silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Uswatun Khasanah
NIM : 857560788
Setelah menyimak video yang telah disajikan, analisis video yang dapat disimpulkan :
Mengidentifikasi masalah : siswa kesulitan dalam memahami dan mendisiplinkan diri saat pembelajaran berlangsung yaitu pembelajaran Matematika materi bangun datar.
Analisis penyebab masalah : saat pembelajaran yang terkesan monoton menggunakan metode ceramah saat pembelajaran matematika materi rumus bangun datar.
Alternatif pemecahan masalah : dengan dengan menghafalkan rumus bangun datar dengan nyanyian yang di modifikasi dari nyanyian anak-anak untuk lebih memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran.
Masalah yang dipilih : kesulitan siswa dalam menghafal rumus bangun datar.
Alasan pemilihan masalah : masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami dan menghafal rumus bangun datar.
.
Rumusan masalah : dari masalah yang ditemukan pengamat video, dapat di rumuskan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Mengapa siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
2. Apa langkah yang dapat diambil agar siswa mudah menghafal rumus matematika?
Tujuan perbaikan :
1. Mengetahui penyebab siswa sulit menghafal rumus bangun datar.
2. Memberikan inovasi belajar siswa yang menyenangkan, untuk memudahkan siswa dalam menghafal rumus bangun datar.
Nama : Septia Rohma
NIM : 856731373
Setelah saya menyimak vidio diatas, maka saya dapat menyimpulkan bahwa :
Masalah yang dihadapi adalah siswa kesulitan dalam memahami dan mendisiplinkan diri saat proses pembelajaran berlangsung.
Penyebab masalah tersebut adalah saat proses pembelajaran berlangsung guru sangat monoton dalam menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi tentang rumus bangun datar.
Seharusnya dalam menjelaskan materi, siswa harus diberi media pembelajaran yang menarik, supaya siswa tidak bosan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Di samping itu juga,sebagai guru kita harus memberikan tips agar siswa lebih mudah dalam menghafal rumus.
Nama : Khoirul Aini
NIM : 858540148
setelah menyimak video di atas, dapat saya simpulkan, bahwa dalam pembelajaran tidak hanya kegiatan mentransfer ilmu.
dalam hal ini seorang pendidik harus jadi fasilitator bagi peserta didik, agar materi yang dipelajari dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik. pembelajaran dikatakan efektif ketika pembelajaran tersebut bisa bermakna dan mampu dipahami oleh peserta didik dengan baik
dari masalah di atas, dapat kita lihat bahwa anak kesulitan dalam menghafal rumus bangun datar. dalam kasus ini seorang pendidik dituntut untuk dapat segera mengatasi hal tersebut. mengenai masalah tersebut dapat diberi solusi dengan mendesain pembelajaran yang menyenangkan, dan selalu melibatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar mengajar. selain itu juga agar rumus matematika mudah dihafal, bisa dengan memodifikasi dengan syair lagu yang terkenal dan tidak asing di telinga peserta didik, serta lagu yang bersemangat. karena dengan melagukan suatu materi dapat memudahkan siswa dalam memahami atau bahkan menghafal rumus matematika dengan mudah.
Nama : Nadila Permata Sari
NIM : 856815518
Setelah menyimak video diatas, maka yang dapat saya simpulkan adalah :
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang tidak disukai siswa, terbukti pada video tersebut siswa tampak tidak semangat saat pelajaran dimulai. Hal tersebut lah yang membuat siswa kesulitan dalam menghafal atau mengerjakan soal matematika. Penyebab masalah tersebut adalah karena pembelajaran yang bersifat monoton guru hanya menjelaskan dengan metode ceramah tidak ada inovasi metode lain, selain itu juga karena tidak adanya penggunaan alat peraga sehingga siswa tidak semangat dalam mendengarkan penjelasan guru. Solusi dari permasalahan ini yaitu guru dapat mencoba metode belajar lain tidak hanya metode ceramah, selain itu untuk memudahkan siswa menghafal rumus matematika dapat mengaitkan rumus atau pelajaran tersebut kedalam kehidupan nyata, atau mengajak siswa bernyanyi seperti video diatas. Terakhir untuk menarik perhatian siswa gurudapat menggunakan alat peraga.
Nama : Nadila Permata Sari
NIM : 856815518
Setelah menyimak video diatas, maka yang dapat saya simpulkan adalah :
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang tidak disukai siswa, terbukti pada video tersebut siswa tampak tidak semangat saat pelajaran dimulai. Hal tersebut lah yang membuat siswa kesulitan dalam menghafal atau mengerjakan soal matematika. Penyebab masalah tersebut adalah karena pembelajaran yang bersifat monoton guru hanya menjelaskan dengan metode ceramah tidak ada inovasi metode lain, selain itu juga karena tidak adanya penggunaan alat peraga sehingga siswa tidak semangat dalam mendengarkan penjelasan guru. Solusi dari permasalahan ini yaitu guru dapat mencoba metode belajar lain tidak hanya metode ceramah, selain itu untuk memudahkan siswa menghafal rumus matematika dapat mengaitkan rumus atau pelajaran tersebut kedalam kehidupan nyata, atau mengajak siswa bernyanyi seperti video diatas. Terakhir untuk menarik perhatian siswa guru dapat menggunakan alat peraga.
Bismillah.
Nama: LISNIA JUMARTIN
NIM. :859763235
UPBJJ: KENDARI
POKJAR:UNAAHA
assalamualaikum.mohon izin bapak/ibu dosen pengampuh matkul PKP
setelah saya menyimak rekapitulasi video seri pembelajaran matematika.Dengan judul,siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika.
