silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Fitri Noza
Nim : 858034193
Semester : 8
Program Studi : PGSD
Menurut pendapat saya,, Pembelajaran Matematika pada jam akhir itu memang sangat sulit bagi siswa untuk berkonsentrasi pada pelajaran.
Tindakan guru pada video yang telah saya saksikan sudah baik dapat memfokuskan siswa kembali dengan melakukan kegiatan tanya jawab dan menggunakan media gambar sebagai bahan ajar serta memberikan siswa tugas dengan menggunakan benda yang ada di sekitar mereka sehingga membuat siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Nama : Muhamad Arya Reksa Samudra
NIM : 859010015
Prodi : PGSD
Setelah mengamati video tersebut, saya akan menanggapi terkait anak yang tidak bisa konsentrasi saat pembelajaran matematika di siang hari, karena pada kenyataan di lapangan memang benar terjadi seperti itu, pada saat siang hari tidak hanya pelajaran matematika saja, namun semua pelajaran pun sama. karena energi siswa sudah terkuras habis sejak pembelajaran di pagi hari yang mengakibatkan kurangnya konsentrasi saat pembelajaran di siang hari.
Selain karna kehabisan energi, faktor lain yang mempengaruhi kurangnya konsentrasi saat pembelajaran di siang hari adalah karena banyak siswa yang kurang minat terhadap pelajaran matematika yang akhirnya menjadikan suatu mindset bagi para siswa, yakni pelajaran matematika adalah pelajaran yang membosankan, menyulitkan dan membuat pusing
Nama : Winarni, A.Ma
NIM : 856478832
UPBJJ : Pekanbaru
Pokjar : Payung Sekaki
setelah menyaksikan vidio pembelajaran tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” saya menyimpulkan analisis video sebagai berikut :
A. Identifikasi Masalah
Berdasarkan observasi dari Video yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” maka diperoleh hasil identifikasi mengenai kondisi pembelajaran yang terjadi dimana dalam hal ini masalah yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran Matematika, yaitu:
a) Siswa sudah Lelah bermain sehingga tidak bisa memusatkan perhatiannya pada guru dan pembelajaran
b) Siswa tampak tidak siap mengikuti pelajaran, di mana ada beberapa siswa yang meminjam alat tulis kepada teman sekelasnyaGuru belum menggunakan metode pembelajaran yang tepat yang bisa melibatkan keaktifan siswa.
c) siswa sudah mengantuk dan bosan sehingga sulit untuk berkonsentrasi.
B. Analisis Masalah
Dari hasil identifikasi diatas dan pengalaman dalam pembelajaran matematika, peneliti menemukan berbagai permasalahan antara lain;
a) Guru kurang memperhatikan pentingnya media dan penggunaan metode yang variatif dan relevan.
b) Guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran dengan metode ceramah dan terlalu cepat dalam penjelasan materi.
c) Guru kurang memberikan kesempatan bertanya kepada siswa yang belum paham.
d) Guru lebih dominan berinteraksi terhadap anak-anak yang aktif.
e) Guru kurang memotivasi siswa.
f) Guru tidak memperhatikan kejenuhan siswa
C. Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
Berdasarkan hasil uraian diatas, dalam upaya meningkatkan hasil belajar Matematika siswa sebelum memulai pembelajaran pada siang hari di butuhkn ice breaking agar siswa fresh kembali dan semangat dalam belajar. Jadi seorang guru dapat menggunakan metode belajar yang menyenangkan. Boleh diawali dengan permainan, atau gerakan badan atau bahkan tepuk-tepukan yang dapat membangkitkan semangat siswa kembali. guru juga bisa menggunakan metode diskusi atau kelompok dengan berpindah tempat duduk, bisa juga berkelompok lalu pembelajarannya di luar ruangan atau alam terbuka (bebas).
Terima Kasih
Nama : Wahdaniah
NIM : 858403001
Program Studi : PGSD
Setelah melihat video pembelajaran tadi bisa terlihat saat ingin memulai pembelajaran guru tersebut membuat gaduh dimana agar anak-anak tersebut fokus ke gurunya, walaupun pada akhirnya tidak sepenuhnya anak-anak tersebut terfokus pada pembelajarannya diakibatkan rasa lelah yang mendera. Disamping itu kita juga bisa liat bahwa materi yang disampaikan kurang jelas sehingga hal inilah yang membuat anak-anak tidak bisa fokus pada mata pelajaran tersebut, tetapi disamping itu guru tersebut melibatkan siswa dalam menjelaskan materi serta bisa kita lihat juga materi yang diajarkan sangat sesuai dengan kemampuan anak-anak peserta didik.
