silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama: Weni Retno Palupi
NIM: 877967375
UT: Malang
Setelah menyimak dan menonton video tentang ” Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika” terdapat beberapa hal yang saya temukan.
1. Kelemahan guru:
a. Tidak adanya salam pembuka serta apersepsi pada awal pembelajaran
b. Tidak adanya absensi siswa oleh guru
c. Guru tidak memperhatikan kesiapan siswa pada awal pembelajaran
d. Guru tidak mengkondisikan siswanya agar kelas menjadi tenang
e. Kurangnya interaksi antara guru siswa
f. Tidak adanya kesimpulan, penguatan dan evaluasi di akhir pembelajaran
2. Kelebihan guru:
a. Guru menguasai materi pembelajaran dengan baik
b. Guru merespon dengan cepat situasi kelasnya dan mengubah strategi pembelajarannya agar menarik perhatian siswanya
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut, hal yang perlu ditingkatkan adalah guru sebaiknya memberikan salam pembuka dan penutup pada awal dan akhir pembelajaran, mengabsen siswa, menambahkan icebreaking, dan memberikan motivasi kepada siswanya.
Nama: RATNA
NIM: 857141478
Setelah saya tonton video ini ternyata banyak siswa yang tidak berminat dengan pelajaran Matematika namun guru masih tetap berusaha agar siswa menghafal rumus dengan cara bernyanyi yang di sisipkan dengan kata-kata dari rumus tersebut. Sebenarnya matematika itu mudah dikerjakan, jika siswa memahami dan hafal rumus yang akan digunakan. video ini adalah contoh bagaimana untuk guru bisa menyiasati dan menarik perhatian yang tidak tertarik dengan pelajaran matematika menjadi siswa tertarik dan mudah agar bisa menghafal rumus tersebut.
Untuk kekurangan dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya menggunakan apersepsi supaya siswa bersemangat dalam persiapan pembelajaran.
Demikian dan Terima kasih.
Nama : Nining Paryati
NIM : 855739311
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Kalianda
Setelah saya melihat video pembelajaran diatas, tidak sedikit siswa yang kurang mencintai mata pelajaran matematika, sangat terlihat jelad dalam video di atas ketika Guru sedang menjelaskan materi, semua siswa yang ada di dalam kelas tersebut sangatlah berisik dan tidak tenang.
Pada awal pembelajaran juga Guru tersebut tidak adanya ucapan pembuka seperti salam, menanyakan kabar siswa dan tida ada absensi kelas, tidak adanya penyemangat siswa di awal pembelajaran siswa.
tetapi semua itu berubah ketika guru tersebut dengan cepat mengubah situasi yang tidak menyenangkan menjadi sangat menyenangkan dengan menggunakan strategi pembelajaranyang yang menarik perhatian para siswa. seperti dala video pembelajaran yang telah kita lihat guru tersebut menggunakan sebuah lagu untuk menarik perhatian siswa agar lebih mudah dalam menghafal rumus-rumus matematika dengan bernyanyi.
guru tersebut juga sangat menguasai materi, menerangkan materi dengan sangat jelas dan suara yang lantang dan sangat menguasai kelas sehingga bisa dengan cepat mengondisikan siswa untuk bisa menerima dengan baik materi yang disampaikan tersebut.
Nama : Desi Apriani
Nim : 857013703
Setelah menyimak dan menonton video di atas, banyak siswa yang belum mencintai mata pelajaran matematika. Terlihat ketika guru membuka pembelajaran, siswa gaduh dan tidak tenang. Seharusnya untuk mengawali pembelajaran harus dengan berdoa terlebih dahulu dan hendaknya membiasakan ice breaking yang berhubungan dengan menghafalkan rumus, dengan tujuan agar anak lebih semangat menghafal dengan lagu seperti yang terlihat dalam vidio diatas. Untuk memudahkan siswa dalam menghafal suatu rumus, guru perlu sedikit inovasi dan menggunakan media atau metode pembelajaran yang menarik agar siswa menjadi tertarik dan senang belajar matematika.
