silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Devita Nataliyani
NIM : 856807653
Jurusan : PGSD Semester 8
Asal Instansi : UT Bengkulu
Pokjar : Curup
Menurut pendapat saya, pada pelajaran matematika yang di lakukan di siang hari, banyak siswa yang tidak fokus belajar, siswa sibuk asyik sendiri dan siswa juga banyak yang bermain dengan teman sebangkunya.
Dalam video tersebut, terlihat guru yang berusaha untuk menertibkan kondisi kelas agar siswa tetap konsentrasi di dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Choiril Anung Hartomo
Nim : 856448023
Program Studi : S1 PGSD
Pokjar : Payung Sekaki
UPTBJJ
Dari pengamatan yang saya lihat dari video pembelajaran tersebut dapat dilihat, bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika disiang hari kurang optimal dikarenakan konsentrasi anak mulai menurun dan mulai jenuh dan guru tidak mampu membangun suasana kelas yang menyenangkan. Terlihat guru tidak mengawali pembelajaran dengan baik sehingga anak-anak tidak memperhatikannya. Dalam situasi kelas yang mulai jenuh dengan pelajaran yang kebanyakan siswa tidak suka, alangkah baiknya guru mengawali pembelajaran dengan suatu mini game atau permainan yang dapat meningkatkan semangat anak dalam mengikuti pembelaran. Guru dalam video juga bisa meningkatkan kemampuan komunikasi kepada anak dengan bahasa-bahasa yang membuat anak senang dan dalam berinteraksi guru jangan terpaku di depan kelas saja, tapi bisa dengan berjalan dalam kelas dibarengi dengan menjelaskan keterkaitan pelajaran matematika dengan kehidupan siswa, dalam video guru sudah melakukannya akan tetapi penggunaan alat peraga yang digunakan tidak berkaitan dengan kehidupan anak sehingga kurang mengena. Apabila guru bisa mengaitkan pelajaran matematika dengan kehidupan anak sehari-hari, maka akan membuat suasana kelas menjadi hidup karena setiap anak mempunyai pengalaman yang berbeda. Selain alat peraga untuk membangun suasana kelas guru bisa merubah posisi meja belajar anak-anak agar mereka tidak jenuh. Adapun kesimpulan yang saya ambil dari video tersebut antara lain :
1. Kelemahan pembelajaran dalam video, a) Guru tidak mengawali pembelajaran dengan baik, b) guru menggunakan metode ceramah yang membuat anak-anak jenuh, c) Guru tidak bisa membangun interaksi yang menyenangkan kepada anak, d) Alat peraga yang digunakan tidak sesuai dengan kehidupan anak sehari-hari, e) Posisi guru yang monoton didepan kelas.
2. Hal-hal yang bisa ditingkatkan, a) Guru bisa mengawali pembelajaran dengan motivasi dan permainan/ yel-yel untuk menigkatkan semangat belajar, b) Guru berusaha menggunakan metode yang lebih menarik dibanding menggunakan metode ceramah, c) menggunakan alat peraga alat ada disekitar anak-anak atau yang berhubungan dengan aktivitas anak sehari-hari, d) Guru mencoba merubah cara berinteraksi dengan anak-anak dengan menggunakan bahasa-bahasa yang lebih menyenangkan, e) Agar tidak jenuh posisi meja anak-anak bisa dirubah.
Nama : Fitri Kurnia Astuti
Nim : 856807646
Prodi : S-1 PGSD
Pokjar : Curup
Menurut saya berkaitan dengan video pembelajaran diatas adalah, sebagai seorang guru terlebih guru matematika kita harus memiliki banyak strategi pembelajaran, terutama pada jam-jam siang. Misalnya kita dapat menggunakan media minimal media gambar, dan yang lebih baiknya jika kita dapat dan terampilan membuat media sendiri, sehingga dapat mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran karena media yang kita gunakan berupa media konkret. Terimakasih
Nama : Dhimas Ardiansyah H
Nim : 858851154
Jurusan : PGSD BI
mempelajari matematika merupakan suatu tantangan tersendiri, bagaimana meraih konsentrasi dan perhatan peserta didik, namun jika mengajar matematika di waktu siang hari itu merupakan suatu tantangan dengan kesulitan yang tidak mudah. untuk menarik perhatian dan konsentrasi peserta didik adalah dengan membuat kelas mejadi asik dan menyenangkan, guru bisa melakukan ice breaking atau perhatian ringan, lalu menguhubungkan kegiatan ice breaking tersebut dengan materi matematika yang sedang diajarkan. selain melakukan ice breaking, guru juga bisa melakukan pemberian motivasi dan semangat dengan menanyakan apa cita cita siswa, lalu memberikan nasihat sehingga siswa menjadi lebih semangat dalam belajar.
Nama: Robbi Muhammad Habibi
NIM : 857442659
Program Studi: S1-PGSD
Menurut saya, Pembelajaran pada siang hari itu memerlukan strategi khusus, misalnya kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan metode sambil bermain, karen apada siang hari energi pada badan sudah mulai berkurang, apalagi dalam berkonsentrasi. terkhusus pada pelajaran MAematika yang mana pelajaran MAtematika ini sangat memerlukan konsentrasi yang tinggi, bukan berarti pelajaran lain tidak memerlukan konsentrasi yang tinggi, namun pada pelajaran matematika ini sangat memerlukan tingkat knsentrasi yang sangat tinggi .
saran dari saya, sebaiknya Pelajaran Maematika disimpan atau dilaksanakan pada waktu pagi hari saat jam pertma masuk. karena pada jam pertama masuk, kondisi badan dan tingkat konsentrasi siswa masih sangat segar .
setelah menimak video,
1. guru masih menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan metode yang lebih menarik perhatian siswa.
