Similar Posts
Menentukan Unsur Intrinsik Cerita Dengan Analisa
Sinopsis Program ini berisi cuplikan pembelajaran dengan pokok bahasan Unsur Intrinsik Cerita Pendek (cerpen). Dalam tayangan pertama, guru terjebak dalam pembelajaran “klasik” dengan model ceramah. Saat menjelaskan unsur intrinsik, guru hanya menjelaskan secara searah tentang definisi unsur intrinsik, seperti tema, alur, penokohan, dan latar. Saat akhir pembelajaran dan guru harus melakukan evaluasi, semua siswa tidak…
Belajar Memahami Model Pembelajaran IPS Terpadu
Sinopsis Pada video ini memperlihatkan peran guru sebagai fasilitator. Guru berupaya melibatkan siswa pada setiap momen tertentu sehingga disamping merasakan dalam proses pembelajaran sebagai pengalaman langsung siswa, juga pengetahuan yang didapat tidak terpilah-pilah namun merupakan satu kesatuan utuh atau terpadu. Setelah Anda menyimak dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda akan mencoba dalam pembelajaran IPS…
Expressing Ideas or Opinion
Sinopsis Satu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri, banyak siswa tidak percaya diri untuk mengekspresikan ide atau opini mereka dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu guru harus mencari metode atau cara agar mereka dapat mengekspresikan ide-ide atau opini mereka dalam Bahasa Inggris. Salah satunya dengan menggunakan fasilitas media sosial Facebook. Program video ini berisi pembelajaran…
Penggunaan Metode Sinau Wisata Dalam Pembelajaran Sejarah
Sinopsis Pada video ini memperlihatkan strategi yang dipilih guru untuk melibatkan secara aktif peserta didik dan ingin memanipulasi metode karya wisata/widya wisata. Penerapan metode karya wisata/widya wisata memerlukan persiapan yang cukup matang dan biaya yang memadai karena dengan mengunjungi obyek wisata yang dikaitkan dengan kompetensi dalam mata pelajaran diperlukan persiapan yang matang. Untuk mengatasi hal…
Gerak Jatuh Bebas Akibat Gravitasi Bumi
Sinopsis Gerak jatuh bebas merupakan suatu gerak Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) dengan percepatan gravitasi sekitar 9,8 m/s. Kecepatan dalam gerak jatuh bebas hanya ditentukan oleh percepatan gravitasi di wilayah tersebut serta waktu. Rekan Guru di manapun Anda berada, pemahaman terhadap gerak jatuh bebas sangat penting dikuasai oleh anak-anak siswa SMP. Namun, dalam kenyataan sering…
Cara Mudah Belajar Gelombang Tranversal
Sinopsis Pemahaman terhadap gelombang transversal sangat penting dikuasai oleh anak-anak SMP. Namun, dalam kenyataan sering kita menghadapi kesulitan untuk membelajarkan dengan cepat dan tepat tentang digali cara sederhana dan efektif untuk menanamkan kompetensi tersebut. Mari kita perhatikan bagaimana guru dapat memecahkan masalah ini. – Pakar Dosen – Pakar Guru –
Nama : Susanti
NIM : 501173105
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Di video tersebut sangat terlihat ketika guru sedang menjelaskan materi menggunakan metode ceramah saja sehingga para siswa sangat kurang memaham apa yang disampaikan guru. Kemudian guru tersebut mengajar siswa turun langsung mempraktekkan pembelajaran tersebut sehingga hasil belajar siswa akan langsung terlihat.guru juga menggunakan pembelajaran proyek dan membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memanfaatkan tutor sebaya sebagai nara sumber diantara siswa agar meningkatkan kerjasama seluruh siswa dan guru hanya mengarahkan saja.
Kelemahannya disini guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu dan guru tidak memberikan motivasi tentang pentingnya pembelajaran yang dilakukan, dan di akhir pelajaran guru tidak memberikan evaluasi apakah pembelajaran yang dilakukan berhasil atau tidak.
Kelebihannya disini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi tutor sebaya. Penggunaan pembelajaran proyek pada saat pembelajaran teori sangat baik digunakan guru untuk menerapkan langsung pembelajaran. Siswa bekerjasama dalam mengerjakan tugas bersama.
