silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus luas bangun datar.

Rusdianto

Tujuan pembelajaran dalam video ini adalah menghadirkan salah satu cara menghafal rumus matematika. Saat membuka pembelajaran, guru berhasil memusatkan perhatian siswa. Menjelang masuk ke proses pembelajaran, guru tidak menghadirkan materi pengait menuju penemuan hafalan rumus luas segitiga dan persegi. Siswa kesulitan menyebutkan rumus-rumus luas bangun datar karena tidak menguasai dasar konsep luas yang kuat. Penggunaan lagu sebagai media pembelajaran hanya tepat untuk hafalan jangka pendek. Rumus luas bangun-bangun datar adalah salah satu materi yang harus dikuasai siswa sekolah dasar, namun penguasaannya tidak melalui kegiatan menghafal tetapi melalui pemahaman dan penguasaan konsep. Pemahaman dan penguasaan konsep matematis merupakan dasar tumbuhnya kemampuan matematis kontekstual terkait dengan kehidupan sehari-hari. Usulan: Dalam pembelajaran materi matematika apapun, guru seyogyanya melakukan tiga kegiatan utama, yaitu proses penanaman konsep dasar, proses pemahaman.

Drs. Edy Prayitno, M.Pd.

  1. Dalam membuka, mengisu dan menutup pembelajaran cukup baik, hanya kurang melibatkan siswa dalam menyampaikan materi.
  2. Penggunaan strategi sudah cukup baik.
  3. Pendekatan metode masih ceramah, kurang melibatkan siswa.
  4. Sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Etty Misawati

Similar Posts

595 Comments

  1. Nama : NURHIDAYATI
    NIM : 858162245

    Berdasarkan video di atas dapat disimpulkan bahwa:

    1. Fakta yang terjadi di kelas adalah pada awalnya siswa kurang merespon, tidak antusias, ramai sendiri, membuat gaduh, dan bahkan ada yang tiduran. Hal itu disebabkan karena pembelajaran yang diberikan oleh guru bersifat monoton yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran matematika pada materi rumus bangun datar, sehingga siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalam pembelajaran, dan bahkan kesulitan dalam menghafal dan menerapkan rumus matematika.

    2. Identifikasi masalah : siswa kesulitan dalam menghafal rumus-rumus bangun datar dan rendahnya motivasi dalam pembelajaran matematika.

    3. Analisis masalah : pembelajaran yang dilakukan bersifat monoton, yaitu pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, dan hanya menerapkan metode ceramah dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak aktif dalam pembelajaran.

    4. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah : guru menerapkan metode lagu dalam pembelajaran matematika untuk memudahkan siswa dalam menghafal rumus-rumus bangun datar.

    Kesimpulan : dengan menggunakan metode lagu rumus bangun datar, siswa akan menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran matematika, dan akan menumbuhkan daya tarik serta keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika.

  2. NAMA : KOMANG SUPROBOWATI
    NIM : 856993105
    POKJAR : SIDOMULYO
    KELAS : B

    Setelah melihat video di atas, saya menganalisis :
    1. Ketika guru menjelaskan pelajaran matematika tentang rumus luas bangun datar, terlihat siswa menjadi gaduh/ribut, ada yang tidur-tiduran, bercanda, tidak bersemangat dan bosan. hal tersebut menyebabkan suasana kelas menjadi tidak kondusif.
    2. Ketika melihat siswanya tidak semangat belajar, guru kemudian mengajak siswanya untuk bernyanyi “Burung Kakak Tua” dengan mengganti lirik lagu tersebut menjadi lirik rumus luas bangun datar.
    Kelemahan guru dalam video tersebut : guru mengajar menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi bosan dan tidak semangat dalam belajar.
    Kelebihan guru dalam video tersebut : guru cepat bertindak atau mencari solusi agar siswanya semangat belajar untuk menghapal rumus luas bangun datar dengan menggunakan nyanyian yang lirik lagunya sudah diganti.
    saran : permasalahan di atas adalah siswa mengalami kesulitan dalam menghafal rumus matematika. sebaiknya diawal pembelajaran guru menciptakan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswa dengan mengucapkan salam, menanyakan kabar, menyanyikan lagu kebangsaan, dan menyanyikan yel-yel kelas.
    Guru menggunakan metode yang efektif dalam mengajarkan siswa yaitu mencari cara yang kretatif untuk siswa dalam menghafal rumus matematika, karena pelajaran matematika bagi sebagian besar siswa dalah pelajaran yang sulit. sehingga bernyanyi menjadi salah satu cara untuk siswa agar dapat mengahafal rumus matematika.