2. Guru hanya berdiam di tempat.
Nama : Ninda Pertiwi
NIM : 857805828
Prodi : PGSD
Berdasarkan video yang saya simak, permasalahan pokok yang terlihat adalah ketidak siapan siswa menerima pembelajaran pada jam tersebut. Yang mengakibatkan terjadinya kelas yang tidak kondusif sehingga menganggu konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Berbeda dengan video yang menampilkan solusi dari permasalahan twrsebut. Pada video terlihat situasi kelas yang kondusif dan berjalan dengan lancar.
1.) Pada pembelajaran yang berlangsung siswa nampak enggan mengikuti pembelajaran. Banyak siswa yang berbicara dengan teman sebangku mereka bahkan ada juga siswa yang terlihat mengantuk pada jam tersebut.
2.) Secara keseluruhan, kelemahan yang ada pada guru tersebut yaitu penguasaan dalam kelas masih kurang, kemudian cara mengajar yang kurang ekspresif sehingga siswa tidak terbawa suasana gembira saat belajar.
3.) Secara keseluruhan berdasarkan analisis saya terhadap video tersebut, kelebihan guru pada video tersebut yaitu dalam penggunaan media pembelajaran. Walaupun belajar matematika, tetapi media yang digunakan tidak hanya berupa angka namun bisa dikaitkan dengan pembelajaran yang berlangsung.
4.) Berdasarkan analisis saya terhadap video tersebut hal unik yang ada pada video tersebut yaitu cara penyelesaian permasalahan yang terjadi. Guru berusaha membuat sesi pembelajaran terlihat menyenangkan dengan media pembelajaran yang digunakan.
5.) Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran kedepannya bisa lebih baik lagi yaitu ada baiknya apabila saat guru masuk ke dalam kelas, guru dapat menggunakan sapaan yang dapat membuat siswa fokus kepada kalimat yang guru berikan. Selain itu juga dapat dilakukan dengan menanyakan seputar kegiatan hari itu.
Nama : Pesta Natalia Manurung, Amd
NIM : 856456091
Program Studi : PGSD
Berdasarkan video yang saya lihat, bapak guru tersebut memiliki kelebihan atau kemampuan dalam media pembelajaran Guru tersebut dapat memberikan media dan tersalurakan kepada peserta didik, namun kelemahannya adalah guru tersebut tidak mampu dalam menciptakan kelas yang kondusif sehingga peserta didik tidak secara keseluruhan menyerap materi pembelajaran
Rika Maya Saputri
Nim 835672502
Prodi :S1 PGSD
UPBJJ: Pekanbaru
Menurut saya pembelajaran matematika yang dilakukan pada siang hari memang sangat membosankan. Siswa akan sulit untuk berkonsentrasi menerima pelajaran.
Untuk mengantisipasi hal tersebut. Sebaiknya peran guru sangat diperlukan untuk menyediakan media belajar yang bervariatif, seperti video atau gambar.
Seperti yang terlihat pada video yang disajikan diatas, anak2 yang semula terlihat banyak bermain, pada akhirnya terlihat tertib dan timbul antusias untuk belajar. Hal ini dikarenakan guru telah menyediakan media gambar dalam menyampaikan materi, guru juga tidak melakukan metode ceramah yang monoton, namun meminta anak2 untuk maju kedepan kelas dan mengukur sendiri meja nya. Dengan kegiatan sederhana tersebut siswa memiliki semangat untuk mengikuti pelajaran.
Hal yang menjadi perbaikan bersama adalah alangkah baiknya pada pelajaran ini di berikan ice breaking diawal yang gunanya untuk mengetahui kesiapan siswa menerima pelajaran. Selain itu, mobilisasi guru didalam ruang kelas juga ditingkatkan.
Terimakasih.
NAMA : RIA ARISKA
NIM : 856455312
UPBJJ UT Pekanbaru
Menurut pendapat saya, setelah melihat video pembelajaran tentang Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan guru untuk membuat siswa konsentrasi belajar Matematika walaupun pada siang hari antara lain sebagai berikut :
1. Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan.
2. Memberikan banyak perhatian kepada semua siswa.
3. Menjadi guru yang harmonis.
4. Memberikan kuis matematika seru untuk dimainkan bersama dikelas.
5. Memberikan apresiasi untuk siswa yang berhasil menjawab kuis matematika seru.
Dengan demikian akan tercipta lingkungan belajar bersama yang interaktif sehingga siswa dapat menikmati proses belajar matematika. Dengan adanya kuis matematika seru dapat menumbuhkan semangat belajar bersama dan kompetensi yang bersahabat.
adanya pemberian motivasi kepada siswa dalam belajar juga penting agar siswa menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang digunakan juga harus menarik agar dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif. Saat pembelajaran berlangsung guru hendaknya mengevaluasi kegiatan siswa walaupun sudah adanya keterlibatan dengan siswa seperti sesekali menyambangi siswa pada saat adanya pemberian tugas.
Nama : wulandari
nim : 856457047
program : S1 PGSD
semester 6
berdasarkan video yang saya simak, kelemahannya terjadinya kelas yang tidak kondusif yang disebabkan oleh ketidak siapan murid dalam menerima pelajaran seharus nya ketika guru memulai pembelajaran guru berinisiatif untuk mengajak siswa untuk mempersiapkan diri serta dapat fokus dalam menerima pelajaran dan menikmati proses pembelajaran berlangsung.