Assalamualaikum wr. Wb
Nama :MOCHAMMAD GUNTUR AL GIEBRAN
Nim : 85890675
Upbjj Ut Jember
Berdasarkan video yang saya simak, tidak adanya kesiapan siswa untuk belajar matematika di siang hari, waktu pertama memulai pembelajaran matematika terlihat siswa tidak memperhatikan gurunya , masih kurang fokus dan bermain sendiri, beruntung guru tersebut melakukan variasi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga benda seperti gambar pesawat terbang, tugu monas, dan gambar lainnya, guru tersebut melakukan variasi pembelajaran untuk membangkitkan semangat siswa pada siang hari dan untuk menarik perhatian siswa agar siswa tidak bosan dalam belajar matematika
NAMA : DIAN SETYA MAWAN
NIM : 85879304
Program Studi : PGSD
Menurut saya, pembelajaran matematika itu adalah pembelajaran yang membutuhkan keterampilan dalam mengingat materi yang disampaikan. Pembelajaran yang dilakukan pada siang hari, kebanyakan siswa terlihat suda mulai lelah segingga pembelajaran kurang kondusif. Oleh karena itu, pembelajaran dilakukan pada jam pertama di pagi hari sehingga kondisi siswa masih fres.. sehingga keterampilan guru dalam menyampaikan materi dapat di mengerti oleh siswa. Dalam video pembelajaran tersebut tampak beberapa kendala seperti : adanya siswa yang kurang berkonsentrasi karena sudah lelah, siswa ada yang tiduran dan juga ada beberapa siswa yang bergurau padahal dalam kegiatan pembelajaran tidak diperbolehkan. Disinilah terlihat kurangnya guru dalam penguasaan kelas. Oleh karena itu, keterampilan guru dalam pengusaan kelas harus benar-benar dikuasai sehingga pembelajaran dapat menciptakan suasana yang kondusif dan terarah sesuai rencana pembelajaran. Guru harus memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran yang sesuai dan memberikan pembelajaran bermain peran, sehingga setiap siswa mampu menyampaikan pendapatnya masing-masing, selain itu guru harus memberikan apresiasi kepada siswa yang mau menyampaikan pendapatnya sehingga siawa menjadi semangat
Nama. : Ade Irma Fatmawati
Nim. : 856818276
Semester : 6
Pokjar. : Argamakmur
Setelah saya melihat video diatas cara pembelajaran guru untuk menarik perhatian siswa yang pada awalnya ribut dan ngobrol sendiri,bisa terfokus kan oleh guru yg datang. Tetapi pelajaran matematika pada siang hari sangat2 membuat anak mengantuk dan menjadi tidak fokus dengan pelajaran tersebut,Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari.siswa ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajar dengan menggunakan alat peraga yg membuat anak2 terfokuskan dan semangat kembali memulai pembelajaran meskipun disiang hari, atau belajar diluar ruang kelas agar dapat menghirup udara segar dan tidak mengantuk untuk belajar disiang hari.
nama : intan fitri birowowati
Nim : 856807535
jurusan : pgsd
pembelajaran matematika pada jam yang paling bagus adalah di saat pagi hari dimana konsentrasi para siswa masih bagus , sehingga siswa tidak akan ricuh di kelas karena merasa bosan, selain itu juga guru harusnya menertibkan siswa sejak awal masuk kelas, memberikan materi dengan metode dan media yang sesuai dengan kelasnya dan mudah di mengerti oleh siswa
.
Nama : Nurmala Sari
Nim : 856993209
Prodi : PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Pertanyaan Refleksi
1. Bagaimana reaksi peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawaban: Berdasarkan analisis saya, pada video tersebut peserta didik kurang berkonsentrasi, kurang fokus, kurang aktif serta asyik sendiri yang menyebabkan kegaduhan didalam kelas.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban: Berdasarkan analisis saya, saya berpendapat bahwa kelemahan guru pada video tersebut kurang ceria. ekspresi wajahnya kurang ekspresif, memberi kesan kaku terhadap suasana kelas.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban: Pada video tersebut saya berpendapat bahwa guru tersebut memiliki kelebihan dalam menggunakan strategi pembelajaran, metode pembelajaran serta media ajar.
4. Hal-hal unik apa saja yang anda temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawaban: Menurut pendapat saya, hal-hal unik yang saya temukan pada video tersebut adalah bagaimana guru tersebut bisa menyelesaikan maslah terkait kegaduhan peserta didik atau ketidakkonsentrasian pada pembelajaran siang hari.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati pada tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawaban: Menurut pendapat saya pada saat memasuki kelas harus dengan wajah yang ceria, diikuti dengan membuat kesepakatan kelas, atau sebelum melakukan pembelajaran guru mengajak peserta didik untuk tepuk semangat agar peserta didik bisa semangat dan fokus terhadap pelajaran
Nama : Sambobulawan
Nim. : 858397359
Program studi : PGSD
Dalam Vidio terlihat murid pada awalnya kurang tertib dan sulit diatur. Guru terlihat kesulitan mengatur muridnya yang mondar mandir serta ada murid yang tidak membawa alat tulis (pensil).
Akibat pelajaran matematika dijadwalkan di siang hari,maka murid kurang konsentrasi dan ribut didalam kelas padahal pelajaran sudah dimulai.
Terlihat guru dengan cepat tanggap terhadap kondisi kelas yang tidak tenang. Tindakan antisipasi yaitu menyediakan alat peraga yang kembali menarik perhatian murid terhadap pelajaran, mengajukan beberapa pertanyaan yang membangkitkan semangat serta mengemukakan pendapatnya dan juga memberikan kesempatan kepada semua murid melalukan praktek pada media yang ada disekitar mereka sehingga akan menghilangkan kebosanan murid.
Perbaikan metode pelajaran akan meningkatkan kualitas pendidikan.