silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Helni Apriani NIM : 857363055 Prodi : S1 PGSD-POKJAR SUKABUMI
    Assalamualaikum, Wr.wb.
    Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut, saya mencoba menganalisis permasalahan pembelajaran yang terjadi pada video yaitu sebagai berikut:
    Siswa kesulitan menghafal rumus-rumus matematika sehingga membuat siswa tidak fokus dan tidak semangat dalam kegiatan belajar. Kemudian pada awal pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media/alat praga yang berupa benda konkret/nyata. Lalu guru mencoba alternatif dan prioritas pemecahan masalah dengan membuat rumus-rumus matematika dalam bentuk lagu yang dinyanyikan bersama untuk dihafalkan. Dengan tujuan perbaikan bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan menghafal siswa tentang rumus matematika pada materi luas bangun datar. Dan tujuan perbaikan bagi guru untuk mengetahui sejauh mana guru dapat menyampaikan materi rumus luas bangun datar dengan menerapkan strategi pembelajaran melalui bernyanyi lagu rumus luas bangun datar. Berdasarkan hasil analisis permasalahan di atas, maka dapat dibuat judul PKP : Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa Menghafal Rumus Luas Bangun Datar Melalui Penerapan Lagu Rumus Bangun Datar Di Kelas 4 Sekolah Dasar.
    Demikian analisis permasalahan yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
    Wassalamualaikum, Wr. Wb.

  2. Nama : mirna amelia sm
    Nim : 856020634
    Prodi : PGSD S1
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Pada awal kegiatan pembelajaran terlihat bahwa siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika tepatnya pada materi menghafal rumus matematika pada bangun datar. Hal ini disebabakan karena beberapa faktor yaitu :
    1) Guru kurang pandai dalam menarik perhatian siswa sehingganya siswa ketika diajak berkomunikasi oleh guru kurang memperhatikan malah ribut sendiri.
    2) Pembelajaran yang diajarkan guru monoton, artinya kurang diminati siswa mengingat bahwa pembelajaran matematika termasuk ke dalam pembelajaran yang sulit.
    Namun, setelah guru menyadari permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tersebut, guru mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi burung kakak tua yang liriknya diganti dengan rumus macam-macam luas bangun datar. Mendengar hal itu siswa merasa lebih semangat dan bergairah dalam belajar sehingga mengakibatkan siswa mudah untuk menghafal rumus luas bangun datar.
    2. Secara Keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan Pembelajaran?
    Setelah menganalisis video tersebut, ditemukan beberapa kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran lebih tepatnya di awal kegiatan pembelajaran. Berikut diuraikan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    1) Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Pengetahuan kemampuan awal siswa diperlukan oleh guru untuk menetapkan strategi mengajar, bahkan untuk mengajukan pertanyaan pun diperlukan pemahaman tentang kemampuan awal siswa. Dengan memahami kemampuan awal siswa ini guru dapat membantu siswa memperlancar proses pembelajaran yang dilakukan dan memperkecil peluang kesulitan yang dihadapi siswa. hal ini terlihat di mana guru memberikan pertanyaan siswa apa
    : MIRNA AMELIA : 856020634
    : PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR : PGSD S-1

    rumus luas bangun datar, dan masih ingat atau tidak, kemudian siswa menjawab tidak. itu berarti guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa.
    2) Pemilihan metode mengajar yang kurang tepat. Di awal pembelajaran guru menggunakan metode ceramah yang mana metode tersebut memang benar merupakan metode yang sering digunakan. Namun, seharusnya guru juga melihat tujuan dari pembelajaran itu apakah sesuai apabila menggunakan metode ceramah. Alhasil siswa tidak paham dengan apa yang diajarkan oleh guru tersebut dan sibuk dengan urusannya sendiri.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Setelah dianalisis guru tersebut memiliki kelebihan yaitu sabar, ulet dan tidak putus asa dalam mengajarkan pembelajaran matematika terhadap siswanya. Selain dari pada itu, guru tersebut pun tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di kelas. Ketanggapannya tersebut dituangkan dengan mengubah strategi pembelajaran dengan metode bernyanyi untuk menghafal rumus matematika. Alhasil dari perubahan strategi pembelajaran tersebut siswa mudah untuk memahami dan menghafal.
    4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Keunikan yang terjadi dalam pembelajaran tersebut adalah guru tetap santai tetapi serius dalam pembelajaran, walaupun dengan catatan guru tersebut mengajar pembelajaran matematika yang identik dengan guru yang galak. Selain itu guru juga mampu memecahkan suasana kelas menjadi menyenangkan dengan bernyanyi padahal sebelumnya kondisi kelas tersebut sangat gaduh.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya, guru dapat melakukan evaluasi. Evaluasi ini berguna bagi guru untuk mengetahui seberapa besar kefektifan pembelajaran yang dilakukannya. Evaluasi itu dapat dilakukan dengan merancang RPP sesuai dengan karakteristik siswa serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dengan kita mengevaluasi berarti kita tahu apa yang harus diperbaiki dalam pembelajaran selanjutnya yang tertuang dalam RPP. Misal penggunaan Alat Peraga, Strategi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, dan Media apa saja yang perlu digunakan. Sehingga, ketika waktu pembelajaran itu tiba guru sudah siap dan kemungkinan besar tidak ada kendala yang terjadi.

