silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,088 Comments

  1. Nama : Saliman Oxdarisa
    Nim : 855727324

    Dari video yang sudah saya lihat dan amati, pelajaran matematika sebetulnya sangat menarik dan mengasyikan, namun belum banyak guru yang memiliki pedagogik mengajar yg relevan dengan anak anak, selain faktor utama juga ada faktor eksternal lainnya seperti waktu pelaksanaan pelajaran. Ketika siang hari konsentrasi anak sudah tidak seperti saat pagi hari, sehingga pelajaran yg di berikan harus memiliki gaya belajar yang seru dan mengasyikkan serta membuat anak menjadi pemeran utamanya sehingga anak merasakan seru, seperti video di atas menggunakan gambar dan mengajak anak mencari benda lain yang dapat di ukur dengan penggaris artinya guru sudah mengajak peran aktif anak- anak sehingga pembelajaran sudah sesuai.

  2. Nama : Nurfadillah Azis
    NIM : 859439355

    Menanggapi Video yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” Dari awal pembelajaran saya melihat siswa sudah mulai tidak semangat dan antusias dalam belajar, oleh karena itu diperlukan beberapa strategi khusus seperti, Sebelum melakukan pembelajaran, siswa diajak melakukan ice breaking, atau mengajak siswa untuk menonton video motivasi singkat agar suasana kembali segar. Variasikan Materi dan metode pengajaran, sebagai contoh gunakan metode pembelajaran aktif, contohnya games atau kuis interaktif, Gunakan media visual dan konkret agar materi lebih mudah dipahami. Memberikan penguatan positif seperti memberikan pujian yang spesifik atau menggunakan sistem reward sederhana misalnya poin tambahan atau penghargaan kelas untuk meningkatkan motivasi siswa.

  3. Nama : Ayu Melia Eli Zahra
    Nim : 856252101
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Padang

    Dari video pembelajaran : siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari di atas sudah bagus, meskipun kondisinya sudah siang, guru tetap memberikan motivasi belajar sebelum pembelajaran dimulai. Sebagaimana yg kita tahu pelajaran matematika ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan energi mental yang besar sehingga jika waktunya siang cenderung membuat siswa kurang energetik sehingga mempengaruhi kemampuan mereka dalam memahami materi. Faktor lain seperti kelelahan, rasa lapar, suhu udara yang lebih panas dan juga kejenuhan setelah kegiatan pagi.untuk itu perlu di adakan kegiatan ice breaking di sela” pembelajaran agar anak kembali bersemangat saat belajar kembali, mengadakan game, atau kuis yang menarik perhatian siswa. Dalam video peserta didik sudah dilibatkan untuk mengukur secara bergantian ke depan, itu sudah bagus menurut saya, akan tetapi menyediakan media/alat pendukung seperti gambar untuk beberapa kelompok, agar seluruh siswa dapat mengukur benda juga, jdi tidak untuk yang ke depan saja,
    Sekian pendapat dari saya, terimakasih..

  4. Nama : Tatik Ristiyawati
    NIM : 858542919
    Ijin menanggapi video tentang “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”
    Selain ribut dengan teman dan mengantuk ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kurangnya konsentrasi diantaranya kelelahan, rasa bosan, materi yang sulit dan lingkungan belajar yang tidak kondusif. Untuk itu perlu adanya strategi alternatif yaitu:
    1. Gunakan media yang menarik, manfaatkan video,gambar atau simulasi untuk memperjelas konsep matematika
    2. Game edukasi, adakan kuis atau permainan yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari untuk membuat suasana belajar lebih menyenangkan.

    Terima kasih.

