silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama: SITI UMAEROH
Nim: 857669909
UPBJJ: Semarang, Jawa Tengah
Setelah menyimak tayangan video tersebut, tanggapan saya yaitu sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika, hal tersebut mengakibatkan ketika guru menjelaskan rumus luas bangun datar, siswa terlihat bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran tersebut. Namun, berbeda ketika guru menggunakan strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang sering didengar oleh mereka, dengan mengubah syairnya menggunakan luas bangun datar.
Dengan begitu anak” mudah mengingat rumus dengan cara dinyayikan
Nama : VEBY EKA LESTARI
NIM : 858750838
UPBJJ POKJAR PITALOKA SURABAYA
MAHASISWA PGSD – BI SMT 2
Selamat Pagi
Setelah melihat dan memperhatikan video terrsebut menurut saya hal yang dilakukan pak guru sudah sangat bagus serta pak guru memiliki upaya untuk mengajak siswa menyukai pembelajaran matematika. pak guru memiliki cara yang mudah dipahami sehingga siswa menjadi lebih mudah mengingat dan menghapa rumus matematika. dari segi siswa menghapal rumus dengan cara menyanyi adalah mudah di lakukan dan diingat siswa juga lebih leluasa menerima materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar yang diberikan guru menjadi lebih meningkat. dari segi guru memberikan peningkatan materi siswa. dalam hal seperti ini guru perlu memiliki cara dan kemampuan untuk memudahkan siswa menerima materi. sehingga matematika menjadi pelajaran yang mudah di terima dan mengasyikan bagi siswa.
Pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran.
Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran
dengan berpakaian rapi, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan
siswa untuk mencoba Siswa siswi dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Pada video tayangan guru mencoba alternatif metode pelajaran lain yaitu dengan
lagu untuk menghafal rumus matematika yang mampu membangkitkan semangat
belajar siswa
Penggunaan strategi sudah cukup baik, suasana kelas menjadi aktif kreatif dan
menyenangkan
Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang
melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
Pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran.
Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran
dengan berpakaian rapi, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan
siswa untuk mencoba Siswa siswi dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Pada video tayangan guru mencoba alternatif metode pelajaran lain yaitu dengan
lagu dan bernyanyi untuk menghafal rumus matematika yang mampu membangkitkan semangat
belajar siswa sehingga siwa secara tidak langsung sudah menghapal rumus tersebut
Penggunaan strategi sudah cukup baik dan bagus, suasana kelas menjadi aktif kreatif dan
menyenangkan
Dalam membuka, menyampaikan dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang
melibatkan siswa dalam menyampaikan materi sehingga anak-anak kurang aktif dalam proses pembelajaran
NAMA : DORTI SITUMORANG
NIM : 859871632
UPBJJ : MEDAN
Pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian rapi, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba Siswa siswi dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Pada video tayangan guru mencoba alternatif metode pelajaran lain yaitu dengan lagu untuk menghafal rumus matematika yang mampu membangkitkan semangat belajar siswa Penggunaan strategi sudah cukup baik, suasana kelas menjadi aktif kreatif dan menyenangkan Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi
Nama : Ayu Safitri
NIM :856024212
UPBJJ : Medan
Pokjar : Labusel
Setelah menonton video tersebut menurut saya pada awal pembelajaran guru kurang melakukan kegiatan pembukaan, seharusnya guru bisa mengajak siswa untuk melakukan ice breaking agar fokus siswa lebih terarah lagi.
Kemudian, untuk upaya yang dilakukan guru tersebut dengan cara mengajak siswa untuk bernyanyi dalam menghafal rumus matematika sangat baik, dan cocok untuk ditiru para guru sekolah dasar, khususnya dalam mengajarkan pelajaran matematika.
Nama : Ayu Safitri
NIM :856024212
UPBJJ : Medan
Pokjar : Labusel
Setelah menonton video tersebut menurut saya pada awal pembelajaran guru kurang melakukan kegiatan pembukaan, seharusnya guru bisa mengajak siswa untuk melakukan ice breaking agar fokus siswa lebih terarah lagi.
Kemudian, untuk upaya yang dilakukan guru tersebut dengan cara mengajak siswa untuk bernyanyi dalam menghafal rumus matematika sangat baik, dan cocok untuk ditiru para guru sekolah dasar, khususnya dalam mengajarkan pelajaran matematika.
