silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Leny Farinawati
NIM : 501122646
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Di awal pembelajaran, guru bisa memulai dengan pembelajaran sosial emosional agar siswa siap untuk mulai belajar. Hal umum yang menjadi alasan siswa tidak menyukai belajar matematika salah satunya adalah rumus-rumus yang ada dalam matematika. Tugas guru untuk menjadi sekreatif mungkin agar siswa suka belajar matematika. Alangkah baiknya guru memulai dengan menjelaskan konsepnya dan menghubungkan dengan masalah dikehidupan sehari-hari agar siswa lebih mudah mengertu dan memahami materi. Metode menghafal hanya akan bertahan sementara, jangka pendek. Penggunaan media lagu dan mengajak siswa menyanyi dapat menjadi pilihan yang baik sebab siswa tertarik untuk ikut menyanyikan lagu yang sudah diganti liriknya dengan rumus-rumus bangun datar tersebut.
Mohon ijin berkomentar. Dari video Seri Pembelajaran SD “Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika” yang disajikan, hal menarik yang bisa saya amati adalah upaya seorang guru mengatasi masalah siswa SD yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Strategi yang dilakukan guru tersebut adalah mengajak siswa bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Lagu yang digunakan adalah lagu “Burung Kakaktua” yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Saran saya untuk video tersebut, sebaiknya guru menambahkan musik atau video sehingga siswa lebih bersemangat dalam menghafal rumus dengan cara bernyanyi sambil mendengar musik dan menonton video. Terima kasih.
Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika
Assalamualaikum..
Nama : Ermawiyah B. Manalu, S.Pd
Nim : 501200417
Prodi : MPDR
Dari video yang saya simak guru sudah tanggap dengan permasalahan yang dihadapi sehinga guru menggunakan metode yang berbeda sesuai dengan minat siswa. Sebelumnya guru menggunakan metode cermah sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik. Setelah guru menggunakan metode menghafal dengan menggunkan lagu anak-anak terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Saran yang perlu saya sampaikan adalah guru tidak hanya menyuruh siswa menghafal tetapi guru harus menanamkan konsep terbentuknya rumus tersebut sehingga siswa lebih paham terhadap rumus yang diberikan.
Nama. : Lia Nurhayati
NIM. : 501222333
Prodi. : S2 PGSD
Agar anak mudah untuk paham dan hafal rumus-rumus dalam pelajaran Matematika, konsep dasar matematikanya yang penting untuk ditanamkan dengan anak. Maka dari itu harus dilakukan strategi-strategi atau metode-metode untuk menanamkan konsep dasar matematika kepada siswa. Salah satunya dengan memvisualisasikan dan mengkonkretkan materi matematika sehingga mudah diingat dan dicerna oleh siswa.
Metode menyanyikan lagu tentang rumus matematika itu nantinya akan menguatkan konsep dasar yang telah dimiliki siswa.
Nama : Anggarita Whyuningsih
NIM : 501272875
UPBJJ UT Yogyakarta
Secara garis besar, guru kreatif dan inovatif dalam memfasilitasi murid untuk menghafal rumus matematika dengan lagu. Murid lebih bersemangat dalam bernyanyi dan lebih mudah mengingatnya. Selain itu, pengelolaan kelas juga baik. Murid dapat dikondisikan untuk fokus dalam pembelajaran. Suara guru juga terdengar oleh seluruh murid. Akan tetapi, untuk tulisan lagu yang ditempel di papan tulis perlu diperbesar atau diperbanyak agar anak-anak yang di belakang dapat melihatnya.
Nama: Ikbal Mirandani.
NIM: 501222319
Prodi: MPdr
UPBJJ: UT Bogor
Setelah melihat vidio yang sudah ditampilkan, sebagai guru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai pembelajaran.
Pertama, perhatikan kondisi kelas, kita lakukan ice breaking sebentar agar suasana lebih hangat dan kondusif. Kemudian lakukan apersepsi kepada siswa, agar mereka tidak kaget dengan tiba-tiba diminta untuk membuka buku pelajaran.
Kedua, Kaitkan pembelajaran Matematika dengan keadaan mereka. Semisal menggunakan cerita yang berkaitan dengan rumus matematika yang dipelajari.
