silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

480 Comments

  1. NAMA : KHAIRUNNISA
    NIM : 860124598
    UPBJJ : UT MEDAN

    Reaksi Anak/Siswa
    Antusiasme Meningkat: Banyak siswa menunjukkan antusiasme yang lebih tinggi saat pelajaran disampaikan melalui lagu. Mereka terlihat lebih terlibat dan aktif, mengurangi kebosanan yang sering muncul saat belajar matematika.
    Keterlibatan Emosional: Siswa tampak lebih senang dan menikmati proses belajar, yang membuat mereka lebih terbuka untuk memahami materi yang diajarkan.
    Kelemahan Guru dalam Pembelajaran
    Pendekatan Terbatas: Guru mungkin terlalu fokus pada satu metode (bernnyanyi) tanpa mengintegrasikan variasi lain yang dapat mendukung pemahaman lebih dalam.
    Kurangnya Penjelasan Konteks: Beberapa siswa mungkin masih bingung dengan konteks di balik rumus, sehingga perlu ada penjelasan lebih lanjut tentang aplikasi nyata dari rumus tersebut.
    Evaluasi Pemahaman: Tidak terlihat adanya cara untuk mengevaluasi sejauh mana siswa memahami dan mengingat rumus setelah pembelajaran selesai.
    Kelebihan Guru dalam Pembelajaran
    Inovasi Kreatif: Guru menunjukkan kreativitas dalam mengadaptasi metode pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan lagu, yang bisa menarik perhatian siswa.
    Peningkatan Keterlibatan: Metode ini berhasil menciptakan suasana kelas yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa merasa lebih nyaman.
    Mengurangi Kecemasan: Dengan pendekatan yang menyenangkan, siswa mungkin merasa lebih relax dan mengurangi kecemasan yang biasanya muncul saat belajar matematika.
    Hal-hal Unik dalam Video
    Adaptasi Lirik: Penggunaan lirik lagu yang sudah dikenal siswa untuk mengajarkan rumus membuat pembelajaran terasa lebih relevan dan mudah diingat.
    Ekspresi Energi Guru: Energi dan semangat guru saat mengajar sangat menular, membuat siswa lebih terinspirasi untuk belajar.
    Partisipasi Siswa: Siswa terlihat aktif bernyanyi dan berinteraksi, menunjukkan bahwa mereka menikmati metode ini.
    Usulan untuk Meningkatkan Kualitas Kegiatan Pembelajaran
    Variasi Metode: Tambahkan metode lain seperti permainan interaktif, visualisasi, atau alat peraga yang dapat membantu siswa dengan cara yang berbeda.
    Penguatan Konteks: Berikan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana rumus digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam bidang tertentu.
    Penyusunan Evaluasi: Implementasikan evaluasi setelah pembelajaran untuk mengukur pemahaman siswa, seperti kuis atau diskusi kelompok.
    Umpan Balik Siswa: Ajak siswa memberikan umpan balik tentang metode pembelajaran yang mereka suka dan yang membantu mereka memahami rumus dengan lebih baik.

  2. Nama : HARYANTO SIHOTANG
    NIM : 877524328
    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yakni :
    1. guru tidak mengucapkan salam diawal dan akhir pembelajaran.
    2. Kurang menarik dalam penyampaian materi diawal sehingganya murid tidak antusias.
    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yakni :
    1. Guru cepat dalam mengkondisikan kelas agar dapat fokus pada materi kembali dengan menggunakan metode bernyanyi.
    Upaya solusi untuk permasalahan tersebut adalah:
    1. Guru dapat mengucapkan salam dan akhir pembelajaran.
    2. Memberikan motivasi.
    3. Selain menggunakan metode bernyanyi untuk penghafalan rumus, dapat juga menggunakan metode latihan (drill) dimana siswa melakukan latihan latihan agar siswa memiliki keterampilan lebih tinggi dari apa yg mereka pelajari. Latihan yang praktis, mudah dilakukan, serta sering diberikan akan sangat memudahkan siswa dalam menghafal, memahami dan mengerti semua materi yg diberikan oleh guru.

  3. NAMA : NUR WAHIDIYAH
    NIM : 858914477

    Video tersebut berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang dapat dilakukan dalam vidio ini adalah menggunakan strategi bernyanyi. Dengan menggunakan lagu siswa akan merasa senang dan bersemangat mengikuti pembelajaran.
    Kelebihan
    • Guru menyampaikan materi dengan jelas.
    • Siswa dapat lebih mudah menghafal rumus Matematika dengan bernyanyi.
    Kekurangan
    • Saat guru membuka pelajaran siswa gaduh dan tidak tenang.
    • Guru di awal pembelajaran tidan mengucapkan salam dan berdoa.
    • Kurangnya media pembelajaran.
    • Kurang berinteraksi dengan siswa.
    Saran Perbaikan
    Seharusnya guru hendaknya membuka kelas dengan mengucapkan salam dan berdoa. Serta hendaknya guru memberikan pertanyaan terkait materi yang di pelajari.

