silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : FAJRIE YOSI
NIM : 858611959
Prodi : S1 – PGSD
UPBJJ : TARAKAN
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar / PDGK4209
Seri : Pembelajaran Matematika SD
Judul Video : Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, saya menganalisis bahwa terdapat kekurangan di awal video, yaitu :
– Pada awal pembelajaran, Tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika. Sehingga kelas menjadi gaduh yang menyebabkan siswa tidak dapat dengan mudah menangkap materi pembelajaran yang diajarkan
– Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
– Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
– Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut terlihat pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan sebelumnya tidak ada siswa yang mengingatnya.
Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya dan metodenya, yakni :
– Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
– Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika.
Dari video tersebut menurut saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah guru harus menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan melibat siswa dalam pembelajaran tersebut seperti diskusi, tanya jawab, melakukan percobaan, dan lain – lain.
Jangan lupa juga untuk memberi ice breaking agar siswa tidak bosan saat belajar. Setelah itu dalam akhir pembelajaran jangan lupa bagi guru merefleksi siswa untuk meninjau pemahaman siswa dengan memberi beberapa pertanyaan kepada siswa untuk memastikan bahwa para siswa sudah benar-benar paham terhadap materi yang disampaikan khusunya materi yang mengandung rumus seperti pada video yaitu rumus bangun datar.
Nama : Asmah
Nim : 858611966
Assalamualaikum Wr Wb
Mohon maaf sebelumnya
Izin menanggapi Video pembelajaran diatas
Setelah saya menyaksikan dan mengamati video pembelajaran diatas menurut saya dari video pembelajaran diatas guru tersebut tidak membuka pelajaran seperti mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar, menertibkan siswa, menyapa siswa dengan semangat, mengisi daftar hadir, Menerangkan Materi dan Hal-hal yang Terkait Sebelumnya, memberikan motifasi kepada siswa, menarik perahatian siswa sehingga di awal pembelajaran siswa hanya bercanda, dan tidak fokus untuk belajar, menyebabkan pembelajaran menjadi tidak efektif dan kundusif. Pada saat mengajar guru tersebut menggunakan metode ceramah dimana metode ceramah terkesan monoton sehingga siswa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Metode ceramah yang membuat siswa merasa bosan sehingga siswa tidak tertarik untuk terlibat dalam pembelajaran tersebut.
Disisi lain guru tersebut menyadari bahwa metode mengajar yang dilakukannya hanya membuat siswa merasa bosan sehingga guru tersebut mengganti metode mengajar dengan menggunakan media kertas karton yang sudah disiapkan oleh guru tersebut yang sudah dituliskan rumus-rumus matematika yang akan dinyanyikan bersama-sama dengan menggunakan nada burung kaka tua. Dengan mengajak siswa menyanyikan rumus matematika yang nadanya menggunakan burung kakak tua pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dibawakan oleh guru tersebut suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan kelas dapat dikontrol oleh guru tersebut sehingga kelas menjadi lebih kondusif. selain itu dengan menyanyikan lagu rumus matematika dengan menggunakan nada burung kakak tua siswa dapat dengan mudah menghafal rumus matematika tersebut.
Sekian dari saya terima kasih sukses dan sehat selalu untuk kita semua
Nama : Debora Saragih
NIM : 859877751
Prodi : PGSD
Pokjar : Medan, Sumatera Utara
Komentar saya setelah menyaksikan vidio pembelajaran di atas, vidio tersebut mempunyai beberapa kekurangan ddan kelebihan. Kekurangan vidio tersebut adalah :
1. Di awal pembelajaran, guru belum bisa mengondisikan kelas agar tenang dan siap menerima pelajaran. Guru hanya menanyakan pelajaran yang diterima minggu lalu, sehingga masih banyak siswa yang ramai dan tiadk memperhatikan guru, tidak fokus, ribut dan tidak semangat. Guru juga kurang memperhatikan siswa dan hanya fokus ceramah dan tidak ada ice breaking.
2. Guru tidak memotivasi siswa dan tidak mengidupkan susana kelas.
3. Rumus bangun ruang masih menjadi hal yang sulit di pahami oleh siswa, terlihat siswa tidak semangat mengikuti pembelajaran.
Kelebihan dari vidio di atas,
1. Guru sigap, dengan cepat mengubah metode belajar. Dari konvensional menjadi bernyanyi. Dengan cara bernyanyi bersama, merubah lirik lagu dengan rumus bangun ruang. Dengan bernyanyi, siswa mulai enjoy mengikuti pelajaran dan memperhatikan guru
2. Guru berhasil memusatkan perhatian anak, sehingga kegiatan belajar kondusif.
Nama : Riska Umi Nurjanah
Nim : 856970566
Program Studi : S1-PGSD
Setelah menonton tayangan video yang disajikan, saya dapat menganalisis beberapa poin dari video tersebut yang dituangkan dalam pertanyaan serta jawaban berikut ini.
