Similar Posts
Mengatur Waktu Eksperimen
Sinopsis Program video ini berisi dua kegiatan pembelajaran Biologi kelas IX tentang eksperimen mikroorganisme dalam mengelola lingkungan. Pembelajaran pertama, memperlihatkan bagaimana kurangnya waktu yang digunakan guru untuk menugaskan siswa bereksperimen. Hal ini dikarenakan guru mengajak siswa memperagakan proses pembuatan kompos di halaman belakang sekolah secara berkelompok dengan menyiapkan alat dan bahannya. Setiap kelompok diberikan sampah…
Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan Alam
Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 7 sekolah menengah pertama. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah bahasa Indonesia, dengan materi “Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan.” Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan sedikit mengenai materi tersebut, disertai contoh sebuah lukisan pemandangan yang terpajang di…
Ayo Berorasi
Sinopsis Keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat masih menemukan kendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan siswa untuk membiasakan mengemukakan pendapat lewat ide dan gagasannya terutama dalam penggunaan kata-kata. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami membiasakan mengemukakan pendapat lewat berorasi. Siswa diberi kesempatan bersimulasi bermain peran menjadi seorang tokoh…
Atmosfer dan Hidrosfer
Sinopsis Atmosfir dan hidrosfir merupakan dasar bagi pengkajian lingkungan udara dan siklus air di permukaan bumi yang sangat diperlukan di dunia ini. Sebagai guru IPS di SMP harus bisa membangkitkan semangat siswa untuk belajar yang menyenangkan. Pada video ini menggambarkan strategi guru untuk membantu siswa memahami atmosfir dan hidrosfir. Guru mengajak siswa untuk bermain dengan…
I Have a Dream
Sinopsis Video ini berisi penjelasan fungsi musik dalam pembelajaran bahasa (Inggris). Narator menjelaskan bahwa ada beberapa keuntungan dari belajar mengenai bahasa Inggris lewat lirik lagu. Pertama, kita dapat mengartikan sekaligus mengetahui cara pengucapan yang benar lewat nyanyian lagu tersebut. Pengucapan yang benar akan memudahkan kita berkomunikasi memakai bahasa Inggris. Kedua, kita juga dapat mengetahui bahasa…
Ayo Belajar dari Tokoh Idola
Sinopsis Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idola”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang…
Nama : Susanti
NIM : 501173105
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Di video tersebut sangat terlihat ketika guru sedang menjelaskan materi menggunakan metode ceramah saja sehingga para siswa sangat kurang memaham apa yang disampaikan guru. Kemudian guru tersebut mengajar siswa turun langsung mempraktekkan pembelajaran tersebut sehingga hasil belajar siswa akan langsung terlihat.guru juga menggunakan pembelajaran proyek dan membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memanfaatkan tutor sebaya sebagai nara sumber diantara siswa agar meningkatkan kerjasama seluruh siswa dan guru hanya mengarahkan saja.
Kelemahannya disini guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu dan guru tidak memberikan motivasi tentang pentingnya pembelajaran yang dilakukan, dan di akhir pelajaran guru tidak memberikan evaluasi apakah pembelajaran yang dilakukan berhasil atau tidak.
Kelebihannya disini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi tutor sebaya. Penggunaan pembelajaran proyek pada saat pembelajaran teori sangat baik digunakan guru untuk menerapkan langsung pembelajaran. Siswa bekerjasama dalam mengerjakan tugas bersama.
Nama : Susanti
NIM : 501173105
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Di video tersebut sangat terlihat ketika guru sedang menjelaskan materi menggunakan metode ceramah saja sehingga para siswa sangat kurang memaham apa yang disampaikan guru. Kemudian guru tersebut mengajar siswa turun langsung mempraktekkan pembelajaran tersebut sehingga hasil belajar siswa akan langsung terlihat.guru juga menggunakan pembelajaran proyek dan membagi siswa dalam beberapa kelompok serta memanfaatkan tutor sebaya sebagai nara sumber diantara siswa agar meningkatkan kerjasama seluruh siswa dan guru hanya mengarahkan saja.
