silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Nama : Yanti
NIM : 856484811
Prodi : PG PAUD
Kegiatan yang dapat dilakukan dalam pengembangan motorik kasar di TK adalah melalui kegiatan senam. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara rutin di TK yaitu 1 minggu satu kali sama seperti di sekolah kami. Karena kegiatan ini merupakan kegiatan rutin, maka sering kali kegiatan ini menjadi kurang menarik dan terkesan monoton atau dianggap biasa saja oleh anak-anak, sehingga mereka menjadi tidak bersemangat dan kurang bergairah. Yang dapat dilakukan guru untuk pengembangan fisik motorik anak TK adalah melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan menulis, keseimbangan, kelincahan dan melatih keberanian serta mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi. Penggunaan musik tradisional dan gerakan senam dengan menggabungkan antara gerakan tari tradisional dengan gerakan senam yang teratur dan dinamis ternyata dapat menjadi alternatif dalam pengembangan motorik halus anak TK. Selain itu penggunaan musik dan gerakan tradisional akan menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional atau seni budaya dari daerah masing-masing. Jadi dapat dikombinasikan antara gerakan lagu tradisional dengan gerakan senam.
Nama= triyanti
Nim=857760581
Prodi =PGPAUD
menurut saya dengan cara mengajarkan anak senam dengan mengkolaborasikan tari tradisional dapat menambah wawasan anak terhadap kesenian tradisional daerahnya. Selain itu juga dapat menumbuhkan kecintaan anak terhadap warisan budaya.anak akan merasa bersemangat jika senam yang mereka lakukan tidak monoton, misalnya ya dengan cara tersebut mengkolaborasikan senam dengan tarian tradisional. Ini dapat mengasah motorik kasar dan juga sosial emosional anak.
Nama: Sairotul Khoiriyah
Nim: 857225375
Prodi: PAUD-BI SEM 3
Dengan kegiatan anak di kenalkan senam yang di kolaborasi kan dengan tari tradisional maka menambah wawasan anak tentang budaya yang ada di Indonesia ini. Anak akan lebih mengenal kembali beragai macam budaya di negara nya. Dan dapat melatih motorik kasar anak juga.
Nama : Nur Azizah
NIM : 858741498
Prodi : PG PAUD AKPMM
Judul Vidio : “Melatih motorik kasar anak dan seni anak melalui kegiatan senam tradisional”
Kegiatan tersebut adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan budaya lokal sambil membangun keterampilan fisik dan artistik anak-anak. Kegiatan senam tradisional seperti tari daerah, senam laga, atau olahraga tradisional lainnya dapat meningkatkan koordinasi, ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh anak-anak sambil membantu mereka mengembangkan rasa keterampilan artistik.
Video yang menjelaskan dan menampilkan guru sedang melatih motorik kasar anak dan seni anak melalui kegiatan senam tradisional sangat membantu dalam memperlihatkan bagaimana praktik yang telah dijelaskan sebelumnya dapat diterapkan dalam kegiatan nyata. Video tersebut memberikan gambaran yang jelas dan konkret tentang bagaimana senam tradisional dapat meningkatkan koordinasi, ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh anak-anak, serta bagaimana kegiatan ini dapat memberikan pengenalan yang menyenangkan tentang budaya dan tradisi lokal.
Selain itu, melalui video ini, guru atau instruktur juga dapat memberikan contoh terbaik tentang bagaimana memberikan bimbingan yang efektif dan terstruktur dalam melatih motorik kasar anak dan seni anak,meskipun terlihat juga anak yang bosan atau tidak terlalu tertarik dengan geragan senam tradisional dalam vidio tersebut mukin karena ada beberapa gerakan yang selalu sama atau monoton. Tetapi Hal ini dapat membantu orangtua atau pendidik lainnya untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang cara mengajar senam tradisional dan memberikan bimbingan yang efektif dan bermanfaat bagi anak-anak.
