silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

719 Comments

  1. 1. Pada video pembelajaran “melatih motorik kasar anak, pendengaran dan seni anak melalui senam
    dengan musik tradisional” yang inovatif yang dilakukan guru, anak terlihat cukup antusias dan tertarik
    karena kegiatan senam dengan lagu tradisional adalah hal baru untuk anak-anak.
    2. Kelebihan dalam video tersebut guru tidak hanya mengembangkan satu aspek perkembangan PAUD
    tetapi ada beberapa aspek seperti aspek fisik motorik aspek seni, aspek bahasa dimana anak mendengar
    lagu dan menyelaraskan dengan Gerakan senam, anak jadi lebih mengenal tentang lagu-lagu tradisional
    yang ada di Indonesia, serta sosial skill anak melatih kekompakan gerakan bersama teman-teman dan
    gurunya.
    3. Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam yang dilihat dalam tanyangan video bahwa
    guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak bisa lebih bersemangat lagi dalam melakukan
    gerakan senam, karena beberapa anak masih terlihat kurang semangat / loyo dalam mengikuti gerakan
    yang di modelkan gurunya sendiri. Pemilihan lagu tradisional yang mendayu-dayu kurang cocok untuk
    karakter anak TK yang cepat bosan
    4. Kelebihan guru dalam video tersebut bahwa adanya inovasi dalam mengajar tidak hanya membangun
    satu aspek perkembangan saja tetapi beberapa aspek perkembangan diantaranya fisik motorik, seni,
    bahasa dan sosial skill.

  2. Nama : Yunita Sari Pohan
    Nim. : 859869912
    Prodi. : PAUD

    Menurut saya mengenai video ini,arahan yang diberikan gurunya sudah bagus,karena guru bisa memberikan gerakan yang bisa meningkatkan motorik anak dan membangkitkan sebagian semangat anak,karena setiap anak mempunyai bakat yang berbeda,maka dalam hal ini guru harus memberikan gerakan yang mudah di ikuti oleh anak,karena dalam senam tradisonal ini gerakan nya bervariasi dengan gerakan tari,maka guru harus pandai menarik perhatian anak terhadap apa yang diajarkannya.

  3. Merry Yuliani
    858172174
    PGPAUD-S1

    Secara keseluruhan pembelajaran dalam video sudah sangat bagus. Tujuan pembelajaran dalam video juga tercapai yaitu mengkoordinasikan gerakan mata, kepala, tangan, dan kaki yang merupakan bagian dari pembelajaran fisik motorik. Pengembangan fisik motorik adalah pembelajaran yang sangat menyenangkan karena anak tidak dituntut untuk berpikir dan menghafal, justru anak diberikan ruang seluas – luasnya untuk bebas menggerakkan seluruh anggota tubuhnya sebagai bentuk pengekspresian diri. Masalah yang sama saya hadapi dalam pengembangan motorik kasar anak melalui kegiatan senam. Anak cenderung akan bosan jika kegiatan senam yang dilakukan menggunakan lagu dan gerakan yang sama karena setidaknya dalam satu minggu kegiatan senam akan dilakukan satu kali.

    Untuk mengatasi masalah kebosanan pada anak, lembaga kami akhirnya mengadakan pergantian jenis gerak dan lagu senam persekian minggu dengan pertimbangan apakah anak masih sangat antusias dengan gerak lagu pada kegiatan senam yang sedang berjalan saat ini. Untuk meminimalisir kebosanan anak saat mengikuti kegiatan senam maka setiap selesai sesi senam diputarkan satu lagu di mana anak bebas bergerak mengikuti irama musik. Anak cukup rileks dan terhibur karena setelah melakukan gerakan senam terkoordinir anak masih diberi kesempatan untuk bergerak bebas tanpa aturan baku.

    Pada lembaga kami belum secara maksimal memasukkan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum. Melalui video ini, kita dapat mengetahui pentingnya memasukkan unsur kebudayaan daerah dalam pembelajaran motorik pada anak usia dini. Selain mengembangkan aspek motorik, jati diri, dan sosial emosional, anak juga bertambah rasa cintanya terhadap kebudayaan terutama kebudayaan daerah yang merupakan sumber dari kebudayaan nasional. Mempelajari kebudayaan daerah salah satunya dengan praktik langsung menari yang dikombinasikan dengan senam adalah cara yang menyenangkan bagi anak usia dini. Ke depannya lembaga akan mencoba untuk mengimplementasikan unsur kebudayaan daerah melalui senam tradisional sebagai salah satu cara pengembangan fisik motorik anak di lingkungan sekolah.

  4. Nama : Chotimah Nurul Handayani
    Nim : 857163086
    Prodi : PGPAUD
    Dalam video pembelajaran senam tradisional sudah bagus, anak dapat mengkoordinasikan gerakan mata, tangan, kaki, dan jari jarinya sehingga membantu dalam perkembangan motorik halus anak. Senam dengan musik tradisional dapat mengembangkan beberapa aspek perkembangan antara lain sosial emosional, seni, dan bahasa.
    Namun dalam video ini guru kurang ekspresif dalam melakukan gerakan gerakan-gerakan senam sehingga gerakan yang diikuti oleh anak kurang maksimal dan anak terlihat seperti bosan.

