silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : Muhammad Haekal Amar
    Nim : 856087775
    Prodi: PGSD – S1 UPBJJ : Batam

    Diawal pembelajaran terlihat anak – anak kurang berminat dengan materi yang akan disampaikan oleh guru yaitu tentang rumus bangun datar. Hal ini terlihat dari sikap beberapa anak yang mulai tidak serius dan sibuk bermain bersama- sama teman – temannya.

    SOLUSI;
    Gunakan metode yang disukai anak, salah satunya yaitu dengan cara bernyanyi, menghibur dengan lagu yang sudah mereka hapal tetapi lirik lagu, diganti dengan rumus – rumus tersebut.

  2. Nama : Tarissa Andi Tiana
    NIM : 857132447

    Setelah saya menonton Vidio dari GPO dan Saya menganalisis Vdio Pembelajaran yang ada di SD berjudul “ Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika”.
    a. Siswa yang sedang mengikuti pembelajaran Matematika kesulitan untuk menghafal rumus matematikanya, terutama pada rumus bangun datar.
    b. Guru yang ada di video tersebut tidak melakukan pendahuluan seperti menannyakan kabar , mengabsensi siswa.
    c. Tetapi guru tersebut mensiasati menghafal rumus dengan lagu supaya siswa yang berada di dalam kelas belajar dengan kondusif.
    Guru memodifikasi cara mengajar nya supaya anak -anak tertarik dengan materi yang disampaikan, guru mengasih cara menghafal rumus matematika tentang bangun datar dengan cara bernyanyi burung kakak tua yang liriknya diganti dengan rumus – rumus pada bangun ruang,
    d. Dengan cara demikian pembelajaran dikelas menjadi lebih asyik dan tidak monoton dan siswa juga bisa paham bagaimana konsep pada materi tersebut.

  3. Nama : Jubed Jubaedah
    NIM : 877635064

    Izin menanggapi video tersebut,
    Di dalam video tersebut guru itu awalnya kelihatan membosankan cara penyampaian dan strateginya kurang efektif, kemudian guru tersebut merubah strategi pembelajaran tersebut sangat kreatif dan efektif dalam membantu siswa menghafal rumus matematika yaitu dengan cara menghapal sambil bernyanyi, terutama rumus luas bangun datar. Dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dapat meningkatkan minat dan motivasi mereka untuk belajar.
    Dengan menggunakan lagu, siswa dapat menghafal rumus matematika dengan lebih mudah dan efektif.

  4. Nama: putri halizah
    Nim :859882968
    UPBJJ:Medan

    Setelah saya analisis mengenai Vidio Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa ketika guru menjelaskan pembelajaran secara monoton maka siswa akan bosan dan acuh bahkan siswa tidak mengerti dan sulit mengingat pelajaran tersebut contohnya seperti dalam vidio itu rumus bangub datar.Namun ketika kita menggunakan strategi pembelajaran yang tepat maka belajar matematika iti sangat mudah dan mengasyikan. Seperti kita bisa gunakan lagu untuk menghafak rumus bangun datar dan kita bisa lengkapi dengan poster bangun datar berwarna menarik.

  5. Nur Afifah Fitriyani
    NIM : 859669549
    UPBJJ Bandung
    Dalam video tersebut terlihat siswa sulit mengahafal rumus matematika sedangkan dalam mengerjakan matematika murid perlu hafal dengan rumus rumus yang ada.
    Bagaimana cara agar siswa dapat menghafal rumus? Salah satunya seperti dalam video guru bisa memfasilitasi siswa dengan mengajarkan rumus dengan menggunakan nyanyian dengan ini siswa dapat menghafal sambil bernyanyi. Selain memudahkan siswa juga merasa tidak bosan dan senang dalam belajar.

  6. Nama : Ayu Nita Harahap
    Nim : 855860148

    Setelah saya menganalis salah satu video pembelajaran di Portal Guru Pintar pada Seri Pembelajaran SD yang berjudul “Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika

    Kelebihan dari video tersebut menggambarkan usaha seorang guru dalam mengatasi tantangan yang dihadapi siswa yang kesulitan menghafal rumus matematika, khususnya rumus luas bangun datar. Solusi yang diusulkan dalam program ini adalah dengan menerapkan strategi bernyanyi, menggunakan lagu-lagu yang disukai siswa dan sedikit mengubah liriknya. Contohnya, lagu “Burung Kakak Tua” diubah liriknya untuk mencakup rumus luas bangun datar .

    Kekurangan dari video tersebut metode pembelajaran ini terasa monoton dan membosankan bagi siswa, sehingga ada beberapa siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pelajaran.

