silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Susilawati
    Nim : 859882112
    UPBJJ : Medan

    Setelah saya menyaksikan video pembelajaran di atas, guru tersebut tidak menggunakan 8 teknik pembelajaran efektif, hanya keterampilan mengadakan variasi saja yang beliau gunakan.
    Dalam video tersebut moral siswa juga sangat memprihatinkan,dimana seorang guru ketika membuka pelajaran seharusnya disambut dengan semangat dan keceriaan, tetapi yang saya dapatkan malah sorakan begitu keras.
    Tatapi hal yang paling penting dalam pembelajaran matematika siswa di haruskan paham konsep,bukan menghapal rumus.
    Misalnya: konsep perkalian itu apa?
    Yaitu penjumlahan yang berulang.
    Banyak siswa hapal rumus tapi tidak dengan konsep,jadi apa yang mereka hapal hari ini akan cepat hilang di pembelajaran selanjutnya yang mana matematika akan banyak mengela rumus yang kita jumpai.
    Dan tentunya yang paling utama guru harus menguasai 8 teknik pembelajaran agar terciptanya pembelajaran yang efektif, kondusif,dan ter arah.

  2. Nama : Susi Damayanti Siagian
    NIM : 859894909
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Medan-Asahan

    Saya akan menganalisis salah satu vidio pembelajaran di Portal Guru Pintar ini pada Seri Pembelajaran di SD yang berjudul ” Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika”. Berikut link nya : https://drive.google.com/file/d/1zcsN1CFuUxTRHK_yesF4cht9NEcHmQzP/view?usp=sharing.
    Vidio ini berisi tentang upaya seorang guru yang memberikan cara menghafal rumus bangun datar yang menyenangkan dengan cara bernyanyi melalui nada ” Burung Kakak Tua” sehingga menjadikan para siswa semangat untuk bernyanyi. Namun, menurut saya pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut sangatlah monoton sehingga para siswa tidak antusias mengikutinya. Mereka hanya asyik bernyanyi dengan syair yang ada tetapi tidak mengetahui apa yang menjadi maksud yang ingin di capai oleh guru. Agar para siswa dapat memahami rumus matematika itu dengan bernyanyi, maka guru tersebut hendaknya juga memberikan media sebagai pendukung nyanyian tersebut. Misalnya ketika syair lagu tentang persegi panjang maka guru tersebut hendaknya menunjuk meja atau papan tulis sebagai media pendukungnya. Dengan demikian para siswa akan lebih mengerti dan paham dari nyanyian tentang bangun datar tersebut.
    Ketika memulai pelajaran hendaknya diawali dengan salam dan doa, kemudian mereview pembelajaran terdahulu sehingga siswa menjadi lebih terpancing dengan ingatan pembelajaran kemarin sehingga guru dapat melanjutkan pembelajaran dengan mudah. Ketika selesai pembelajaran hendaknya juga diakhiri dengan doa dan salam. Tak lupa juga guru harus memberi motivasi belajar kepada para siswa agar para siswa lebih antusias dalam belajar.

  3. Nama : Trisna Prasetia
    Nim : 856054698
    Pokjar : Langkat
    Seri pengembangan matematika SD-pembelajaran matematika
    Judul: siswa menghafal rumus matematika
    Penulis naskah: Drs. Eded Tarmedi, MA.
    Penelaah materi : Drs. Sriyono M.Hum
    Penelaah media : M. Sumardianto, S.kom.
    Sutradara : Pudji Setyo Dj.

    Setelah saya analisis video ini, saya melihat bahwa video ini menggambarkan usaha seorang guru dalam mengatasi siswa yang kesulitan menghafal rumus matematika yaitu tentang rumus luas bangun datar.
    Usaha guru dalam membantu siswa agar mudah untuk menghafal rumus luas bangun datar yaitu dengan bernyayi.

    Namun, menurut pendapat saya,sebelum guru membantu siswa agar mudah untuk menghafal luas bangun datar sehausnya guru membuat model pembelajaran yang memudahkan siswa untuk memahami konsep bangun datar terlebih dahulu.
    Dengan membuat suatu pembelajaran yang melibatkan dunia nyata, atau benda kongkrit seperti
    pintu, jendela, poster, papan tulis, jam dinding,dan benda kongkrit lainnya yang ada di kelas maupun di lingkungan sekolah. Dengan demikian siswa lebih siap untuk menghafal karena siswa lebih mengenal apa itu bangun datar.