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Pada awal kegiatan pembelajaran terlihat bahwa siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika tepatnya pada materi menghafal rumus matematika pada bangun datar. Hal ini disebabakan karena beberapa faktor yaitu :
1) Guru kurang pandai dalam menarik perhatian siswa sehingganya siswa ketika diajak berkomunikasi oleh guru kurang memperhatikan malah ribut sendiri.
2) Pembelajaran yang diajarkan guru monoton, artinya kurang diminati siswa mengingat bahwa pembelajaran matematika termasuk ke dalam pembelajaran yang sulit.
Namun, setelah guru menyadari permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tersebut, guru mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi burung kakak tua yang liriknya diganti dengan rumus macam-macam luas bangun datar. Mendengar hal itu siswa merasa lebih semangat dan bergairah dalam belajar sehingga mengakibatkan siswa mudah untuk menghafal rumus luas bangun datar.
2. Secara Keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan Pembelajaran?
Setelah menganalisis video tersebut, ditemukan beberapa kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran lebih tepatnya di awal kegiatan pembelajaran. Berikut diuraikan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
1) Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Pengetahuan kemampuan awal siswa diperlukan oleh guru untuk menetapkan strategi mengajar, bahkan untuk mengajukan pertanyaan pun diperlukan pemahaman tentang kemampuan awal siswa. Dengan memahami kemampuan awal siswa ini guru dapat membantu siswa memperlancar proses pembelajaran yang dilakukan dan memperkecil peluang kesulitan yang dihadapi siswa. hal ini terlihat di mana guru memberikan pertanyaan siswa apa rumus luas bangun datar, dan masih ingat atau tidak, kemudian siswa menjawab tidak. itu berarti guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa.
2) Pemilihan metode mengajar yang kurang tepat. Di awal pembelajaran guru menggunakan metode ceramah yang mana metode tersebut memang benar merupakan metode yang sering digunakan. Namun, seharusnya guru juga melihat tujuan dari pembelajaran itu apakah sesuai apabila menggunakan metode ceramah. Alhasil siswa tidak paham dengan apa yang diajarkan oleh guru tersebut dan sibuk dengan urusannya sendiri.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Setelah dianalisis guru tersebut memiliki kelebihan yaitu sabar, ulet dan tidak putus asa dalam mengajarkan pembelajaran matematika terhadap siswanya. Selain dari pada itu, guru tersebut pun tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di kelas. Ketanggapannya tersebut dituangkan dengan mengubah strategi pembelajaran dengan metode bernyanyi untuk menghafal rumus matematika. Alhasil dari perubahan strategi pembelajaran tersebut siswa mudah untuk memahami dan menghafal.
4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Keunikan yang terjadi dalam pembelajaran tersebut adalah guru tetap santai tetapi serius dalam pembelajaran, walaupun dengan catatan guru tersebut mengajar pembelajaran matematika yang identik dengan guru yang galak. Selain itu guru juga mampu memecahkan suasana kelas menjadi menyenangkan dengan bernyanyi padahal sebelumnya kondisi kelas tersebut sangat gaduh.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya, guru dapat melakukan evaluasi. Evaluasi ini berguna bagi guru untuk mengetahui seberapa besar kefektifan pembelajaran yang dilakukannya. Evaluasi itu dapat dilakukan dengan merancang RPP sesuai dengan karakteristik siswa serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dengan kita mengevaluasi berarti kita tahu apa yang harus diperbaiki dalam pembelajaran selanjutnya yang tertuang dalam RPP. Misal penggunaan Alat Peraga, Strategi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, dan Media apa saja yang perlu digunakan. Sehingga, ketika waktu pembelajaran itu tiba guru sudah siap dan kemungkinan besar tidak ada kendala yang terjadi.
Demikian hasil analisis saya mengenai video yang berjudul “ Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika”. Sekian terima kasih.
Nama : Yunike Selviana
NIM : 856982886
Prodi : S1 PGSD
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada awalnya terlihat tidak tertarik, namun ketika guru memberikan metode belajar yang baru. Siswa terlihat antusias mengikuti pelajaran.
2. Menurut saya secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran terlihat dari saat guru memulai pembelajaran. Guru kurang menguasai kegiatan pendahuluan jadi siswa kurang semangat. Kemudian kurangnya interaksi yang terjadi antara guru dan murid sehingga kelas terkesan pasif.
3. Menurut saya, secara keseluruhan kelebihan guru tersebut adalah motivasi untuk mencoba metode pengajaran yang baru, dengan tidak mendikte dan membuat anak menghafalkan rumus dengan lebih menyenangkan.
4. Menurut saya, hal unik yang saya temukan adalah perubahan antusiasme dan perhatian siswa. Pada awalnya siswa tidak tertarik dan tidak antusias dalam belajar, tetapi ketika guru membawa metode pembeajaran yang baru. Siswa terlihat antusias
5. Upaya yang dapat dilakukan untukmengatasi kesulitan siswa menurut saya adalah dengan menggunakan media pembelajaran tentang pembelajran terkait. contohnya, ketika materi bangun datar guru menyiapkan media pembelajaran berupa bangun datar yang akan dipelajari dengan menggunakan kertas karton lengkap dengan rumus yang diperlukan.
