silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? Pada awal kegiatan pembelajaran terlihat bahwa siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika tepatnya pada materi menghafal rumus matematika pada bangun datar. Hal ini disebabakan karena beberapa faktor yaitu :
Guru kurang pandai dalam menarik perhatian siswa sehingganya siswa ketika diajak berkomunikasi oleh guru kurang memperhatikan malah ribut sendiri.
Pembelajaran yang diajarkan guru monoton, artinya kurang diminati siswa mengingat bahwa pembelajaran matematika termasuk ke dalam pembelajaran yang sulit.
Namun, setelah guru menyadari permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tersebut, guru mengubah strategi pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi burung kakak tua yang liriknya diganti dengan rumus macam-macam luas bangun datar.
Mendengar hal itu siswa merasa lebih semangat dan bergairah dalam belajar sehingga mengakibatkan siswa mudah untuk menghafal rumus luas bangun datar.
Secara Keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan Pembelajaran?
Setelah menganalisis video tersebut, ditemukan beberapa kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran lebih tepatnya di awal kegiatan pembelajaran. Berikut diuraikan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa. Pengetahuan kemampuan awal siswa diperlukan oleh guru untuk menetapkan strategi mengajar, bahkan untuk mengajukan pertanyaan pun diperlukan pemahaman tentang kemampuan awal siswa. Dengan memahami kemampuan awal siswa ini guru dapat membantu siswa memperlancar proses pembelajaran yang dilakukan dan memperkecil peluang kesulitan yang dihadapi siswa. hal ini terlihat di mana guru memberikan pertanyaan siswa apa rumus luas bangun datar, dan masih ingat atau tidak, kemudian siswa menjawab tidak. itu berarti guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa.
Pemilihan metode mengajar yang kurang tepat. Di awal pembelajaran guru menggunakan metode ceramah yang mana metode tersebut memang benar merupakan metode yang sering digunakan. Namun, seharusnya guru juga melihat tujuan dari pembelajaran itu apakah sesuai apabila menggunakan metode ceramah. Alhasil siswa tidak paham dengan apa yang diajarkan oleh guru tersebut dan sibuk dengan urusannya sendiri.
Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? Setelah dianalisis guru tersebut memiliki kelebihan yaitu sabar, ulet dan tidak putus asa dalam mengajarkan pembelajaran matematika terhadap siswanya. Selain dari pada itu,
guru tersebut pun tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di kelas. Ketanggapannya tersebut dituangkan dengan mengubah strategi pembelajaran dengan metode bernyanyi untuk menghafal rumus matematika. Alhasil dari perubahan strategi pembelajaran tersebut siswa mudah untuk memahami dan menghafal.
Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Keunikan yang terjadi dalam pembelajaran tersebut adalah guru tetap santai tetapi serius dalam pembelajaran, walaupun dengan catatan guru tersebut mengajar pembelajaran matematika yang identik dengan guru yang galak. Selain itu guru juga mampu memecahkan suasana kelas menjadi menyenangkan dengan bernyanyi padahal sebelumnya kondisi kelas tersebut sangat gaduh.
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya, guru dapat melakukan evaluasi. Evaluasi ini berguna bagi guru untuk mengetahui seberapa besar kefektifan pembelajaran yang dilakukannya. Evaluasi itu dapat dilakukan dengan merancang RPP sesuai dengan karakteristik siswa serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dengan kita mengevaluasi berarti kita tahu apa yang harus diperbaiki dalam pembelajaran selanjutnya yang tertuang dalam RPP.
Misal penggunaan Alat Peraga, Strategi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, dan Media apa saja yang perlu digunakan. Sehingga, ketika waktu pembelajaran itu tiba guru sudah siap dan kemungkinan besar tidak ada kendala yang terjadi.
Nama : Risma Monica
NIM. : 858416205
Program Studi : S1 PGSD
Berdasarkan video diatas, menurut saya reaksi anak anak dalam video tersebut ribut, guru tidak bisa menguasai kelas sehingga kelas menjadi ribut dan tidak terkendali. Cara penyampaian guru tentang rumus matematika membuat anak anak merasa bosan. Namun setelah itu guru mengubah syair lagu menjadi rumus matematika sehingga anak anak dapat mudah menghafal. Strategi pembelajaran ini sangat efektif digunakan untuk anak anak sekolah dasar. Jika hanya metode ceramah anak anak akan cepat merasa bosan ketika mengikuti pelajaran.
