silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.

Vera Maya Santi, M,Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga cepot.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu bilangan positip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kiri.

Guru dalam memberikan contoh pengurangan bilangan 5 – 9 = … dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak cepat paham.

Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan pengurangan bilangan 3 – (-5) = …. dengan peraga cepot dapat melakukan dengan langkah yang cepat dan benar.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa akan lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran sudah terlihat jelas.

Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media/alat evaluasi pembelajaran sudah sesuai.

Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

65 Comments

  1. Si cepot dan model balok dapat memperhatikan pembelajaran bilangan bulat dengan baik, guru juga dapat menjelaskan pembelajaran dengan baik dan menarik, sehingga pembelajaran dpat berjalan dengan baik dan lancar, dan materi dapat dipahami oleh siswa dengan baik

  2. Nama : Winda Suweztika
    NIM : 857763143
    Prodi : S1 PGSD BI
    Berdasarkan video pembelajaran mengenai konsep penyelesaian bilangan bulat, menurut saya ada beberapa kelemahan dan kelebihan:
    kelebihan ;
    1. Sudah menggunakan alat peraga
    2. Sudah mengreview pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini
    3. Menyertakan keaktifan beberapa murid

    Kelemahan;
    1. Belum memberikan pendahuluan dan penutup di sesi pembelajaran
    2. Tidak menggunakan metode dan media yang bervariasi
    3. Guru tidak mengecek pemahaman siswa
    4. Pembelajaran bersifat guru lebih aktif dan murid pasif
    5. Guru tidak memberikan kesempatan feedback bagi murid

  3. NAMA: AMANDA PUTRI RAHAYU NINGSIH
    NIM: 858696987
    PRODI : PGSD
    UPBJJ UT SURABAYA

    Berdasarkan video diatas, dalam menyampaikan materi sangat jelas bagi peserta didik dengan menggunakan metode yang menarik untuk siswa. Metode Si Cepot sangat tepat untuk pembelajaran matematika siswa SD, sehingga siswa tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran Matematika. Pada video tersebut, guru juga telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju kedepan (demonstrasi) sehingga dapat melatih rasa percaya diri siswa.
    Hanya saja pada video tersebut, guru memulai pembelajaran tanpa berdoa, serta tidak memberikan motivasi dan tujuan belajar. guru juga terlalu serius dalam mengajar, terlalu monoton sehingga siswa akan merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung lama, serta tidak ada kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan.

  4. Nama : ERRY KURNIATI
    NIM : 856946801
    POKJAR : MENGGALA/UPBJJ-BANDAR LAMPUNG
    Tanggapan saya terhadap video pembelajaran tersebut guru menggunakan media pembelajaran yang sangat unik dan menarik perhatian siswa. Dari media itupun siswa dapat mengenal budaya Indonesia, pembelajaran juga menjadi menarik dan sebelum memberikan penjelasan, guru mengingatkan kembali tentang pembelajaran sebelumnya.
    Tetapi dalam pembelajaran yang berlangsung guru memberikan penjelasan terlalu cepat, guru hanya menggunakan satu metode yang kebanyakan berpusat pada guru sehingga siswa terlihat pasif dan hanya beberapa siswa yang aktif. Masih Banyak hal yang belum dilakukan guru seperti pendahuluan dalam pembelajaran dan tidak memberikan kesimpulan atas pembelajaran yang berlangsung hari ini.

  5. Nama : Achmad Afandi
    NIM : 858732435
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : UT Surabaya

    Bagi kebanyakan siswa, mata pelajaran matematika masih dianggap pelajaran yang paling sulit. Hal tersebut dikarenakan konsep-konsep matematika bersifat abstrak, sedangkan bagi siswa sekolah dasar cara berpikirnya masih bersifat konkret. Ditambah lagi penyampaian guru dalam pembelajaran matematika dengan cara yang tidak menarik dan membosankan. Seperti halnya mengajarkan konsep pengurangan bilangan bulat, apabila dengan metode ceramah saja akan membuat siswa menjadi bosan dan bingung dengan konsepnya.
    Salah satu alternatif solusi agar pembelajaran matematika bisa berjalan dengan baik dan benar adalah menggunakan media pembelajaran berupa benda-benda konkret. Seperti halnya pada video di atas menggunakan si cepot untuk mempermudah menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat kepada siswa.

