silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,088 Comments

  1. Mohon izin memberikan tanggapan
    sebelumnya perkenalkan saya
    Nama: Rismawati
    Nim: 859542183

    saya ingin menanggapi terkait video di atas dimana siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari. Di video dikatakan anak anak lebih fokus bermain dengan teman sebangkunya dibandingkan memperhatikan guru yang menjelaskan. Nah dari sini kita dapat melihat bahwa siswa tidak tertarik dengan apa yang dijelaskan oleh guru, dari sini menurut saya bahwa guru harus lebih kreatif lagi dalam menyampaikan materi kepada siswa, dimana guru bisa lebih aktif untuk menghampiri siswa, dan mengajak siswa maju ke depan. dimana di depan siswa diminta untuk menjelaskan gambar apa uang mereka lihat serta bagaimana hubungannya gambar itu dengan matematika. Lalu siswa akan lebih berfikir kritis lagi sebenarnya apa sih hubungan gambar itu dengan matematika?…

    sekian tanggapan dari saya kurang dan lebihnya saya mohon maaf, terima kasih

  2. Rosi pratiwi 858542094
    Menanggapi video
    Dari video tersebut saya melihat guru sudah berusaha melibatkan murid untuk mengukir kemampuan siswa . Guru juga sudah memberikan alat peraga sebelum pembelajaran jadi anak bisa berminat untuk mempelajari matematika di jam siang saat mulai ngantuk. Tapi hanya saran sebaiknya ketika membuat jadwal matematika jangan di buat di jam terakhir lebih baik di jam pertama untuk jam matematika.

  3. Izin menanggapi
    Dari video yang saya lihat “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” adalah dalam pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat menjadikan anak aktif dalam belajar meskipun pada siang hari titik suara guru pada video sudah lantang namun proses pembelajaran hanya sekejap konsentrasi titik guru berhasil memusatkan perhatian atau konsentrasi belajar dengan mengubah strategi ceramah menjadi strategi tanya jawab serta permainan media dan anak disuruh praktik mengukur tinggi gedung lalu memerintahkan siswa untuk mengukur benda yang ada di sekitarnya.

  4. Nama : Reski Dwi Agustiana
    Nim : 877955585

    Setelah saya melihat video yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” siswa yang mendapatkan pelajaran matematika pada siang hari tidak bisa fokus karena selain cuaca panas siswa juga sudah merasa lelah banyak siswa yang merasakan kantuk. Dilihat dari video tersebut guru yang sedang menyampaikan materi tidak didengarkan, siswa tidak konsentrasi meski suara guru sudah lantang, perhatian siswa tidak berpusat pada guru melainkan mereka asik bicara dan bermain dengan teman-temannya. Matematika adalah pelajaran yang sistematis dan memerlukan penalaran. Sehingga saat kita belajar matematika membutuhkan suasana yang nyaman dan cara belajar yang menyenangkan. Di video menit ke 2:05 guru memberikan motivasi bahwa matematika adalah pelajaran yang mudah, tidak rumit, dan menyenangkan. Guru memberikan contoh konkret, dan gambar gambar, guru juga memeberi arahan siswa untuk mempraktikkan mengukur panjang dan lebar suatu gambar gedung, dengan demikian minat belajar siswa yang awalnya sudah menurun akhirnya timbul kembali. Mereka merasa antusias dalam belajar matematika.
    Dari pemaparan video di atas bisa disimpulkan bahwasanya guru harus mampu menyuguhkan pembelajaran yang apik dalam keterampilan menyampaikan pembelajaran matematika karena pembelajaran matematika membutuhkan penalaran dan pemahaman konsep. Guru dituntut aktif dan kreatif agar siswa mampu menyerap segala informasi yang disampikan oleh guru, sehingga dapat tercapai pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

  5. Nama : Aini Sopiyah
    Nim : 855719334

    Izin menanggapi video. .

    Menurut pendapat saya guru sudah melibatkan siswa dalam belajar, sehingga siswa aktif . Tetapi perlu ditingkatkan lagi cara mengajar nya dan lebih baik memerlukan alat peraga yang menarik sehingga siswa dapat belajar dengan semangat dan fokus memperhatikan guru di depan kelas .

  6. Nama:Siti Nikmahtus Sa’diyah
    Nim:858548364
    Izin untuk menanggapi video diatas…
    pada jam-jam tertentu seperti jam akhir konsentrasi anak banyak yang sudah buyar atau tidak bersemangat lagi.. dalam hal ini kita sebagai seorang guru perlu menguasai keadaan dimana kelas yang ribut bisa menjadi terorganisir lagi, seperti melakukan ice breaking dan penggunaan media yang tepat. anak-anak pun harus sesering mungkin kita libatkan dalam pembahasan pembelajaran, seperti bertanya, atau menunjuk beberapa anak agar aktif terutama yang terlihat sudah sangat bosan atau lelah. dalam video ini sudah bagus guru dapat mengubah kelas menjadi fokus kembali, walaupun masih ada beberapa anak yang masih sibuk dengan dirinya sendiri dan dalam penyampaian materi kurang jelas.

  7. Nama: Fatonah Agustin
    Nim: 858540069
    Setelah saya melihat vidio yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”, vidio tersebut menginspirasi saya untuk dapat saya terapkan di kelas saya. Anak-anak ketika sudah jam siang akan merasa bosan sehingga kita sebagai guru harus mempunyai strategi agar siswa tetap fokus menerima pembelajaran, dalam vidio tersebut sudah bagus untuk menarik perhatian siswa guru menggunakan APE (alat peraga edukatif) berupa gambar dan penggaris untuk mengukur.

  8. Nama : Rizka Amiliya
    NIM : 877956903
    UPBJJ-UT Surabaya
    Assalamualaikum wr.wb
    Izin menanggapi vidio yang berjudul “ siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” dalam vidio tersebut mulai dari awal beliau mulai pembelajaran tidak menanyakan kabar siswa dan lagu-lagu pembuka atau ice breaking agar hati siswa itu semangat saat diberi pelajaran meskipun di siang hari untuk alat peraga nya sudah bagus akan tetapi metode pembelajaran kurang berkreasi sehingga siswa merasa bosan dan ramai sendiri. Maka dari itu, guru harus ada pendekatan antar siswa serta mengerti karakter siswa agar nantinya metode yang diajarkan akan memberikan pemahaman kepada siswa.
    Sekian terimakasih wassalamualaikum wr.wb

  9. Nama : Triyana Restu Yuningsih
    Nim : 857257411
    UPBJJ : serang
    Pokjar : Malingping

    Dari vidio yang saya tonton yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”, dan saya menyimpulkan siswa tidak konsentrasi pada pelajaran matematika di karnakan ada faktor yang mempengaruhi dari siswa tersebut.
    Ada dua faktor yaitu :
    1. faktor dari guru nya dalam menjelaskan kurang di mengerti atau monoton dalam menjelaskan sehingga siswa tersebut bosan dan tidak berkontrentasi dalam pelajaran tersebut.
    2. Faktor dari siswa nya siswa tidak berkontrentasi karna dia mengalami rasa cape dalam pelajaran sebelum nya sehingga dia tidak berkonsentrasi terhadap mata pelajaran matematika tersebut.

Leave a Reply