Sebagai kesimpulan, video yang menjelaskan dan menampilkan guru sedang melatih motorik kasar anak dan seni anak melalui kegiatan senam tradisional sangat bermanfaat untuk memberikan contoh konkret tentang bagaimana kegiatan ini dapat diterapkan dalam praktik, serta untuk memberikan contoh terbaik tentang cara memberikan bimbingan yang efektif dan terstruktur.
Nama : Rahma yunita sari
Nim :858741158
Gerakan tari tradisional tidak hanya untuk mengenalkan pada anak warisan budaya dalam bidang seni tari tradisional yang merupakan tarian yang berasal dari daerah masing-masing tapi juga dapat meningkatkan psikomotorik kasar dan halus dari anak-anak, di dalam video seorang guru terlihat melatih anak-anak menari dalam kegiatan tari sendiri selain bersifat untuk memperkenalkan budaya juga berperan untuk meningkatkan kecerdasan visual dan motorik anak
nama : lala nurhayati
NIM : 857495111
pendapat saya tentang video ini sangat bagus , selain mengembangkan motorik kasar pada anak , anak juga belajar mencintai seni musik tradional, dengan iringan musik yang berasal dari alat musik tradional, dari pengajaran nya juga bagus karena guru secara langsung memberikan arahan kepada anak tentang gerakan senam
Senam yang biasanya dilakukan setiap pagi dapat membuat anak jenuh, sebaiknya guru memberi jadwal senam seperti 2 kali dalam seminggu.
Senam juga bisa bervariasi tidak hanya satu itu-itu saja bisa berganti dengan senam lainnya.
Dalam Vidio tersebut guru sudah kreatif sekali. Dengan memadupadankan musik dan gerakan senam dengan lagu daerah dan tari daerah.
Ternyata dengan mengubah musik dan gerakan senam dengan musik daerah dan tari daerah tidak hanya pengembangan motorik anak saja tapi juga dapat manambah pengetahuan anak tentang Seni budaya daerahnya.
Saya sangat setuju dan ingin mencobanya
Nama : DWI NOVITA SARI
NIM : 858732016
PRODI : PG-PAUD
Menurut saya, perkembangan motorik anak memang sangat penting dan perlu untuk distimulasi untuk menumbuhkan minat anak dalam kegiatan motorik. Senam merupakan salah satu kegiatan motorik kasar anak yang sangat umum digunakan dan menarik bagi siswa, karena terdapat irama musik yang menurut mereka asyik dan menarik. Saya setuju dengan video di atas tentang pemberian tari tradisional dalam gerakan senam supaya anak-anak tidak jenuh dan bosan apabila kita memberikan materi senam yang itu-itu saja. Selain untuk melatih motorik kasar, anak juga dapat mengenal budaya negara kita yang kaya dan beragam budayanya. Sebagai seorang guru, kita memang dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mengemas pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Hal demikian agar anak bisa belajar sambil bermain dan dapat menerima pembelajaran dengan optimal.
Nama : Susi Susanti
NIM : 857607347
PRODI : PG PAUD
Menurut pendapat saya, video tentang pembelajaran senam tradisonal sangat menarik dan bermanfaat bagi anak didik. Senam yang dikolaborasikan dengan tarian tradisional dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik pada anak didik. Dengan memperkenalkan tarian dan musik tradisional kepada anak didik, selain anak didik merasa gembira, juga dapat menambahkan pengetahun tentang tarian dan musik tradisional.
Nama : Novita Ernawati
NIM : 857747013
Prodi : PGPAUD
Dalam video pembelajaran ini sangat inovatif, karena mengkombinasikan antara senam dengan tari sehingga bisa membuat anak didik merasa antusias untuk mengikutinya. Tetapi, perlu ditambahkan lagi agar guru membuka dan menutup pembelajaran. Selain itu, perlu ditambahkan lagi tentang hasil evaluasi dari keberhasilan penggabungan kedua metode ini.