silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Dengan melihat video tersebut, saya mendapat wawasan untuk perkembangan motorik kasar anak, dengan menampilkan senam tradisional anak-anak menarik dan bermanfaat untuk menambah semangat senam nya, selain itu bisa menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional, yang dikolaborasikan dengan kesenian modern jadi anak-anak tidak bosan mendengarnya, biasa nya kalau senam di sekolah yang sering didengar senam sehat ceria, senam PAUD dan dalam pelaksanaannya kalau terlalu sering, jadi banyak anak yang tidak ikutan. Dengan adanya senam ini bisa buat recomended pembelajaran motorik kasar anak.
Nama: Ai Marlina
Nim:855981606
Dengan melihat dan mendengarkan penjelasan video tersebut menambah wawasan saya untuk mengatasi masalah motorik dan seni anak di sekolah tempat saya mengajar,dengan ada nya senam menggunakan musik tradidional merupakan suatu cara yang baru untuk supaya anak tidak bosan untuk senam.
Saya juga pernah mengalami permasalahan seperti anak tidak antosias ketika pelaksanaan senam sehat setiap pagi ,anak malas untuk menggerakan tubuhnya,anak merasa bosan dengan gerakan yang sama dan musik yang sama yang setiap hari di gunakan,dengan demikin saya beserta guru” lain mencari apa penyebab anak malas untuk senam,dan ketika saya mencoba bertanya kepada anak musik atau lagu apa yang ingin di putar untuk senam dan saya mengikuti keinginan anak ternyata anak antosias untuk menggerakan tubuhnya dan semangat untuk bersenam,nah dari situ saya berkesimpulan ,dengan mengikuti keinginan anak bisa menjadi solusi agar anak mau menggerakan tubuhnya dan bersemangat untuk senam sehat setiap hari.dan didalam melihat video tadi, saya juga akan mencoba menggunakan musik tradisioanal untuk senam sehat agar anak mendapatkan musik dan gerak yang baru.
Menurut pendapat saya kegiatan senam dan tari dikolaborasi dengan musik tradisional sangat bagus,bisa menambah wawasan tentang kesenian tradisional masing-masing daerah.Dengan senam kolaborasi anak-anak lebih antusias untuk melakukan gerakan motorik kasar nya dan sosial emosionalnya terstimulasi dengan baik.
menurut saya Dalam video pembelajaran “melatih motorik kasar anak dan seni anak melalui senam dengan musik tradisional” adalah hal yang inovatif yang dilakukan guru, anak terlihat cukup antusias dan tertarik karena kegiatan senam dengan lagu tradisional adalah hal baru untuk anak-anak.
kelebihan dalam video tersebut guru tidak hanya mengembangkan satu aspek perkembangan pada anak tetapi beberapa aspek lainnya dalam satu kegiatan, yaitu aspek fisik motorik, aspek afektif karena anak akan dilatih mengekpresikan perasaannya melalu gerakan senam, aspek seni anak jadi lebih mengenal tentang lagu-lagu tradisional yang ada di Indonesia, serta aspek sosial skill anak juga dilatih kekompakan gerakan bersama teman-teman dan gurunya.
dalam video tersebut terdapat kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran. Yaitu guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak bisa lebih semangat lagi dalam melakukan gerakan senam, karena beberapa anak masih terlihat kurang ekspresif dalam mengikuti gerakan yang di modelkan guru di depannya. pemilihan lagu tradisional yang mendayu-dayu kurang cocok untuk karakter anak TK yang mudah cepat bosan.
adapun kelebihan guru dalam video tersebut yaitu inovasi dalam mengajar tidak hanya membangun satu aspek perkembangan saja tetapi beberapa aspek perkembangan (fisik motorik, seni, afektif dan sosial skill)
Dalam Video yang berjudul senam tradisional, guru sudah mampu mengajak anak-anak untuk melatih motorik kasar dengan cara senam. anak-anak untuk melakukan senam dengan iringan musik tradisional dan dengan gerakan tari-tarian. hal ini bertujuan untuk mengenalkan tari sekaligus lagu tradisional kepada anak. agar kelak budaya yang kita miliki tetap lestari.
Nama : Siti Badriyah
Nim : 858934755
Menurut pendapat saya ruang gerak anak yang digunakan guru sangatlah terbatas, sehingga anak tidak bisa bergerak aktif.