  3. Nama : Mirna Amelia Sm
    Nim : 856020634

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Pada awal kegiatan pembelajaran terlihat bahwa siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika tepatnya pada materi menghafal rumus matematika pada bangun datar. Hal ini disebabakan karena beberapa faktor yaitu :
    1) Guru kurang pandai dalam menarik perhatian siswa sehingganya siswa ketika diajak berkomunikasi oleh guru kurang memperhatikan malah ribut sendiri.
    2) Pembelajaran yang diajarkan guru monoton, artinya kurang diminati siswa mengingat bahwa pembelajaran matematika termasuk ke dalam pembelajaran yang sulit.
    Namun, setelah guru menyadari permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tersebut, guru mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi burung kakak tua yang liriknya diganti dengan rumus macam-macam luas bangun datar. Mendengar hal itu siswa merasa lebih semangat dan bergairah dalam belajar sehingga mengakibatkan siswa mudah untuk menghafal rumus luas bangun datar.
    2. Secara Keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan Pembelajaran?
    Setelah menganalisis video tersebut, ditemukan beberapa kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran lebih tepatnya di awal kegiatan pembelajaran. Berikut diuraikan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    1) Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Pengetahuan kemampuan awal siswa diperlukan oleh guru untuk menetapkan strategi mengajar, bahkan untuk mengajukan pertanyaan pun diperlukan pemahaman tentang kemampuan awal siswa. Dengan memahami kemampuan awal siswa ini guru dapat membantu siswa memperlancar proses pembelajaran yang dilakukan dan memperkecil peluang kesulitan yang dihadapi siswa. hal ini terlihat di mana guru memberikan pertanyaan siswa apa
    rumus luas bangun datar, dan masih ingat atau tidak, kemudian siswa menjawab tidak. itu berarti guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa.
    2) Pemilihan metode mengajar yang kurang tepat. Di awal pembelajaran guru menggunakan metode ceramah yang mana metode tersebut memang benar merupakan metode yang sering digunakan. Namun, seharusnya guru juga melihat tujuan dari pembelajaran itu apakah sesuai apabila menggunakan metode ceramah. Alhasil siswa tidak paham dengan apa yang diajarkan oleh guru tersebut dan sibuk dengan urusannya sendiri.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Setelah dianalisis guru tersebut memiliki kelebihan yaitu sabar, ulet dan tidak putus asa dalam mengajarkan pembelajaran matematika terhadap siswanya. Selain dari pada itu, guru tersebut pun tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di kelas. Ketanggapannya tersebut dituangkan dengan mengubah strategi pembelajaran dengan metode bernyanyi untuk menghafal rumus matematika. Alhasil dari perubahan strategi pembelajaran tersebut siswa mudah untuk memahami dan menghafal.
    4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Keunikan yang terjadi dalam pembelajaran tersebut adalah guru tetap santai tetapi serius dalam pembelajaran, walaupun dengan catatan guru tersebut mengajar pembelajaran matematika yang identik dengan guru yang galak. Selain itu guru juga mampu memecahkan suasana kelas menjadi menyenangkan dengan bernyanyi padahal sebelumnya kondisi kelas tersebut sangat gaduh.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya, guru dapat melakukan evaluasi. Evaluasi ini berguna bagi guru untuk mengetahui seberapa besar kefektifan pembelajaran yang dilakukannya. Evaluasi itu dapat dilakukan dengan merancang RPP sesuai dengan karakteristik siswa serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dengan kita mengevaluasi berarti kita tahu apa yang harus diperbaiki dalam pembelajaran selanjutnya yang tertuang dalam RPP. Misal penggunaan Alat Peraga, Strategi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, dan Media apa saja yang perlu digunakan. Sehingga, ketika waktu pembelajaran itu tiba guru sudah siap dan kemungkinan besar tidak ada kendala yang terjadi

