silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

482 Comments

  1. Nama : Nur Nazilatul Rohmah
    NIM : 859662901
    UPBJJ : UT Surabaya

     Masalah : siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar.
     Penyebab masalah : siswa yang mulai awal sudah memiliki pikiran bahwa matematika itu sulit dan membosankan, jadi otomatis akan mengalami kesulitan dalam mengahfal rumus luas bangun datar.
     Pemecahan masalah : metode atau strategi pembelajaran yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi yang liriknya diganti dengan rumus-rumus bangun datar.
     Rumusan masalah :
    1. Mengapa siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
    2. Apa langkah yang dapat diambil agar siswa mudah menghafal rumus matematika?
     Tujuan :
    1. Mengetahui penyebab siswa sulit menghafal rumus bangun datar.
    2. Memberikan inovasi belajar siswa yang menarik dan menyenangkan, untuk memudahkan siswa dalam menghafal rumus bangun datar.
     Deskripsi : Banyak siswa yang masih memiliki pikiran bahwa belajar matematika itu susah dan membosankan, padahal jika memiliki metode yang pas untuk diterapkan pada siswa, matematika itu menjadi pelajaran yang gampang, asyik dan gembira sehingga tidak lagi menakutkan bagi siswa. Pada video ini metode yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi. Menurut saya metode ini cukup berpengaruh bagi siswa karena mereka merasa tidak bosan dan senang dengan cara bernyanyi dan juga membuat rumus-rumus itu mudah dihafal siswa. Pada video ini menggunakan lagu burung kakak tua yang diganti liriknya dengan rumus-rumus bangun datar.

  2. Assalamualaikum izin menanggapi dari video yg berjudul ” siswa kesulitan menghafal rumus matematika”
    Nama: Leni Karlina
    NIM : 856642356
    Semester : 8
    UPBJJ : Pokjar jambi
    Jadi menurut saya dalam video tersebut termasuk studi kasus yang saya alami di sekolah terkhususnya siswa kelas IV. Yaitu Masalah : siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus keliling dan luas bangun datar. Contoh segitiga, persegi 4 dan persegi panjang.
    *Sebab masalah : siswa yang mulai awal sudah memiliki pikiran bahwa matematika itu sulit dan membosankan, jadi otomatis akan mengalami kesulitan dalam mengahfal rumus luas bangun datar, jam matematika pun sering di jadwal jam ke tiga atau akhir, kurang nya fokus saat pelajaran matematika berlangsung.
    * Pemecahan masalah : metode atau strategi pembelajaran yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi yang liriknya diganti dengan rumus-rumus bangun datar.
    * Rumusan masalah :
    1. Mengapa siswa sangat kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
    2. Apa saja langkah yang dapat diambil agar siswa mudah menghafal rumus matematika?
    * Tujuan :
    1. Mengetahui penyebab siswa sulit menghafal rumus bangun datar.
    2. Memberikan cara yang menarik dan menyenangkan, untuk memudahkan siswa dalam menghafal rumus bangun datar.
    * Deskripsi : Banyak siswa yang masih memiliki pikiran bahwa belajar matematika itu susah dan membosankan, padahal jika memiliki metode yang pas untuk diterapkan pada siswa, matematika itu menjadi pelajaran yang gampang, asyik dan gembira sehingga tidak lagi menakutkan bagi siswa. Pada video ini metode yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi. Menurut saya metode ini sangatlah bagus
    dan berpengaruhh bagi siswa karena mereka merasa tidak bosan dan senang dengan cara bernyanyi dan juga membuat rumus-rumus itu mudah dihafal siswa. Pada video ini menggunakan lagu burung kakak tua yang diganti liriknya dengan rumus-rumus bangun datar. Apalagi kalau menghafal rumus nya dengan nyanyian suasana menghafalnya di luar ruangan kelas pasti lebih mudah dan cepat lagi bagi siswa tersebut.
    Mohon maaf jika banyak salah🙏

Leave a Reply