silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
NAMA : MOHAMAD HOLIL
NIM : 858924779
ANALISIS VIDEO
“Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”
Pengamatan video pada channel Guru Pintar Online (GPO) yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”menghasilkan beberapa pendapat diantaranya pada pembukaan guru sudah merasa kewalahan menghadapi siswa yang tidak konsentrasi pada Pelajaran matematika jam siang. Guru memberikan motifasi tentang pentingnya Pelajaran matematika. Sehingga anak – anak mulai mau mendengarkan selainitu guru menggunakan media belajar berupa gambar Gedung bertingkat untuk membuat siswa lebih semangat mengikuti Pelajaran matematika
Nama : Zafila Eka Prima
NIM : 877553146
UPTJJ : Padang
Prodi : PGSD
Selamat Siang semua, izin menyampaikan hasil analisa saya terkait Video tentang ” Siswa tidak konsentrasi belajar Matematika pada siang Hari ”
Setelah saya menyaksikan tayangan video diatas, saya dapat menarik kesimpulan bahwa setiap siswa bila dihadapkan dengan pembelajaran dengan berfikir akan meyebabkan kelelahan, mengantuk dan tidak fokus belajar. Apalagi itu pelajarannya Matematika. Beberapa solusi dapat diambul guru agar pembelajaran itu jadi menarik yaitu :
1. Sebelum memulai pembelajaran, perhatikan siswa2 kita. Apabila ada yang mengantuk izinkan mereka mencuci wajah mereka agar kembali fresh menghadapi pembelajaran yang akan diberikan. Setelah itu ajak berdoa untuk dapat memulai pembelajaran dengan baik.
2. Setelah itu ajak anak untuk bercerita mengenai hal yang paling disukai, misalan dengan memberikan pertanyaan yang dapat memancing anak agar fokus.
3. Boleh juga dengan membawa media yang menarik anak agar fokus. terlihat di video atas paka guru memperlihatkan beberapa gambar seperti gambar monas, pesawat terbang, roket, dan gambar lainnya sambil bertanya kepada anak apa yang sedang diperlihatkan gurunya tersebut.
4. Terlihat di video diatas, salah satu anak ditunjuk tampil ke depan untuk mengukur gambar yang telah ditempel pak guru di depan. Ini merupakan salah satu bentuk strategi mengasah fokus anak.
5. Selanjutnya setelah semua anak terlihat fokus dengan pembelajaran yg akan disampaikan, barulah guru menjelaskan tentang materi yang diajarkan.
Jadi dapat disimpulkan disini bahwa triik guru dalam membuat anak fokus kembali pada siang hari agar pembelajaran kita tercapai yaitu guru harus mencari solusi atau trik menarik yang tidak membosankan bagi anak. Ketika pembelajaran itu menarik, Maka siswa akan fokus dalam pembelajaran.
Dalam video pembelajaran tersebut guru menyampaikan materi matematika pada siang hari yang dimana siswa kebayakan kurang peduli atau tidak konsentrasi terhadap materi yang di sampaikan oleh bapak guru tersebut mereka sibuk dengan kegiatan mereka sendiri. Guru sebaiknya mengkondisikan kegiatan pembelajaran seperti mengajak siswa terlebih dahulu untuk melakukan Icebrengking sehingga siswa dapat semngat lalu penyampaian materi juga harus menggunakan media peraga sehingga siswa dapat mengerti dan fokus mereka akan teralihkan kepada media pembelajaran yang dibawakan oleh guru.
Guru juga sebaiknya membentuk kelompok beljar agar siswa tidak cenderung bosan atau pun kesulitan didalam menjawab pertanyaan ” Yang diberikan oleh guru kelompok belajar juga bisa menjadi acuan mereka untuk tetap semangat belajar.
Nama : Silvi Indriyani
Nim : 857599866
Prodi: S1 PGSD
Pokjar : Slawi
Setelah saya melihat tayangan ” Siswa tidak konsentrasi belajar pada siang hari ” terlihat anak/siswanya menunjukkan reaksi tidak tertarik atau merasa bosan,seperti tidak mau belajar matematika,bisa jadi karena pembelajaran matematika dilakukan di siang hari. dimana konsentrasi siswa sudah terbagi,karena anak-anak lelah/kenyang setelah makan siang sehingga aktivitas otak melambat. Kelemahan dari vidio pembelajaran diatas adalah siswa kurang berkonsentrasi pada saat belajar matematika disiang hari dan kesulitan menerima pelajaran dengan baik. Guru kurang memberikan pembukaan pelajaran yang menarik. Kelebihan guru dalam dalam tayangan vidio diatas adalah guru mampu membuat siswa menjadi lebih fokus dan menarik setelah menjelaskan betapa penting matematika dalam kehidupan sehari-hari dan didunia pekerjaan, guru menunjukkan beberapa gambar bangunan yang tinggi,beberapa alat transportasi dan profesi. Berikut ini upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas belajar matematika disiang hari agar menarik perhatian siswa antara lain: Guru dapat membuat pelajaran matematika lebih menyenangkan,aplikatif dan sesuai dengan gaya belajar anak, dengan memanfaatkan teknologi menggunakan media digital seperti vidio pembelajaran,presentasi interaktif dan aplikasi edukatif untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Mencptakan suasan kelas yang nyaman,santai dan tidak menekan yang membuat siswa lebih berani bertanya,menjawab dan berpartisipasi,yang terakhir meningkatkan kompetensi guru seperti adanya pelatihan/seminar untuk guru supaya guru terus berkembang dan mengikuti perkembangan dunia pendidikan.