  6. Nama: Julia Khoirun Nisa
    NIM: 858747087
    Prodi: PGSD-BI
    Pokjar: Putra Bangsa Jombang

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Saya akan menyampaikan pendapat mengenai video yang sudah saya lihat di atas.
    Identifikasi Masalah
    Masalah yang terjadi di kelas yaitu para siswa yang kurang tertarik dengan media pembelajaran yang dibawa oleh guru. Beberapa siswa terlihat kurang antusias dalam mendengarkan penjelasan guru dengan media pembelajaran tersebut.

    Kelebihan dari Pembelajaran di atas
    a.Media pembelajaran menarik.
    b. Penjelasan materi yang disampaikan guru jelas.
    c. Beberapa siswa terlihat antusias.

    Analisis Penyebab masalah
    a.Kurangnya kegiatan pembuka (apersepsi) yang dilakukan oleh guru
    b. Kurangnya keterlibatan siswa di dalam kelas sehingga suasana menjadi monoton dan beberapa siswa terlihat tidak tertarik dengan penjelasan guru.
    c. Media pembelajaran menarik tetapi guru kurang aktif dalam memanfaatkan media tersebut untuk menarik minat siswa.
    d. kurangnya kegiatan penutup yang dilakukan guru sehingga tidak ada recalling dalam materi pembelajaran tersebut.

    Pemecahan Masalah
    a.Menambah kegiatan pembuka agar membangun interaksi dengan siswa.
    b. Meningkatkan interaksi guru dengan siswa.
    c. Lebih aktif melibatkan siswa menggunakan media pembelajaran tersebut.
    d. Menambah kegiatan penutup agar siswa mampu menyerap apa yang sudah diajarkan oleh guru.

  7. nama : nurjanah
    nim : 856573093
    prodi : S1-PGSD

    Upaya saya seharusnya guru melakukan langkah pembelajaran bagian pendahuluan dan penutupan dilakukan dengan tepat sehingga pembelajaran tersebut jadi lebih tersusun. dalam pembelajaran ini siswa mudah memahami dengan pembelajaran bilangan bulat .metode guru yang di gunakan sangat asik sehingga anak cepat memahami materi tersebut dan guru juga menggunakan alat peraga sehingga anak tersebut tidak bosan dengan pembelajaran yang di kasih guru

  8. Nama EKO MARIYADI Pokjar Jenggawah UPBJJ JEMBER
    Menurut saya Pada pembelajaran ini,guru seharusnya melakukan kegiatan pembukaan kurang baik, guru langsung melakukan apersepsi dengan mengingatkan siswa balok dengan model sicepot. Seharusnya guru memberikan sapaan kepada siswanya dan
    Pembelajaran matematika menjadi lebih menarik bagi siswa karena menggunakan media berupa balok dan sicepot,dengan bantuan sicepot konsep pengurangan dan penjumlahan menjadi lebih cepat difahami. Guru juga melakukan interaksi seperti tanya jawab,meminta siswa maju sendiri di depan, dan melakukan latihan soal kepada siswanya secara langsung dan Guru sudah sangat menguasai kelas dan juga keterampilan sebagai seorang pengajar. Secara keseluruhan pembelajaran yang dilakukan menarik hanya saja diakhir pembelajaran guru tidak menyimpulkan pembelajaran. Dan seharusnya memberikan penjelasan kembali kepada siswanya. Supaya lebih paham apa yang disampaikan di pembelajaran nya.

