silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Rusdin Rasyid
    Nim:859645682
    Setelah melihat video tersebut, kesulitan pak guru untuk mengajarkan rumus matematika kepada siswanya pertama adalah kurangnya penguasaan kelas, sehingga konsentrasi siswa saat memulai pelajaran tidak terfokus pada penjelasan gurunya. Yang kedua adalah metode yang diterapkan tidak menarik sehingga siswa merasa jenuh dan bosan. Setelah pak guru mengeluarkan alat peraga yaitu kartun yang dituliskan beberapa lagu yang ada hubungan dengan rumus matematika dan mengajak siswa untuk bernyanyi dengan lagu tersebut barulah semua siswa tertarik pada pelajaran tersebut. Berarti dengan metode bernyanyi anak -anak lebih tertarik untuk menghafal rumus matematika .

  2. Nama : Rada
    Nim : 856337136
    Prodi : PGSD BI
    Pokjar: Pangkalpinang

    Bismillah
    Setelah menyaksikan vidio pembelajaran di atas,menurut saya dalam membuka pembelajaran masih cukup baik, strategi yang digunakan juga baik seperti bernyanyi untuk menghapalkan rumus bangun datar karena dapat menarik perhatian peserta didik yang senang bernyanyi.
    namun dalam penyampaian materi pak guru masih belum mampu melibatkan siswa secara langsung,
    karena penyampaian materinya masih dengan metode ceramah.
    perlu diperhatikan juga bahwa penyampaian materi dengan media pembelajaran yaitu bernyanyi hanya mampu digunakan dalam jangka waktu yang pendek, sedangkan dalam pembelajaran matematika apalagi materi mengenai bangun datar sebaiknya peserta didik mampu memahami dan menguasai konsep bagaimana mengukur dan menghitung luas dan keliling bangun datar, guna menumbuhkan kemampuan matematis kontekstual pada peserta didik yang bermanfaat bagi kehidupannya sehari-hari.
    Pembelajaran juga masih belum menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum merdeka dimana pada kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan peserta didik.
    terimakasih

  3. Nama : Nur Azizah
    Nim : 858821438
    Pokjar : Batu

    berdasarkan video tersebut, dapat dianalisis bahwa pada awal pembelajaran terlihat para peserta didik tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran, banyak siswa yang gaduh, sibuk sendiri, dan ada juga yang tiduran. Namun karna guru tersebut yang sangat hebat dan mampu mengelola kelas sehingga dengan cepar guru tesebut dapat mengkondisikn siswa dengan baik serta menggunakan metode dan media belajar yang sangat baik pula shingga para peserta didik dapat kembali fokus pada pembelajaan dan sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini terlihat jelas karena anak-anak semua ikut bernyanyi sambil menghafalkan rumus-rumus yang berkaitan dengan bangun datar. dan syair lagu yang diubahpun sangat mudah untuk dinyanyikan karena para peserta didik suda terbiasa dengan lagu yang dipilih oleh guru tersebut.

  4. Nama : Agustina Widayanti
    NIM : 858825252
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : UT Malang

    Dari video tersebut, menunjukkan bahwa permasalahan yang dimiliki yaitu anak – anak kesulitan dalam menghafal rumus matematika yang telah di paparkan oleh Pak Guru.
    Pada awal video pak guru menggunakan teknik ceramah dalam menerangkan tentang rumus bangun datar yang akan di pelajari sehingga para siswa terlihat tidak tertarik pada materi tersebut dan juga dari awal anak anak sudah kesulitan dalam menghafal rumus matematika.
    Selanjutnya, Pak Guru menemukan cara yang efisien dalam menerangkan rumus matematika dengan cara menghafalkan rumus menggunakan lagu sehingga anak-anak tertarik dan mulai terfokus pada pembelajaran matematika tersebut.
    Dari video diatas, sebaiknya dari awal pembelajaran Pak Guru membangun suasana yang menyenangkan terlebih dahulu sehingga anak-anak bisa dikondisikan untuk siap menerima pembelajaran yang akan dilaksanakan. Untuk strategi yang digunakan sudah sangat tepat, karena usia SD anak-anak tertarik dengan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti belajar dengan menyanyi ataupun belajar dengan bermain.
    Demikian analisis yang bisa saya berikan, terima kasih.

