silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.
Rusdianto
Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.
Drs. Edy Prayitno, M.Pd.
- Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
- Penggunaan strategi sudah cukup baik.
- Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
- Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Etty Misawati
Nama : Novi Andriani
NIM : 857366186
UPBJJ : Bogor
Dalam video pembelajaran matematika yang diamati, terlihat bahwa siswa awalnya tidak bersemangat, kurang fokus, dan ramai di kelas. Namun, ketika guru memodifikasi pembelajaran dengan lagu “Burung Kakak Tua”, siswa mulai lebih antusias dan tertarik.
Kelemahan guru dalam pembelajaran ini antara lain metode yang monoton, minimnya penggunaan media visual, tidak ada apersepsi atau pemantik, penjelasan yang kurang kontekstual, serta minim interaksi dua arah.
Sementara itu, kelebihannya adalah guru mampu beradaptasi dengan menciptakan modifikasi lagu untuk menarik perhatian siswa dan menunjukkan sikap sabar dalam menghadapi siswa, sehingga menciptakan suasana yang aman.
Hal unik dalam pembelajaran tersebut adalah penggunaan lagu populer dengan lirik yang dimodifikasi menjadi rumus matematika.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, disarankan agar guru menggunakan kegiatan pemantik, memberikan apersepsi, menjelaskan materi secara kontekstual, menggunakan media konkret, membuat permainan edukatif, serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar.
Nama : Nanda Ayu Seftianingtias
NIM : 857843115
Dari vidio di atas, seorang guru menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif seperti menggunakan alat bantu untuk memperjelas konsep. apalagi untuk zama sekarang yaa, sebenarnya seorang guru bisa lebih memanfaatkan aplikasi atau vidio online yang menyediakan bahan belajar interaktif. seorang guru secara langsung melibatkan siswa dalam kegiatan belajar kelompok maupun diskusi kelas untuk saling membantu dan berbagi strategi dalam memahami rumus, mungkin juga bisa membantu teman yang belum bisa menghafalkan rumus yang sedang diajarkan. berikan umpan balikyang konstruktif dan tawarkan dukungan tambahan bagi siswa yang membutuhkan, seperti bimbingan belajar tambahan atau penggunaan tutor.
jadi, sesuaikan kecepatan pengajaran sesuai dengan kemampuan belajar masing-masing siswa, memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal atau merasa tidak bisa.
Nama: Diyah Ayu Safitri
NIM : 857842492
UPBJJ : Surakarta
Video tersebut menampilkan seorang guru yang mengajar matematika tentang rumus bangun datar. Namun, banyak siswa yang kesulitan menghafal rumus sehingga tidak tertarik pada pelajaran matematika. Guru tersebut kemudian menggunakan metode bernyanyi untuk membantu siswa menghafal rumus, yang ternyata berhasil membuat siswa lebih tertarik dan mampu menghafal.Video ini menunjukkan kreativitas guru dalam mengatasi tantangan pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan menakutkan oleh siswa. Metode bernyanyi ini berhasil mengubah persepsi siswa tentang matematika menjadi sesuatu yang menyenangkan.
Namun, saya berpikir bahwa meskipun metode ini efektif untuk menghafal rumus, namun tidak cukup untuk memahami konsep matematika yang lebih dalam. Saya percaya bahwa memberikan konsep dasar dari rumus tersebut akan lebih bermanfaat bagi siswa dalam jangka panjang, sehingga mereka dapat mengerjakan soal-soal matematika dengan lebih mudah dan tidak hanya mengandalkan hafalan.
NAMA : WIDIYA ASTUTI
NIM : 859773609
UPBJJ : UT KENDARI
POKJAR : WUNDULAKO
DI dalam video pembelajaran tersebut berisi tentang bagaimana kita sebagai seorang guru mampu untuk mengatasi masalah siswa yang kesultan dalam menghafal rumus Matematika. dan di dalam video tersebut guru tersebut menggunakan metode bernyanyi agar siswa mampu mengahfal rumus bangun datar tersebut ,.
untuk menghafal rumus bangun datar dapat di lakukan dengan berbagai cara, bukan hanya dengan metode menyanyi. berikut beberaapa cara yang dapat di lakukan sebagai berikut :
1. Memahami, Bukan Sekadar Menghafal:
Jelaskan logika di balik rumus: Jangan langsung menghafal rumus. Jelaskan dulu logika dan asal-usul rumus tersebut. Contoh: Rumus keliling persegi panjang (panjang + lebar) x 2 dijelaskan dengan menggambar persegi panjang dan menghitung sisi-sisinya.
