silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam pelaksanaan senam di beberapa TK selalu menerapkan senam yang sama seperti senam sehat ceria, senam gembira, ataupun senam fantasi melalui cerita. Kegiatan senam semacam ini kadangkala membuat anak-anak bosan dan merasa tidak tertarik atau tidak tertantang untuk mengikutinya dengan antusias. Mereka tampak enggan dan hanya akhirnya pengembangan motorik kasar para siswa dapat menjadi kurang optimal. Berdasarkan hal tersebut maka dalam program video ini akan disajikan mengenai kegiatan senam tradisional, yaitu kegiatan senam dengan menggunakan musik iringan berirama gamelan dengan gerakan-gerakan yang dikombinasikan antara senam dan gerakan tari secara umum.
Bagaimana pendapat Anda setelah menyaksikan program video ini? Apakah Anda mempunyai masalah yang sama namun sudah berhasil menemukan solusi dari permasalahan yang Anda hadapi terkait dengan bagaimana melatih motorik kasar dan seni melalui kegiatan senam. Dapatkah Anda menuangkan buah pikiran dalam kolom yang disediakan di bawah ini? Dengan Anda membagi pengalaman sejenis dengan tayangan program video ini, secara tidak langsung Anda telah membantu rekan sejawat guru yang memiliki masalah serupa.
Sri Tatminingsih
–
–
Dalam tanyangan video tersebut, belum terlihat secara jelas bagaimana
guru membuka dan menutup pembelajaran. Saat mengisi pembelajaran sudah
cukup jelas. Dalam video juga sudah tercakup penggunaan strategi
(berorientasi pada anak), pendekatan, metode dan media, namun untuk
penggunaan evaluasi belum terlihat jelas. Materi pembelajaran juga sudah
sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik (anak mampu melakukan
gerakan mata, tangan, kaki, kepala secara terkoordinasi dalam menirukan
berbagai gerakan yang teratur) dan ini juga terdapat dalam kurikulum
yang berlaku.
Tri Ekowati
Nama Dita septia
NIM :856258055
pokja : Pariaman ,Sumatera barat
Judul : Senam tradisional
Nana pengembang video :Sri Tatminingsih
lokasi : Halaman sekolah dan kelas
kelompok :TK
Ringkasan meteri
Apa yang dilakukan guru anak tidak asik dalam senam ?
yang dilakukan guru adalah membuat gerakan -gerakan yang bermacam- macam setiap harinya dan musik yang berbeda -beda membuat anak menjadi penasaran dan menyenangkan, mengunakan musik dan alat musik tradisional seperti talempong kombinasi kan gerakan tari piring dan musik moderen dalam gerakan senam dapat membuat anak semangat .
kegiatan senam adalah kegiatan melatih motorik anak dalam iringan musik
anak dapat menggerakkan tubuhnya dengan senang dengan gerakan – gerakan yang diciptakanmdari binatang -binatang contohnya kupu- kupu, monyet ,pinguin agar anak semakin tertarik dengan senam .
musik tradisional adalah musik daerah yang telah ada pada dahulunya .
jadi kalau anak diajarkan senam dengan kombinasi musik daerah menciptakan anak mengenal warisan budayanya yang telah di wariskan secara turun temurun .
Nama : Dian Rosita
NIM : 857154062
UPBJJ : UT Jakarta
Pokjar : Pekayon Bekasi
Judul Video : Senam tradisional
Nana pengembang video :Sri Tatminingsih
Bismillah
Menurut pendapat saya Dalam video pembelajaran tersebut guru sudah mampu mengajak anak-anak untuk melatih motorik kasar dengan cara melalui senam dengan musik tradisional. anak-anak untuk melakukan senam dengan iringan musik tradisional dan dengan gerakan tari-tarian, dengan menggunakan musik dan gerakan tradisional bertujuan untuk mengenalkan tari sekaligus lagu tradisional daerah Indonesia kepada anak agar budaya yang kita miliki tetap lestari. Biasanya anak-anak senam dengan senam ceria yang sudah sering mereka lakukan dan itu akan membuat anak bosan dengan gerakannya, dengan dilakukannya senam menggunakan lagu daerah anak-anak terlihat cukup antusias dan tertarik dengan hal baru itu. Seorang guru tidak hanya mengembangkan satu aspek perkembangan pada anak tetapi beberapa aspek lainnya dalam satu kegiatan, yaitu aspek fisik motorik, aspek afektif karena anak akan dilatih mengekpresikan perasaannya melalu gerakan senam, aspek seni anak jadi lebih mengenal tentang lagu-lagu tradisional yang ada di Indonesia, serta aspek sosial skill anak juga dilatih kekompakan gerakan bersama teman-teman dan gurunya.
