silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Yefi merlina zebua
    Nim : 859876742
    UPBJJ : UT MEDAN

    Menurut saya dari video pembelajaran matematika pada siang hari tentunya siswa kurang fokus dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran. maka dari iyu guru harus mengggunakan metode yang menarik, seperti icebreaker dan suatu alat peraga agar minat siswa itu tumbuh dalam menangkap materi apa yang disampaikan oleh guru dan guru juga harus aktif dalam memyampaikan materi tersebut

  2. Nama : Yefi merlina zebua
    Nim : 859876742
    UPBJJ : UT MEDAN

    menurut saya dari video pembelajaran matematikan pada siang hari tentunya siswa kurang fokus dan kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran. maka dari itu guru harus menggunakan metode yang menarik berupa icebreaker atau suatu alat peraga agar minat siswa tumbuh dalam menangkap materi yang yang di berikan oleh guru dan guru juga harus aktif dalam menyampaikan materi tersebut.

  3. Nama : Lince Putriyani Zai
    Nim : 859890704
    Menurut saya, siswa seringkali kurang konsentrasi pada pembelajaran matematika disiang hari karena beberapa faktor, perubahan suhu tubuh, dan penurunan kadar glukosa darah yang bisa mempengaruhi fokus dan perhatian . Faktor lain yang berperan adalah metode adalah metode pembelajaran yang tidak menarik, kurangnya motivasi belajar, atau masalah internal seperti kurang tidur atau masalah internasional.

  4. Nama : Lince Putriyani Zai
    Nim : 859890704
    Menurut saya, siswa seringkali kurang konsentrasi pada pembelajaran matematika disiang hari karena beberapa faktor, Faktor yang berperan adalah metode pembelajaran yang tidak menarik, kurangnya motivasi belajar, atau masalah internal seperti kurang tidur atau masalah internasional. Jadi kita sebagai pendidik harus mencaritau bagaimana kondisi kelas tersebut , jika kondisi kelas kurang mendukung maka kita sebagai pendidik membuat suasana baru supaya kelas bisa lebih hidup lagi atau lebih menarik lagi.

  5. Nama : WASIAMI
    Nim : 858920377
    UPBJJ : UT JEMBER

    Dari video pembelajaran matematika pada siang hari tersebut, siswa tidak fokus dan tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab permasalah tersebut diantaranya: siswa sudah lelah setelah bermain dijam istirahat, siswa sudah mengantuk, dan matematika yang nampak sangat sulit. Dalam hal ini, guru harus mencari tahu permasalahan utama dan solusi mengatasinya. Guru juga dapat menerapkan penggunaan metode pembelajaran yang menarik dan memaksimalkan penggunaan alat peraga untuk menarik minat siswa dalam menumbuhkan dan membangun konsep materi yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

  6. Nama : Siti Lailatul Maghfiroh
    NIM : 85890241
    UPBJJ : UT Jember
    Dari video pembelajaran yang saya lihat, terlihat bahwa siswa kurang fokus dan kurang semangat dalam mengikuti pelajaran Matematika, terutama karena dilakukan pada siang hari. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kondisi siswa yang sudah lelah, mengantuk, atau merasa Matematika adalah pelajaran yang sulit. Untuk mengatasi hal ini, guru sebaiknya menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, misalnya dengan metode yang lebih aktif dan menarik. Guru juga bisa menggunakan alat peraga atau media yang konkret agar siswa lebih mudah memahami materi. Dengan pendekatan yang tepat, pembelajaran akan menjadi lebih hidup dan siswa pun bisa lebih antusias belajar.

  7. Nama : Siti Lailatul Maghfiroh
    NIM :858920241
    UPBJJ : UT Jember
    Dari video pembelajaran yang saya lihat, terlihat bahwa siswa kurang fokus dan kurang semangat dalam mengikuti pelajaran Matematika, terutama karena dilakukan pada siang hari. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kondisi siswa yang sudah lelah, mengantuk, atau merasa Matematika adalah pelajaran yang sulit. Untuk mengatasi hal ini, guru sebaiknya menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, misalnya dengan metode yang lebih aktif dan menarik. Guru juga bisa menggunakan alat peraga atau media yang konkret agar siswa lebih mudah memahami materi. Dengan pendekatan yang tepat, pembelajaran akan menjadi lebih hidup dan siswa pun bisa lebih antusias belajar.

  8. Nama : Siti Lailatul Maghfiroh
    NIM : 858920241
    UPBJJ : UT Jember
    Dari video pembelajaran yang saya lihat, terlihat bahwa siswa kurang fokus dan kurang semangat dalam mengikuti pelajaran Matematika, terutama karena dilakukan pada siang hari. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kondisi siswa yang sudah lelah, mengantuk, atau merasa Matematika adalah pelajaran yang sulit. Untuk mengatasi hal ini, guru sebaiknya menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, misalnya dengan metode yang lebih aktif dan menarik. Guru juga bisa menggunakan alat peraga atau media yang konkret agar siswa lebih mudah memahami materi. Dengan pendekatan yang tepat, pembelajaran akan menjadi lebih hidup dan siswa pun bisa lebih antusias belajar.

Leave a Reply