assalamau’alaikum. salam semua,
mohon izin memberikan sedikit tanggapan/hasil analisis sya terhadap video di atas “siswa tidak konsentrasi belajar mtk pada siang hari”
di video tersebut, menunjukkan ada banyak siswa bahkan keseluruhan siswa yang tidak konsentrasi saat gurunya menjelaskan pelajaran mate-matika. ada banyak sekali faktor yang menjadi sebab terjadinya hal demikian termasuk,
1. kondisi, pada siang hari anak-anak cenderung sudah merasa lelah dalam proses pembelajaran pada siang hari. ini menyebabkan kurangnya gairah belajar siswa dalam kelas
2. yang saya tangkap, guru pada saat memberikan materi pelajaran, menggunakan metode ceramah dan monoton pada tempat dimana ia terus berdiri. untuk meningkatkan gairah dan fokus belajar anak-anak, gaya mengajar yang seperti ini saya rasa kurang efektif, adakalanya guru/pendidik harus berjalan ke arah para siswa sembari menjelaskan materi yang di ajarkan untuk memperluas jangkauannya terhadap siswa dan memungkinkan bagi siswa untuk mengembalikan fokusnya ke guru.
3. tidak melakukan ice breaking pada situasi situasi tertentu. ice breaking ini, selain dapat membantu meningkatkan kembali fokus siswa juga dapat membantu untuk meningkatkan kekompakan siswa serta membuat siswa sedikit merasa lebih rileks, apabila siswa nyaman di dalam kelas, nyaman terhadap materi yang disampaikan, tidak tertekan maka siswa pasti tidak akan melakukan hal-hal lain diluar daripada pembelajaran yang berlangsung.
4. penggunaan alat peraga. dalam video menampilkan 1 alat peraga bahan pembelajaran yang dipasang pada papan tulis. dalam materi perhitungan ada banyak sekali alat peraga yang bisa digunakan. seperti memperkenalkan meteran untuk mengukur panjang dan jarak, stopwatch untuk mengukur waktu, timbangan untuk mengukur berat berat, serta busur untuk mengukur sudut. penggunaan alat peraga yang beragam akan menarik perhatian siswa sehingga siswa bisa lebih senang dan fokus pada pembelajaran. baru setelah memperkenalkan alat peraga yang di maksud, kemudian bisa dilanjutkan dengan penggunaan/fungsinya masing-masing sesuai dengan materi pembelajaran.
terimakasih
Nama : Ratna Oktaviani
NIM : 860037796
SALUT : Kalianda
UPBJJ : Bandar Lampung
Jurusan : PGSD
Judul : SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI
Menurut saya guru tersebut belum menguasai kelas sehingga masih banyak murid yang mengobrol dan menjadi salah satu pemicu tidak konsentrasi saat belajar matematika pada siang hari. siang hari memang jam rawan mengantuk terutama setelah makan siang, sehingga diperlukan skill untuk menguasai kelas agar anak dapat memahami matematika pada siang hari. ice breaking menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan kepada siswa dengan tujuan memiliki konsentrasi yang cukup untuk belajar matematika. bermain sambil belajar dapat dilakukan untuk mendukung pembelajaran matematika pada siang hari. membuat kelompok kecil untuk saling bekerja sama dalam memecahkan masalah matematika sehingga siswa bisa bertanya satu sama lain dan dapat memahami materi yang diberikan. memberikan waktu lebih untuk siswa yang memiliki kemampuan kurang.
