silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. NAMA :SITI NURHASANAH
    NIM : 857077627
    PRODI : S1 PGSD
    setelah saya melihat video pembelajaran tentang “siswa tidak berkonsentrasi belajar matematika di siang hari “. Saya melihat tidak adanya kesiapan belajar dari siswa tersebut ada kemungkinan penyebabnya adalah karena banyak nya siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan juga banyak siswa yang mengantuk dan sehingga siswa tidak dapat konsentrasi dalam belajar
    Cara mengatasi nya ialah :
    1.guru memberikan motivasi
    2. Menumbuhkan minat dari siswa dalam belajar matematika

  2. NAMA :SITI NURHASANAH
    NIM : 857077627
    PRODI : S1 PGSD
    setelah saya melihat video pembelajaran tentang “siswa tidak berkonsentrasi belajar matematika di siang hari “. Saya melihat tidak adanya kesiapan belajar dari siswa tersebut ada kemungkinan penyebabnya adalah karena banyak nya siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan juga banyak siswa yang mengantuk dan sehingga siswa tidak dapat konsentrasi dalam belajar
    Cara mengatasi nya ialah :
    1.guru memberikan motivasi
    2. Menumbuhkan minat dari siswa dalam belajar matematika
    3.guru memberikan ice breaking kepada siswa agar siswa tidak bosan dan jenuh dalam belajar
    4.guru memberikan stimulus kepada siswa dengan adanya rasa ingin tahu .
    5.memperhatikan media pembelajaran .

  3. nama : Dw Ayu Sastri Sarita Dewi
    nim : 859030626
    program studi : S1 PGSD
    Dari video pembelajaran yang saya liat guru tidak melalukan salam ,doa , menanyakan kabar siswa dan guru juga tidak melakukan pembelajaran dengan silabus , dimana pada kegiatan inti guru sudah memberikan penjelasan tentang materi pecahan , guru juga memberikan contoh soal dan cara mengerjakan tanpa mengajak siswa secara bersama-sama menjawab contoh soal tersebut dalam hal ini, guru sebaiknya mangajak siswa seacara besama-sama menjawab sooal pecahan dan pada kegiatan penutup , guru tidak memberikan sooal evaluasi untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi pembelajaran yaitu pecahan padahal hasil belajar siswa terhadap suatu materi sangat penting untuk diukur agar guru dapat membuat rencana pelaksnaan pembelajaran

  4. Nama: Tiurlan Sinaga
    Nim: 859894321
    Pokjar : Pematang Siantar

    Judul Video: ” Siswa Tidak KOnsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”
    Pada kegiatan awal pembelajaran terlihat peserta didik telah merasakan kejenuhan atau kebosanan dalam belajar, tampak dari sikap dan Prilaku mereka saat Bapak guru memulai Pembelajaran Matematika, seperti beberapa siswa lupa membawa pensil, terlihat masih bercanda dengan teman, Mengantuk serta peserta didik yang lain juga saling menyoraki teman yang melakukan kesalahan.
    terlihat kesalahan dari seorang guru, bahwa beliau juga kurang semangat atau kurang memberikan apersepsi dan motivasi belajara sebelum pembelajaran Matematika di mulai.

    Tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu
    1. Bapak guru tetap melakukan kegiatan pendahuluan pembelajaran seperti: memberi salah, menyampaikan apersepsi, motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran dengan alasan agar peserta didik siap menerima pembelajaran.
    setelah tindakan tersebut sebaiknya sehari sebelum pembelajaran matematika akan dilaksanakan sebaiknya bapak guru telah mengingatkan bahwa besok harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan saat pembelajaran matematika.
    2. Dilanjutkan kegiatan inti yaitu pengorganisasian peserta didik ke dalam model ataupun strategi pembelajaran, tujuannya dilakukan demikian yaitu untuk mengantisipasi peserta didik bosan atau jenuh dalam pembelajaran dan menyiapkan siswa dalam menerima pembelajaran, boleh dilakukan dengan model permainan. boleh juga dilakaukan strategi pembelajaran matematika belajar dibawah pohon yang berada di luar kelas, sambil bernyanyi. secara tidak langsung konsentrasi dan minat siswa akan tumbuh kembali saat kebosanan dan kejenuhan belajar matematika dilakukan pada siang hari . terimaksih

