Senam Tradisional

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.

 

Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.

Sri Tatminingsih

Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.

Tri Ekowati

Similar Posts

586 Comments

  1. Nama : jaimah
    Nim : 858298212

    Dengan melihat video diatas, membuat saya berpikir kreatif untuk menciptakan gerakan senam dengan musik Khas Banjar atau tari japin. Agar saya sendiri lebih mencintai Budaya musik tradisional dan akan mengembangkannya kepada anak didik saya.
    Sehingga mereka lebih mengenal dan mencintai budaya dengan tarian-tarian atau senam kreasi yang kami ciptakan nantinya. Sehingga mereka lebih Dini mengenal Budaya Tradisional.
    Dan pada saat kami melaksanakan kegiatan olahraga atau senam mereka semua sudah bisa mengikuti dan menerima dengan sangat bangga ataupun senang Dengan namanya Tari senam Tradisional kreasi anak Budaya Banjar.

  2. Menurut pendapat saya dengan melakukan kegiatan senam akan sangat baik untuk perkembangan motorik halus anak. Dan juga tentunya anak akan sedikit lebih rileks jika diberikan sedikit ruang untuk beraktivitas atau bergerak tidak hanya berfokus pada situasi belajar di kelas meskipun pembelajaran anak usia dini tidak, seperti anak usia sekolah dasar namun pondasi awal sebelum memasuki sekolah dasar anak membutuhkan pondasi yang kuat dan juga pengalaman yang banyak untuk kebutuhan perkembangan psikomotorik anak,kemampuan kognitif pada anak, kemampuan lainnya yang bisa di kembangkan melalui pendidikan anak usia dini. Aktivitas senam ini tentunya akan sangat melatih gerakan kecil anak dengan di iringi musik tradisional tentunya juga akan menjadikan anak lebih memahami menyimak dan mencintai apa yang ada di negara atau daerah nya, sendiri

  3. Nama : Sinta
    NIM : 857473417

    Dengan disajikannya video di porum GPO ini dapat menambah wawasan terutama untuk saya sendiri, sehingga bisa memberikan edukasi baru dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini yaitu dengan senam tradisional ini. Melalui kegiatan senam tradisional ini tidak hanya melatih motorik halus anak tetapi juga dapat mengenalkan musik dan tarian tradisional daerah pada anak dengan kegiatan yang lebih menarik. Melalui senam tradisional juga dapat meningkatkan kompetensi dasar dalam pengembangan motorik anak usia dini diantaranya:
    1. Melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan kesiapan menulis, kelincihan dan melatih keberanian.
    2. Mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi.

    1
    0
  4. Nama : Ruri Risti
    NIM : 858566269

    Senam tradisional memang sangat penting untuk dikenalkan kepada anak agar anak mengenali beberapa kesenian tradisinoal daerah dituangkan melalui gerakan sehingga anak mudah untuk menghafal dan anak akan tertarik dengan adanya senam tersebut karena senamnya berbeda pada senam-senam yang biasa mereka lakukan dengan ibu guru selain itu,dapat melatih motorik pada anak.

  5. Nama : KARYUMI
    Nim : 858194954

    Dengen senam anak dapat meningkatkan motorik kasar menciptakan anak yang aktif dan menirukan gerakan berkelompok .Guru penting memperkenalkan kesenian adat suatu daerah melalui senam dengan anak yang gampang bosen dengan gerakkan yang sama guru harus sering sering berkreasi gerakan senam di sesuaikan dengan musik dalam tema tema kreasi anak paud .

  6. Nama : Rusyana Maya Sandi
    Nim : 837272205

    Ini adalah hal baru untuk saya, memang benar hal yang dilakukan berulang akan menimbulkan rasa bosan. Mengemas kegiatan senam dengan musik tradisional tentu akan menarik bagi anak, tidak hanya gamelan saya rasa musik – musik tradisional lain dapat digunakan, seperti musik sape dari samarinda daerah saya iramanya yang mendayu bisa digunakan untuk gerakan pendinginan. Ini akan membuat anak lebih semangat untuk bergerak dan membantu guru untuk menstimulus motorik dan seni anak.

