silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.

Vera Maya Santi, M,Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga cepot.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu bilangan positip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kiri.

Guru dalam memberikan contoh pengurangan bilangan 5 – 9 = … dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak cepat paham.

Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan pengurangan bilangan 3 – (-5) = …. dengan peraga cepot dapat melakukan dengan langkah yang cepat dan benar.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa akan lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran sudah terlihat jelas.

Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media/alat evaluasi pembelajaran sudah sesuai.

Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

65 Comments

  1. Nama : Yuyun trisnawati
    Nim : 856982736
    Pokjar: Bumiratunuban
    Upbjj : Bandar Lampung

    Setelah melihat video di atas menurut saya menggunakan metode alat pembelajaran di atas sangat bagus membuat siswa jadi lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, dan adanya metode pembelajaran membuat lebih di mengerti oleh siswa. Menjadikan siswa jadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran interaksi antara guru dan siswa sangat baik

  2. Nama : Ati Hartati
    NIM : 857384446
    Pokjar : Bogor Selatan
    Dalam Video tersebut sudah bagus menggunakan media, sehingga membuat anak tertarik dan antusias juga menyenangkan bagi siswa, dan tidak membosankan, tetapi pada waktu mulai pembelajaran mungkin tidak langsung kemateri melainkan anak diberi penyegaran dulu seperti ice breaking dan mereview pembelajaran yang sudah dipelajari.

  3. Nama Okeh Kristina Noviyanti
    Nim 856472365
    Pokjar Dumai
    Prodi S1 – PGSD

    Izin menjawab, dalam video tersebut pembukaannya tidak diawali dengan doa.
    kekurangan dalam video:
    kurangnya memberi kesempatan kepada semua siswa untuk mencoba alat peraga supaya masing-masing siswa lebih faham dan cepat ingat jika memperagakan sendiri-sendiri.
    Tidak terlihat persepsi serta motivasi belajarnya.

  4. Nama. : Lastria Elisabet tamba
    Nim. : 856058079
    Alamat. : Labuhan batu
    Setelah saya melihat vidio sicepot membantu menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat sangat bagus dan sangat membantu sekali sehingga terlihat anak2 memperhatikan dengan baik dan muda menangkap sehingga mereka memahami dan mengerti cara mengerjakan dengan benar.sehingga terlihat sangat membantu anak2.trimakasih sekian menurut tanggapan saya.

  5. Nama : Yuli Ayunda
    Nim : 855856789

    Dalam vidio” Si Cepot membantu menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat” guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan dengan model si Cepot dalam pembelajaran konsep pengurangan bilangan.Guru menggunakan metode ini supaya pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan peserta didik dapat lebih paham mengenai materi yang diajarkan.

  6. Nama : Muhammad Ali
    NIM : 858071106

    Berdasarkan video yang telah saya diamati, pendapat saya mengenai video tersebut adalah :
    Kelebihan:
    1. Suasana di kelas sudah tertib dan kondusif untuk memulai pelajaran
    2. Media pelajaran yang digunakan sudah menarik dan berkaitan dengan budaya bangsa Indonesia itu sendiri yaitu Si Cepot sang wayang
    3. Penjelasan yang telah diberikan guru sudah jelas dan mudah dimengerti oleh siswa
    4. Adanya umpan balik dari guru kepada siswa seperti pertanyaan
    5. Guru memberikan kesempatan kepada siswa agar berpartisipasi aktif dalam pembelajaran dikelas
    6. Guru sudah memberikan sebuah apresiasi kepada siswa yang mau maju kedepan berupa tepuk tangan

    Kekurangan di dalam video tersebut adalah :
    1. Diawal pembelajaran guru seharusnya memberikan motivasi terlebih dahulu kepada siswa, mengapa harus mempelajari pengurangan bilangan bulat. Misalnya, dengan kita mempelajari bilangan bulat, kita dapat menentukan selisih atau jarak yang ada pada kehidupan sehari-hari.
    2. Pembelajaran bersifat kaku karena yang terlihat aktif didalam video adalah guru saja
    3. Guru hanya memberikan kesempatan maju kedepan untuk satu siswa saja, sedangkan yang lain tidak diberikan kesempatan
    4. Diakhir pembelajaran, guru belum membimbing siswa untuk menyimpulkan mengenai tentang operasi pengurangan bilangan bulat

  7. Mohon ijin berkomentar. Dari video Seri Pembelajaran SD “Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat” yang disajikan, hal menarik yang bisa saya amati adalah penggunaan alat peraga yang dipakai oleh guru. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik. Secara media sudah sangat menarik bagi siswa, namun ekspresi yang ditunjukkan guru mungkin kurang ramah dan bersemangat.

