silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Bismillah
    Nama : Anitanur
    Nim: 856082221
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Batam

    setelah menonton video siswa kesulitan menghafal rumus matematika, pada saat pak guru masuk dalam kelas dan memberi pembelajaran siswa langsung disuguh dengan materi pembelajaran sehingga reaksi para siswa kurang senang dan tidak semangat dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran ketika pak guru memberikan materi dan siswa tidak dapat menerima apa yang disampaikan oleh pak guru, bahkan siswa ada yang tidur di dalam kelas karena merasa bosan dan tidak bisa memahami yang disampaikan oleh pak guru.
    – secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah menurut pendapat saya pak guru di sini dalam tahap ini langsung ke inti pembelajaran yaitu, pak guru menyuruh siswa untuk membuka buku dan memberikan materi pelajaran sehingga membuat para siswa tidak senang dan terlihat bosan, dan membuat para siswa terlihat ada yang tidur dan tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh pak guru.
    – secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah setelah melihat muridnya terlihat tidak bisa konsentrasi dan bosan, pak guru langsung mengubah metode pembelajaran, sehingga para siswa lebih semangat dan dengan mudah para siswa dalam mengingat rumus yang disampaikan oleh pak guru dengan nyanyian. sehingga para siswa lebih semangat dari awal pembelajaran.
    -hal unik yang saya lihat dan saya temukan dalam video saat pembelajaran yaitu pak guru dalam memberikan pembelajaran dengan cara bernyanyi, lagu burung kakak tua yang di ubah menjadi lagu rumus bangun datar, sehingga memudahkan para siswa dalam menghafal rumus, masya Allah. ini suatu hal yang sangat unik dan menarik bagi saya.
    -upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah ketika pak guru langsung pada inti pembelajaran, sebaiknya pak guru ketika masuk kelas tahap awal, sebainya pak guru menyapa siswa dulu, dan memberikan motivasi kepada siswa sehingga siswa tidak langsung merasa tidak nyaman dalam pembelajaran sehingga siswa merasa berat dan bosan dalam belajar.
    ini yang dapat saya tanggapi dan yang saya lihat dari video tersebut.

  2. Nama : Anitanur
    Nim : 856082221
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Batam

    Bismillah
    -setelah menonton video siswa kesulitan menghafal rumus matematika, pada saat pak guru masuk dalam kelas dan memberi pembelajaran siswa langsung disuguh dengan materi pembelajaran sehingga reaksi para siswa kurang senang dan tidak semangat dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran ketika pak guru memberikan materi dan siswa tidak dapat menerima apa yang disampaikan oleh pak guru, bahkan siswa ada yang tidur di dalam kelas karena merasa bosan dan tidak bisa memahami yang disampaikan oleh pak guru.
    – secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah menurut pendapat saya pak guru di sini dalam tahap ini langsung ke inti pembelajaran yaitu, pak guru menyuruh siswa untuk membuka buku dan memberikan materi pelajaran sehingga membuat para siswa tidak senang dan terlihat bosan, dan membuat para siswa terlihat ada yang tidur dan tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh pak guru.
    – secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah setelah melihat muridnya terlihat tidak bisa konsentrasi dan bosan, pak guru langsung mengubah metode pembelajaran, sehingga para siswa lebih semangat dan dengan mudah para siswa dalam mengingat rumus yang disampaikan oleh pak guru dengan nyanyian. sehingga para siswa lebih semangat dari awal pembelajaran.
    -hal unik yang saya lihat dan saya temukan dalam video saat pembelajaran yaitu pak guru dalam memberikan pembelajaran dengan cara bernyanyi, lagu burung kakak tua yang di ubah menjadi lagu rumus bangun datar, sehingga memudahkan para siswa dalam menghafal rumus, masya Allah. ini suatu hal yang sangat unik dan menarik bagi saya.
    -upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran adalah ketika pak guru langsung pada inti pembelajaran, sebaiknya pak guru ketika masuk kelas tahap awal, sebainya pak guru menyapa siswa dulu, dan memberikan motivasi kepada siswa sehingga siswa tidak langsung merasa tidak nyaman dalam pembelajaran sehingga siswa merasa berat dan bosan dalam belajar.
    ini yang dapat saya tanggapi dan yang saya lihat dari video tersebut.

  3. Nama : Dwi Kurniawan
    NIM : 860047052
    Saya melihat sebuah video yang sangat inspiratif. Di video itu, seorang guru sedang mengajar matematika kepada anak-anak. Awalnya, anak-anak terlihat kesulitan memahami materi karena guru hanya menjelaskan di papan tulis. Tapi kemudian, sesuatu yang menarik terjadi. Guru tersebut mengubah cara mengajarnya—dia mulai mengajak anak-anak belajar matematika sambil bernyanyi! Suasana kelas langsung berubah, anak-anak terlihat antusias dan senang. Dan yang paling penting, mereka jadi lebih mudah memahami rumus-rumus matematika. Cara kreatif ini benar-benar membuka mata bahwa belajar bisa menyenangkan dan efektif sekaligus.