  5. NAMA : TIKA TRIANA
    NIM : 856259627
    PRODI : PGSD – S1
    UPBJJ : UT PADANG

    Pada video tersebut reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu siswa sangat antusias dalam memperhatikan pelajaran matematika di kelas dengan menggunakan media yang dilakukan bersama guru. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ini guru tidak melakukan ice breaking sebelum pejaran dimulai. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru menggunakan media yang menarik sehingga murid antusias dalam memperhatikannya.
    Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah dengan adanya guru memberikan motivasi yang nyata untuk masa depan yang akan dicapai murid. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu jika jam pelajaran matematika sang hari yaitu guru daat melakukan ice breaking sebelum masuk di pelajaran inti agar murid tidak mengantuk dan tetap fokus.

  6. Nama : Maria Sano Suka
    Nim : 858065062
    PRODI : S-1 PGSD
    UPBJJ : Pontianak
    Pada video ini terlihat bahwa saat guru mengajak anak-anak untuk menyiapkan alat tulisnya, anak-anak kurang bersemangat terhadap pelajaran
    matematika.
    Hal ini terbukti dengan adanya reaksi anak-anak yang masih keluar masuk kelas. Ada juga anak-anak yang tidak bersemangat. Hal ini mungkin di sebabkan
    oleh karena anak-anak mulai kelelahan, lapar atau ngantuk. Namun setelah guru memperlihatkan media pembelajaran,anak-anak kembali bersemangat
    karena guru memberikan contoh dan keuntungan dalam belajar matematika. Cara guru ini dalam memberikan semangat belajar matematika pada siang hari
    ini sudah cukup baik,guru memotivasi siswa agar kelak mereka akan bisa sukses apabila mereka mau belajar.

  7. Nama : Regita Cahyani
    NIM : 859794641
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ : Muara Enim

    Saya menganalisis salah satu video pembelajaran di Portal Guru Pintar pada Seri Pembelajaran SD yang berjudul “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”
    Dalam vidio tersebut terlihat Siswa dari awal pembelajaran saya melihat Selain ribut dengan teman dan mengantuk ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kurangnya konsentrasi diantaranya kelelahan, rasa bosan, materi yang sulit dan lingkungan belajar yang tidak kondusif. siswa sudah mulai tidak semangat dan antusias dalam belajar, Untuk itu perlu adanya strategi alternatif yaitu:
    1. Sebelum melakukan pembelajaran, siswa diajak melakukan ice breaking
    2. Mengajak siswa untuk menonton video motivasi singkat agar suasana kembali segar.
    3. Variasikan Materi dan metode pengajaran, sebagai contoh gunakan metode pembelajaran aktif, contohnya games atau kuis interaktif
    4. Gunakan media visual dan konkret agar materi lebih mudah dipahami.
    5. Memberikan penguatan positif seperti memberikan pujian yang spesifik atau menggunakan sistem reward sederhana misalnya poin tambahan atau penghargaan kelas untuk meningkatkan motivasi siswa.

  8. Bismillah,
    Nama : Izzatul Asma
    NIM : 856222653
    UT Padang
    Mohon izin menanggapi vidio diatas. Kebetulah saja juga mengajar dikelas yang kebagian jam mengajar siang. Saya seringkali menemukan kondisi belajar saat diawal vidio. Dimana anak-anak tidak lagi dalam kondisi kondusif atau fokus dalam belajar dijam siang. Mereka kurang konsentrasi karena beberapa hal, ada anak yang sudah mengantuk, atau meresa gerah atau panas karena cuaca, ada juga anak yang lelah karena sudah belajar sejak pagi. Hal ini tentu menjadi PR bagi saya setiap harus mengajar dijam siang, apalagi jika yang akan saya ajarkan mata pelajaran matematika. Dari vidio ini saya bisa mendapatkan solusi, salah satunya dengan mempersiapkan media yang menarik, agar minat belajar anak bisa bangkit lagi dengan melihat media pembelajaran yang tidak monoton. Biasanya saya juga mengajak anak untuk melakukan ice breaking terlebih dahulu, agar semangat mereka kembali untuk belajar, terkadang saya selingi dengan games atau tukar cerita dan pikiran.

Leave a Reply