silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik.

Vera Maya Santi, M,Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan alat peraga cepot.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang bilangan bulat pada garis bilangan sudah benar, yaitu bilangan positip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kanan, sedangkan bilangan negatip dari posisi bilangan 0 (nol) ke arah kiri.

Guru dalam memberikan contoh pengurangan bilangan 5 – 9 = … dengan peraga cepot dan garis bilangan bulat sudah benar dan bagus, sehingga anak-anak cepat paham.

Selanjutnya guru menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan pengurangan bilangan 3 – (-5) = …. dengan peraga cepot dapat melakukan dengan langkah yang cepat dan benar.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa akan lebih mudah memahami konsep pengurangan pada bilangan bulat, sehingga siswa dapat membuktikan konsep tersebut melalui garis bilangan dengan benar.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup pembelajaran sudah terlihat jelas.

Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media/alat evaluasi pembelajaran sudah sesuai.

Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

65 Comments

  1. Nama : Evi Dyah Puspadini
    NIM : 877966517
    Kelebihan:
    • Suasana dalam pembelajaran berjalan dengan baik dan tertib diikuti oleh seluruh peserta didik dengan tertib. Meskipun ada beberapa anak laki-laki dibelakang yang sempat ramai sendiri kemudian sudah diingatkan untuk konsentrasi kembali.
    • Metode pembelajaran dan strategi pembelajaran juga terkonsep dan menarik peserta didik serta menjadi lebih mudah dipahami siswa.
    • Media dan model pembelajaran juga merupakan inovasi terbaru, sehingga sangat bisa menumbuhkan keingintahuan dan minat peserta didik serta lebih mudah dipahami peserta didik dengan bantuan alat peraga dalam pembelajaran matematika.
    • Materi dijelaskan dengan jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik serta penyampaian tidak terlalu cepat.
    • Terjadi interaksi antara peserta didik dan guru. Hal ini bagian terpenting dalam suatu proses pembelajaran.
    • Guru memerdekakan murid dengan tidak menunjuk siswa melainkan memberikan kesempatan siswa bertanya sesuai keinginan serta memberi apresiasi bagi siswa yang berani maju.
    Kekurangan :
    • Tujuan pembelajaran belum disampaikan di awal pembelajaran. Hal ini sangat penting dalam tahapan metode pembelajaran.
    • Pada awal pembelajaran murid langsung diajak ke materi, sebaiknya peserta didik diajak untuk sedikit mereview materi lalu terlebih dahulu.
    • Agar siswa semakin bersemangat sebaiknya pada awal kegiatan diberikan motivasi, kuis ringan yang memantik pengetahuan peserta didik. Hal ini tidak hanya menguntungkan peserta didik namun juga menguntungkan guru karena dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta didik.
    • Interaksi yang dilakukan anatara guru dan peserta didik kurang meskipun sudah ada dan terjadi interaksi. Pada saat menjelaskan di papan tulis tentang langkah Si Cepot maka sebaiknya guru mengajak siswa untuk ikut menghitung sehingga siswa ikut berperan aktif.
    • Jika di awal diiberikan tujuan, motivasi, kuis ringan untuk memantik semangat dan pengetahuan siswa maka diakhir pembelajaran juga alangkah lebih baik jika guru membimbing siswa untuk bersama-sama melakukan refleksi terkait kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari itu, baik dari segi materi, penyampaian materi, metode ajar, media pembelajaran. Hal ini dilakukan bertujuan agar nantinya guru dapat memperbaiki proses pembelajaran berikutnya yang lebih baik, menarik, inovatif dan tentunya efisien.

  2. Nama : Julaeha Silfiany
    NIM : 859520647

    Vidionya sangat membatu dan menginspirasi. Terima kasih atas ilmunya

  3. Nama IBEZISOKHI HALAWA
    Nim : 855836232
    Semester : 8
    Pokjar Idanogawo
    Kab. Nias

    Menurut saya dalam video diatas, sangat membantu menanamkan konsep pengurangan bilangan bulat kepada siswa, dengan menggunakan alat peraga balok garis bilangan dengan model si Cepot dalam pembelajaran konsep pengurangan bilangan.Pendidik harus menggunakan metode ini supaya pembelajaran matematika menjadi lebih menarik kepada peserta didik dan dapat lebih paham mengenai pelajaran yang diajarkan.
    Trimakasih.

  4. Nama : Sapina Nasution
    Nim. : 878249142
    Pokjar: Labuhanbatu Selatan
    Setelah menonton video diatas saya, tanggapan saya terhadap video pembelajaran tersebut guru menggunakan media pembelajaran yang sangat unik dan menarik perhatian siswa. Dari media itupun siswa dapat mengenal budaya Indonesia, pembelajaran juga menjadi menarik dan sebelum memberikan penjelasan, guru mengingatkan kembali tentang pembelajaran sebelumnya.