Buat analogi: Hubungkan rumus dengan hal-hal yang sudah familiar bagi anak. Contoh: Rumus luas persegi (sisi x sisi) dihubungkan dengan menghitung jumlah kotak-kotak kecil dalam sebuah persegi.
Buat cerita: Buat cerita yang melibatkan rumus tersebut. Ini akan membantu anak mengingat rumus dalam konteks yang lebih bermakna.
2. Teknik Menghafal yang Menyenangkan:
a) Kartu flashcard: Buat kartu flashcard dengan rumus di satu sisi dan contoh soal di sisi lainnya. Anak bisa berlatih sendiri atau dengan teman.
b)Lagu dan nyanyian: Buat lagu atau nyanyian yang berisi rumus matematika. Irama yang menarik akan membantu anak mengingat rumus dengan lebih
mudah. Cari lagu yang sudah ada dan modifikasi liriknya atau buat lagu sendiri.
c) Rhyme (Pantun/sajak): Buat pantun atau sajak pendek yang berisi rumus. Rima dan irama akan membantu mengingat rumus.
d) Gerakan dan tari: Buat gerakan atau tari yang mewakili rumus. Gerakan akan membantu anak mengingat rumus dengan lebih mudah dan menyenangkan.
e) Game dan kuis: Gunakan game dan kuis untuk menguji pemahaman anak terhadap rumus. Buat game yang kompetitif namun tetap menyenangkan. Bisa
berupa kuis online, permainan papan, atau game berbasis aplikasi.
3. Praktik dan Penerapan:
Contoh soal yang beragam: Berikan contoh soal yang beragam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Semakin sering anak menggunakan rumus, semakin mudah mereka mengingatnya.
Buat soal sendiri: Ajak anak untuk membuat soal sendiri yang menggunakan rumus yang sudah dipelajari. Ini akan meningkatkan pemahaman dan daya ingat mereka.
Kerja kelompok: Ajak anak untuk belajar bersama teman-temannya. Mereka bisa saling menjelaskan dan membantu satu sama lain.
Nama : Restu Rahmatika
NIM : 857839803
Konten dalam video yang dimaksud mengilustrasikan permasalahan umum yang dihadapi oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika, yakni kesulitan dalam menghafal berbagai rumus tanpa pemahaman konseptual yang memadai. Ketidaksesuaian antara pendekatan pengajaran dan gaya belajar siswa kerap menyebabkan tekanan psikologis dan kebingungan, khususnya ketika rumus-rumus disajikan secara abstrak tanpa penjelasan makna atau konteks aplikatif.
Refleksi terhadap materi tersebut menekankan urgensi penerapan strategi pembelajaran yang lebih bermakna dan konstruktif. Praktik menghafal rumus secara mekanis, tanpa pemahaman terhadap prinsip dasar yang melandasinya, berdampak pada lemahnya retensi informasi dan tumbuhnya persepsi negatif terhadap matematika. Sebaliknya, penggunaan pendekatan konseptual melalui visualisasi konkret, analogi yang relevan, atau media interaktif seperti permainan dan lagu, terbukti lebih efektif dalam memperkuat daya ingat dan menumbuhkan minat belajar.