  4. NAMA : DWI KURNIAWAN
    NIM : 860047052
    Saya melihat sebuah video yang sangat inspiratif. Di video itu, seorang guru sedang mengajar matematika kepada anak-anak. Awalnya, anak-anak terlihat kesulitan memahami materi karena guru hanya menjelaskan di papan tulis. Tapi kemudian, sesuatu yang menarik terjadi. Guru tersebut mengubah cara mengajarnya dia mulai mengajak anak-anak belajar matematika sambil bernyanyi. Suasana kelas langsung berubah, anak-anak terlihat antusias dan senang. Dan yang paling penting, mereka jadi lebih mudah memahami rumus-rumus matematika. Cara kreatif ini benar-benar membuka mata bahwa belajar bisa menyenangkan dan efektif sekaligus.
    Kelebihan belajar matematika dengan bernyanyi :
    1. Mudah Diingat
    Lagu dan irama membantu otak menghafal informasi lebih cepat dan tahan lama.
    2. Meningkatkan Konsentrasi
    Anak-anak jadi lebih fokus karena belajar terasa seperti bermain.
    3. Membangkitkan Semangat Belajar
    Suasana kelas jadi menyenangkan, membuat anak-anak lebih antusias.
    4. Mengurangi Rasa Takut pada Matematika
    Kekurangan belajar matematika dengan bernyanyi juga ada, meskipun metodenya menyenangkan. Ini beberapa di antaranya:
    1. Tidak Cocok untuk Semua Materi
    Beberapa konsep matematika yang kompleks sulit disampaikan lewat lagu.
    2. Waktu Belajar Bisa Lebih Lama
    Karena perlu waktu untuk menyanyikan lagu dan mengulang-ulang, prosesnya bisa lebih lama dibanding metode biasa.
    3. Tidak Semua Anak Nyaman Bernyanyi
    Ada anak yang pemalu atau tidak suka bernyanyi, jadi mereka bisa merasa kurang nyaman.
    4. Risiko Fokus pada Lagu, Bukan Materi
    Anak-anak bisa terlalu fokus pada nyanyian dan iramanya, tapi kurang memahami makna atau rumus di dalamnya.
    5. Perlu Guru yang Kreatif
    Metode ini menuntut guru lebih kreatif dan mampu membuat lagu yang tepat, tidak semua guru siap atau mampu melakukannya.

  5. Nama : Yuni Kustiorini
    NIM : 858938817
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT : Denpasar

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Setelah menganalisis video pembelajaran di atas, dapat saya simpulkan bahwa video tersebut menggambarkan upaya seorang guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menghafal rumus matematika, khususnya rumus luas bangun datar. Untuk mengatasi masalah tersebut guru menggunakan strategi bernyanyi dengan lagu yang digemari siswa di dalam video tersebut menggunakan lagu burung kakak tua, kemudian syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
    – Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut adalah guru memahami kondisi siswa yang kesulitan untuk menghafalkan rumus luas bangun datar sehingga guru memiliki ide baru dengan memanfaatkan lagu sebagai media pembelajaran yang dapat membangun konsentrasi siswa dengan bernyanyi, sehingga siswa akan dengan mudah menyerap materi (luas bangun datar) yang disampaikan oleh guru.
    – Namun, video pembelajaran tersebut juga masih memiliki kekurangan diantaranya tidak adanya pendahuluan sebelum memulai pembelajaran contohnya sapaan, menanyakan kabar, berdoa dan mengabsen siswa. Kemudian penggunaan lagu dalam pembelajaran matematika seperti menghafal rumus hanya efektif untuk hafalan jangka pendek, metode tersebut tidak cukup untuk pemahaman konsep yang cukup mendalam.
    – Seharusnya guru menggunakan contoh nyata dan menerapkan rumus matematika tersebut ke dalam praktik agar siswa lebih mendalami tentang konsep rumus luas bangun datar tersebut.

    Demikian analisis video yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan mohon arahan dan bimbingannya. terimakasih.

  6. Nama : TYAS NUR CAHYANTI
    NIM : 857838801
    PRODI : S1 PGSD
    Pokjar : Klaten

    pada saat guru memasuki kelas hendaknya tidak langsung masuk ke materi, akan tetapi berikan apersepsi seperti menanyakan kabar, pertanyaan pemantik dan pengalaman sehari hari yg berkaitan dengan materi yyang akan disampaikan.

    Masalah yang dialami siswa adalah kesulitan dalam menghafal rumus matematika dasar, tuntutan hafalan ini memang sulit jika guru mengajarkannya dengan strategi yang kurang tepat seperti langsung menuntut siswa untuk sepenuhnya hafal padahal baru pertama diajarkan.

    Strategi pembelajaran yang tepat bisa dengan menggunakan lagu, caranya adalah menulis lirik lagu dengan nada atau lagu yang sering siswa dengarkan, bisa dengan lagu anak anak ataupun lagu daerah.
    Selain dengan lagu, untuk mengajarkan rumus bisa juga dengan memecahkan permasalahan secara langsung seperti mengukur keliling bola, mencari luas buku dll.