1).identifikasi masalah
a. Kelemahan guru dalam pembelajaran, pada pembukaan guru tidak memberikan penguatan terlebih dahulu seperti ice
breaking.
b. Guru kurang menarik perhatian siswa untuk fokus pada materi pembelajaran
c. Guru masih menggunakan metode ceramah yang monoton sehingga membuat para peserta didik tidak bersemangat
untuk belajar.
d. Guru kurang melibatkan siswa untuk ikut/andil dalam proses pembelajaran berlangsung.
e. Saat proses pembelajaran masuk kegiatan inti guru tidak melakukan menanya,menalar,dan mencoba, mengamati
yang diarahkan oleh siswa itu sendiri
f.Guru tidak memberikan kesempatan peserta didik untuk menyebutkan contoh untuk membandingkan berat benda
yang ada di sekitarnya.
g.Pada kegiatan penutup guru tidak mengajar peserta didik untuk menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-
sama.
h. Pada kegiatan pembelajaran guru masih memakai cara menjawab serentak cara seperti ini guru tidak akan
mengetahui mana siswa yang mengerti dan yang tidak mengerti akan materi bangun datar tersebut.
2). Analisis masalah
a. Karena Guru jarang melakukan evaluasi.
b. Guru kurang memperhatikan kemampuan awal siswa.
3). Pengembangan alternatif tindakan.
a. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan RPP perbaikan. Dengan menyesuaikan kurikulum berjalan.
b. Tujuan yang harus dicapai pendekatan pembelajaran serta metode pembelajaran.dikreatifkan sedemikian.
rupa untuk membuat siswa lebih mudah, menghafalkan rumus matematika.
4). Tujuan perbaikan.
a. Dengan bimbingan guru siswa mampu memahami rumus luas dari bangun datar.
b. Dengan bimbingan guru siswa mampu menghafalkan rumus luas dari bangun datar.
c. Dengan tugas yang diberikan oleh guru, siswa mampu menghitung luas dari bangun datar.
5). Judul PTK yang akan saya lakukan.
“Peningkatan kemampuan menghafal rumus matematika melalui pendekatan pembelajaran berbasis permainan di
kelas 3 SD”.
Wassalam.
Nama : Nur Nazilatul Rohmah
NIM : 859662901
Berdasarkan video tersebut dapat disimpulkan yaitu
Masalah : siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar.
Penyebab masalah : siswa yang mulai awal sudah memiliki pikiran bahwa matematika itu sulit dan membosankan, jadi otomatis kesulitan dalam mengahfal rumus luas bangun datar.
Pemecahan masalah : metode yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi yang liriknya diganti dengan rumus-rumus bangun datar.
Banyak siswa yang masih memiliki pikiran bahwa belajar matematika itu susah dan membosankan, padahal jika memiliki metode yang pas untuk diterapkan pada siswa, matematika itu menjadi pelajaran yang gampang, asyik dan gembira sehingga tidak lagi menakutkan bagi siswa. Pada video ini metode yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi. Menurut saya metode ini cukup berpengaruh bagi siswa karena mereka merasa tidak bosan dan senang dengan cara bernyanyi dan juga membuat rumus-rumus itu mudah dihafal siswa. Pada video ini menggunakan lagu burung kakak tua yang diganti liriknya dengan rumus-rumus bangun datar.
Nama : Zurli Markisa
NIM : 858416276
Setelah saya simak video diatas, siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus dikarenakan cara mengajar gurunya monoton, sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat ketika mengikuti pembelajaran matematika. Padahal matematika adalah pembelajaran yang menyenangkan apabila metode pembelajarannya beragam misal seperti sambil bermain.
Ketika siswa merasa tidak bersemangat dividio atas tadi, cara guru sudah sangat efektif yaitu menghafal rumus dengan cara bernyanyi, sehingga membuat siswa kembali bersemangat akan menghafal rumus” matematika.
Nama : Zurli Markisa
NIM : 858416276
Setelah saya simak video diatas, siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus dikarenakan cara mengajar gurunya monoton, sehingga siswa merasa bosan dan tidak bersemangat ketika mengikuti pembelajaran matematika. Padahal matematika adalah pembelajaran yang menyenangkan apabila metode pembelajarannya beragam misal seperti sambil bermain.
Ketika siswa merasa tidak bersemangat dividio atas tadi, cara guru sudah sangat efektif yaitu menghafal rumus dengan cara bernyanyi, sehingga membuat siswa kembali bersemangat akan menghafal rumus” matematika.
Nama : Nur Vita Dwi Andani
NIM : 857861256
Analisis terhadap video tersebut dapat mencakup beberapa aspek, seperti:
1) Identifikasi Masalah:
Masalah utama dalam video adalah kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika, terutama rumus luas bangun datar. Hal ini menunjukkan adanya tantangan dalam pemahaman konsep matematika di antara siswa SD.
2) Strategi Pembelajaran:
Guru menggunakan pendekatan kreatif dengan memanfaatkan lagu-lagu yang disukai siswa sebagai alat untuk membantu mereka mengingat rumus-rumus matematika. Ini menunjukkan fleksibilitas dan kreativitas guru dalam mencari solusi untuk menyelesaikan masalah pembelajaran.
3) Penggunaan lagu dalam Pembelajaran:
Penggunaan lagu sebagai alat pembelajaran dapat meningkatkan daya ingat dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam kasus ini, guru menggunakan lagu populer dan mengubah liriknya agar sesuai dengan konsep matematika yang ingin diajarkan.
3) Relevansi Konten dengan Kehidupan Siswa:
Pendekatan guru yang memilih lagu-lagu yang digemari siswa memperkuat relevansi konten pembelajaran dengan kehidupan siswa. Hal ini dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa, sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar.
4) Efektivitas Strategi:
Siswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan strategi tersebut. Siswa menjadi lebih termotivasi dan dapat mengingat rumus matematika setelah menggunakan pendekatan ini.