Kelemahannya disini guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu dan guru tidak memberikan motivasi tentang pentingnya pembelajaran yang dilakukan, dan di akhir pelajaran guru tidak memberikan evaluasi apakah pembelajaran yang dilakukan berhasil atau tidak.
Kelebihannya disini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi tutor sebaya. Penggunaan pembelajaran proyek pada saat pembelajaran teori sangat baik digunakan guru untuk menerapkan langsung pembelajaran. Siswa bekerjasama dalam mengerjakan tugas bersama.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Risma Yunita
Nim : 501173183
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Menanggapi video pembelajaran dengan judul ” Siswa Kurang Semangat Mengikuti Pelajaran Teori” ini pada pelajaran teori yang sulit dimengerti siswa, praktikum langsung dan pembelajaran berbasis proyek merupakan alternatif yang sangat baik dalam mempelajari pelajaran yang sangat sulit, apabila hanya menggunakan ceramah penjelasan saja, tugas kita sebagai guru yaitu memfasilitasi siswa dalam memahami suatu materi dengan mengubah pembelajaran dengan metode pembelajaran Prject Based learing yang didalam pembelajaran dengan kelompok dan mempraktekkkan langsung bahkan menghasilkan sebuah karya contohnya dalam merangkai bel listrik tersebut.
siswa secara langsung aktif mempraktekkan bagaimana cara membuat bel listrik apabila ada yang kesulitan teman sebaya dan guru membantu dalam pembelajaran apabila ada yang kesulitan sehingga pembelajaran menjadi aktif dan teori yang dijelaskan akan mudah dimengerti oleh siswa.
alternatif solusi ini sangat bermanfaat untuk mengaktifkan semangat siswa dalam pembelajaran teori yang sulit dimengerti dengan penjelasan ceramah saja.
Nama : Rosni Erlinda
NIM : 501133101
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
UPJJ : Padang
Dari video dapat kita lihat bahwa siswa kesulitan untuk memahami materi dan cara membuta bel listrik, karena guru hanya menggunakan metode ceramah, selanjutnya guru tersebut melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajarannya, maka guru tersebut melakukan pembelajaran proyek terhadap materi pembelajaran, sehingga siswanya lebih tertarik, semangat dalam mempelajari hal tersebut, dan dengan pembelajaran proyek siswanya bisa membuat bel listrik. Berarti dalam kegiatan pembelajaran guru harus merancang model pembelajaran yang bervariasi dan menarik, sehingga akan mebuat siswa senang dalam belajar, tidak hanya menerapkan metedo pembelajaran konvensional, di era digital ini guru-guru dituntut untuk aktif, kreatif, inovatif dalam melakukan pembelajaran yang bisa memenuhi kebutuhan belajar siswa
Nama : Agus Hermanto
NIM: 501343214
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Dari hasil pengamatan vidu dapat diambil pelajaran bahwa ceramah kurang tepat dilakukan dam pembelajaran khususnya saat menjelaskan materi tentang rangkaian listrik. Dalam proses pemahaman konsep tentang rangkaian listrik baik dilakukan dengan cara proyek sederhada di dalam suatu kelompok. Dengan demikian peserta lebih proaktif dalam pembelajaran dan mereka terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Akhirnya suasana belajar lebih bermakna dan menyenangkan.