    Kondisi kelas juga terlihat tidak kondusif pada saat kegiatan pembuka karena tidak di awali seperti kesiapan siswa, berdoa dan juga apsensi.

  4. Nama : Kiki Fatmala
    Nim 856113143
    Seri pengembangan matematika SD-pembelajaran matematika
    Judul: siswa menghafal rumus matematika
    Penulis naskah: Drs. Eded Tarmedi, MA.
    Penelaah materi : Drs. Sriyono M.Hum
    Penelaah media : M. Sumardianto, S.kom.
    Sutradara : Pudji Setyo Dj.
    Dapat disimpulan bahwa seoang guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam kesulitan menghafal rumus luas bangun datar adapun kelebihan dari video tersebut guru tersebut dapat mengatasi siswa dalam kesulitan menghafal rumus bangun datar dengan cara memodifikasi dengan lagu yang sering di dengar oleh siswa kemudian liriknya diganti dengan rumus bangun datar hal tersebut yang di lakukan guru hal yang tepat.
    adapun kelemaan dari video di atas guru tidak mengaitkan materi pembeajaran yang sebelumnya yang sudah di pelajari karena mengatkan materi pembelajaran sangat memudahkan siswa untuk mengigat rumus bangun datar yang telah di pelajari.
    berikut saran yang dapat saya berikan guru harus mengulang rumus bangun datar di awal pembembelajaran agar memudahkan siswa untuk menghafal rumus tersebut dan memudahkan siswa untuk mengerjakan tugas.

  5. Nama : Muhammad Yusuf Maulana
    NIMVideo ini mencerminkan penerapan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan gaya belajar siswa sekolah dasar. Strategi penggunaan lagu populer yang liriknya dimodifikasi menjadi rumus matematika merupakan bentuk konkret dari pembelajaran kontekstual dan menyenangkan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran tidak harus selalu kaku, tetapi dapat disampaikan secara fleksibel agar lebih mudah diserap siswa. Inovasi ini juga sejalan dengan prinsip pembelajaran tematik terpadu yang menekankan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

  6. Nama : Muhammad Yusuf Maulana
    NIM : 857166447
    Menurut saya video ini mencerminkan penerapan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan gaya belajar siswa sekolah dasar. Strategi penggunaan lagu populer yang liriknya dimodifikasi menjadi rumus matematika merupakan bentuk konkret dari pembelajaran kontekstual dan menyenangkan. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran tidak harus selalu kaku, tetapi dapat disampaikan secara fleksibel agar lebih mudah diserap siswa. Inovasi ini juga sejalan dengan prinsip pembelajaran tematik terpadu yang menekankan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa.

  7. NAMA : SENI HATI KUMALA SARI
    NIM : 856052053

    Dividio terlihat diawal pembelajaran saat guru menyampaikan materi pelajaran mencari luas bangun datar, para siswa langsung protes dengan bersorak dan tidak bersemangat, terlihat suasana kelas yang tidak kondusif disaat guru menjelaskan rumus dan memberikan contoh soal untuk mencari luas persegi panjang. para siswa tidak terlalu tertarik memperhatikan sehingga saat guru bertanya siswa tidak bisa menyelesaikannya,hal itu disebabkan karena siswa tidak memahami rumus sehingga siswa kesulitan menyelesaikan tugas. Dari vidio diatas dapat dianalisis Kelemahan guru tersebut yaitu guru masih belum bisa membuat kelas kondusif diawal pembelajaran, dan tidak melakukan apersepsi serta tidak memotivasi siswa semangat dalam mengikuti pelajaran, disaat guru tersebut hanya menggunakan metode ceramah siswa merasa bosan dan kurang bersemangat. Kelebihan guru pada vidio tersebut ialah beliau mampu segera mengkondisikan kelas yang tidak kondisif dan kembali menarik minat siswa dengan menyampaikan materi dengan menyanyikan lagu sebagai metode pembelajaran, dimana lirik lagu kakak tua dirubah menjadi rumus luas bangun datar membuat siswa bersemangat dan menjadi lebih mudah menghapal rumus luas bangun datar, sehingga guru tersebut mampu mengkondisikan dan memfokuskan siswa kemateri pelajaran dengan mengubah metode belajar menjadi menyenangkan bagi siswa.
    Menurut saya upaya dan strategi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya bisa menggunakan alat peraga untuk menjelaskan materi bangun datar dan rumus-rumusnya ,bisa juga dengan bermain game atau membuat quiz agar siswa dapat terlibat langsung dalam pembelajaran dan lebih mudah memahami materi dan belajar matematika lebih asyik dan menyenangkan.Bisa juga membuat kelompok belajar saat pelajaran berlangsung ditambah metode diskusi ataupun tanya jawab sehingga siswa menjadi lebih aktif dan pembelajaran tidak monoton dan lebih bermakna.

