Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,390 Comments

  1. Nama : Yopi Mulia Lestari
    NIM : 857589485
    Pokjar : Kedungreja
    Setelah saya melihat video diatas izin menanggapi tentang “Permasalahan kurangnya konsentrasi siswa dalam belajar matematika, terutama pada jam siang , memang menjadi tantangan umum di banyak sekolah. Tanda-tanda seperti siswa ribut atau mengantuk menunjukkan bahwa mereka membutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih segar dan variatif. Solusi dengan mengajak siswa belajar di luar kelas merupakan ide yang sangat baik. Kegiatan ini tidak hanya membantu mengembalikan fokus siswa, tetapi juga bisa meningkatkan semangat belajar melalui suasana yang berbeda dan lebih menyenangkan. Guru dituntut untuk kreatif dalam merancang pembelajaran agar tetap efektif meskipun dilakukan di luar ruangan.”

    Terimakasih 😊

  2. Assalammuaalikum…
    Nama : Salamah
    nim : 0877856338
    izinkan saya menanggapi vidio diatas bahwasanya belajar matematika di siang hari itu bisa efektif jika dikelola dengan cara yang tepat. meskipun siang hari mungkin bukan waktu yang terbaik untuk belajar karena berbagai alasan siswa yang mungkin sudah merasa lelah, lapar dan ngantuk .adapun strategi yang dapat meningkatkan konsentrasi dan produktifitas yaitu dengan cara
    1. membuat jadwal yang teratur dengan mensisihkan waktukhusus untuk belajar matematika setelah anak beristirahat
    2. menciptkan lingkungan yang kondusif dengan memilih tempat yang tenang dan bebas gangguan contoh belajar di luar kelas
    3. gunakan tekhnik belajar yang efektif dengan pembelajaran yang aktif misalnya jangan hanya membaca materi, tapi juga terlibat dalam proses belajar dengan mengerjakan soal, membuat catatan dan besrdiskusi dengan teman

  3. Nama : Suzita
    Nim : 856493717
    Pokjar : Pekanbaru
    Video tersebut menggambarkan fenomena nyata bahwa pembelajaran matematika pada siang hari sering mengalami kendala konsentrasi siswa akibat faktor biologis, lingkungan, dan metode pembelajaran. Solusi efektif yang dapat diterapkan adalah pembelajaran di luar kelas serta perbaikan kondisi fisik dan psikologis siswa agar proses belajar lebih optimal dan menyenangkan

  4. Rosita
    Nim:856087546
    Dari video yang saya tonton di sini kita bisa mengetahui bahwa anak -anak disekolah tidak akan konsentrasi jika pembelajaran matematikan di laksanakan pada jam-jam yang siang hari karna tidak akan bisa menyambung atau memahami penjelasan dari guru tersebut karna dengan berbagai alasan mereka dengan alasan ngantuk dan lain sebagainya.

  5. Nama : Iin Kurniasih
    NIM : 857600566

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Ijin menanggapi video yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”. Video tersebut menggambarkan masalah umum yang sering terjadi dalam dunia pendidikan. Penyebabnya bisa karena kelelahan fisik setelah bermain saat istirahat atau karena pembelajaran yang monoton sehingga membosankan anak – anak. Menurut saya, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk membuat anak – anak bisa konsentrasi dan senang saat belajar matematika, antara lain :
    * Modifikasi belajar, akan lebih baik jika jadwal pelajaran matematika di lakukan pada pagi hari saat energi anak masih full.
    * Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif contohnya permainan, cerita atau menggunakan alat peraga.
    * Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. Jika kondisi ruangan panas karena pengaruh cuaca, maka pembelajaran bisa dilakukan di luar ruangan yang teduh, misal di bawah pohon atau di taman sekolah. Jika pembelajaran dilakukan didalam ruangan, pastikan ruangannya cukup sejuk.

    Demikian tanggapan diskusi dari saya
    Terima kasih
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  6. Nama:TEGAR SETIAWAN
    NIM:857598889
    UPJJ: Purwokerto
    Salut:Slawi

    Identitas Vidio
    Judul : “Siswa Tidak Konsentrasi Pelajaran Matematika di Siang Hari”

    Ringkasan vidio:
    Setelah saya melihat vidio di atas yg berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika pada Siang Hari”Kondisi kelas sangat tidak kondusif ada yg bermain sendiri ada yg ribut dan sebagainya.Ketika siswa sekolah dasar sulit berkonsentrasi belajar matematika pada siang hari, hal tersebut wajar terjadi karena kondisi fisik dan mental yang mulai lelah setelah aktivitas pagi. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu menerapkan pembelajaran yang lebih menyenangkan, bervariasi, dan interaktif.