Nama : MOHAMAD GAGAN NAZMUDINDIREJA
NIM : 501233185
Program : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Bandung
Menurut saya guru ketika di dalam suatu proses pembelajaran maka siswa harus di libatkan. Tentunya sesuai dengan filsafat ki Hadjar Dewantara pada pendidikan taman siswa bahwa siswa harus sebagai pusat pembelajaran itu sendiri dan pendidikan merupakan bagian dari kehidupan itu sendiri, dengan demikian maka akan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Sebetulnya banyak cara yang bisa di lakukan oleh siswa di antaranya yaitu belajar kerjasama yang baik, belajar menentukan keputusan sendiri, siswa bisa saling membantu, siswa belajar membuat kesimpulan dalam pembelajaran, belajar mengembangkan dan mencari informasi, siswa bisa merefleksikan tentang pengetahuan dan wawasan apa yang di dapat selama proses pembelajarannya. Guru harus menjadi fasilitator yang tujuannya memotivasi siswa, membimbing siswa, meningkatkan potensi diri siswa, siswa harus bisa di arahkan oleh guru. Dengan menumbuhkan sikap menghargai, Kerjasama, dan jiwa sosial yang tinggi merupakan bagian pengaruh dari kegiatan kerja kelompok, Sehingga siswa sebagai pusat pembelajaran dan guru sebagai fasilitator adalah beberapa bentuk kegiatannya adalah seperti diskusi, eksperimen, proyek, kelompok akan memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa dan hasil belajar siswa, dari pada proses pembelajarannya cuma menjelaskan teori saja.
Dengan menonton video tersebut maka mahasiswa bisa terbantukan dalam mengeksplor pemahamannya di dalam proses pembelajaran. Dan bagus untuk referensi. Adapun bentuk masukannya semangat terus dalam berinovasi terhadap penyempurnaan portal guru pintar ini supaya relevan sesuai teori yang terbaru dalam kemajuan teknologi.
Nama : RUSTAN
NIM : 501453267
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Program ini memiliki manfaat yang signifikan bagi siswa dan guru dalam pembelajaran di SMP. Penggunaan model pembelajaran proyek dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi yang disampaikan. Selain itu, siswa juga dapat lebih memahami konsep yang diajarkan karena mereka terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran.
Solusi yang dilakukan guru dalam mengubah cara mengajarnya dari model ceramah ke model pembelajaran proyek dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat dan motivasi mereka terhadap pembelajaran.
Nama : UMA FADHILA TRISNAWATI
NIM: 501333141
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Berdasarkan hasil pengamatan video pembelajaran bahwa pembelajaran yang menerapkan metode ceramah pada materi rangkaian listrik terlihat jika siswa kurang semangat mengikuti pembelajaran, siswa terlihat pasif, dan pembelajaran kurang menarik. Dalam pemahaman konsep materi rangkaian listrik sudah tepat dengan menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan belajar langsung membangun pengetahuannya sendiri yaitu dengan menerapkan pembelajaran proyek. Dengan pembelajaran berbasis proyek maka di dalam pembelajaran terdapat peran aktif siswa sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan yang akan memudahkan siswa dalam menguasai materi dan mendapatkan pengalaman belajar. Pembelajaran proyek memberikan kesempatan siswa untuk bekerjasama menyelesaikan tugas dalam kelompok. Peran guru dalam pembelajaran ini sebagai fasilitator yang menyediakan alat dan bahan. Pembelajaran proyek mendorong siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah dan memastikan siswa tetap bersemangat mengikuti pembelajaran.
Nama : Neng Satryani
Nim : 501213223
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Serang
Dalam pembelajaran IPA tentunya akan lebih efektif jika menggunakan alat peraga atau media yang sesuai dengan materi pembelajaran. Sehingga anak akan lebih memahami, daripada hanya menjelaskan dengan teori saja.
Nama : Novia Listiani
NIM : 501202808
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Jakarta
Pada video ini disajikan ketidakpahaman siswa terkait pelajaran yang disampaikan dengan metode cermaha. Meskipun guru sudah menggunakan visualisasi, tetapi pelajaran yang disampaikan terlalu sulit untuk dibayangkan apalagi tidak semua siswa merupakan siswa visual. Untuk itu, guru merubah cara penyampaiannya yaitu dengan projek yang membuat siswa lebih paham tentang bagaimana cara membuatnya. Karena seperti yang kita tahu bahwa tidak semua pelajaran dapat disampaikan dengan metode ceramah.