Saran dari saya untuk tempat anak-anak senam alangkah baiknya dengan ruang yang lebih luas sehingga anak lebih leluasa mengikuti setiap gerakannya.
Menurut saya penggabungan antara senam tradisional dengan senam modern sangatlah bagus karena yang pertama anak tidaklah bosan dengan senam yang itu-itu saja. Kedua menjadikan anak tau tentang tarian dan musik daerah. Dan dari situ anak tau tentang budaya yang ada di negara mereka, sehingga mereka bisa menghargai budaya dari berbagai macam daerah
Nama :ita angga arvita
Nim : 858720004
Menurut saya dalam vidio di atas yaitu tentang senam tradisional yang dilakukan guru kepada anak-anak sudah bagus karena dimana guru melatih anak-anak untuk melakukan gerakan motorik kasar sehingga anak-anak menjadi lentur dan tidak kaku.Gerakan senam tersebut juga dapat melatih anak menjadi berani dan dapat berimajinasi.Anak -anak juga sangat senam dalam vidio tersebut mereka menari bersama -sama dengan teman dan ibu guru.
Nama :ita angga arvita
Nim : 858720004
Menurut saya dalam vidio di atas yaitu tentang senam tradisional yang dilakukan guru kepada anak-anak sudah cukup bagus akan tetapi guru dalam vidio tersebut harus melakukan gerakan senam dengan lebih berenergik lagi, karena dimana guru melatih anak-anak untuk melakukan gerakan motorik kasar sehingga anak-anak menjadi bersemangat dan senang saat melakukannya.Dalam senam kita harus mempunyai gerakan gerakan yang mudah untuk anak ,agar anak mudah untuk menirukan kita.
Nama : MUHADLIROTUL ANISA
NIM : 858736432
Prodi : PGPAUD
Menurut saya memang kegiatan senam mungkin membosankan bagi beberapa anak, terutama bagi mereka yang kurang aktif. Dalam hal tersebut sebagai guru harus bisa memotivasi dan membuat anak agar motorik anak dapat berkembang dnegan baik. Salah satunya seperti yang telah ditayangkan dalam video tersebut telah memberi gerakan yang variatif dengan senam tradisional yang diiringi dengan music gamelan, sehingga menjadikan anak yang melihatkanya akan tertarik untuk mengikutinya. Selain itu juga dapat menganalkan kepada anak akan kebudayaan tradisional Indonesia.
Nama: umi musfita kumulasari
Nim:858170844
Prodi: PGPAUD
Menanggapi video diatas,guru sudah memberikan contoh bagi anak” agar anak tetap semangat dalam melakukan gerakan senam. Akan tetapi senam yang diulang-ulang beberapa kali membuat anak menjadi bosan dan monoton. Adapun kompetensi dasar pengembangan motorik pada anak TK adalah
a. Melakukan aktifitas fisik secara terkoordinasi dalam kegiatan kelenturan, persiapan menulis dan kelincahan anak.
b. Mengekspresikan diri dan berkreasi dengan gagasan dan imajinasi.
Maka dengan itu pengunaan musik tradisional dan senam menggabungkan antara gerakan tradisional dan gerakan teratur yang dinamis ternyata dapat menjadi alternatif pengembangan pada anak. Penggunaaan musik tradisional dan gerakan akan menambah wawasan kesenian tradisional dari budaya masing”
Nama : ROSMAWATI
Nim : 857232958
Prodi : PGPAUD BI
Menurut pendapat saya dalam vidio yg berjudul senam tradisional.
Gerakan dan musik nya Menggabungkan antara senam sehat dan gerakan – gerakan tarian tradisional, sangat unik dan merupakan hal yang baru bagi anak anak. Ini merupakan suatu inovasi yg baru buat anak anak, karena anak itu menyukai hal yang baru.