    Dengan menggunakan strategi seperti permainan edukatif, aktivitas fisik ringan, media konkret, cerita matematika, serta memberi waktu istirahat singkat, guru dapat membantu meningkatkan fokus dan minat belajar siswa meskipun di waktu yang kurang ideal. Intinya, semakin menarik dan aktif suasana belajar, semakin mudah siswa untuk tetap fokus dan memahami materi matematika.

  7. Nama:TEGAR SETIAWAN
    NIM:857598889
    UPJJ: Purwokerto
    Salut:Slawi

    Identitas Vidio
    Judul : Siswa Tidak Konsentrasi Pelajaran Matematika di Siang Hari”

    Ringkasan vidio:
    Setelah saya melihat vidio di atas yg berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika pada Siang Hari”Kondisi kelas sangat tidak kondusif ada yg bermain sendiri ada yg ribut dan sebagainya.Ketika siswa sekolah dasar sulit berkonsentrasi belajar matematika pada siang hari, hal tersebut wajar terjadi karena kondisi fisik dan mental yang mulai lelah setelah aktivitas pagi. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu menerapkan pembelajaran yang lebih menyenangkan, bervariasi, dan interaktif.

    Dengan menggunakan strategi seperti permainan edukatif, aktivitas fisik ringan, media konkret, cerita matematika, serta memberi waktu istirahat singkat, guru dapat membantu meningkatkan fokus dan minat belajar siswa meskipun di waktu yang kurang ideal. Intinya, semakin menarik dan aktif suasana belajar, semakin mudah siswa untuk tetap fokus dan memahami materi matematika.

  8. NAMA : DESI NOVIANTI

    Izin menanggapi video tersebut.
    Banyak siswa ribut di video tersebut dan tidak memperhatikan guru mereka. Hal itu dapat terjadi karena banyak hal. Karena sudah siang, siswa mungkin merasa jenuh dan tidak termotivasi untuk belajar seperti saat masih pagi. Siswa dapat menjadi jenuh jika guru menggunakan metode pembelajaran yang monoton. Akibatnya, untuk membuat pembelajaran efektif dan menarik, guru harus kreatif dan inovatif. Siswa dapat lebih tertarik untuk belajar dengan berpartisipasi dalam tanya jawab.

  9. pada video yang ditampilkan pada laman GPO ditunjukkan bahwa kondisi waktu pembelajaran yang dapat memengaruhi tingkat konsentrasi siswa, terutama pelajaran berlangsung di siang hari setelah istirahat. dalam video diperlihatkan bahwa siswa akan lebih pasif dan kesulitan dalam belajar matematika setelah jam rawan di siang hari setelah istirahat. sehingga siswa terlihat lelah, mengantuk, dan tidak terlalu responsif dengan apa yang sedang gurunya ajarkan.
    solusi yang dapat diberikan yaitu: pertama melakukan ice breaking atau senam otak, dan yang kedua membuka jendela sehingga sirkulasi udara masuk ke dalam kelas

  10. Nama : fris eni Simanjuntak
    Nim :878272292
    dari video pembelajaran Matematika diatas siswa tidak konsentrasi belajar karena sudah siang hari. Menurut pengamatan saya Pelajaran Matematika memang pelajaran yang mungkin bisa dibilang hanya sebagian siswa saja yang meminatinya. nah pada kegiatan pembelajaran di vidio tersebut memang sangat terlihat bahwa siswa tidak konsentrasi dan cenderung ribut. Guru seharusnya bisa mengatasi atau menguasai kelas terlebih pada siang hari.
    ada baiknya Sebelum mulai pelajaran matematika, harusnya guru dividio tersebut mejelaskan arti atau makna pelajaran matematika pada kehidupan sehari-hari. Guru seharunya melakukan aktivitas ringan seperti Tebak-tebakan logika, Gerakan peregangan (stretching) Permainan singkat yang mengandung unsur hitungan ini bisa membantu menyegarkan otak dan tubuh mereka sebelum belajar serius

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777