  9. Nur Indah Sari Tanjung
    835278454
    Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat.
    Menurut pendapat saya, mata pelajaran matematika masih dianggap pelajaran yang paling sulit, karena matematika mas8h bersifat abstrak sedangkan untuk sekolah dasar cara berfikirnya masih banyak bersifat konkret, untuk penyampaian guru dalam pembelajaran matematika dengan cara yang tidak menarik dan membosankan.
    kelebihannya
    Menyertakan keaktifan beberapa murid
    mengreview pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran hari ini.
    sudah menggunakan alat peraga.
    kekurangannya
    Kelemahan;
    1. Belum memberikan pendahuluan dan penutup di sesi pembelajaran
    2. Tidak menggunakan metode dan media yang bervariasi
    3. Guru tidak mengecek pemahaman siswa
    4. Pembelajaran bersifat guru lebih aktif dan murid pasif
    5. Guru tidak memberikan kesempatan feedback bagi murid.

  10. Nama : Kasmini Suci Rahayu
    NIM : 858735992
    Program Studi : PGSD BI
    Pokjar: Lamongan
    UBJJ: Surabaya
    Dari video yang saya amati di atas, dalam pembelajaran ini terdapat kelebihan dan kekurangan.

    Adapun kelebihannya antara lain :
    1. Pada kegiatan awal pembelajaran guru sudah melakukan apersepsi dan mengaitkan materi sebelumnya, dengan tujuan mengingatkan kembali materi tersebut sehingga materi yang lama dapat tersambung atau terkait kembali dengan materi yang akan disampaikan.
    2. Guru sudah menggunakan media yang tepat sehingga dapat menarik perhatian siswa serta meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa dapat memahami konsep pengurangan bilangan bulat yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit dan mudah dipahami.
    3. Guru sudah melalukan interaksi yang baik yaitu dengan memberikan umpan berupa pertanyaan untuk membangkitkan peran aktif siswa di dalam kelas. hal ini menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
    4.Guru sudah menngunakan metode pembelajaran yang tepat untuk menarik perhatian dan motivasi belajar siswa, yaitu metode demonstrasi,
    5. Guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa secara langsung untuk mendemontrasikan atau memprakatekkan media pembelajaran ke depan kelas seingga siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran.
    6. Si cepot dan model balok dapat memperhatikan pembelajaran bilangan bulat dengan baik, guru juga dapat menjelaskan pembelajaran dengan baik dan menarik, sehingga pembelajaran dpat berjalan dengan baik dan lancar, dan materi dapat dipahami oleh siswa dengan baik.

    Adapun kekurangannya sebagai berikut:
    1. Kegiatan pembuka yang belum menghadirkan semangat belajar, seperti icebreaking yang harus berkaitan dengan bilangan bulat.
    2. Saat kegiatan pembelajaran berlangsung masih terlihat kaku, karena guru seolah-olah merasa semua siswa sudah paham. Alangkah baiknya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya bagian mana yang belum paham. Karena terkadang ada siswa yang perlu penjelasan berulang untuk memahami suatu konsep.
    3. Saat kegiatan pembelajaran, guru hanya memberikan kesempatan kepada satu siswa untuk mendemontrasikan media pembelajaran ke depan kelas. Alangkah baiknya, guru memberikan kesempatan tersebut lebih dari satu siswa. Agar suasana kelas lebih interaktif dan dapat membangkitkan rasa percaya diri siswa yang lainnya,
    4. Kegiatan penutup pembelajaran kurang, yaitu belum ada kesimpulan mengenai materi tersebut. Tetapi guru langsung memberikan latihan soal. Sebaiknya guru memberikan sebuah penekanan berupa kesimpulan konsep pengurangan bilangan bulat.
    Secara keseluruhan kegiatan pembelajaran pada video ini, guru sudah menerapkan pembelajaran aktif, menyenangkan, dan bermakna. Karena guru sudah menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat pada siswa. Terlihat suasana kelas yang tertib dan kondusif.

Leave a Reply