  5. Nama : Indah Chaerunisa
    NIM : 857563389
    Prodi : PGSD

    Setelah menyimak video tersebut, Kita bisa melihat dari awal penyampaian materi kondisi kelas mulai tidak konsudif, banyak anak yang ribut sendiri, bercanda sendiri, tidak memperhatikan guru dengan baik. Di sinilah profesionalisme guru sangat diperlukan, bagaimana ia menghadapi suasana kelas yang gaduh menjadi efektif kembali sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Dari video tersebut, menurut saya strategi yang diambil pak guru sudah cukup bagus, dimana beliau memilih mengajarkan rumus matematika melalui lagu. Karena faktanya jika melalui lagu anak-anak akan lebih tertarik dan lebih mudah diingat… meskipun hanya sekedar hafalan, untuk konsep dan bagaimana cara penghitungganya mungkin perlu metode yang berbeda, tapi setidaknya anak mampu menghafal rumus-rumus dasarnya terlebih dahulu.

  6. Nama : Irfan Rozali
    NIM : 858809258
    Prodi : S1-PGSD

    Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
    Menurut pendapat saya tentang video di atas yaitu :
    1. Di awal pembelajaran guru tidak menyampaikan kegiatan pembukaan pembelajaran (berdoa dan mengabsen peserta didik) dan di akhir video guru tidak menyampaikan kegiatan penutup pembelajaran (menyimpulkan kembali materi yang sudah diajarkan)
    2. Yang pada awal mulai pembelajaran terlihat anak tidak begitu antusias, ribut dan ada beberapa yang tiduran dikarenakan gurunya bisa mengondisikan siswa-siswi tersebut dengan metode pembelajaran yang baik sehingga anak-anak kembali terfokus pada pembelajaran tersebut
    3. Guru berusaha untuk membangkitkan minat anak untuk menghafalkan rumus dengan cara membuat syair lagu

    Terima Kasih

  7. Nama : Miftakhul Zanah
    NIM : 858820389

    Setelah saya menganalisis video di atas, dapat kita ketahui bahwa pembelajaran yang monoton membuat siswa cepat bosan dan gaduh, apalagi pembelajaran matematika yang menggunakan rumus yang susah.
    saya sangat setuju dengan penggunaan media bernyanyi, selain membuat suasana lebih asik dan menarik juga dapat mempermudah siswa menghafal rumus.

  8. Nama : Windi Rizki Utami
    NIM : 857509384
    Prodi : Pendidikan Guru SD (Masukan Sarjana)

    Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa guru memang dituntut untuk kreatif dan inovatif. Peka terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi siswa serta cepat tanggap dalam mencari solusinya.

  9. NAMA : Nadia Windri
    NIM : 856203456

    setelah melihat video pembelajaran diatas terlihat guru mengalami kesulitan saat mengajarkan siswa agar mampu mengingat rumus matematika agar pak guru dengan mudah mengajarkan pembelajaran matematika. guru menyadari akan kelemahannya tersebut sehingga hal yang harus di lakukan untuk memperbaiki kendala yang di alami nya bisa dengan memodifikasi dengan nyanyian untuk membantu siswa mengingat rumus dengan mudah.

  10. Nama : Violla Yumitri
    NIM : 856481973
    Prodi : PGSD
    Setelah melihat video tesebut, dalam menjelaskan pembelajaran awalnya menggunakan metode ceramah dan terlihat gambar-gambar bangun datar di papan tulis. Kebanyakan siswa mengobrol dengan teman sebangkunya dan saat guru bertanya tentang materi tersebut, tidak ada siswa yang bisa menjawab pertanyaan guru. Kemudian guru tersebut menggunakan media agar siswa nya bisa menghapal rumus-rumus pada materi tersebut, Metode yang digunakan guru tersebut membuat siswa nya menjadi semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Leave a Reply