silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Yonathan Davar nugroho
NIM : 857838761
UPBJJ : Surakarta
Prodi :PGSD
Dalam video tersebut, seorang guru berusaha membantu siswa yang kesulitan menghafal rumus matematika dengan menggunakan metode bernyanyi. Metode ini cukup efektif dan dapat membantu siswa menghafal rumus, namun selain menghafal guru juga harus lebih fokus pada pemahaman konsep sebelum menghafal rumus, sehingga siswa dapat memahami materi dengan lebih baik.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sebaiknya guru memulai pembelajaran dengan menyapa siswa dan memberikan motivasi, sehingga siswa merasa nyaman dan tidak bosan. Metode bernyanyi yang digunakan guru dalam video tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk membantu siswa menghafal rumus, namun perlu diimbangi dengan pemahaman konsep yang lebih mendalam.
Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan tidak merasa frustrasi ketika dihadapkan pada berbagai rumus dan konsep yang harus diingat.”
Nama : Revinda Febrianti
Nim : 858947246
Kelas : 6c
Salut : Genteng A
Judul Video : Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
Ringkasan isi video : Menurut saya cuplikan video tersebut pada awal pembelajaran dimulai kurang menarik perhatian siswa dikarenakan guru terlalu monoton dalam penyampaian materi , apalagi pelajaran matematika adalah pelajaran yang sukar diminati siswa, oleh karena itu alangkah baiknya diawal pembelajaran guru mengajak siswanya untuk menguasai suasana kelas yang nyaman agar siswa mudah memahami materi, dari segi penyampaian sudah baik karena guru menjelaskan dengan suara yang lantang dan untuk metode pembelajaran dengan menggunakan lirik lagu yang diubah menjadi rumus juga lumayan menarik perhatian siswanya. kemungkinan metode tersebut bisa diberikan ke siswa saat pelajaran matematika agar siswa tidak cepat bosan dan kesusahan menghafal rumus
Nama : Kinasih Wijayanti
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ-UT Surakarta
Berdasarkan video tersebut, kita ketahui bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang di dalamnya terdapat banyak rumus-rumus. Seringkali siswa kesulitan untuk menghafal rumus yang diberikan. Sehingga guru perlu memberikan sebuah inovasi pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah memahami dan menghafal rumus matematika tersebut.
Hal yang perlu dilakukan yaitu memperhatikan masalah yang dihadapi siswa terlebih dahulu. Misalnya kesulitan di dalam materi yang mana saja. Kemudian guru bisa meberikan strategi pembelajaran yang menarik misalnya mengajak siswa menghafalkan rumus dengan bernyanyi. Atau bisa juga guru mengajak siswa untuk melihat video animasi terkait materi yang disajikan. Sehingga siswa lebih tertarik, mudah memahami dan menghafalkan rumus matematika.
Nama : Nur Nazilatul Rohmah
NIM : 859662901
UPBJJ : UT Surabaya
Masalah : siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar.
Penyebab masalah : siswa yang mulai awal sudah memiliki pikiran bahwa matematika itu sulit dan membosankan, jadi otomatis akan mengalami kesulitan dalam mengahfal rumus luas bangun datar.
Pemecahan masalah : metode atau strategi pembelajaran yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi yang liriknya diganti dengan rumus-rumus bangun datar.
Rumusan masalah :
1. Mengapa siswa kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
2. Apa langkah yang dapat diambil agar siswa mudah menghafal rumus matematika?
Tujuan :
1. Mengetahui penyebab siswa sulit menghafal rumus bangun datar.
2. Memberikan inovasi belajar siswa yang menarik dan menyenangkan, untuk memudahkan siswa dalam menghafal rumus bangun datar.
Deskripsi : Banyak siswa yang masih memiliki pikiran bahwa belajar matematika itu susah dan membosankan, padahal jika memiliki metode yang pas untuk diterapkan pada siswa, matematika itu menjadi pelajaran yang gampang, asyik dan gembira sehingga tidak lagi menakutkan bagi siswa. Pada video ini metode yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi. Menurut saya metode ini cukup berpengaruh bagi siswa karena mereka merasa tidak bosan dan senang dengan cara bernyanyi dan juga membuat rumus-rumus itu mudah dihafal siswa. Pada video ini menggunakan lagu burung kakak tua yang diganti liriknya dengan rumus-rumus bangun datar.
