silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama: Andre Prabowo Suwandi
    NIM: 858043952

    Berdasarkan video yang telah ditonton, dapat dilakukan identifikasi masalah sebagai berikut.

    Identifikasi masalah:
    Siswa kesulitan menghafal rumus-rumus matematika

    Penyebab:
    Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi

    Rencana solusi:
    Menjelaskan rumus matematika dalam bentuk lagu agar siswa lebih mudah menghafalnya dan menyenangkan bagi siswa

    Masalah yang dipilih:
    Kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika

    Alasan pemilihan masalah:
    Banyak ditemui siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus matematika

    Rumusan masalah:
    1. Apa saja kesulitan siswa dalam menghafal rumus matemtika?
    2. Apa penyebab kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika?

    Tujuan perbaikan:
    Untuk mempermudah siswa menghafal rumus matematika

  2. Nama: Andre Prabowo Suwandi
    NIM: 858043952

    Berdasarkan video yang telah ditonton, dapat dilakukan identifikasi masalah sebagai berikut.

    Identifikasi masalah: Siswa kesulitan menghafal rumus-rumus matematika

    Penyebab: Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi

    Rencana solusi: Menjelaskan rumus matematika dalam bentuk lagu agar siswa lebih mudah menghafalnya dan menyenangkan bagi siswa

    Masalah yang dipilih: Kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika

    Alasan pemilihan masalah: Banyak ditemui siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus matematika

    Rumusan masalah:
    1. Apa saja kesulitan siswa dalam menghafal rumus matemtika?
    2. Apa penyebab kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika?

    Tujuan perbaikan: Untuk mempermudah siswa menghafal rumus matematika

  3. Nama: Andre Prabowo Suwandi
    NIM: 858043952

    Berdasarkan video yang telah ditonton, dapat dilakukan identifikasi masalah sebagai berikut.

    Identifikasi masalah: Siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus-rumus matematika

    Penyebab: Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi

    Rencana solusi: Menjelaskan rumus matematika dalam bentuk lagu agar siswa lebih mudah menghafalnya dan menyenangkan bagi siswa

    Masalah yang dipilih: Kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika

    Alasan pemilihan masalah: Banyak ditemui siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus matematika

    Rumusan masalah:
    1. Apa saja kesulitan siswa dalam menghafal rumus matemtika
    2. Apa penyebab kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika

    Tujuan perbaikan: Untuk mempermudah siswa menghafal rumus matematika

  4. Nama: Andre Prabowo Suwandi
    NIM: 858043952
    Berdasarkan video yang telah ditonton, dapat dilakukan identifikasi masalah sebagai berikut.

    Identifikasi masalah: Siswa kesulitan menghafal rumus-rumus matematika

    Penyebab: Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi

    Rencana solusi: Menjelaskan rumus matematika dalam bentuk lagu agar siswa lebih mudah menghafalnya dan menyenangkan bagi siswa

    Masalah yang dipilih: Kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika

    Alasan pemilihan masalah: Banyak ditemui siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus matematika

    Rumusan masalah:
    1. Apa saja kesulitan siswa dalam menghafal rumus matemtika?
    2. Apa penyebab kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika?

    Tujuan perbaikan: Untuk mempermudah siswa menghafal rumus matematika

  5. Nama: ULIL MU’ARIFAH
    NIM: 858869665
    Berdasarkan video yang telah saya lihat, dapat saya ambil analisis sebagai berikut:
    Identifikasi masalah: Siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus-rumus matematika
    Penyebab: Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi sehingga banyak siswa yang merasa bosan dan sulit dalam menghafal rumus
    Rencana solusi: Menghafal rumus matematika dalam bentuk lagu yang disenangi siswa agar siswa lebih mudah menghafal rumusnya
    Masalah yang dipilih: Kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika
    Alasan pemilihan masalah: Banyak ditemui siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus matematika
    Rumusan masalah:
    1. Mengapa siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
    2. Apa langkah yang dapat diambil agar siswa mudah menghafal rumus matematika?
    Tujuan perbaikan: Untuk mempermudah siswa menghafal rumus matematika

  6. Nama: ULIL MU’ARIFAH

    NIM: 858869665

    Berdasarkan video yang telah saya lihat, dapat saya ambil analisis sebagai berikut:

    Identifikasi masalah: Siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus-rumus matematika

    Penyebab: Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi sehingga banyak siswa yang merasa bosan dan sulit dalam menghafal rumus

    Rencana solusi: Menghafal rumus matematika dalam bentuk lagu yang disenangi siswa agar siswa lebih mudah menghafal rumusnya

    Masalah yang dipilih: Kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika

    Alasan pemilihan masalah: Banyak ditemui siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus matematika

    Rumusan masalah:
    1. Mengapa siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
    2. Apa langkah yang dapat diambil agar siswa mudah menghafal rumus matematika?

    Tujuan perbaikan: Untuk mempermudah siswa menghafal rumus matematika

  7. Nama : Mega Septiawati
    NIM : 855793506
    UT SALUT AMBARAWA
    Berdasarkan video diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa masalah yang dihadapi siswa adalah sulit menghafal rumus matematika, penggunaan metode ceramah membuat pembelajaran membosankan.
    solusi yang dapat dilakukan adalah guru menggunakan metode dengan cara menghafal rumus dengan bernyanyi agar membuat siswa lebih tertarik dan lebih mudah untuk menghafalkan rumus matematika

  8. Nama : Elzha Dhyandrani
    NIM : 859810968
    Semester : 6 (enam)
    UPBJJ : UT-Medan

    Assalamualaikum.
    Saya setuju bahwa rumus matematika adalah salah satu yang paling ditakuti dan dianggap sulit bagi anak-anak untuk menghafalnya.
    Saya suka dengan solusi yang diberikan oleh guru di dalam video tersebut, yaitu menghafal rumus bangun datar dengan menggunakan lagu. Saya setuju bahwa cara ini akan sangat membantu siswa dalam menghafal rumus-rumus matematika.

    Demikianlah tanggapan dari saya.
    Wassalamualaikum

  9. Nama : Patrio Akbar
    Nim : 855835818
    UPBJJUT-Medan
    Pokjar : Serdang Bedagai

    Berdasarkan video yang telah saya lihat, dapat saya ambil analisis sebagai berikut:
    Identifikasi masalah: Siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus-rumus matematika
    Penyebab: Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi sehingga banyak siswa yang merasa bosan dan sulit dalam menghafal rumus
    Rencana solusi: Menghafal rumus matematika dalam bentuk lagu yang disenangi siswa agar siswa lebih mudah menghafal rumusnya
    Masalah yang dipilih: Kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika
    Alasan pemilihan masalah: Banyak ditemui siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus matematika
    Rumusan masalah:
    1. Mengapa siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
    2. Apa langkah yang dapat diambil agar siswa mudah menghafal rumus matematika?
    Tujuan perbaikan: Untuk mempermudah siswa menghafal rumus matematika

  10. Nama : Uswatun Khasanah
    NIM : 857560788

    Setelah menyimak video yang telah disajikan, analisis video yang dapat disimpulkan :

    Mengidentifikasi masalah : siswa kesulitan dalam memahami dan mendisiplinkan diri saat pembelajaran berlangsung yaitu pembelajaran Matematika materi bangun datar.

    Analisis penyebab masalah : saat pembelajaran yang terkesan monoton menggunakan metode ceramah saat pembelajaran matematika materi rumus bangun datar.

    Alternatif pemecahan masalah : dengan dengan menghafalkan rumus bangun datar dengan nyanyian yang di modifikasi dari nyanyian anak-anak untuk lebih memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran.

    Masalah yang dipilih : kesulitan siswa dalam menghafal rumus bangun datar.

    Alasan pemilihan masalah : masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami dan menghafal rumus bangun datar.

    Rumusan masalah : dari masalah yang ditemukan pengamat video, dapat di rumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
    1. Mengapa siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
    2. Apa langkah yang dapat diambil agar siswa mudah menghafal rumus matematika?

    Tujuan perbaikan :
    1. Mengetahui penyebab siswa sulit menghafal rumus bangun datar.
    2. Memberikan inovasi belajar siswa yang menyenangkan, untuk memudahkan siswa dalam menghafal rumus bangun datar.

Leave a Reply