  3. NAMA : DERA AMELIA
    NIM : 856201871
    PRODI : S1-PGSD
    UPBJJ : PADANG

    Dari zaman ke zaman ketika kita mendengar pembelajaran MATEMATIKA pasti yang terlintas didalam kepala adalah pembelajaran yang membosankan, sulit dan menakutkan. Mungkin bisa jadi kita bertemu dengan guru yang terlahir pada masa dahulu kala yang tidak mau atau susah untuk mengubah pembelajaran tersebut menjadi menyenangkan. Ada pula guru yang tidak mau meng-upgrade pembelajaran sesuai dengan masa anak tersebut. Saya sebagai guru muda juga banyak sekali terus belajar dari hari ke hari setelah melihat video ini. Dan semoga kita semua bisa menjadi guru yang menyenangkan, inovatif dan kreatif bagi anak-anak didik kita. Apalagi zaman sekarang adalah Kurikulumnya Kurikulum Merdeka.

  4. Nama : Ani suryani
    NIM : 857442333
    prodi : S1PGSD

    setelah menyimakvideo tersebut, ketika anak berhadapan dengan pelajaran matematika dan harus menghapal rumus rumusnya, terlihat anak sangat tidak menyukainya, alasanya beragam anak menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, rumit, menguras pikiran dan membosankan, ini terlihat dari awal pembelajaran dimulai,dan ditambah dengan mengajarnya dengan metode ceramah, dan membuat anak semakin jenuh dan terkesan tidak memperhatikan guru, tapi diakhir video guru mampu mengatasi masalah yang dihadapainya, dan segera mencari solusinya, yaitu melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya dengan menggantinya rumus luas bangaun datar. maka dapat disimpulkan bahwa guru harus kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran sehingga dapat mengatasi masalah masalah yang ada, dan tercapainya keberhasilan dalam belajar.

  5. Nama : Lili Purnama Sari

    Nim : 858054307

    Prodi : PGSD-S1

    Seri : Pengembangan Matematika SD

    Judul : Siswa Kesulitan Menghapal Rumus Matematika

    Setelah saya melihat video tersebut tampak siswa yang sedang kesulitan dalam menghapal rumus matematika tersebut.

    Sebagai guru mencari solusi yang terbaik agar siswa bisa mudah dan cepat dalam menghapal rumus, seperti yang ada pada video tersebut, tampak seorang guru dengan mudah memberi solusi dan cara menghapal rumus matematika dengan metode yang menarik yaitu dengan bernyanyi, sehingga para siswa menjadi tertarik dan mudah menghapal nya.

  6. Nama : Susenti
    Nim : 856038077

    Setelah melihat video pembelajaran diatas
    Titik fokus pertama saya ,

    Saya melihat muridnya sangat tidak tertip dan berisik sehingga dalam memulai pelajaran yang di ajarkan tidak fokus dan menarik. Dan saya melihat disitu pak guru sedang memperingatkan kembali pelajaran yang sudah diajarkan kemarin.

    Jika siswa tidak memahami suatu rumus maka siswa akan kesulitan menyelesaikan tugasnya.

    Disitu pak guru mencari strategi yang tepat supaya siswa dapat dengan mudah menghafal rumus matematika tersebut Dengan melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung kakak tua yang syairnya dirubah dengan rumus matematika tersebut.

    Dengan adanya Metode ini tentu akan membuat siswa semakin bersemangat dalam belajar, dan mudah untuk menghafal rumus rumus tsb.

