silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Prima Indah Pinasti
    NIM : 8571555849
    Program Studi : PGSD BI

    Setelah menonton video dengan judul siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari, saya mendapatkan beberapa pelajaran yang dapat saya gunakan untuk mengajarkan matematika khususnya di siang hari pada siswa saya. terlihat diawal video guru sedikit berbincang kepada siswa agar perhatiannya terpusat kepada guru, lalu guru juga mengambil peran sebagai tutor, di mana guru menanyakan/memfasilitasi siswa dengan alat peraga/media yang dikenal dan dekat dengan siswa, dengan media tersebut siswa menjadi semakin memperhatikan apa yang disampaikan guru dan secara tidak langsung guru sudah memulai pelajaran yang diawali dengan diskusi singkat antara siswa dan guru.
    Namun, ada sedikit kekurangan dalam video ini karena guru hanya fokus pada metode ceramah dan sedikit diskusi saja tidak dibarengi dengan metode metode lainnya yang dapat lebih menarik perhatian siswa lagi.

  2. Nama : Siti Nuraeni
    NIM : 857557536
    1. Kelemahan Pembelajaran dalamvideo
    Kelemahan pembelajaran dalam video ini menurut saya didalam pembelajaran tersebut terlihat saat pendahuluan guru tidak menyampaika materi terlebih dahulu, namun langsung memperagakan alatperaga. Dalam praktik alat peragapun, seorang guru tidak mengevaluasi hasil dari jawaban seorang siswa yang maju kedepa mengukur sebuah gambar bangunan. Setelah pembelajaran selesai, guru tidak mengevaluasi pembelajaran yang disampaikan pada materi tersebu. Sehingga siswa-siswa kesulitan mengambil kesimpulan sendiri dari pembelajaran tersebut..
    2. Kelebihan Pembelajaran dalam video
    Dengan menggunakan metode dan tanya jawab, dapat mampu menarik perhatian siswa-siswanya. Sehingga tidak membuat semua siswa mersakan kejenuhan.
    3. Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video
    Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara cepat tanpa bertele-tele waktu.. Menurut saya ada hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video yang saya praktikkan yaitu pada saat guru menyampaikan materi pelajaran dengan metode secara cepat, dan ada beberapa siswa tidak memperhatikan dan melakukan aktivitas sendiri-sendiri.
    6. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan
    Menurut saya berdasarkan kelebihan dan kelemahan dari video pembelajaran 1 tersebut perlu adanya metode tanya jawab sesekali guru melakukan tanya jawab pada salah seorang murid secara acak. Sehingga siswa-siswa dapat merasakan ketegangan jika nanti ditunjuk. Karena pada sesi tanya jawab biasanya seorang siswa yang pemalu akan kesulitan berebut sesi tanya jawab. Dalam pembelajaran sebelum pulang, sebaiknya seorang guru memberikan PR. perbaikan rencana pembelajaran yaitu guru harus lebih fokus lagi untuk mengalihkan perhatian siswa dan mengajak siswa mengeksplorasi alat peraga tersebut sehingga lebih memicu semangat belajar dan lebih mudah dipahami oleh anak didik pada pembelajaran tersebut.

  3. Nama : Hidayana
    Nim : 856956422
    Identifikasi masalah:
    Masalah dalam vidio adalah Pembelajaran matematika yang dilaksanakan pada siang hari

    Penyebab masalah :
    Peserta didik tidak bisa berkonsentrasi dan bosan pada pembelajaran

    Solusi tindakan:
    Pembelajaran matematika sebaiknya tidak dilaksanakan pada siang hari, karena siswa sudah cukup lelah bermain.
    Pembelajaran matematika kurang efektif jika guru hanya menggunakan metode ceramah.
    Pada bagian awal vidio guru harus memotivasi siswa telebih dahulu agar siswa mudah berkonsentrasi meski disiang hari.
    Pada akhir vidio guru mampu menarik perhatian siswa ke dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar, dan benda nyata sesuai dengan materi pembelajaran.

