silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

361 Comments

  1. NAMA : SITI FATIMATUL LUTFIA
    NIM : 858815932
    SEMESTER/KELAS : 8/B
    POKJAR : KOTA KEDIRI

    A. reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
    menurut saya siswa merasa tidak tertarik dengan pelajaran di awal kegiatan, namun setelah guru memperhatikan keadaan yang sebenarnya maka guru segera mengambil tindakan yang bertujuan agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Dengan menggunakan metode lagu yang disukai anak-anak kemudian liriknya diganti maka hal tersebut mampu merubah keadaan menjadi lebih baik dan tertib. Siswapun mau mengikuti pembelajaran serta dapat menerima materi.

    B. secara Keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan Pembelajaran antara lain
    guru tidak menerapkan kegiatan awal dengan menyiapkan kemampuan awal siswa. padahal menyiapkan kemampuan siswa mendorong berhasilnya kegiatan di tahap selanjutnya. guru juga perlu menyampaikan tujuan di awal pembelajaran agar siswa mampu memahami tujuan pembelajaran matematika

    C. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran antara lain
    kelebihan guru adalah guru sabar dan sigap mengambi tindakan agar siswa memiliki minat belajar memperhatikan rumus matematika di depan kelas. guru kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi dengan alat peraga

    Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran ialah
    menurut saya, dengan mengganti lirik lagu “Topi Saya Bundar” menjadi rumus matematika cukup menarik perhatian saya, karena dengan bernyanyi anak-anak lebih senang dan santai dalam menjalani pembelajaran tanpa adanya tekanan dan guru tidak menunjukkan ekspresi yang melemahkan kemauan siswa dalam menerima materi.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu
    upaya yang dapat dilakukan adalah guru sebaiknya mempersiapkan strategi di awal kegiatan, guru harus lebih memperhatikan kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran, guru sebaiknya melakukan komunikasi interaktif serta adanya evaluasi yang dilakukan guru untuk mencapai keberhasilan dalam setiap kegiatan mulai dari kegiatan pembuka, inti, dan penutup.

Leave a Reply