  4. Nama : Ali Towaf
    Nim : 857461064
    Upbjj : Bandung
    setelah melihat cuplikan video di atas saya merasa itu hanya untuk keperluan video saja jadi sangat singkat dan banyak yang di tinggalkan seperti nanya kabar, memberikan pertanyaan pemantik, namun disana saya melihat ada cara guru supaya anak bisa menguasai dan menghafal rumus dengan nyanyian karna menurut saya ketika menghafal rumus bagi anak itu cukup sulit dengan di jadikan nyanyian biasanya lebih mudah untuk di pahami.

  5. NAMA: SITI ZUBAIDAH
    NIM: 859684795
    POKJAR: SALUTGEMILANG
    UPBJJ-UT: BANDAR LAMPUNG

    setelah saya menonton Dan menyimak video tersebut, saya melihat peserta didik yang kurang berminat tehadap mata pelajaran matematika. terlihat saat awal pembelajaran dan guru menyampaikan materi yang akan dipelajari peserta didik gaduh. peserta didik juga kurang konsentrasi Dan tidak memiliki motivasi belajar matematika.

    dengan ice breaking saat mengawali pembelajaran dapat memancing konsentrasi konsentrasi peserta didik dan membangkitkan motivasi belajar. Guru dapat menggunakan metode pembelajaran dengan bernyanyi, karena menghafal rumus dengan bernyanyi akan terasa mudah dan menyenangkan. Siswa tidak akan merasa terbebani dan mulai mencintai mata pelajaran matematika.

  6. Nama : SITI MAYSAROH
    NIM : 857259257

    Izin menjawab
    Setelah menyimak dan menonton video di atas, banyak siswa yang belum mencintai mata pelajaran matematika. Terlihat ketika guru membuka pembelajaran, siswa gaduh dan tidak tenang. Mengawali pembelajaran dengan ice breaking dapat memancing konsentrasi siswa dan membangkitkan motivasi belajar. Guru dapat menggunakan metode pembelajaran dengan bernyanyi, karena menghafal rumus dengan bernyanyi akan terasa mudah dan menyenangkan. Siswa tidak akan merasa terbebani dan mulai mencintai mata pelajaran matematika

  7. Nama Endik sulistiyono
    Nim 817973074

    Menurut sya kelemahan nya tdak ada. pendahuluan dan juga pembelajaran dalam kelas guru harus memfokuskan siswa dan harus perhatian agar siswa memahami apa yang dipelajari. Dengan guru memberikan perhatian dan memfokuskan siswa maka siswa akan lebih mudah untuk menyerap apa yang disampaikan saat pembelajaran dan lebih mudah diterima oleh siswa

  8. Nama : Endik sulistiyono
    Nim : 817973074
    UPBJ : Jember
    Pokjar : probolinggo

    Menurut sya kelemahan nya tdak ada. pendahuluan dan juga pembelajaran dalam kelas guru harus memfokuskan siswa dan harus perhatian agar siswa memahami apa yang dipelajari. Dengan guru memberikan perhatian dan memfokuskan siswa maka siswa akan lebih mudah untuk menyerap apa yang disampaikan saat pembelajaran dan lebih mudah diterima oleh siswa

  9. Nama : Nabila Kusuma Dewi
    NIM : 858829091
    UPBJJ : Malang
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru Dalam melakukan pembelajaran?
    • Saat awal dan akhir pembelajaran guru lupa untuk mengucapkan salam.
    • Saat awal pembelajaran guru juga lupa untuk melakukan absensi siswa.
    • Guru langsung meminta siswa untuk membuka buku pembelajaran tanpa melihat kesiapan siswa.
    • Kurangnya guru untuk mengkondusifkan agar suasana kelas itu tenang di awal pembelajaran.
    • Guru tidak memberikan penguatan di akhir pembelajaran.
    • Kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru Dalam melakukan pembelajaran?
    • Guru memahami atau menguasai materi pembelajaran dengan baik.
    • Guru tanggap untuk mengubah strategi pembelajaran dengan mengunakan metode bernyanyi.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan Dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    • Guru dengan cepat untuk menanggapi situasi pembelajaran dengan mengubah strategi pembelajaran dengan mengajak siswa menggunakan metode bernyanyi lagu “Burung Kakaktua” supaya siswa dapat menghafal rumus matematika dengan mudah.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    • Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru, seharusnya guru harus bisa meng-upgrade atau memperbaiki kualitas pembelajarannya. Guru dapat melakukannya dengan memberikan salam di awal dan di akhir pembelajaran, guru dapat memberikan icebreking dan meng-absensi siswa terlebih dahulu, guru dapat memberikan pertanyaan kepada siswa, guru dapat memberikan motivasi kepada siswa bahwa matematika tidak sesulit yang dibayangkan oleh siswa, guru dapat melakukan timbal balik kepada siswa dengan memberikan apresiasi.

  10. Nama : Nadiyah febri lubis. Nim : 878255121. Menurut saya dari video tersebut masih banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika. Mungkin mereka merasa sulit untuk menghafal rumus nya . Karena terlalu banyak rumus yang digunakan . Tapi setelah dibuat rumus nya menjadi lagu memudahkan mereka mengingat nya. Dan membuat mereka semakin bersemangat .

Leave a Reply