    Demikian tanggapan komentar saya

    Sekian terimakasih.

  7. Nama : Gesty Trista Dewi

    NIM. : 858902472

    Setelah melihat video tersebut menurut saya cara yang bisa dilakukan pertama mungkin mengondisikan peserta didik terlebih dahulu, seperti yang saya lihat di situ peserta didik masih belum siap. Peserta didik terkesan ramai. Ada yang berjalan ada yang sibuk bicara. Cara yang bisa dilakukan mungkin dengan kegiatan yang anak suka seperti “tepuk Diam” yang membuat anak diam dan fokus menerima materi yang disampaikan.

    Untuk menghafal rumus matematika yang terkesan banyak dan sulit ada beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan antara lain

    Penyampaian materi ataupun rumus harus menyenangkan. Seperti membuat nyanyian dari rumus matematika. Selain menyenangkan nyanyian terkesan mudah diingat dan dihafalkan. Karena cara belajar yang monoton hanya akan membuat peserta didik sulit memahami matematika.

    Yang kedua mencatat rumus matematika menggunakan warna untuk menarik perhatian dan pembeda dari rumus satu dengan yang lain.
    Seperti contoh untuk rumus kubus atau persegi menggunakan warna merah, kemudian rumus lainnya menggunakan warna kuning.

    Itu mungkin beberapa cara untuk peserta didik mudah menghafal rumus matematika.

  8. Nama: murni Siahaan
    Pokjar rantau Prapat
    Nim:855994784

    Menurut saya Vidio ini sangat bagus yang mana siswa lebih semangat dalam belajar mereka dan antusias dalam menghafal rumus matematika dengan model bernyanyi sehingga anak -anak lebih mudah menghafal dan mereka lebih senang

  9. nama : nurvita sari
    nim : 856484882
    pokjar : dumai
    upbjj : pekan baru
    Dari video yang dilihat : pertama guru itu mengajar terjadi ketidak sopanannya seluruh murid . mereka tidak menghargai guru tersebut dan ketika murid ribut guru tersebut tidak peduli ketika proses belajar.
    sebaiknya ketika kita akan memulai mengajar, terlebih dahulu memberi semangat atau motivasi yang guru itu lakukan di pertengahan mengajar yaitu memulai bernyanyi dengan menggunakan rumus2 matematika . sehingga anak tersebut lebih semangat lagi .

  10. Nama : Sitti Minarniyarti M. Ano
    Nim : 856316963
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah menonton dan menyimak video diatas, disini saya akan menjelaskan melalui sudut pandang saya tentang pembelajaran dalam video tersebut.
    Video diatas tentang pembelajaran matematika dimana siswa kesulitan menghafal rumus matematika. Pada awal video diperlihatkan seorang guru berdiri di depan kelas dengan memberitahukan kepada siswa materi apa yang akan dipelajari pada hari itu tetapi respon dari siswa terlihat sangat tidak suka dengan pembelajaran matematika, bukan hal baru tentunya, dimana anak didik (siswa) banyak yang tidak menyukai pelajaran yang satu ini, oleh sebab itu guru tidak hanya memberikan teori ataupun hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran yang seperti ini. Diperlukan strategi dan metode yang tepat guna menarik minat anak didik dalam mengikuti pelajaran tersebut. Dalam video tersebut juga diperlihatkan bahwa siswa tidak fokus dan suasana kelas terlihat membosankan banyak siswa yang hanya sibuk dengan teman sebangku nya maupun pada kegiatannya sendiri tanpa memperhatikan dan merespon umpan dari guru sehingga suasana kelas menjadi tidak kondusif dan guru menjadi tidak menguasai kelas dengan baik. Terlebih pada materi menghafal seharusnya seorang guru mempersiapkan cara ataupun strategi yang tepat sebelum mengajar, melalui lagu, benda-benda konkrit dan lain sebagainya guna memancing siswa untuk lebih tertarik dengan materi yang diajarkan.

Leave a Reply