  4. Nama : Muhammmad Iqbal
    Nim : 856215783

    Setelah menyimak tayangan video tersebut, tanggapan saya yaitu sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika, hal tersebut mengakibatkan ketika guru menjelaskan rumus luas bangun datar, siswa terlihat bosan dan tidak tertarik dengan pelajaran tersebut. Namun, berbeda ketika guru menggunakan strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang sering didengar oleh mereka, dengan mengubah syairnya menggunakan luas bangun datar. Strategi yang digunakan guru tersebut dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam menghafalkan rumus matematika. Terlihat dari tayangan video tersebut, siswa yang tadinya tidak berminat dengan pelajaran matematika, turut ikut bernyanyi dengan syair rumus luas bangun datar. Dengan strategi yang diterapkan tersebut, diharapkan siswa memiliki minat pada pelajaran matematika dan dapat meningkatkan pemahamannya terhadap materi dalam pembelajaran matematika terutama dalam materi luas bangun datar.

  5. Nama : Sayekti Budi Rahayu
    NIM : 857108571
    Prodi : PGSD S1

    Setelah melihat video tersebut, dalam melaksanakan pembelajaran matematika menghafal rumus guru tersebut hanya melakukan ceramah sehingga para siswa menjadi lebih bosan. Setelah melihat kondisi kelas seperti sangat membosankan,guru harus lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran dan harus memiliki cara untuk menarik perhatian siswa seperti yang dilakukan guru tersebut. Dan dapat di pastikan siswa akan lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika dan lebih cepat menghafal rumus-rumus matematika tersebut.
    Dalam video tersebut tidak terdapat cuplikan pendahuluan berupa kegiatan doa, cek kehadiran, guru juga kurang menyiapkan siswa, guru tidak memberikan motivasi atau memberikan penjelasan tentang pentingnya belajar rumus matematika.
    • Pembelajaran menggunakan metode ceramah, pembelajaran tidak komunikatif dan terlalu berfokus pada guru.
    • Pembelajaran tidak efektif, banyak siswa yang sibuk bercanda, tidak memperhatikan penjelasan dari guru sehingga keadaan kelas tidak kondusif.
    • Tidak adanya media pembelajaran, sehingga siswa mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tercantum pada video, materi rumus bangun datar yang sudah disampaikan guru pada pertemuan minggu lalu tetapi tidak ada siswa yang mengingatnya.

    Namun, pada pertengahan video terdapat perubahan keadaan kelas yang semula tidak kondusif menjadi kondusif karena guru mengubah cara mengajarnya, yakni :
    • Menggunakan media pembelajaran berupa nyanyian dengan isi lirik rumus matematikan, hal tersebut dapat memudahkan siswa untuk menghafal rumus matematika yang terlihat sulit. Keadaan kelas menjadi kondusif sejak guru mengubah cara mengajar dengan bantuan nyanyian.
    • Selain menggunakan nyanyian seperti video diatas, guru juga dapat menggunakan permainan atau game dengan menerapkan sistem reward bagi siswa yang berhasil menjawab dengan benar, hal ini bertujuan untuk memudahkan dan membangkitkan semangat siswa dalam belajar rumus matematika

  6. Nama : santika panggilan
    Nim : 855974893
    Reaksi siswa : pertama kali guru masuk kedalam kelas siswa ribut,suasana kelas tidak kondusif.setelah guru menggunakan metode siswa jadi lebih mengerti dengan materi yang disampaikan oleh guru
    Kelemamahanya : siswa tidak mampu mengingat rumus
    Kelebihannya : setelah menggunakan metode siswa lebih mudah mengingat rumus
    Hal unik: guru dan siswa menyanyikan lagu mengenai rumus

  7. Nama : FITRIANI SIREGAR
    NIM : 856020261
    POKJAR : LABURA

    Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Pada awal kegiatan pembelajaran terlihat bahwa siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika tepatnya pada materi menghafal rumus matematika pada bangun datar. Hal ini disebabakan karena beberapa faktor yaitu :
    Guru kurang pandai dalam menarik perhatian siswa sehingganya siswa ketika diajak berkomunikasi oleh guru kurang memperhatikan malah ribut sendiri.
    Pembelajaran yang diajarkan guru monoton, artinya kurang diminati siswa mengingat bahwa pembelajaran matematika termasuk ke dalam pembelajaran yang sulit.
    Namun, setelah guru menyadari permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tersebut, guru mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi burung kakak tua yang liriknya diganti dengan rumus macam-macam luas bangun datar.
    Mendengar hal itu siswa merasa lebih semangat dan bergairah dalam belajar sehingga mengakibatkan siswa mudah untuk menghafal rumus luas bangun datar.