Nama : Fauziah
NIM : 856444642
Fokjar : Kuansing
Menurut pendapat saya dalam video tersebut siswa sudah malas mempelajari matematika karena kesulitan dalam menghafal rumus – rumus Luas bangun datar sehingga guru mencari cara mengatasi masalah tersebut dengan bernyanyi nada burung kakak tua tetapi syairnya diganti dengan rumus Luas bangun datar dan semangat untuk menghafal rumus matematika tersebut.
Nama : A’ida Anggita Putri
NIM : 857761386
Berdasarkan video pembelajarn diatas, bisa kita lihat pada awal pembelajaran, siswa kurang minat dengan menghafal materi rumus bangun datar. guru menyampaikan materi rumus bangun datar dengan metode ceramah. akibat digunakannya metode ceramah, pembelajaran kurang menarik perhatian siswa dan monoton.
setelah melakukan refleksi bahwa penyampaian materi tersebut kurang menarik perhatian siswa. maka, guru tersebut mengganti mengahafal rumus bangun datar dengan menghafal rumus bangun datar dengan bernyanyi. strategi pembelajaran bernyanyi sangat efektif diterapkan di Sekolah Dasar. dengan bernyanyi, siswa lebih semangat dalam mengahafalkan rumus bangun datar.
Nama: Dina Marthalia
Nim: 856807574
Pokjar curup
Dari video tersebut ditemukan masalah yaitu siswa kesulitan menghafal rumus2 matematika,hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah.Akhirnya guru menyadari kelemahannya saat mengajar dan mengubah metode dengan menggunakan metode bernyanyi.
Nama : Intan Fitri Birowowati
Nim : 856807535
Pokjar curup
menurut pendapat saya dimana seperti yang kita lihat kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika dengan metode ceramah yang dilakukan guru sehingga dengan guru mengubah metodenya menjadi metode menyanyi membuat anak anak mudah menghafal dan lebih tertarik dalam belajar.
Nama : Nurul Hidayah
Nim : 856984303
Prodi : S1 pgsd
Pojar : Waytuba
Setelah menonton video diatas saya menyimpulkan bahwa video diatas memiliki kekurangan yaitu di awal pembelajaran guru kurang interaktif sehingga membuat proses pembelajaran terasa tidak menyenangkan hal ini terlihat pada video banyak siswa yang ribut, tiduran dan tidak semangat belajar.
Namun video diatas juga memiliki kelebihan yaitu guru memberikan media pembelajaran yang menyenangkan dan mudah di pahami siswa yaitu dengan menghafalkan rumus yang di buat menjadi lagu sehingga siswa dapat lebih mudah menghafal rumus matematika.
Diakhir komentar saya akan menyampaikan saran yaitu sebaiknya guru dapat membuka kelas dan mengisi pembelajaran dengan interaktif, semangat dan menyenangkan agar siswa lebih kondusif karena sedikit sekali siswa yang menyukai pelajaran matematika jadi guru harus pintar membuat pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat memahami inti dari pembelajaran.
Wulan Suci Rohmah
NIM 858674509
Menurut pendapat saya, strategi yang diterapkan oleh guru dalam video pembelajaran tersebut dapat mengatasi masalah siswa kesulitan menghafal rumus matematika dengan penggunaan lagu sebagai media pembejarannya. Selain itu, strategi tersebut berhasil memusatkan perhatian siswa dimana pada awalnya siswa terlihat kurang kondusif dan tidak memperhatikan guru. Akan tetapi, dengan menggunakan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Agar siswa menguasai dan memahami konsep matematika alangkah baiknya guru tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi bisa ditambah menggunakan metode diskusi atau tanya jawab agar siswa lebih paham dan menguasai materi yang dipelajari.
Nama : SUHARTIK
NIM. : 858746347
Prodi : PGSD
Dari hasil vidio pembelajaran tersebut,anak – anak atau siswa tidak berminat dalam pembelajaran Matematika,untuk menghafal rumus bangun datar,di karenakan guru menggunakan metode ceramah.
Dengan metode ceramah anak atau siswa bosan,agar anak atau siswa tidak bosan guru menyampaikan dengan metode praktik atau dengan bernyanyi.
Nama : Jibran Jamaludin
NIM : 824343268
Pokjar : Palu
pada awal video relihat siswa kesulitan untuk mengahaafal rumus matematika yang dibrikan oleh guru..
namun setelah guru merubah strategi cara menghafal rumus dengan bernyayi terlihat siswa kembali bersemangat untuk menghafal rumus tersebut. namun sebaiknya sebelum ditutup pembelajaran, guru memberikan tugas kepada siswa, entah itu berupa pekerjaan rumah agar rumus tersebut tidak hanya sekedar dihafal saja.