Nama : Susanti
NIM : 501173105
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Di video tersebut sangat terlihat ketika guru sedang menjelaskan materi menggunakan metode ceramah saja sehingga para siswa sangat kurang memaham apa yang disampaikan guru. Kemudian guru tersebut mengajar siswa turun langsung mempraktekkan pembelajaran tersebut sehingga hasil belajar siswa akan langsung terlihat.guru juga menggunakan pembelajaran proyek dan membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memanfaatkan tutor sebaya sebagai nara sumber diantara siswa agar meningkatkan kerjasama seluruh siswa dan guru hanya mengarahkan saja.
Kelemahannya disini guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu dan guru tidak memberikan motivasi tentang pentingnya pembelajaran yang dilakukan, dan di akhir pelajaran guru tidak memberikan evaluasi apakah pembelajaran yang dilakukan berhasil atau tidak.
Kelebihannya disini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi tutor sebaya. Penggunaan pembelajaran proyek pada saat pembelajaran teori sangat baik digunakan guru untuk menerapkan langsung pembelajaran. Siswa bekerjasama dalam mengerjakan tugas bersama.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Risma Yunita
Nim : 501173183
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Menanggapi video pembelajaran dengan judul ” Siswa Kurang Semangat Mengikuti Pelajaran Teori” ini pada pelajaran teori yang sulit dimengerti siswa, praktikum langsung dan pembelajaran berbasis proyek merupakan alternatif yang sangat baik dalam mempelajari pelajaran yang sangat sulit, apabila hanya menggunakan ceramah penjelasan saja, tugas kita sebagai guru yaitu memfasilitasi siswa dalam memahami suatu materi dengan mengubah pembelajaran dengan metode pembelajaran Prject Based learing yang didalam pembelajaran dengan kelompok dan mempraktekkkan langsung bahkan menghasilkan sebuah karya contohnya dalam merangkai bel listrik tersebut.
siswa secara langsung aktif mempraktekkan bagaimana cara membuat bel listrik apabila ada yang kesulitan teman sebaya dan guru membantu dalam pembelajaran apabila ada yang kesulitan sehingga pembelajaran menjadi aktif dan teori yang dijelaskan akan mudah dimengerti oleh siswa.
alternatif solusi ini sangat bermanfaat untuk mengaktifkan semangat siswa dalam pembelajaran teori yang sulit dimengerti dengan penjelasan ceramah saja.
Nama : Rosni Erlinda
NIM : 501133101
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
UPJJ : Padang
Dari video dapat kita lihat bahwa siswa kesulitan untuk memahami materi dan cara membuta bel listrik, karena guru hanya menggunakan metode ceramah, selanjutnya guru tersebut melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajarannya, maka guru tersebut melakukan pembelajaran proyek terhadap materi pembelajaran, sehingga siswanya lebih tertarik, semangat dalam mempelajari hal tersebut, dan dengan pembelajaran proyek siswanya bisa membuat bel listrik. Berarti dalam kegiatan pembelajaran guru harus merancang model pembelajaran yang bervariasi dan menarik, sehingga akan mebuat siswa senang dalam belajar, tidak hanya menerapkan metedo pembelajaran konvensional, di era digital ini guru-guru dituntut untuk aktif, kreatif, inovatif dalam melakukan pembelajaran yang bisa memenuhi kebutuhan belajar siswa
Nama : Agus Hermanto
NIM: 501343214
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Dari hasil pengamatan vidu dapat diambil pelajaran bahwa ceramah kurang tepat dilakukan dam pembelajaran khususnya saat menjelaskan materi tentang rangkaian listrik. Dalam proses pemahaman konsep tentang rangkaian listrik baik dilakukan dengan cara proyek sederhada di dalam suatu kelompok. Dengan demikian peserta lebih proaktif dalam pembelajaran dan mereka terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Akhirnya suasana belajar lebih bermakna dan menyenangkan.
