silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Sistem pembayaran ini berkaitan dengan kegiatan pemindahan sejumlah nilai uang dari satu pihak ke pihak lainnya. Apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran? Apakah peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran? Bagaimana penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia? Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini.
Untuk itu dalam video ini akan dijelaskan tentang apa yang dimaksud sistem pembayaran, bagaimana peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran, bagaimana penyelenggaraan sistem pembayaran nontunai oleh Bank Indonesia, dengan menggunakan Problem Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang penggunaan instrumen sistem pembayaran tunai atau nontunai. Lalu mereka akan berdiskusi dengan menggunakan alat pembayaran tunai atau nontunai, dan pada akhirnya mereka akan membuat analisis sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan membahas alat pembayaran.
Selamat menyaksikan
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
- Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak memahami sistem pembayaran tunai dan nontunai ?
- Apakah PBL yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk mengenalkan sistem pembayaran kepada siswa
- Tahapan apa dalam Problem Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran sangat aktif karena guru mengajak siswa menyampaikan pemikiran mereka terhadap materi.
2. Kelemahan mungkin lebih baik jika di tambah kan slide vidio mengenai cara pembayaran menggunakan uang di gital atau non tunai.
3. Kelebihan pembelajaran ini menggunakan metode diskusi kelompok sehingga siswa lebih aktif dan membangun kerja sama antar siswa.
4. Hal unik nya ketika guru mengajak siswa untuk bermain game tepuk tangan supaya siswa semangat dalam pembelajaran.
5. Solusi saya mungkin kedepannya bisa mencoba metode pembelajaran yang lain yang lebih meningkatkan pemikiran kritis siswa. Terimakasih
1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran sangat aktif karena guru menstimulasi siswa berpendapat dari pemikiran mereka terhadap materi.
2. cara lain yang harus dilakukan oleh guru lebih baik jika di tambah kan slide vidio mengenai cara pembayaran menggunakan uang kartal maupun giral
3. YA, PBL yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif karena menggunakan metode diskusi kelompok sehingga siswa lebih aktif dan merangsang berpikir kritis antar siswa.
4. belum maksimal, pada tahapan presentasi per kelompok tidak ada kritikan atau sanggahan maupun tanya jawab kepada kelompok yang sedang mempresentasikan materi sehingga lebih meningkatkan pemikiran kritis siswa.