  8. Selamat pagi,,

    Nama :Masilina Tafonao
    NIM : 855852427

    Cuplikan vidio diatas menunjukkan pembelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang sukar untuk dipahami siswa. Dalam hal ini,, rumus-rumus dan angka-angka yang disajikan cukup sering membuat semangat siswa gugur di pertengahan jalan. Pada vidio tersebut, menunjukkan bahwa banyak diantara siswa yang ribut dan tidak berminat untuk mendalami pelajaran saat itu. Namun, pada vidio selanjutnya, guru mulai melakukan perbaikan pada metode mengajarnya. Untuk mempermudah siswa menghafal rumus-rumus bangun datar maka guru menggunakan lagu atau irama yang liriknya diganti dengan berbagai rumus bangun datar yang ditampilkan di kertas manila yang dipajang di papan tulis. Melalui metode tersebut, pembelajaran lebih menarik dan para siswa dapat dengan mudah mmenghafal rumus-rumusnya.

    Demikian tanggapan yang bisa saya berikan,,
    Terimakasih🙏🙏

  9. As’salamualaikum warahmatullahi wabarkatu
    Nama : Mujahidah
    Nim : 858082875
    Izin memberi kan pendapat terkait dengan masalah siswa SD kesulitan dalam menghafal rumus matematika:

    Komentar
    1. “Siswa mungkin belum memahami konsep dasar matematika sehingga sulit untuk menghafal rumus.”
    2. “Rumus matematika mungkin terlalu kompleks atau abstrak bagi siswa SD sehingga sulit untuk dihafal.”
    3. “Siswa mungkin tidak memiliki strategi belajar yang efektif untuk menghafal rumus matematika.”
    4. “Siswa mungkin merasa tidak percaya diri atau frustrasi ketika mencoba menghafal rumus matematika.”

    Solusi yang Mungkin
    1. *Menggunakan Metode Pembelajaran yang Konkrit*: Menggunakan metode pembelajaran yang konkrit dan visual untuk membantu siswa memahami konsep dasar matematika.
    2. *Menggunakan Teknik Menghafal yang Efektif*: Menggunakan teknik menghafal yang efektif seperti membuat kartu rumus atau menggunakan lagu untuk membantu siswa menghafal rumus matematika.
    3. *Mengajarkan Konsep Matematika secara Bertahap*: Mengajarkan konsep matematika secara bertahap dan memastikan bahwa siswa memahami setiap langkah sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
    4. *Meningkatkan Motivasi dan Percaya Diri*: Meningkatkan motivasi dan percaya diri siswa dengan memberikan pujian dan penghargaan ketika mereka berhasil menghafal rumus matematika.

    Dalam keseluruhan, kesulitan menghafal rumus matematika dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan memberikan dukungan yang tepat kepada siswa yang kesulitan dalam hal menghafal dan memberikan penguatan.
    Sekian Terimakasih..,..

  10. NAMA : AYU RAHMANI
    NIM : 858081597

    setelah menonton video di atas saya menyimpulkan bahwa di dalam memulai pembelajaran tidak ada salam pembuka, tidak menanyakan kabar pada siswa, tidak mengecek kehadiran siswa, interaksi antara guru dan murid kurang sehingga siswa sibuk dengan kegiatannya sendiri. penguasaan kelas yang kurang serta penataan waktu penggunaan media dan metode yang digunakan kurang tepat sehingga siswa kurang termotivasi, penggunaan metode yang digunakan sudah bagus tetapi kurang penekanan dan pengulangan sehingga siswa dapat dengan mudah menghafalkan rumus yang di pelajari dan setidaknya memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di papan tulis serta memberikan penghargaan bagi yang bisa menjawab tugas tersebut sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada saat belajar.

    demikianlah pendapat yang dapat saya berikan.
    terima kasih.

Leave a Reply