Nama : Lilis Siti Sutiah
NIM : 878165062
UPBJJ UT Bandung
Setelah saya mengamati video tersebut. Dapat dilihat siswa kurang berminat dalam pelajaran matematika sehingga membuat siswa tidak mau atau tidak dapat menghafal rumus-rumus bangun datar. Maka pendekatan yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan sesuatu yang sangat disukai anak-anak. Misal dalam video tersebut dengan cara bernyanyi yaitu menggunakan sebuah lagu yang menyenangkan dengan syair yang dibuat berhubungan dengan matematika. Seperti dalam video menggunakan lagu burung kakaktua dengan syair rumus bangun datar dan meminta siswa menghafalkan lagu tersebut sehingga siswa dapat dengan mudah mengingat rumus bangun datar.
Nama : Rinetis zai
Nim : 859885189
setelah saya menonton video di atas tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. strategi yang digunakan sangat efektif untuk pembelajaran matematika yang memudahkan siswa menghafal rumus. siswa merasa tidak bosan dan menyenangkan.
nama : septiana fadilatun nafi’ah
nim : 857847681
refleksi dari vidio tersebut :
Penggunaan strategi bernyanyi dengan lagu yang digemari siswa untuk menghafal rumus matematika adalah metode yang sangat efektif dan menyenangkan. Metode ini membantu siswa mengatasi kesulitan dalam menghafal rumus dengan cara yang lebih kreatif dan mengurangi kebosanan yang sering muncul saat belajar matematika. Selain itu, metode ini juga memperkuat hubungan antara materi pelajaran dengan minat siswa, menjadikan proses belajar lebih menarik dan menyenangkan.
Assalamualaikum izin menanggapi dari video yg berjudul ” siswa kesulitan menghafal rumus matematika”
Nama: Leni Karlina
NIM : 856642356
Semester : 8
UPBJJ : Pokjar jambi
Jadi menurut saya dalam video tersebut termasuk studi kasus yang saya alami di sekolah terkhususnya siswa kelas IV. Yaitu Masalah : siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus keliling dan luas bangun datar. Contoh segitiga, persegi 4 dan persegi panjang.
*Sebab masalah : siswa yang mulai awal sudah memiliki pikiran bahwa matematika itu sulit dan membosankan, jadi otomatis akan mengalami kesulitan dalam mengahfal rumus luas bangun datar, jam matematika pun sering di jadwal jam ke tiga atau akhir, kurang nya fokus saat pelajaran matematika berlangsung.
* Pemecahan masalah : metode atau strategi pembelajaran yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi yang liriknya diganti dengan rumus-rumus bangun datar.
* Rumusan masalah :
1. Mengapa siswa sangat kesulitan dalam menghafal rumus matematika?
2. Apa saja langkah yang dapat diambil agar siswa mudah menghafal rumus matematika?
* Tujuan :
1. Mengetahui penyebab siswa sulit menghafal rumus bangun datar.
2. Memberikan cara yang menarik dan menyenangkan, untuk memudahkan siswa dalam menghafal rumus bangun datar.
* Deskripsi : Banyak siswa yang masih memiliki pikiran bahwa belajar matematika itu susah dan membosankan, padahal jika memiliki metode yang pas untuk diterapkan pada siswa, matematika itu menjadi pelajaran yang gampang, asyik dan gembira sehingga tidak lagi menakutkan bagi siswa. Pada video ini metode yang digunakan agar siswa tidak sulit menghafal rumus matematika yaitu menggunakan metode bernyanyi. Menurut saya metode ini sangatlah bagus
dan berpengaruhh bagi siswa karena mereka merasa tidak bosan dan senang dengan cara bernyanyi dan juga membuat rumus-rumus itu mudah dihafal siswa. Pada video ini menggunakan lagu burung kakak tua yang diganti liriknya dengan rumus-rumus bangun datar. Apalagi kalau menghafal rumus nya dengan nyanyian suasana menghafalnya di luar ruangan kelas pasti lebih mudah dan cepat lagi bagi siswa tersebut.
Mohon maaf jika banyak salah🙏
Nama : siti aminah
SALUT : Klaten
bagaimana seorang guru dapat mencarikan solusi bagi peserta didiknya yang mengalami kesulitan menghafal rusmus-rumus matematika, kita seorang Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang inovatif seperti menggunakan lagu dan musik untuk menghafalakan rumus- rumus tersebut dan membuat pembelajaran matematika di dalam kelas menjadi lebih menyenangkan, atau seorang Guru dapat membuat proyek praktik langsung, karena pengalaman langsung itu akan menyenangkan dan mudah di ingat oleh para siswa.
Jefri utama
858945876
Pokjar Tanggul Jember
Menurut saya video ini menggambarkan usaha dari seorang guru yang berusaha menjelaskan kepada anak didiknya tentang menghafal rumus” matematika dengan lancar…