Video ini secara spesifik menunjukkan bagaimana guru memanfaatkan lagu sebagai media untuk menyampaikan materi rumus matematika. Pendekatan ini tidak hanya mempermudah proses internalisasi konsep, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan kognitif siswa dalam pembelajaran. Strategi semacam ini merefleksikan pentingnya inovasi pedagogis dalam menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik.
kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran di atas yaitu:
a. Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan integritas, orientasi religious,absen,ice breaking, apersepsi dan motivasi
b. Guru tidak membacakan tujuan pembelajaran
c. Guru langsung menyuruh siswa membuka buku, tidak memperhatikan kesiapan siswa
d. Tidak mengkondisikan kelas agar tenang sebelum pelajaran dimulai.
e. Tidak memberikan contoh yang jelas
kelebihan: metode mengingat rumus dengan menyanyi lebih efektif daripada mengingat rumus dengan menghapal saja
Nama: Anna Khairunissa
NIM: 857333013
kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran di atas yaitu:
a. Guru belum melakukan proses pendahuluan dalam pembelajaran, seperti tidak ada kegiatan integritas, orientasi religious,absen,ice breaking, apersepsi dan motivasi
b. Guru tidak membacakan tujuan pembelajaran
c. Guru langsung menyuruh siswa membuka buku, tidak memperhatikan kesiapan siswa
d. Tidak mengkondisikan kelas agar tenang sebelum pelajaran dimulai.
e. Tidak memberikan contoh yang jelas
kelebihan: metode mengingat rumus dengan menyanyi lebih efektif daripada mengingat rumus dengan menghapal saja
Nama: Indriana Rahmawati
NIM: 857608331
UPBJJ: Purwokerto
Dari video tersebut, dapat diketahui bahwa anak-anak mengalami kesulitan dalam menghafal rumus. Kemudian guru mencari strategi pembelajaran lain yang lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa, yaitu dengan lagu. Menghafal rumus melalui lagu akan memudahkan siswa belajar.
Strategi tersebut sudah sangat baik, tetapi perlu tindakan lanjutan. Sering kali siswa hanya hafal saja tapi tidak bisa menerapkannya. Setelah menghafal rumus, perlu latihan-latihan soal yang banyak. Terkadang, kita bisa karena terbiasa, apalagi matematika. Perlu latihan terus-menerus agar siswa memahami konsep penggunaan rumus. Karena memahami jauh lebih penting daripada menghafal. Kadang, soal dibuat bervariasi sehingga perlu pemahaman lebih dalam penggunaan rumus.
Jadi, kegiatan tersebut adalah langkah awal yang sangat baik. Tapi, harus terus dilanjutkan dengan latihan-latihan soal yang rajin. Agar siswa tidak jenuh, latihan soal dapat divariasi menggunakan game, kuis, dan lain sebagainya sesuai kreativitas guru.
Terima kasih.
Nama : Dea Dwiyanti
NIM : 857601077
Setelah saya melihat video tersebut, karena siswa kesulitan menghafal rumus matematika sehingga pada awalnya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tampaknya kurang kondusif dan siswa tidak paham dengan rumus matematika. Lalu guru memberikan ide dengan cara bernyanyi, rupanya siswa tampak lebih bersemangat dan ceria saat mengikuti pembelajaran karena bernyanyi membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan. sehingga dengan menggunakan lagu yang familiar seperti “Burung Kakak Tua”, siswa merasa lebih mudah mengingat rumus luas bangun datar dibandingkan hanya menghafal teks biasa. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya bisa dengan melakukan kegiatan refleksi atau review, diakhir pembelajaran guru bisa mengadakan sesi tanya jawab atau quis untuk mengecek pemahaman siswa sekaligus mamperkuat materi yang sudah diajarkan. Strategi pembelajaran dengan bernyanyi yang dilakukan guru berhasil membuat siswa lebih antusias, mudah menghafal rumus dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Namun untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru perlu menambahkan penjelasan konsep, variasi metode, latihan soal serta memperhatikan gaya siswa yang beragam agar siswa tidak hanya hafal tetapi juga memahami penggunaan rumus matematika dengan baik.
Nama : Eka Puspitasari
NIM : 857337873
UPBJJ : Bogor
Berdasarkan video diatas, identifikasi masalah yaitu Siswa belum memahami rumus luas bangun datar sehingga guru harus mencari cara agar siswa dapat mengingat rumus luas bangun datar dengan cara yang kreatif. Cara yang dilakukan oleh guru menggunakan strategi menyanyi yang cukup berhasil karena dengan melakukan strategi tersebut siswa menjadi mudah dalam menghafalkan rumus bangun datar.