  4. NAMA : TAOMASIO PASRAH GULO
    NIM : 855977351
    PROGRAM STUDI : PGSD-S1

    Setelah saya menonton video tentang (siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada saat jam siang hari), menurut saya pada awal video tersebut guru tidak melakukan awal pembuka Pembelajaran seperti : do’a, mengabsen siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran siang hari menurut saya, guru dan siswa sama juga lelah dan untuk membangkitkan semangat belajar pada siang hari melakukan kegiatan bernyanyi dan metode ceramah.

    Kelemahan Pembelajaran dalam video tersebut : tidak membimbing siswa dalam mempersiapkan fasilitas atau sumber belajar yang diperlukan. Guru tidak membuat kaitan berupa pemberian pernyataan terkait materi pelajaran sebelumnya. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa bertanya dan PR.

    Kelebihan Pembelajaran dalam video tersebut : guru menggunakan alat peraga untuk menarik perhatian siswa.

    Pembahasan Pengamatan Pembelajaran dalam video tersebut : pada program ini seorang guru yang meminta siswa untuk menjelaskan sedikit materi sebelumnya yang telah dijelaskan oleh guru.

    Oleh karena itu, pada saat belajar siang hari harus menggunakan media yang baik agar menarik perhatian siswa dan semangat belajar.

  5. Nama : FENI MAHFIROH
    Nim. : 856572418
    Pada pembelajaran tersebut terdapat kendala siswa sudah lelah dan kurang antusias. Media yang digunakan harus menarik sehingga siswa menjadi lebih semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran.

  6. Nama : FENI MAHFIROH
    Nim : 856572418

    Pada pembelajaran tersebut terdapat kendala siswa sudah lelah dan kurang antusias.
    Media yang digunakan harus menarik sehingga siswa menjadi lebih semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran.

  7. Nama : Via Monita
    Nim : 857320128
    Program Studi : PGSD

    Setelah melihat video tersebut, saya melihat ada kekurangan dan kelebihan mengenai proses pembelajaran yang telah berlangsung. Menurut saya kekurangan dan kelebihannya adalah,

    Kekurangan :
    • saat memulai pembelajaran guru tidak melakukan apersepsi kepada siswa. Seperti berdo’a, menanyakan kondisi siswa, dan ice breaking. Padahal kegiatan apersepsi ini sangat diperlukan sekali untuk memulai pembelajaran, agar membangun suasana kelas yang menyenangkan terlebih dahulu dan mengubah persepsi ataupun pandangan siswa mengenai pembelajaran mtk yang sulit dan memusingkan.
    • Guru saat memulai kelas langsung memberikan tugas kepada siswa, yaitu langsung meminta siswa untuk mengeluarkan alat tulis mereka. Dan guru bertanya kepada siswa yang belum menyiapkan alat tulis nya dengan nada seperti yang memarahi. Nah ini membuat siswa semakin bosan dan malas untuk belajar, karena permulaan nya tidak baik atau tidak menyenangkan bagi siswa.
    • guru belum mempersiapkan materi yang sangat matang, guru memang membawa gambar sebagai alat media pembelajaran, namun dalam keterkaitan dengan materi menurut saya hanya gambar monas dan gedung yang sesuai dengan materi. Dan gambar lainnya, guru tidak menjelaskan apa keterkaitannya dengan materi pembelajaran yang sedang dilakukan.
    • guru belum menguasai kelas dengan baik, karena saat proses pembelajaran berlangsung siswa di kelas sangat terlihat jelas tidak kondusif. Ada yang merebahkan badannya ke meja, ada yang mengobrol, ada yang bercanda, pokonya siswa asyik sendiri. Dan guru membiarkan hal itu terjadi dan tidak menegur siswa yang melakukan hal tersebut.
    • guru tidak mengapresiasi siswa yang bersedia diminta maju kedepan oleh sang guru tersebut. Hal ini membuat murid lain tidak termotivasi untuk mau mencoba dan maju kedepan.
    • guru memberikan contoh hanya 1 saja, menurut saya itu sangat sedikit. Setelah itu guru langsung memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan pengukuran. Padahal guru belum menjelaskan bagaimana cara melakukan pengukuran tersebut. Misalnya, dimana penempatan titik nol sebagai awal pengukuran. Karna bisa saja siswa menjadikan 1 sebagai titik awal pengukuran. Sehingga pasti akan ada siswa yang melakukan pengukuran yang salah.
    • guru tidak memberikan kesimpulan atas pembelajaran yang telah berlangsung.