Nama : Fitrotus Sa’diyah
NIM : 858913221
UPBJJ : UT-Jember
Setelah saya mengamati vidio pembelajaran anak SD tentang “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika”. Saya temukan ada hal yang bisa dianalisis dari vidio tersebut yaitu, mata pelajaran matematika menjadi salah satu pelajaran yang tidak mudah, dan jarang peserta didik SD yang menyukainya.
satu metode yang dapat digunakan dalam menghafal rumus matematika yaitu dengan metode bernyanyi. Kita sadari bahwa beberapa siswa lebih mudah untuk menghafal sebuah lagu dibandingkan menghafal pelajaran bukan. Oleh karena itu, metode bernyanyi bisa diterapkan kepada pembelajaran anak dengan mengubah isi lagu yang anak sukai yang lirik lagunya bisa kita ganti dengan rumus matematika. Bernyanyi tidak hanya membantu siswa dalam menghafal, tetapi juga membantu menyeimbangkan antara kerja otak kanan dan otak kiri. Otak kiri berfungsi sebagai pusat Intelligence Quotient (IQ). Sedangkan otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Pada saat belajar matematika otak kiri manusia lah yang berfungsi, sedangkan dalam bernyanyi otak kanan manusia lah yang berfungsi. Jadi dengan bernyanyi untuk menghafal rumus guru dapat membantu siswanya agar tidak hanya otak kiri saja yang lebih dominan digunakan pada saat proses belajar matematika melainkan otak kannanya pun ikut bekerja. Selain itu juga, dengan bernyanyi guru dapat merubah susasana kelas menjadi menyenangkan, tidak menakutkan, tidak membuat siswa merasa stress, dan juga sebagai sarana refreshing dalam metode pembelajaran matematika.
Nama : Rizka Permata Sari
NIM : 859891863
setelah melihat tayangan video tersebut saya mengidentifikasi masalah dalam video pembelajaran tersebut yaitu :
1. Di awal pembelajaran, guru belum bisa mengondisikan kelas agar tenang dan siap menerima pelajaran. guru hanya menanyakan pelajaran yang diterima minggu lalu, sehingga masih banyak siswa yang ramai dan tidak memperhatikan guru.
2. Siswa tidak siap menerima pelajaran
3. Pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak menarik yaitu hanya menggunakan metode ceramah lalu menyuruh siswa mengerjakan tugas
4. Rumus bangun ruang masih menjadi hal yang sulit di pahami oleh siswa
5. Siswa tidak siap untuk menghap rumus
adapun Penyebab Masalah Guru tidak memotivasi siswa, Guru tidak menguasai kelas, Guru Tidak menggunakan metode pembelajaran,Siswa tidak siap dalam pelajaran matematika, Siswa bosan dan tidak mau mengahapal rumus
Alternatif Pemecahan Masalah :
1. Guru mengubah metode Pembelajaran. Dari ceramah menjadi bernyanyi. Dengan cara bernyanyi bersama, merubah lirik lagu dengan rumus bangun ruang. Dengan bernyanyi, siswa mulai tertarik mengikuti pelajaran dan memperhatikan guru
2. Membuat siswa bernyanyi Bersama untuk mengahapal rumus agar bisa dalam mengerjakan soal bangun ruang
Nama : SITI ERLINA ZAI
NIM : 856034238
UPBJJ :Medan
Setelah menonton video diatas maka dalam satu kelas tersebut adanya keadaan tidak kondisif dikarenakan peserta didik kesulitan dalam menghafal rumus matematika.
Sebagai seorang guru harus mengetahui karakter siswa itu sendiri, dalam video terlihat guru langsung masuk pada inti pembelajaran.
Tanpa adanya salam pembuka, mengajak berdoa, mengecek kehadiran siswa.
Akan tetapi guru antusias dalam mengajar didepan kelas dengan adanya suatu media bernyanyi dengan liriknya diubah menjadi rumus-rumus matematika. Dan setelah guru tersebut mengajak bernyanyi anak-anak maka mereka sangat senang.
Maka dalam hal ini hendaknya guru menguasai kelas dan memahami karakter siswa dalam kelas.
Terimakasih.