  5. Nama : Dewi Hasibuan
    Nim. : 878248853
    Pokjar : Labuhanbatu selatan
    Setelah menonton video di atas , tanggapan saya terhadap video pembelajaran tersebut guru menggunakan media pembelajaran yang sangat unik dan menarik perhatian siswa.dari media itu pun siswa dapat mengenal budaya Indonesia, pembelajaran juga menarik dan sebelum memberikan penjelasan guru mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya.

  6. Nama :Amelia Dewinta Br Tarigan
    NIM :878248821
    Pokjar : Binjai

    Menurut saya dari hasil video tersebut adalah guru menjelaskan tentang bilangan bulat menggunakan alat peraga sicepot dan guru menjelaskan dengan sangat jelas dan dikelas para murid juga tenang dan suasannya dikelas kondusiv sehingga semua sisa terlibat dalam pelajaran

  7. Menurut saya pembelajaran matematika yang ada di video sangat menarik karena menggunakan media yang tentunya siswa akan tertarik .
    Tetapi terdapat kekurangan dalam video ini , menurut saya penyampaian materi terlalu kaku dan monoton sehingga siswa sepertinya tidak bersemangat ketika pembelajaran berlangsung.
    Dan alangkah baiknya di awal diberi pertanyaan pertanyaan pemantik agar siswa semangat belajar materi yang akan dipelajari.

  8. Nama : Apriliana Endah Haryanti
    NIM : 857655506

    Izin menanggapi video “Si Cepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat”

    1. Sinopsis
    Ditulis secara ringkas dan mewakili isi video.

    2. Kekuatan
    – Mengawali pembelajaran dengan salam dan sapa.
    – Sebelum masuk materi inti, dikaitkan dengan pembelajaran sebelumnya yakni penggunaan garis bilangan pada penjumlahan bilangan bulat.
    – Menggunakan alat peraga Si Cepot sehingga dapat menarik perhatian murid dan murid lebih mudah memahami konsep pengurangan bilangan bulat.
    – Penjelasan guru sangat mudah dipahami.
    – Murid terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.
    – Guru memberikan umpan balik dan apresiasi sehingga dapat memotivasi murid.

    3. Kelemahan
    – Guru hanya memberikan 1 contoh soal saja dan 1 soal untuk dikerjakan murid sehingga murid belum bisa membuat kesimpulan.

    4. Solusi
    – Sebaiknya guru memberikan contoh minimal 3 soal, barulah murid bisa membuat kesimpulan.

    Demikian yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

  9. NAMA: EVI SYAHFITRI
    NIM : 855835065
    KELEBIHAN DARI VIDEO PEMBELAJARAN :
    1. Kegiatan pembelajaran didalam kelas tersebut sangat berjalan dengan baik walaupun ada beberapa peserta didik yang sedang asik dengan dunianya sendiri. tetapi pada akhirnya guru tersebut menegur peserta didik untuk fokus dalam memahami materi.
    2. Metode pembelajaran dan strategi pembelajaran juga sangat menarik perhatian peserta didik serta menjadi lebih mudah dipahami siswa.
    3. Media dan model pembelajarannya juga sangat menarik sehinggga bisa menumbuhkan keingintahuan peserta didik dalam memahami pembelajaran matematika
    4. Materi dijelaskan dengan jelas dan mudah dipahami oleh peserta didik.5. Adanya interaksi antara peserta didik dan guru. Hal ini bagian terpenting dalam suatu proses pembelajaran.
    5. Guru menunjuk siswa untuk memberikan kesempatan siswa bertanya sesuai keinginan serta memberi apresiasi bagi siswa yang berani maju.
    KEKURANGAN DARI VIDEO PEMBELAJARAN
    :
    1. Tujuan pembelajaran belum disampaikan di awal pembelajaran.
    2. Pada awal pembelajaran peserta didik langsung diajak ke materi, sebaiknya peserta didik diajak untuk sedikit mengingat dan menjelaskan materi lalu terlebih dahulu.
    3. Agar siswa semakin bersemangat sebaiknya pada awal kegiatan diberikan motivasi, seperti ice breaking bernyanyi ataupun bergerak memutar tangan untuk membuat perseta didik lebih fokus dan bersemangat lagi dalam belajar.

  10. Nama : Cindi aprila
    Nim : 855867656
    Semester : 8

    Menurut saya pemahaman konsep dengan menggunakan Sicepot sebagai alat peraga sudah bagus dan dalam menjelaskan materi nya mudah dimengerti , Akan tetapi sebaiknya dalam memulai awal pembelajaran dapat melakukan kegiatan kegiatan yang dapat mencairkan suasana agar anak anak yang mengikuti pembelajaran dapat fokus saat guru menjelaskan materinya.

Leave a Reply