    Secara Keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan Pembelajaran?
    Setelah menganalisis video tersebut, ditemukan beberapa kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran lebih tepatnya di awal kegiatan pembelajaran. Berikut diuraikan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :

    Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Pengetahuan kemampuan awal siswa diperlukan oleh guru untuk menetapkan strategi mengajar, bahkan untuk mengajukan pertanyaan pun diperlukan pemahaman tentang kemampuan awal siswa. Dengan memahami kemampuan awal siswa ini guru dapat membantu siswa memperlancar proses pembelajaran yang dilakukan dan memperkecil peluang kesulitan yang dihadapi siswa. hal ini terlihat di mana guru memberikan pertanyaan siswa apa rumus luas bangun datar, dan masih ingat atau tidak, kemudian siswa menjawab tidak. itu berarti guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa.
    Pemilihan metode mengajar yang kurang tepat. Di awal pembelajaran guru menggunakan metode ceramah yang mana metode tersebut memang benar merupakan metode yang sering digunakan. Namun, seharusnya guru juga melihat tujuan dari pembelajaran itu apakah sesuai apabila menggunakan metode ceramah. Alhasil siswa tidak paham dengan apa yang diajarkan oleh guru tersebut dan sibuk dengan urusannya sendiri.

    Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Setelah dianalisis guru tersebut memiliki kelebihan yaitu sabar, ulet dan tidak putus asa dalam mengajarkan pembelajaran matematika terhadap siswanya. Selain dari pada itu,
    guru tersebut pun tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di kelas. Ketanggapannya tersebut dituangkan dengan mengubah strategi pembelajaran dengan metode bernyanyi untuk menghafal rumus matematika. Alhasil dari perubahan strategi pembelajaran tersebut siswa mudah untuk memahami dan menghafal.

    Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Keunikan yang terjadi dalam pembelajaran tersebut adalah guru tetap santai tetapi serius dalam pembelajaran, walaupun dengan catatan guru tersebut mengajar pembelajaran matematika yang identik dengan guru yang galak. Selain itu guru juga mampu memecahkan suasana kelas menjadi menyenangkan dengan bernyanyi padahal sebelumnya kondisi kelas tersebut sangat gaduh.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya, guru dapat melakukan evaluasi. Evaluasi ini berguna bagi guru untuk mengetahui seberapa besar kefektifan pembelajaran yang dilakukannya. Evaluasi itu dapat dilakukan dengan merancang RPP sesuai dengan karakteristik siswa serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dengan kita mengevaluasi berarti kita tahu apa yang harus diperbaiki dalam pembelajaran selanjutnya yang tertuang dalam RPP.
    Misal penggunaan Alat Peraga, Strategi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, dan Media apa saja yang perlu digunakan. Sehingga, ketika waktu pembelajaran itu tiba guru sudah siap dan kemungkinan besar tidak ada kendala yang terjadi.

  8. NAMA : SYUWAYBATUL ASLAMIYAH
    NIM : 857111737
    PRODI : PGSD

    Identifikasi Masalah

    Pada kurikulum sekarang ini adalah perbaikan dari kurikulum sebelumnya, pada zaman ini guru bukan lagi sebagai senter utama dalam pembelajara, lebih menuntut siswa lebih aktif, dan lebih menekankan kepada Pendidikan karakter. Dari video yang sudah saya tonton tentang Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika, saya dapat melihat kekurang dan kelebihan dari video tersebut.

    Kekurangan :

    1. Dalam video tidak adanya kegiatan (pendahuluan/apersepsi) seperti salam pembuka, menyapa siswa, melakukan doa, melakukan “ ice breaking” guna membangun semangat siswa untuk menerima pembelajaran, dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan dari kegiatan belajar.