Nama: Millatus Sa’adah
NIM: 877958416
UPBJJ: Surabaya
Pembelajaran matematika pada waktu siang hari menuntut guru untuk menemukan strategi yang tepat agar bisa mengalahkan rasa jenuh dan Lelah siswa setelah belajar sepanjang hari. Terlihat pada video banyak siswa yang ribut dan tidak memperhatikan guru. Sebenarnya ada banyak sekali factor yang bisa menyebabkan siswa bertindak seperti yang ada di video. Selain karena waktu sudah siang, Dimana semangat siswa untuk belajar sudah menurun dan tidak seperti Ketika masih pagi, rasa jenuh dan bosan juga bisa dirasakan oleh siswa. Ditambah cara guru dalam mengajar yang monoton cenderung membuat siswa jenuh. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi dan berkreatifitas semenarik mungkin agar proses pembelajaran bisa berjalan efektif dan menarik. Cara-cara berikut mungkin bisa menjadi alternatif untuk menghadapi masalah seperti yang ada di video:
1. Mengajak siswa untuk belajar di luar ruang kelas.
2. Mengubah posisi duduk siswa.
3. Mengajak siswa untuk melakukan ice breaking.
4. Menggunakan metode mengajar dengan tanya jawab, agar dapat menarik minat siswa untuk belajar dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran
5. Menggunakan alat peraga yang lebih menarik perhatian siswa, misalnya dengan memutar video pembelajaran.
6. Mengapresiasi kegiatan anak yang melakukan demonstrasi maju ke depan.
Nama: Millatus Sa’adah
NIM: 877958416
UPBJJ: Surabaya
Pembelajaran matematika pada waktu siang hari menuntut guru untuk menemukan strategi yang tepat agar bisa mengalahkan rasa jenuh dan Lelah siswa setelah belajar sepanjang hari. Terlihat pada video banyak siswa yang ribut dan tidak memperhatikan guru. Sebenarnya ada banyak sekali factor yang bisa menyebabkan siswa bertindak seperti yang ada di video. Selain karena waktu sudah siang, Dimana semangat siswa untuk belajar sudah menurun dan tidak seperti Ketika masih pagi, rasa jenuh dan bosan juga bisa dirasakan oleh siswa. Ditambah cara guru dalam mengajar yang monoton cenderung membuat siswa jenuh. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi dan berkreatifitas semenarik mungkin agar proses pembelajaran bisa berjalan efektif dan menarik. Cara-cara berikut mungkin bisa menjadi alternatif untuk menghadapi masalah seperti yang ada di video:
1. Mengajak siswa untuk belajar di luar ruang kelas.
2. Mengubah posisi duduk siswa.
3. Mengajak siswa untuk melakukan ice breaking.
4. Menggunakan metode mengajar dengan tanya jawab agar dapat menarik minat siswa untuk belajar dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran
5. Menggunakan alat peraga yang bisa menarik perhatian siswa, misalnya dengan memutar video pembelajaran.
6. Mengapresiasi kegiatan anak yang melakukan demonstrasi maju ke depan.
Nama : Rizqina Zulfa Afiana
Ijin menanggapi video diatas
Pada video diatas banyak siswa yang tidak memperhatikan guru pada pelajaran matematika hal ini mungkin terdapat beberapa faktor salah satunya karna waktu yang sudah siang, anak jenuh dan pembelajaran yang membosankan
Guru mungkin bisa mengganti metode pembelajaran yang lebih menarik dengan berkelompok, memecahkan masalah dan berdiskusi kemudian siswa mempresentasikan hasil kelompoknya
Dengan cara tersebut siswa dapat kembali fresh dan lebih bersemangat
Nama : Ganisyuri Fairuz Amartya
NIM : 877847346
Izin menanggapi video diatas. Pada video diatas menceritakan proses pembelajaran siswa SD mengikuti mata pelajaran Matematika di siang hari. Siswa cenderung sulit konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Hal ini dikarenakan banyak faktor, seperti kondisi siswayang sudah lelah dan mengantuk, banyak siswa menganggap matematika pelajaran yang sulit, selain itu kurangnya variasi dalam proses pembelajaran juga meruapakan salah satu penyebabnya.
Guru dapat melakukan beberapa upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yang pertama, seperti yang sudah dipaparkan video di atas guru melakukan proses pembelajaran menggunakan visual, yaitu memberikan contoh menghitung ukuran bangunan dengan media poster. Kedua, menghubungkan materi dengan kehidupan nyata, yaitu matematika adalah ilmu yang sangat berguna untuk masa depan. Ketiga, Guru memberikan mindset bahwa matematika adalah ilmu yang mudah. Keempat, memberikan kesempatan siswa untuk mengerjakan latihan soal di depan.
Selain upaya yang sudah dipaparkan di video tersebut, saya ingin menambahkan beberapa upaya yang dapat dilakukan Guru agar siswa lebih konsentrasi untuk mengikuti pembelajaran Matematika di siang hari, yaitu Guru dapat melakukan ice breaking yang masih mengandung isi materi pembelajaran matematika. Kedua, memaparkan video pendek materi pelajaran Matematika. Ketiga, membentuk diskusi kecil berkelompok.