Nama : MOHAMAD GAGAN NAZMUDINDIREJA
NIM : 501233185
Program : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Bandung
Menurut saya guru ketika di dalam suatu proses pembelajaran maka siswa harus di libatkan. Tentunya sesuai dengan filsafat ki Hadjar Dewantara pada pendidikan taman siswa bahwa siswa harus sebagai pusat pembelajaran itu sendiri dan pendidikan merupakan bagian dari kehidupan itu sendiri, dengan demikian maka akan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Sebetulnya banyak cara yang bisa di lakukan oleh siswa di antaranya yaitu belajar kerjasama yang baik, belajar menentukan keputusan sendiri, siswa bisa saling membantu, siswa belajar membuat kesimpulan dalam pembelajaran, belajar mengembangkan dan mencari informasi, siswa bisa merefleksikan tentang pengetahuan dan wawasan apa yang di dapat selama proses pembelajarannya. Guru harus menjadi fasilitator yang tujuannya memotivasi siswa, membimbing siswa, meningkatkan potensi diri siswa, siswa harus bisa di arahkan oleh guru. Dengan menumbuhkan sikap menghargai, Kerjasama, dan jiwa sosial yang tinggi merupakan bagian pengaruh dari kegiatan kerja kelompok, Sehingga siswa sebagai pusat pembelajaran dan guru sebagai fasilitator adalah beberapa bentuk kegiatannya adalah seperti diskusi, eksperimen, proyek, kelompok akan memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa dan hasil belajar siswa, dari pada proses pembelajarannya cuma menjelaskan teori saja.
Dengan menonton video tersebut maka mahasiswa bisa terbantukan dalam mengeksplor pemahamannya di dalam proses pembelajaran. Dan bagus untuk referensi. Adapun bentuk masukannya semangat terus dalam berinovasi terhadap penyempurnaan portal guru pintar ini supaya relevan sesuai teori yang terbaru dalam kemajuan teknologi.
Nama : RUSTAN
NIM : 501453267
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Program ini memiliki manfaat yang signifikan bagi siswa dan guru dalam pembelajaran di SMP. Penggunaan model pembelajaran proyek dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi yang disampaikan. Selain itu, siswa juga dapat lebih memahami konsep yang diajarkan karena mereka terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.
Solusi yang dilakukan guru dalam mengubah cara mengajarnya dari model ceramah ke model pembelajaran proyek dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat dan motivasi mereka terhadap pembelajaran.
Nama : UMA FADHILA TRISNAWATI
NIM: 501333141
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Berdasarkan hasil pengamatan video pembelajaran bahwa pembelajaran yang menerapkan metode ceramah pada materi rangkaian listrik terlihat jika siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran, siswa terlihat pasif, dan pembelajaran kurang menarik. Dalam pemahaman konsep materi rangkaian listrik sudah tepat dengan menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan belajar langsung membangun pengetahuannya sendiri yaitu dengan menerapkan pembelajaran proyek. Dengan pembelajaran berbasis proyek maka di dalam pembelajaran terdapat peran aktif siswa sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan yang akan memudahkan siswa dalam menguasai materi dan mendapatkan pengalaman belajar. Pembelajaran proyek memberikan kesempatan siswa untuk bekerjasama menyelesaikan tugas dalam kelompok. Peran guru dalam pembelajaran ini sebagai fasilitator yang menyediakan alat dan bahan. Pembelajaran proyek mendorong siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah dan memastikan siswa tetap bersemangat mengikuti pembelajaran.
Nama : Neng Satryani
Nim : 501213223
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Serang
Dalam pembelajaran IPA tentunya akan lebih efektif jika menggunakan alat peraga atau media yang sesuai dengan materi pembelajaran. Sehingga anak akan lebih memahami, daripada hanya menjelaskan dengan teori saja.
Nama : Novia Listiani
NIM : 501202808
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Jakarta
Pada video ini disajikan ketidakpahaman siswa terkait pelajaran yang disampaikan dengan metode cermaha. Meskipun guru sudah menggunakan visualisasi, tetapi pelajaran yang disampaikan terlalu sulit untuk dibayangkan apalagi tidak semua siswa merupakan siswa visual. Untuk itu, guru merubah cara penyampaiannya yaitu dengan projek yang membuat siswa lebih paham tentang bagaimana cara membuatnya. Karena seperti yang kita tahu bahwa tidak semua pelajaran dapat disampaikan dengan metode ceramah.