    Saran saya untuk video tersebut, sebaiknya guru selain menggunakan strategi media pembelajaran yang menarik, guru juga mengimbangi dengan ekspresi dan cara penyampaian yang menyenangkan pula. Terima kasih.

  8. Nama: Arindiya
    NIM: 501200653
    Setelah saya menyimak video tersebut, saya berpendapat bahwa alat peraga si cepot dalam pengurangan bilangan bulat sudah sangat baik dan mudah untuk dipahami, tetapi tidak semua peserta didik dapat mencobanya secara langsung. Alangkah baiknya jika alat peraga tersebut dapat dimodifikasi agar seluruh peserta didik dapat mencobanya secara langsung. Misalnya boneka si cepot diganti dengan kertas yang bergambarkan si cepot dengan ukuran yang lebih kecil agar dapat di gunakan di garis bilangan yang terdapat di buku tulis peserta didik, sehingga setiap peserta didik mendapatkan pengalaman secara langsung menggunakan alat peraga tersebut.

  9. Nama : Zenitri Indriani
    Nim : 857454986

    Menurut pendapat saya, saya bisa meniru cara guru bagaimana menjelaskan tentang oprasi bilangan bulat, oprasi bilangan bulat ada penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Dalam menjelaskan ibu guru tersebut sangat jelas dan dimengerti untuk ditiru dalam pembelajaran dikelas .

  10. Nama: Evi Dyah Puspadini
    NIM : 877966517
    Kelebihan:
    • Suasana dalam pembelajaran berjalan dengan baik dan tertib diikuti oleh seluruh peserta didik dengan tertib. Meskipun ada beberapa anak laki-laki dibelakang yang sempat ramai sendiri kemudian sudah diingatkan untuk konsentrasi kembali.
    • Metode pembelajaran dan strategi pembelajaran juga terkonsep dan menarik peserta didik serta menjadi lebih mudah dipahami siswa.
    • Media dan model pembelajaran juga merupakan inovasi terbaru, sehingga sangat bisa menumbuhkan keingintahuan dan minat peserta didik serta lebih mudah dipahami peserta didik dengan bantuan alat peraga dalam pembelajaran matematika.
    • Materi dijelaskan dengan jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik serta penyampaian tidak terlalu cepat.
    • Terjadi interaksi antara peserta didik dan guru. Hal ini bagian terpenting dalam suatu proses pembelajaran.
    • Guru memerdekakan murid dengan tidak menunjuk siswa melainkan memberikan kesempatan siswa bertanya sesuai keinginan serta memberi apresiasi bagi siswa yang berani maju.

    Kekurangan :
    • Tujuan pembelajaran belum disampaikan di awal pembelajaran. Hal ini sangat penting dalam tahapan metode pembelajaran.
    • Pada awal pembelajaran murid langsung diajak ke materi, sebaiknya peserta didik diajak untuk sedikit mereview materi lalu terlebih dahulu.
    • Agar siswa semakin bersemangat sebaiknya pada awal kegiatan diberikan motivasi, kuis ringan yang memantik pengetahuan peserta didik. Hal ini tidak hanya menguntungkan peserta didik namun juga menguntungkan guru karena dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta didik.
    • Interaksi yang dilakukan anatara guru dan peserta didik kurang meskipun sudah ada dan terjadi interaksi. Pada saat menjelaskan di papan tulis tentang langkah Si Cepot maka sebaiknya guru mengajak siswa untuk ikut menghitung sehingga siswa ikut berperan aktif.
    • Jika di awal diiberikan tujuan, motivasi, kuis ringan untuk memantik semangat dan pengetahuan siswa maka diakhir pembelajaran juga alangkah lebih baik jika guru membimbing siswa untuk bersama-sama melakukan refleksi terkait kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari itu, baik dari segi materi, penyampaian materi, metode ajar, media pembelajaran. Hal ini dilakukan bertujuan agar nantinya guru dapat memperbaiki proses pembelajaran berikutnya yang lebih baik, menarik, inovatif dan tentunya efisien.

Leave a Reply