  7. Nama : Alivia Agda
    NIM: 877556768
    UPBJJ: Padang
    Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Senam Tradisional
    Menurut pendapat saya, senam tradisional kegiatan yang dilakukan pada anak TK, kegiatan ini biasanya rutin di TK 1 kali seminggu, senam tradisional untuk menambah wawasan sehingga anak-anak lebih bersemangat lagi untuk melaksanakan pembelajaran selanjutnya, senam tradisional ini dilakukan di pekarangan sekolah dan dilakukan senam tradisional pada pagi hari sebelum belajar

  8. Nama: Imas Nunik
    NIM : 859673595
    Saya mengajar di TK PGRI MULYA ASIH Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat.
    Ijin menanggapi video senam tradisional.
    Disekolah tempat saya mengajar juga setiap hari melaksanakan senam, berbagai jenis lagu dan gerakan senam sudah kami coba. Alhasil banyak anak yang tidak mengikuti kegiatan senam pagi terutama anak laki-laki. Kami para guru menyelenggarakan senam setiap hari bertujuan untuk menyalurkan energi anak yang seperti tidak ada habisnya, tetapi respon anak terhadap kegiatan tersebut ternyata kurang. Senam tradisional pun sudah pernah kami laksanakan, selain bertujuan untuk menyalurkan energi anak, juga untuk memperkenalkan lagu-lagu daerah sebagai bagian dari budaya bangsa. Tetapi cara ini hanya bertahan beberapa hari saja. Selanjutnya tetap sama. Terutama anak laki-laki yang sulit sekali fokus pada intruksi guru.
    Dalam video diatas mencontohkan penerapan senam tradisional kepada anak. Tetapi bagi saya ini hanya bertahan untuk beberapa hari saja, sehingga saya harus mencari ide lain lagi agar anak tidak mudah bosan. Senam tradisional ini juga untuk melatih seni dan motorik anak. Tetapi tidak semua anak menyukai seni. Dan masih banyak anak disekolah tempat saya mengajar yang tidak mengikuti senam, baik senam lagu enerjik atau senam lagu tradisional. Hasilnya terlihat jelas, anak yang tidak mengikuti senam biasanya anak yang kesulitan memfokuskan perhatiannya baik saat pembelajaran dikelas maupun diluar kelas. Tetapi saya paham kemampuan anak itu berbeda-beda, sehingga saya dapat beranggapan mungkin salah satu anak yang tidak mengikuti senam tidak menyukai seni tetapi menyukai permainan tradisional sebagai salah satu cara untuk mengembangkan motoriknya (contoh).

  9. Nama : Dian Ayu Paramita
    Nim : 858830666

    Dengan adanya video dari GPO ini saya mendapatkan solusi untuk masalah yang sama dimana di sekolah saya anak-anak kurang antusias dalam melakukan gerakan senam tradisional apalagi hanya dilakukan 2x dalam 1minggu, selain tidak hafal namun juga bosan jika terus diulang-ulang. karena kurang semangat ini perkembangan fisik motorik anak menjadi kurang optimal. video ini menyajikan kombinasi antara lagu jawa yang dikombinasikan dengan gerakan senam dan tarian tradisional untuk menarik minat anak. namun, langkah yang pernah saya lakukan yaitu pertama mengenalkan lagu-lagu jawa terlebih dahulu. misalnya saat pagi sebelum pembelajaran atau memutarkan musik jawa saat jam istirahat. selain itu, kita juga dapat mengenalkannya lewat video agar anak lebih tertarik. setiap minggu, lagu yang diputar juga harus berganti-ganti agar anak tidak cepat bosan.

  10. Nama: Nazifah Batubara
    Nim: 856053016
    Saya mengajar di paud/TK an nazifah Sayurmatinggi, KEC sayurmatinggi, kabupaten Tapanuli Selatan, setelah saya menonton video senam tradisional ini,
    Pengamatan saya, guru mengajar kan senam tradisional kepada anak didik, tetapi anak didik ada yang semangat dan ada juga yang kurang semangat, karena anak didik tidak dapat meniru gerak senam dari ibu guru, mungkin anak didik belum sering latihan gerakan tersebut, tetepi, anak didik begitu bersemangat untuk menirukan gerakan ibu guru nya, ibu guru sangat semangat untuk mengajarkan senam tradisional kepada anak didik nya.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://wiki.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/