    Kelebihan :
    • saat di pertengahan pembelajaran adanya interaksi guru dan murid, sehingga pembelajaran tidak berlangsung satu arah saja. Terlihat saat guru bertanya, murid menjawab. Dan guru meminta siswa maju, siswa tersebut berkenan untuk maju kedepan.

  8. Nama : MOH ROFIQI NUR
    NIM : 858172142
    Prodi : S1 PGSD BI

    Setelah menyimak video pembelajaran di atas, ada beberapa masalah yang saya temukan, di antaranya:
    1. Suasana kelas yang kurang kondusif (gaduh) dimulai dengan seorang siswa yang tidak membawa pensil dan ada seorang siswa yang meminjam buku, kemudian banyak siswa yang bermain dan bercanda dengan temannya.
    2. Waktu pelaksanaan pelajaran matematika di siang hari membuat siswa sulit berkonsentrasi dan kurang bersemangat karena sudah lelah.
    Menurut saya tindakan yang harus dilakukan guru untuk mengatasi masalah di atas adalah:
    1. Guru dan siswa melakukan kesepakatan belajar
    2. Menjadikan suasana kelas yang menyenangkan dengan cara memberikan motivasi kepada siswa sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. dengan cara memberikan hadiah bagi siswa yang menjawab pertanyaan
    3. Melakukan ice breaking untuk menjadikan siswa bersemangat.
    4. Menggunakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan (PAKEM) sehingga bisa mengembangkan percaya diri dan meningkatkan kemampuan berpikir anak.

  9. Nama : Ayu Riza Setiowati
    NIM : 857344539
    Program Studi : S1 PGSD

    Menurut saya pada kegiatan awal pembelajaran sebaiknya guru memberikan salam menanyakan kabar siswa dan untuk memulai fokus anak-anak bisa dengan ice breaking terlebih dahulu sehingga anak-anak menjadi antusias saat belajar.
    Video selanjutnya menunjukkan memang sebaiknya pelajaran matematika menggunakan alat peraga agar anak menjadi fokus. Mengapresiasi anak yang telah membantu menjawab, mencoba membuat kelas lebih interaktif lagi sehingga pelajaran matematika lebih menyenangkan walaupun di siang hari .

  10. Nama : MOH ROFIQI NUR

    NIM : 858172142

    Prodi : S1 PGSD BI

    Setelah menyimak video pembelajaran di atas, ada beberapa masalah yang saya temukan, di antaranya:

    1. Suasana kelas yang kurang kondusif (gaduh) dimulai dengan seorang siswa yang tidak membawa pensil
    dan ada seorang siswa yang meminjam buku, kemudian banyak siswa yang bermain dan bercanda
    dengan temannya.

    2. Waktu pelaksanaan pelajaran matematika di siang hari membuat siswa sulit berkonsentrasi dan kurang
    bersemangat karena sudah lelah.

    Menurut saya tindakan yang harus dilakukan guru untuk mengatasi masalah di atas adalah:

    1. Guru dan siswa melakukan kesepakatan belajar

    2. Menjadikan suasana kelas yang menyenangkan dengan cara memberikan motivasi kepada siswa
    sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. dengan cara memberikan hadiah bagi siswa yang
    menjawab pertanyaan

    3. Melakukan ice breaking untuk menjadikan siswa bersemangat.

    4. Menggunakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan (PAKEM) sehingga bisa
    mengembangkan percaya diri dan meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Leave a Reply