Ketiga, bisa dengan melakukan nyanyian untuk mengingat rumus matematika yang dipelajari.
Keempat, lakukan refleksi sebelum mengakhiri pembelajaran. Terimakasih
Nama : Dwinisari Triutami
NIM : 501332512
UPBJJ : MALANG
Assalamualaikum Wr.Wb. Setelah menyimak video pembelajaran di atas ada beberapa hal yang menurut saya kurang lengkap dalam penyajian di kelas yaitu :
1. Guru memberi salam dan apersepsi agar siswa dapat fokus untuk memulai pembelajaran.
2. Guru melakukan presensi dan menanyakan apakah ada murid yang tidak masuk beserta alasaannya sebagai wujud perhatian kepada peserta didik.
3. Guru hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran dan target apa yang ingin dicapai kepada peserta didik.
4. Ide pembelajaran sudah baik karena mengubah pembelajaran Matematika yang tadinya membosankan dan tidak menyenangkan menjadi lebih menyenangkan dengan menghafalkan rumus matematika menggunakan lagu-lagu, sebaiknya dilanjutkan dengan menerapkannya pada pengerjaan latihan soal-soal Matematika.
Kesimpulannya: dari video pembelajaran tersebut adalah Siswa lebih tertarik menghafal rumus-rumus Matematika menggunakan lagu-lagu. Siswa yang tadinya malas dan bosan mempelajari akan mudah mengingat rumus tersebut dengan menyanyikan lagu-lagu sederhana berisi rumus matematika yang mereka hafal. Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Nama : Anariska
NIM : 501132489
Prodi : MPDr
Setelah saya menyaksikan vidio tersebut saya tertarik dengan strategi guru yang cepat tanggap dalam mengatasi keluhan murid dalam menghapal rumus. Strategi menyanyi untuk menghapal rumus dipilih oleh guru dan itu menarik bagi siswa.
Saran saya terhadap vidio adalah sebaiknya guru mengadakan asesmen formatif ataupun sumatif untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi tersebut.
Nama : Heri Susanto
NIM : 501172436
UPBJJ : UT PALEMBANG
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Sebelumnya Izin berkomentar menanggapi dari video diatas, yaitu tentang Siawa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika, didalam peroses pembelajaran khususnya di awal guru hanya melakukan apersepsi sekilas dan tidak diberikan penguatan, guru tidak memancing keaktifan dan motivasi siswa diawal pembelajaran. Kemudian guru tersebut responsif ditengah proses pembelajaran guru dengan segera sadar mengubah model pembelajaran dengan model dan media pembalajarn yaitu berupa menyayikan sebuah lagu untuk dapat membantu meningkatkan minat dan pemahan siswa dalam menghafal rumus. Dari proses pembajaran tersebut guru bisa juga membuat mnemonik, membagi rumus menjadi beberapa bagian supaya mudah dihafal, dan tidak lupa pula memberi motivasi pada setiap pencapainya siswa.
nama : Raudathul Annisa
nim : 856464232
upbjj : Kota Dumai
menurut saya, dari awal pembelajar kelas sudah tidak kondusif. hal tersebut terjadi karna guru yang ada dalam kelas tidak mempersiapkan kelasnya terlebih dahulu, maka situasi yang terjadi adalah seperti di video.
dan untuk materi yang sedang diajarkan, sebenarnya sangatlah mudah untuk anak supaya hafal rumus tersebut, menurut saya adalah dengan cara melakukan ice breaking yang
menyenangkan, seperti ajak peserta didik untuk ikut serta dalam menulis rumus-rumus yang menarik. contoh lain nya seperti membuat rumus dari kertas origami yang penuh warna, sehingga peserta didik bisa mudah dalam mengingat rumus matematika tersebut.
dalam video sudah bagus, karna dengan mengajak peserta didik bernyanyi bisa membuat menarik perhatian peserta didik agar lebih fokus terhadap materi yang sedang disalurkan.
jadi intinya, peserta didik lebih suka menghafal dengan cara bernyanyi dan menghafal dengan banyak warna.
sekian terima kasih