silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama: Risman putra jaya Waruwu
Nim:856060978
Pokjar:mandrehe
Upbjj: Medan
Menurut saya kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran di atas yaitu:
a. Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan integritas, orientasi religious,absen,ice breaking, apersepsi dan motivasi
b. Guru tidak membacakan tujuan pembelajaran
c. Guru langsung menyuruh siswa membuka buku, tidak memperhatikan kesiapan siswa
d. Tidak mengkondisikan kelas agar tenang sebelum pelajaran dimulai.
e. Tidak memberikan contoh yang jelas: Jika seorang guru tidak memberikan contoh yang jelas tentang bagaimana menerapkan rumusan matematika dalam konteks yang berbeda, siswa mungkin akan kesulitan dalam memahami dan menghafal rumusan tersebut.
Tidak memberikan umpan balik yang memadai: Jika seorang guru tidak memberikan umpan balik yang memadai kepada siswa mengenai penghafalan rumusan matematika, siswa mungkin akan kesulitan dalam mengidentifikasi kesalahan dan memperbaikinya.
Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut, seorang guru perlu memperkuat pemahaman konsep, memberikan contoh yang jelas, dan memberikan umpan balik yang memadai kepada siswa mengenai penghafalan rumusan matematika.
Nama : Ester Silitonga 856068625
menurut saya pentingnya bagi kita sebagai seorang guru untuk menguasai dan menyampaikan materi kepada siswa secara menarik,agar dapat menarik perhatian siswa dan menciptakan kondisi kelas yang nyaman dan aman,juga kita bisa menggunakan media pembelajaran agar siswa mudah mengerti.
Nama : Amalia Zahro
NIM : 857130221
UPBJJ : Jakarta
Di awal pembelajaran pak guru memberitahukan tentang materi hari ini , siswa kurang menyukai materi pada hari itu . Pak guru kembali menanyakan apa siswa masih mengingat materi kemarin, kebanyakan siswa menjawab tidak. Pak guru pun menjelaskan Kembali tentang rumus bangun datar, akan tetapi reaksi siswa sibuk sendiri sehingga suasana kelas tidak kondusif, sebagian siswa tidak bersemangat dengan meletakan kepala nya diatas meja saat pak guru sedang menjelaskan. Ketika pak guru memberikan saran dengan menghafal rumus sambil bernyanyi semua siswa bergemira dan merasa senang, saat menghafal rumus dengan bernyanyi semua siswa memperhatikan dan ikut bernyanyi dengan semangat.
Dari video ini , menurut saya guru tersebut telah melakukan tugas dengan baik, seperti pak guru memperhatikan sebab kesulitan siswa dalam pembelajaran, pak guru yang segera mencari strategi pembelajaran yang sekira nya menarik untuk siswa, dan akhirnya pak guru mencoba mengajak siswa untuk bernyanyi dengan irama burung kakak tua tentang rumus rumus bangun datar. Dan strategi yang dilakukan pak guru dalam video berhasil mengajak siswa memperhatikan dan belajar menghafalkan rumus bangun datar dengan bersemangat.
Nama : A. Bayu Budiantoro
NIM : 826086922
Pokjar : Mastrip – Nganjuk
UPBJJ : Malang
Setelah menyimak kegiatan dalam video diatas, siswa/i ada yang ramai sendiri dan terlihat kurang minat dalam pembelajaran.
Seharusnya ketika pertama masuk kelas, Guru memberi pendahuluan dengan senyum, salam, dan sapa agar siswa/i memperhatikan guru yang mengajar.
Ketika Guru menulis di papan tulis ada siswa/i yang kurang semangat dalam pembelajaran. Sehingga dalam video diatas Guru membuat lagu dengan lirik dari rumus matematika yang sedang dipelajari. Dengan demikian siswa/i mudah dalam menghafal rumus.
Kelemahan metode lagu : jika lagu yang digunakan nadanya selalu sama akan mempengaruhi dalam penghafalan, kadang siswa/i sering salah dalam lirik ini masuk rumus yang mana.
Kelebihan metode lagu : jika lagu yang digunakan nadanya berbeda, dari awal sampai akhir, bisa dipastikan siswa/i akan ingat dengan lirik rumus.
Nama : CILINE DION PARDEDE
NIM : 878257838
UPBJJ : BALIGE
dari awal video sudah terlihat bahwa sudah ada masalah dalam pembelajaran, dimana siswa kebanyakan siswa kurang antusias apalagi mata pelajaran matematika yang dipenuhi rumus-rumus yang harus di hapal. Di beberapa menit video terlihat bahwa siswa lebih mudah dan menerima penghafalan rumus melalui sebuah lagu.
Nama : Anggi Pramelia
Nim : 856085076
Pokjar : Pendas S1 Pgsd Batam
UPBJJ : 13/ Batam
Bismillah,
Assalammualaikum wr wb
Salam sehat buat kita semua semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin yrb
Dalam durasi video 4:40 menit yang saya tonton barusan saya memahami dan mendapati beberapa masalah yang mana di dalam video tersebut siswa kesulitan menghafal rumus matematika. Yang mana matematika tentu saja bagi sebagian siswa adalah hal yang menakutkan tetapi ada juga sebagian siswa yang senang dengan hitung-hitung angka tersebut. Maka dari pada itu kita sebagai pendidik atau pengajar harus paham agar matematika tidak lagi menakutkan bagi beberapa siswa dan siswa mulai menyukai matematika tentunya kita harus punya cara dan trik agar siswa merasa senang dan bahagia ketika mengikuti pelajaran matematika di kelas, dan guru juga harus bisa menghidupkan kelas agar tidak kaku berusaha selalu berinteraksi secara aman dan nyaman karena guru adalah mentor terbaik (orang tua) disekolah.
Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru? siswa cenderung malas mendengarkan dan menyimak guru dikarenakan siswa tidak menghafal rumus matematika yang diberikan oleh guru di depan kelas
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran? kalau dari video yang saya tonton barusan, guru tidak melakukan sapaan dengan baik, tidak melakukan interaksi secara menyeluruh kepada siswa, tidak juga umpan balik sehingga siswa merasa bosan dan malas untuk mendengarkan arahan yang disampaikan oleh guru tersebut di depan kelas
Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran? kelebihan guru dalam video adalah mau menerima kekurangan nya sehingga iya berusaha membangkitkan suasana kelas dengan bernyanyi burung kakak tua dirubah menjadi menyanyikan rumus karena sasarannya agar siswa lebih paham lagi dan bisa menarik perhatian siswa dalam menghafal rumus matematika
Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran? siswa malas mendengarkan, malas mengikuti pembelajaran, asyik berbicara dan bermain bersama teman sebangku dan ketika guru mengganti penyampaian dengan menyanyi maka siswa langsung antusias mendengarkan dan mengikuti arahan guru walaupun ada beberapa siswa yang tidak ikut bernyanyi
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? mungkin kedepannya kita sebagai guru harus lebih memperhatikan masalah yang dihadapi siswa, guru sebaiknya segera mencari strategi pembelajaran yang menarik serta kita sebagai guru ajaklah siswa untuk bernyanyi bersama-sama sambil menghafal rumusrumus matematika atau hal-hal yang menarik lainnya agar suasana kelas tidak bosan dan siswa bisa lebih paham dan mengerti untuk meghafal rumus matematika
Wassalam,
Sekian dari saya lebih dan kurang mohon bimbingannya, terima kasih
NAMA : DESENNI SILALAHI
NIM : 878256811
Iizin memberi tanggapan vidio diatas
Salah satu mata pelajaran yang dianggap menakutkan bagi sebagian murid adalah matematika. Mengapa menakutkan? Karena murid dituntut untuk tidak sekadar memahami, tetapi juga menghafalkan bermacam-macam rumus yang terkadang membingungkan. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah untuk menghafalkan rumus matematika
Setelah menyimak dan menonton video tentang ” Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika”, banyak siswa yang belum mencintai mata pelajaran matematika. ketika guru membuka pembelajaran, pada saat siswa gaduh dan tidak tenang. Guru mengawali pembelajaran dengan ice breaking dapat memancing konsentrasi siswa dan membangkitkan motivasi belajar. Guru dapat menggunakan metode pembelajaran dengan bernyanyi, bahwa ketika guru tersebut menggunakan lagu yang digemari siswa untuk menghafal rumus matematika bisa sangat efektif. Dengan mengubah lirik lagu seperti “Burung Kakak Tua” menjadi rumus luas bangun datar, siswa dapat lebih mudah mengingat rumus tersebut karena mereka sudah familiar dengan melodinya. Ini juga membuat proses belajar lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar. Inovasi kreatif ini menunjukkan bahwa pendekatan non-tradisional dapat membawa hasil positif dalam pendidikan, khususnya dalam mengatasi tantangan menghafal rumus. Strategi seperti ini bukan hanya membuat belajar jadi lebih menyenangkan, tetapi juga membantu siswa untuk lebih mudah mengingat konsep-konsep yang mungkin sulit dengan metode tradisional. Menggabungkan kreativitas dengan pembelajaran bisa benar-benar mengubah cara siswa memahami dan menyukai pelajaran.
Nama : Risa Qismatil Ihza
Nim. :877692935
UPJJ: Semarang
Setelah menonton video tentang kesulitan menghafal rumus matematika tersebut dalam pembelajaran guru pertama-tama masih belum mampu mengondisikan kelas dengan baik, peserta didik Masih ramai dan dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode klasikal atau tradisional yang mana membuat peserta didik tidak begitu menyukai pembelajaran matematika. Sehingga guru perlu membuat strategi pembelajaran yang mampu membuat peserta didik semangat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Dengan menggunakan metode menyanyi tadi mampu menarik minat peserta didik untuk mau belajar menghafal rumus matematika dengan menyenangkan.
Nama IBEZISOKHI HALAWA
Nim :855836232
Semester : 8
Pokjar Idanogawo
Kab. Nias
Setelah saya tonton Menurut video diatas, menurut saya Pada awal pembukaan pelajaran itu harus memberikan Salam kepada siswa, setelah itu mengecek kehadiran. Dan untuk kegiatan selanjutnya perlu dipatuhi oleh guru-guru sekolah dasar karena sesuai video diatas guru pintar untuk mengalihkan konsentrasi siswa dengan bernyanyi, sehingga siswa juga tidak bosan untuk pembelajaran tersebut ditambah dengan menggantikan lirik lagu menjadi rumus matematika, sehingga siswa mudah menghafal rumus-rumus matematika