Dengan menerapkan metode senam tradisional sehingga anak- anak tersebut memahami berbagai teknik tentang senam.