Nama : Gabriela Chika Alpania
NIM : 858413571
Prodi : S1-PGSD
berdasarkan video pembelajaran diatas saya menyimpulkan:
1. diawal pembelajaran terlihat guru kurang menguasai kelas, yang mana siswa masih terlihat belum siap untuk belajar, perhatian dan konsentrasi siswa belum sepenuhnya terkumpul.
2. masuk pada kegiatan inti terlihat siswa tidak bersemangat untuk menghafal rumus yang diberikan, namun setelah guru mengganti strategi pembelajaran dengan bernyanyi sambil menghafal rumus semua siswa terlihat senang dan mengikuti instruksi guru dengan baik.
3. sebagai guru tentu saja sudah terbiasa untuk menghadapi masalah seperti pada video , disinilah peran guru kita digunakan, bagaimana sikap dan kreatifitas kita digunakan jika siswa belum memahami pembelajaran yang sedang berlangsung, entah dengan mengganti strategi, metode, atau media yang kita gunakan.
Nama : TABIS TRI GULO
Nim : 856021249
Dari hasil analisa saya terkait dalam video tersebut sudah jelas memperlihatkan tidak suka akan mata pelajaran matematika tersebut di karenakan kesulitan dalam rumus, sehingga menyebabkan siswa ribut dan seakan tidak mau belajar namun untuk itu perlu adanya tips dalam memulai pembelajaran yaitu adakan suatu sapaan yang membuat siswa tenang terlebih dahulu dan terhibur sehingga tidak kaku dalam konsentrasi tentang adanya rumus.
Nah dalam mengatasi hal tersebut betul dalam video dengan adanya mengubah rumusnya jadi nyanyian sehingga siswa tak secara langsung menghafal rumusnya itu.
Selain dari itu juga harus ada juga tips dalam mengerjakan atau menggunakan rumus itu.
Terima kasih…
Nama : TABIS TRI GULO
Nim : 856021249
Dari hasil analisa saya terkait dalam video tersebut sudah jelas memperlihatkan siswa tidak suka akan mata pelajaran matematika pada saat dimulai di karenakan kesulitan dalam rumus, sehingga menyebabkan siswa ribut dan seakan tidak mau belajar namun untuk itu perlu adanya tips dalam memulai pembelajaran yaitu adakan suatu sapaan yang membuat siswa tenang terlebih dahulu dan terhibur bisa berupa permainan atau hal yang menyenangkan sehingga tidak kaku dalam konsentrasi tentang adanya rumus apalagi kalau pembelajarannya sudah mulai siang itu sudah betul membuat siswa tidak fokus lagi.
Nah dalam mengatasi hal tersebut betul dalam video dengan adanya mengubah rumusnya jadi nyanyian sehingga siswa tak secara langsung menghafal rumusnya itu.
Selain dari itu juga, harus ada juga tips dalam mengerjakan atau menggunakan rumus itu.
Terima kasih…
Nama: Atika Zulfitri
Nim: 856943569
Dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru diatas mendapatkan respon yang kurang baik dari siswa. Siswa kurang semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar pelajaran matematika.
• Secara keseluruhan terdapat kelemahan dari guru, dimana pada awal pembelajaran guru tidak dapat mengkondisikan siswanya untuk siap mengikuti pembelajaran, sehingga kelas terlihat tidak kondusif.
• Terdapat kelebihan dari guru dimana guru dapat berinovasi menyampaikan materi pembelajaran dengan cara mengubah syair lagu burung kakak tua yang sering didengar anak-anak menjadi rumus bangun datar sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam menghafalnya.
• Tedapat beberapa hal unik yang saya temukan dapam pembelajaran tersebut, dengan kreatifitas guru yang mengubah lirik burung kakak tua menjadi rumus bangun datar mendapat respon yang positif dan dampak positif dari siswa, sehingga siswa memnjadi kondusif dan mereka menjadi mudah untuk menghafal rumus bangun datar.
• Pada awal pembelajaran guru seharusnya memberikan motivasi dan semangat kepada siswa. Selain itu dalam pembelajaran matematika guru seyogyanya melakukan kegiatan utama seperti penanaman konsep dasar dan proses pemahaman materi.
Nama : YOSSI MUSTIKA
NIM : 856944467
Prodi : S1 PGSD
Pokjar: Sidomulyo
Menurut saya dari video tersebut mempunyai Kelebihan dan Kekurangan,
Kelebihan dari video tersebut yaitu :
Guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang disukai peserta didik, melalui strategi tersebut peserta didik akan lebih cepat memahami Rumus Luas Bangun Datar.
Kekurangan pada video tersebut yaitu :
Pada sesi pembukaan guru tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu sehingga banyak peserta didik yang bercanda, dan sibuk dengan kegiatan masing-masing, sehingga suasana kelas tidak kondusif. Selain itu kekurangan pada video tersebut yaitu guru tidak memperhatikan peserta didik dalam keseriusan belajar.