    2. Pada video ini guru sangat sedikit memberikan contoh dari benda-benda nyata seharusnya guru memanfaatkan benda sekitar sebagai alat pembelajaran dan siswa akan lebih mudah mengerti.

    3. Pada video ini pada saat diakhir pembelajaran guru tidak melakukan doa atau kegaitan mengasikkan berupa yel-yel guna memancing semangat siswa Kembali, dan sebaiknya guru dapat menayakan kepada siswa guna menilai seberapa memperhatikannya siswa selama pembelajaran berlangsung, dan memberikan kesimpulan dari pembelajaran hati itu.

    Kelebihan:

    1. Pada video iniguru memberikan cara terbaik untuk menghafal yaitu dengan metode menyanyi.
    2. Pada video ini guru juga memberikan menggunakan benda pendukung berupa gambar yang bisa di lihat oleh peserta didik .

    Analisis masalah
    Dari analisis saya pada video yang sudah saya nonton dan penemuan kekurangan ( menurut saya ) :

    1. Guru seharusnya menjelskan terlebih dahulu mengenai rumus bisa disangkutkan dengan kehidupan nyata atau menggunakan benda nyata sehingga siswa akan lebih mudah mengerti dan memahami darimana rumus itu didapatkan.

    Kesimpulan:
    Menurut saya, cara mengajar dari video ini dapat saya gunakan di kelas saya dengan merubah cara menghafal menggunakan lirik lagu. Seperti yang kita ketahui anak lebih cepat menghafal lagu dari pada pembelajaran karena lagu lebih asik didengar dibandingkan mendengarkan pembelajaran, dari kegiatan ini kita dapat mengambil keuntungan dengan merubah hapalan pembelajara dengan lirik lagu yang ada sehingga siswa akan lebih mudah untuk menghafal.

  9. Nama : Siti Andari
    Nim : 856039015

    menurut pendapat saya mengenai terkait dalam video tersebut sudah jelas memperlihatkan bahwasanya siswa kurang suka dengan mata pelajaran matematika pada saat dimulai. Salah satu penyebabnya dikarenakan kesulitan dalam rumus pembelajaran, yang mengakibatkan siswa ribut dan seakan tidak mau belajar. Untuk itu sangat perlu adanya tips dalam memulai pembelajaran dengan melakukan sapaan yang membuat siswa kondusif dan tenang terlebih dahulu, setelah terhibur dapat dilakukan kegiatan pembelajaran berupa permainan atau hal menyenangkan lainnya agar situasi pembelajaran tidak monoton dan menegangkan, dan bisa memicu konsentrasi siswa mengenai rumus apalagi saat pembelajaran berlangsung sudah jam pelajaran siang itu pastinya akan membuat siswa tidak fokus lagi.

    Maka, dalam mengatasi hal tersebut sudah terdapat di dalam video pembelajaran dimana dengan adanya kegiatan mengubah rumus menjadi nyanyian dapat membuat siswa tak secara langsung menghafal rumusnya itu. Selain dari itu pula, seharusnya harus ada tips dalam pengerjaan atau menggunakan rumus itu.

  10. Nama : Lufthiah Hasnah Iramani
    NIM : 856259372
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Padang

    Setelah menonton video mengenai rendahnya minat siswa dalam menghafal rumus matematika, saya mengidentifikasi beberapa masalah pada pembelajaran tersebut, diantaranya : guru tidak melakukan apersepsi dengan cara mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan berlangsung, sehingga siswa kebingungan dengan pelajaran yang akan ia terima. Kebingungan ini tidak diatasi dengan cepat oleh guru sehingga kelas menjadi ribut dan tidak kondusif. Konsep abstrak yang disuguhkan materi bangun datar ini sebaiknya menggunakan media yang langsung dapat diperhatikan siswa sehingga dapat meningkatkan pemahaman.

    Metode nyanyian yang diajarkan guru dapat menarik perhatian siswa dan meningkatkan semangat belajar siswa. Materi yang dijadikan syair lagu dapat meningkatkan pemahaman siswa, jika dinyanyikan secara terus menerus, siswa dapat menghafal rumus-rumus yang diajarkan guru. Metode nyanyian pada sekolah dasar dianggap efektif untuk menyampaikan materi hafalan. Namun, diakhir pembelajaran guru tidak memberikan penguatan terhadap makna syair lagunya, penguatan ini perlu dilakukan agar siswa tidak merasa lagu yang dinyanyikan hanya sebatas lagu. Sekian komentar saya, terima kasih.

Leave a Reply