  7. Nama : Novi Dwi Marhamatun
    NIM : 857583453
    Pokjar : kedungreja

    Saya dapat menyimpulkan bahwa video ini kurangnya dalam pendahuluan pembelajaran dan menggambarkan usaha seorang guru dalam mengatasi tantangan yang menghadapi siswa yang kesulitan menghafal rumus matematika, khususnya rumus luas bangun datar. Solusi yang dilakukan dalam program ini adalah dengan menerapkan strategi bernyanyi, menggunakan lagu-lagu yang disukai siswa dan sedikit mengubah liriknya. Contohnya, lagu “Burung Kakak Tua” diubah liriknya untuk mencakup rumus luas bangun datar.
    Namun menurut pendapat saya, metode pembelajaran ini terasa monoton dan membosankan bagi siswa, sehingga mereka kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Meskipun guru berusaha mengatasi kebosanan dengan cara bernyanyi untuk membantu siswa menghafal rumus, banyak siswa masih mengalami kesulitan ketika membayangkan pada berbagai rumus dan konsep yang harus diingat. Dalam pembelajaran matematika, sangat penting untuk memahami konsep terlebih dahulu. Menghafal rumus tanpa pemahaman yang mendalam sering kali membuat siswa merasa frustrasi dan kesulitan.
    Mungkin akan lebih efektif jika metode pengajaran difokuskan pada pemahaman konsep sebelum menghafal rumus. Misalnya, dengan memberikan contoh nyata atau penerapan praktis dari rumus-rumus tersebut. Selain itu, akan lebih baik jika setiap sesi pembelajaran diawali dengan doa dan diakhiri dengan doa sebagai penutup.

  8. Nama : Hasna’ Mu’afa Rofifah Mukarrom
    Nim : 857838779

    Dari video tersebut, siswa tidak antusias ketika guru menyampaikan materi pembelajaran. Karna tidak adanya pendahuluan yang dilakukan oleh guru seperti salam, ataupun tidak ada ice breaking untuk menumbuhkan semangat dan antusias anak-anak. Guru tidak megkondisikan siswa ketika kelas tidak kondusif, dan kurangnya motivasi dan interaksi guru ke siswa.

    Guru paham situasi sehingga mengubah metode menghafal rumus dengan cara yang menyenangkan salah satunya dengan bernyanyi agar anak-anak antusias dalam belajar. Upaya yang perlu dilakukan oleh guru sebaiknya guru sebelum pembelajaran dimulai melakukan pendahuluan terlebih dahulu, serta memberikan motivasi dan melakukan interaksi kepada siswa agar siswa lebih bersemangat untuk belajar.

  9. Assalamualaikum wr wb

    Nama : Alifia Nur Hidayah
    NIM : 857839351
    UPBJJ : Surakarta

    Dalam video tersebut terlihat bahwa awalnya guru menjelaskan mengenai rumus bangun datar kepada siswa, tetapi ternyata banyak siswa yang kesulitan dalam menghafal rumus-rumus tersebut, kemudian guru itu pun akhirnya membuat rumus-rumus tersebut menjadi sebuah lagu yang menggunakan nada “Burung Kakatua”, setelah sang guru memperkenalkan lagu dengan lirik rumus-rumus tersebut, siswa menjadi lebih bersemangat dan lebih mudah menghafal rumus-rumus bangun datar. Mengubah rumus bangun datar menjadi lirik lagu bisa menjadi cara yang efektif dalam membantu siswa yang kesulitan untuk menghafal rumus-rumus. Lagu memiliki ritme dan melodi yang bisa mempermudah otak dalam menyimpan informasi. Selain itu menggunakan lagu untuk menghafal rumus juga membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan, terlihat dari video tersebut yang awalnya sangat membosankan menjadi begitu menyenangkan ketika semua siswa menyanyikan lagu tersebut.

  10. Nama : Achmad fikri alfarisy
    Nim : 858083949
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : UT Pontianak

    izin berkomentar

    “siswa kesulitan menghafal rumus matematika”

    setelah menonton vidio di atas ada beberapa keganjalan dari vidio tersebut. yaitu sebagai berikut.
    1. sebelum memasuki tahap inti, sebaiknya guru menanyakan kabar siswa dan memberikan fokus siswa bahwa kita akan memasuki tahap pembelajaran.
    2. guru tidak memberikan motivasi atau semangat siswa, apalagi pembelajaran ini matematika dan pembelajaran di lakukan pada siang hari, yang mana ada beberapa siswa yang sedang ngantuk, letih dan bosan.
    3. media belajar pada pembelajaran tersebut sangat lah minim, hal ini bisa menyebabkan kefokusan siswa atau semangat belajar siswa menjadi berkurang.
    Kesimpulan dari vidio di atas, guru sebaiknya mempersiapkan apa yang harus di siapkan sebelum melakukan pembelajaran, apalagi pembelajaran matematika yang di lakukan pada siang hari. Hal ini, menyebabkan beberapa siswa mudah sekali merasakan bosan, ngantuk dan letih.
    mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurangnya saya mohon maaf.. Terimakasihh..

Leave a Reply