Nama : Dina Agustina
NIM : 878163187
UPBJJ: UT BANDUNG
setelah mengamati video diatas ada kelebihan dan kekurangannya. kelebihannya yaitu membuat siswa lebih semangat ketika guru melakukan variasi pembelajaran dan kelekurangannya guru tidak menggunakan media ajar sehingga murid tidak bisa membanyangkan seperti apa rumus-rumus itu dan saat awal pembelajran guru tidak melakukan kegiatan pembuka contohnya berdoa
Nama: Dina Agustina
NIM :878163187
UPBJJ UT BANDUNG
setelah menyimak video tadi ada kelebihan dan kekurangan yang disampaikan oleh guru. kelebihannya yaitu membuat siswa akan lebih semangat ketiga guru melakukan variasi dalam pembelajaran. kekuranganya yaitu tidak ada media ajar sehingga siswa tidak bisa membayangkan rumus-rumus matematika dan guru tidak melakukan kegiatan pembuka contohnya berdoa sebelum belajar
Nama : WIWIK PRIASTANTI
NIM : 857879552
UPBJJ : SURAKARTA
1. Judul video yang dianalisis:
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
2. Link video yang dianalisis:
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/07/siswa-kesulitan-mengahafal-rumus-matematika/
Ringkasan isi video:
– Indentitas Video:
o Nama Penulis Naskah : Drs. Eded Tarmedi, MA.
o Penelaah Materi : Drs. Sriyono, M. Hum
o Penelaah Media : M. Sunardianto, S. Kom
o Sutradara : Pudji Setyo D. J
o Produksi : Universitas Terbuka 2010
– Sinopsis atau Ringkasan Video:
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah syairnya dengan rumus luas bangun datar. Lagu yang dirubah syairnya dan digunakan untuk menghafal rumus luas bangun datar adalah lagu burung kakak tua.
3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video:
Saya sepakat dengan pendapat dari pakar dosen Drs. Edy Prayitno, M.Pd. yang menyampaikan bahwa menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Murid kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas bangun datar yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai murid sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan beliau Drs. Edy Prayitno, M. Pd. adalah, dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Saya sependapat dengan hal yang disampaikan oleh Drs. Edy Prayitno, M. Pd. cara mengajar matematika seperti dalam video terlihat membosankan bagi murid sekolah dasar. Mereka tidak akan mampu mengerjakan soal matematika dengan kesulitan soal yang lebih kompleks, karena mereka hanya hafal rumus tetapi tidak memahami konsep dasar tentang bangun datar. Apalagi metode menyelesaikan soal matematika dengan menghafal rumus, hanya mampu bertahan dalam jangka pendek dan tidak bias menumbuhkan perilaku anak berfikir kritis.
4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video:
Kelebihannya hanya mengingatkan kembali murid tentang lagu anak-anak yang sekarang sudah banyak hilang digantikan lagu-lagu percintaan remaja dan orang dewasa.
5. Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video:
Saya melihat guru yang menjadi tokoh dalam video masih mengenakan seragam korpri zaman dahulu.
Nama : Delius Giawa
Nim : 818971629
UPBJJ : 12 Medan
Pokjar : Teluk Dalam
Setelah saya perhatikan videonya, maka kelemahan yang pertama adalah Guru belum membangun rasa kenyamanan kepada siswa, dan guru belum mepersiapkan diri sebelum penyampaian materi, sehingga banyak siswa yang ribut lebih-lebih siswa laki-laki di sebelah kiri bapak guru, bahkan ada Juga siswa perempuan yang tidur.Sebaiknya Guru menyapa siswa, mengabsen,bahkan menyuruh untuk bernyanyi dan membawa alat peraga.
Itu tanggapan dari saya.
Nama : KARTINI HAFO
Nim : 826203035
UPBJJ : 12 Medan
Pokjar : Teluk Dalam
Kalau menurut pengamatan saya dari video tersebut, siswa terlalu ribut , ada yang memukul-mukul temannya, ada juga yang tertidur.Sehingga pada saat guru sedang mengajar siswa tidak antusias untuk menerima materi yang di sampaikan guru, yang pada akhirnya guru putus asa pada saat guru bertanya kepada siswa.Sehingga Guru mengubah strategi dengan menyanyikan lagu burung kakak tua untuk menghafal rumus luas bangun datar.sehingga anak-anak sangat gembira dan bersemangat untuk belajar.Sekian tanggapan dari saya.
Nama : Ulfa Nur Azizah
NIM : 857529164
UPBJJ : Bandung
setelah menyimak video tersebut banyak siswa yang ribut mungkin sebelumnya guru tidak mempersiapkan terlebih dahulu sebelum masuk ke materi seharusnya guru terlebih dahulu menyapa kabar,berdo’a ,mengabsen dan menyiapkan alat peraga seperti speaker atau menggunakn proyektor supaya anak dapat memusatkan perhatiannya .