  5. Nama : Ermera Hilda Hidayana
    NIM : 857191096
    Jurusan : S1 PGPAUD

    Dalam video diatas saya dapat menangkap 3 hal yang dimana sesuai dengan 3 Aspek Penunjang utama dalam pengembangan anak di bidang seni musik yaitu
    1. Pengembangan Fisik
    pada video tersebut anak akan dilatih untuk bergerak melalui alunan lagu tradisional yang dimana anak-anak antusias dalam mempelajari kebudayaan yang ada di sekitarnyan yang dimana melalui kegiatan mendengarkan lagu musik tradisional anak akan menikmati kemudian akan bergerak sesuai alunan lagu
    2. Pengembangan Aspek sosial
    Pada dasarnya anak merupakan makhluk sosial seperti manusia dewasa, kegiatan menari diatas dapat melatih anak dalam kegiatan bersama dengan teman temannya dalam bergerak bersama.
    3. Pengembangan Aspek Intlektual
    dalam kegiatan senam tradisional dii atas anak akan melatih pemahamannya dalam mendengarkan lagu tradisional daerahnya

    Sekian atas pendapat saya mengenai video diatas.

  6. Menurut pendapat saya, kegiatan senam tradisional yang ada didalam video itu sangat baik untuk menunjang pembelajaran dalam perkembangan fisik motorik kasar anak.
    Arahan yang diberikan oleh guru sudah sangat bagus . Guru memberikan contoh gerakan-gerakan yang bisa meningkatkan motorik kasar anak. Guru juga memberi semangat kepada anak dalam pembelajaraan senam tradisional.

  7. Nama : FANANI AFIFA GANDHY
    NIM :858749446
    Prodi : PDPAUD BI
    Menurut pendapat saya, kegiatan senam tradisional yang ada didalam video itu sangat baik untuk menunjang pembelajaran dalam perkembangan fisik motorik kasar anak.
    Arahan yang diberikan oleh guru sudah sangat bagus . Guru memberikan contoh gerakan-gerakan yang bisa meningkatkan motorik kasar anak. Guru juga memberi semangat kepada anak dalam pembelajaraan senam tradisional

  8. Nama : Desi Ratnasari
    NIM : 858844388
    Prodi : S1 PGPAUD AKPMM
    Judul : Mengembangkan Kemampuan Motorik Paud dengan Senam Tradisional

    Dalam video tersebut guru melakukan kegiatan evaluasi untuk melatih motorik kasar anak dengan inovasi yang lebih kreatif yaitu senam dengan iringan lagu tradisional karena asesmen sebelumnya dimana anak kurang bersemangat, tidak antusias, asyik dengan kegiatannya sendiri dan terlihat bosan dengan senam yang monoton.
    Dalam video tersebut menjelaskan hal yang harus dilakukan oleh guru dengan berpedoman pada kompetensi dasar dalam pengembangan motorik kasar anak tk adalah anak mampu melakukan berikut ini :
    1. Melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan menulis, keseimbangan kelincahan dan melatih keberanian.
    2. Meekspresikan diri dan berkreasi dgn berbagai gagasan dan imajinasi.

    Alternatif dalam pengembangan motorik halus anak Tk :
    1.Penggunaan musik tradisional dan gerakan senam dengan menggabungkan antara gerakan tari tradisional dengan gerakan senam yang teratur dan dinamis.
    2. Penggunaan musik dan gerakan tradisional akan menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional atau seni budaya dari daerah masing-masing.
    Kegiatan senam ini dapat diterapkan di TK masing-masing dengan menggunakan musik tradisional khas daerah dan gerakan senam yang di kombinasi dengan gerakan tari tradisional dari daerah masing-masing.

    Hal yang perlu di perbaiki guru dalam video tersebut adalah
    1. Guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak kurang bersemangat dalam mengikuti gerakan
    2. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru sebaiknya memilih jenis senam tradisional yang sesuai minat anak misalnya pemilihan lagu anak dan irama musik yang lebih ceria dan membangkitkan semangat, pemilihan gerakan yang mudah diikuti, meminta guru pendamping untuk berkeliling menyapa, dan membantu anak-anak yang kesulitan untuk melakukan gerakan.
    3. Ruang gerak anak sebaiknya di lakukan di halaman yang luas agar anak lebih maksimal mengekspresikan emosional dan gerakannya.

  9. Menurut saya kegiatan senam irama dengan diiringi tarian tradisional ini sangat menarik bagi anak – anak.
    Di samping untuk melatih motorik kasar anak senam ini juga bisa menambah wawasan anak – anak tentang budaya nusantara

Leave a Reply