    Sarannya : Dapat menggunakan metode Based Learning

  7. NAMA : RAHMA YULIA
    NIM : 859541063
    PRODI: S1-PGSD
    JUDUL VIDEO: SISWA MENGHAFAL RUMUS MATEMATIKA

    Setelah saya menonton video pembelajaran tentang strategi guru dalam mengatasi kesulitan siswa menghafal rumus luas bangun datar, saya melihat bahwa pendekatan yang digunakan sangat kreatif dan menyenangkan. Guru memanfaatkan lagu “Burung Kakak Tua” yang diubah liriknya menjadi rumus matematika, dan ini ternyata membuat siswa terlihat antusias, semangat, dan lebih aktif mengikuti pelajaran. Saya rasa, cara seperti ini sangat cocok diterapkan di tingkat sekolah dasar karena sesuai dengan dunia anak-anak yang menyukai musik dan kegiatan menyenangkan. Kelebihan guru terlihat dari kemampuannya membangun suasana kelas yang positif dan membuat materi yang sulit menjadi lebih mudah dipahami. Namun, menurut saya, ada satu kelemahan yang cukup terlihat, yaitu belum adanya evaluasi atau penguatan konsep setelah siswa menyanyikan lagu, jadi masih belum terlihat sejauh mana mereka benar-benar paham. Hal unik dalam pembelajaran ini adalah penyampaian materi lewat lagu populer yang sudah akrab di telinga siswa, yang membuat proses belajar jadi tidak terasa membosankan. Sebagai usulan, saya pikir pembelajaran seperti ini bisa dikembangkan lagi dengan memberikan evaluasi ringan setelah kegiatan menyanyi, serta melibatkan siswa dalam membuat lirik lagu versi mereka sendiri untuk rumus-rumus lain, agar mereka tidak hanya menghafal tapi juga benar-benar memahami isi materi yang disampaikan.

  8. NAMA : RAHMA YULIA
    NIM : 859541063
    PRODI : S1-PGSD
    JUDUL VIDEO : SISWA MENGHAFAL RUMUS MATEMATIKA

    Setelah saya menonton video pembelajaran tentang strategi guru dalam mengatasi kesulitan siswa menghafal rumus luas bangun datar, saya melihat bahwa pendekatan yang digunakan sangat kreatif dan menyenangkan. Guru memanfaatkan lagu “Burung Kakak Tua” yang diubah liriknya menjadi rumus matematika, dan ini ternyata membuat siswa terlihat antusias, semangat, dan lebih aktif mengikuti pelajaran. Saya rasa, cara seperti ini sangat cocok diterapkan di tingkat sekolah dasar karena sesuai dengan dunia anak-anak yang menyukai musik dan kegiatan menyenangkan. Kelebihan guru terlihat dari kemampuannya membangun suasana kelas yang positif dan membuat materi yang sulit menjadi lebih mudah dipahami. Namun, menurut saya, ada satu kelemahan yang cukup terlihat, yaitu belum adanya evaluasi atau penguatan konsep setelah siswa menyanyikan lagu, jadi masih belum terlihat sejauh mana mereka benar-benar paham. Hal unik dalam pembelajaran ini adalah penyampaian materi lewat lagu populer yang sudah akrab di telinga siswa, yang membuat proses belajar jadi tidak terasa membosankan. Sebagai usulan, saya pikir pembelajaran seperti ini bisa dikembangkan lagi dengan memberikan evaluasi ringan setelah kegiatan menyanyi, serta melibatkan siswa dalam membuat lirik lagu versi mereka sendiri untuk rumus-rumus lain, agar mereka tidak hanya menghafal tapi juga benar-benar memahami isi materi yang disampaikan.

  9. Nama : Rahmawati Nortriana
    NIM : 858021133

    Saya sedikit memberikan masukan pada video tersebut, pada awal pembelajaran sebaiknya seorang guru memberikan sapaan yang menarik kepada siswa, sehingga Kesan pertama seorang guru dalam menyampaiakan materi akan senang dan tertarik pada menit pertama. Selebihnya pada segmen mengajarkan siswa cara menghafal rumus dengan syair lagu yang dirubah dengan rumus matemarika memang sangat bagus. Hal ini secara tidak langsung mengajarkan siswa untuk menghafal dengan trik yang menarik, tentunya bagus sekali bagi siswa untuk hafal materi rumus yang disampaikan.
    terimakasih materinya

  10. Video pembelajaran dari Portal Guru Pintar yang berjudul “Siswa Kesulitan Menghafal Rumus Matematika” Dalam menangani kesulitan siswa dalam memahami dan menghafal rumus matematika, khususnya rumus luas bangun datar. Masalah yang ditampilkan dalam video adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal dan memahami rumus matematika akibat penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif dan tidak kontekstual. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam mengingat rumus serta mengalami kebosanan dalam proses belajar.
    Melalui video ini, diperlihatkan bagaimana seorang guru mampu menghadirkan suasana belajar yang kreatif dan menyenangkan melalui pendekatan yang inovatif.
    Salah satu strategi utama yang digunakan oleh guru adalah pemanfaatan lagu dalam menghafal rumus. Rumus-rumus matematika dikemas dalam bentuk lagu sederhana yang dinyanyikan bersama-sama oleh siswa.Teknik ini tidak hanya membantu siswa dalam mengingat rumus secara lebih efektif, tetapi juga meningkatkan partisipasi aktif mereka dalam proses pembelajaran.
    Refleksi dari video ini menunjukkan bahwa proses belajar akan lebih bermakna apabila guru mampu menghadirkan strategi pembelajaran yang variatif dan menyenangkan. Pembelajaran yang tidak monoton mendorong siswa untuk lebih terlibat, termotivasi, dan pada akhirnya lebih mudah memahami materi. Guru juga menunjukkan peran penting sebagai fasilitator yang adaptif terhadap kebutuhan siswa, serta mampu mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Leave a Reply