Dengan mengenalkan musik dan gerakan tarian tradisional kepada anak d harapkan anak akan menambah wawasan kecintaan terhadap budaya dan tradisi dan mengenalkan tradisi dan budaya yang ada di sekitarnya.
NAMA : NANI MAR’ATUS SHOLIHAH
NIM : 858166536
PRODI : S1 PGPAUD ( BI)
UPBJJ : UT SURABAYA
Assalamualaikum Wr Wb..
Izin menanggapi diskusi GPO pada video microteaching ” Seri Mengembangkan Kemampuan Motorik PAUD” ” senam tradisional”
Oleh : Sri Tatminingsih
Judul ” Senam Tradisional ”
Tema : Melatih MOtorik Kasar Anak dan Seni Anak Melalui Kegiatan Senam Tradisional
Pada video microteaching tersebut saya mendapatkan ilmu baru , bahwa untuk menumbuhkan rasa semangat anak, sebagai pendidik harus berinovasi membuat kreasi senam yang berbeda sehingga anak-anak tidak merasa bosan.
Video tersebut awalnya menceritakan sikap anak yang merasa bosan dengan senam yang biasa dilakukan sehari-hari. Melihat kondisi tersebut guru dalam video tersebut langsung menanggapi dan memberikan stimulasi baru dengan menggabungkan gerakan senam dengan tari tradisional, hal itu terbukti anak-anak dalam video tersebut sangat antusias.
Penggunakan musik tradisional dan gerakan senam degan gabungan antara gerakan tari tradisional dan gerakan senam yang teratur dan dinamis ternyata dapat menjadi alternatif dalam pengembangan motorik halus anak TK, selain itu pengguaan musik dan gerakan tradisional akan menambah wawasan anak tentang kesenian tradisional atau seni budaya.
Kita sebagai pendidik dapat mengkombinasikan gerakan senam dan tari daerah masing-masing.
Dalam kompetensi dasar pengembangan fisik motorik anak TK adalah :
1. Melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan menulis keseimbangan, kelincahan, dan melatih keberanian.
2. Mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan dan imajinasi.
Dalam kegiatan pembelajaran kami di sekolah juga pernah mengalami hal yang sama, saat melakukan kegiatan senam dengan musik yang sama dan sering dilakukan , yang terjadi adalah anak-anak bosan, selanjutnya kami merubah dengan memberikan gerakan senam dan musik yang berbeda. Anak-anak sangat antusias dan bergerak riang gembira.
Untuk musik senam kami merubah setiap 2 kali dalam seminggu dengan musik dan gerakan yang berbeda.
Kami menyesuakian musik untuk masa perkembangan anak usia dini, sekaligus kami menyesuaikan tema dengan kegiatan senam.
Demikian tanggapan saya. Terima kasih , Wassalamualaikum wr wb
izin berkomentar, menurut saya video pembelajaran Paud mengenai pembelajaran Motorik kasar dengan judul Senam tradisional merupakan suatu kegiatan yang baik di terapkan di Pendidikan ANak usia Dini sebab senam merupakan kegiatan yang baik untuk perkembangan motorik kasar anak. otot besar anak akan terpakai dengan optimal melalui gerakan senam . adapun dengan senam tradisional yang di angkat disini yang dipakai agar anak menjadi tidak bosan karena senam yang diajarkan dengan musik biasa untuk senam ceria dll. menurut saya juga baik. ada beberapa kebaikan mengajarkan anak dengan senam tradisional ini. anak jadi memeliki suasana senam dengan irama yang dan suasana yang baru, anak juga mengenal musik tradisional bahkan bila senam ini dilakukan dengan menggunakan langsung alat musik tradisional , ini akan menjadikan anak mendapat pengetahuan tentang jenis alat musik tradisional salah satunya seperti gamelan. namun kekurangan pada video ini. di lihatkan bahwa guru terlalu memberikan contoh gerakan yang sedikit sulit untuk diikuti anak dan juga terlalu banyak variasi gerakan yang membuat anak anak tidak kompak.
demikian komentar dari saya. terimakasih