– Untuk video pembelajaran “melatih motorik kasar anak, pendengaran dan seni anak melalui senam dengan musik tradisional” yang inovatif yang dilakukan guru, anak terlihat cukup antusias dan tertarik.
– Untuk kebihan video tersebut guru tidak hanya mengembangkan satu aspek perkembangan PAUD tetapi ada beberapa aspek seperti aspek fisik motorik aspek seni, aspek bahasa dimana anak mendengar lagu dan menyelaraskan dengan Gerakan senam, anak jadi lebih mengenal tentang lagu-lagu tradisional yang ada di Indonesia.
– Untuk kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran senam yang dilihat dalam tanyangan video adalah guru kurang mengekpresikan gerakan sehingga anak bisa lebih semangat lagi dalam melakukan gerakan senam, karena beberapa anak masih terlihat kurang ekspresif dalam mengikuti gerakan yang di modelkan gurunya sendiri di depan anak didiknya .
– Untuk kelebihan guru dalam video tersebut bahwa ada inovasi dalam mengajar tidak hanya membangun satu aspek perkembangan saja tetapi beberapa aspek perkembangan diantaranya fisik motorik, seni, bahasa dan sosial.
Menurut saya, penggabungan antara senam tradisional dengan senam modern sangatlah bagus karena yang pertama anak tidaklah bosan dengan senam yang hanya itu-itu saja. Kedua menjadikan anak tau tentang tarian, musik daerah. Dan dari situ anak jadi tahu tentang budaya yang ada di negara mereka, sehingga mereka bisa menghargai bidaya dari berbagai macam daerah.
Guru berhasil mengajak anak-anak untuk melatih kemampuan motorik kasar melalui senam. Anak-anak terlihat antusias dan bersemangat mengikuti instruksi guru. Dalam video tersebut, guru memperkenalkan senam dengan menggunakan musik dan gerakan tradisional yang mengajarkan anak-anak tentang tari dan lagu khas daerah. Meskipun beberapa anak merasa bosan, guru akan berusaha agar mereka dapat melakukan gerakan yang bermanfaat untuk perkembangan motorik mereka sekaligus memperkenalkan kekayaan budaya daerah kepada mereka. Hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya daerah yang kita miliki ke depannya.
gerakan senam sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang anak, selain untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anak, senam yang dilakukan anak -anak juga sangat bermanfaat antara lain: melatih kekuatan otot, meningkatkan koordinasi, meningkatkan fleksibilitas, mengembangkan ketrampilan kognitif anak, membantu meningkatkan kedisiplinan,dll.
benar sekali bahwa terkadang anak-anak akan merasa bosan dengan kegiatan senam, salah satunya yaitu karena mereka bosan dengan gerakan senam yang monoton, sering dilakukan, sehingga kita sebagai guru hendaknya dapat mengurai kreativitas kita seperti mengganti irama dan gerakan senam yang berbeda, sehingga anak akan merasa tertantang dan lebih semangat dalam berolahraga. didalam kegiatan senam yang saya lihat tadi menurut saya cukup kreatif, didalam kegiatan tersebut terdapat gerakan lokomotor dan nonlokomotor. lebih banyaknya gerakan nonlokomotor / gerakan dengan menggerakkan anggota tubuh tapi tidak berpindah tempat.
Saya sebagai guru berpendapat bahwa mengajarkan anak senam dengan lagu tradisional memiliki banyak manfaat. Senam dengan lagu tradisional juga dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik dan koordinasi gerakan anak, serta memperkenalkan budaya lokal dan warisan budaya kepada anak-anak.
Lagu tradisional memiliki ritme yang unik dan mudah diikuti oleh anak-anak, sehingga membuat mereka senang dan termotivasi untuk berpartisipasi dalam kegiatan senam. Selain itu, lagu tradisional biasanya memiliki makna atau pesan moral yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi anak-anak.
Dalam proses pembelajaran senam dengan lagu tradisional, kita juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan gerakan dan tarian tradisional yang sesuai dengan lagu yang sedang diputar. Hal ini dapat membantu anak-anak untuk lebih mengenal budaya lokal dan meningkatkan kecintaan mereka terhadap budaya tradisional Indonesia