  5. Nama : Rahmadsyah Damanik
    Nim : 856033877
    Upbjj : Medan
    Prodi : S1 PGSD

    Assalamualaikum
    Selamat Sore
    Izin menanggapi terkait diskusi tersebut

    Video seri pembelajaran di SD mata pelajaran Matematika ( Membangun Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari )

    1. Reaksi peserta didik pada video tersebut menurut saya adalah awalnya ditampakkan dengan kondisi peserta didik yang gaduh, yang tidak kondusif di dalam kelas, dikarenakan pembelajarannya tidak menarik, juga dengan pembawaan guru yang tidak begitu baik kepada peserta didik. Nah selanjutnya ketika video berjalan di menit 1.36 guru mulai membawakan peserta didiknya dengan memulai nya dengan memotivasi peserta didiknya bahwa pelajaran matematika itu adalah pembelajaran yang sangat mudah dan diperlukan dalam aspek kehidupan manusia. Selanjutnya juga guru menggunakan beberapa media pembelajaran seperti berupa beberapa gambar. Nampak bahwa siswa sangat antusias dan sangat semangat dalam mengeksplorasi gambar tersebut dan mengukur panjang dan lebar pada benda benda yang diminta oleh guru.

    2. Nah secara keseluruhan menurut saya, kelemahan yang ada pada guru dalam video tersebut adalah, hanya saja pembawaan guru tersebut kurang ceria, kurang bersemangat kepada peserta didik

    3. Secara keseluruhan kelebihan guru pada video tersebut menurut saya adalah, guru tersebut mampu membangun semangat/ konsentrasi peserta didik, yang awalnya tidak kondusif, menjadi kondusif bahkan konsentrasi dikarenakan upaya guru menggunakan media pembelajarannya

    4. Sejauh saya menonton video tersebut saya tidak melihat keunikan dari video tersebut

    5. Upaya yang dapat saya diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah untuk memadukan antara materi yang akan dipelajari dengan beberapa ice breaking yang berhubungan denga materi yang akan dipelajari, guna membangkitkan semangat yang lebih tinggi kepada peserta didik

    Demikian dari tanggapan saya
    Mohon kiranya untuk dapat menanggapi dari tanggapan saya
    Terima Kasih
    Wasssalam

  6. Nama : Ari agustian
    Nim. : 856955832
    Identifikasi masalah;
    Masala yang ada dalam video diatas adalah pembelajaran matematika yang dilakukan pada siang hari.
    Penyebab masalah ;
    Peserta didik tidak bisa berkonsentrasi dan bosan pada pembelajaran.
    Solusi/cara mengatasi tindakan;
    Pada mata pelajaran matematika sebaiknya jangan dilakukan pada waktu sing hari,karena siswa sudah merasa lelah setelah istirahat bermain dan sudah waktunya untuk istirahat siang, pembelajaran matematika juga kurang efektif jika seorang guru mengajarnya dengan cara atau metode ceramah.
    Diawal video tersebut guru seharusnya memberikan motivasi dan semangat kepada siswa terlebih dahulu agar siswa bersemangat untuk mengikuti pembelajaran, walaupun disiang hari.
    Diakhir video guru harus mampu menarik perhatian siswa dengan cara menggunakan metode atau media gambar atau benda yang sesuai dengan materi pembelajaran yang diajarkan.

  7. Nama: PUTRI NAULI
    Nim: 856577313
    Prodi: PGSD

    Dari video yang telah saya lihat dah saya amati, pada pembelajaran tersebut masih banyak kekurangan kekurangan yang harus diperbaiki. Dimana pada faktor gurunya yang masih menggunakan metode ceramah saja saat menjelaskan materi yang diajarkan dengan hanya metode ceramah hal tersebut tentunya membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan apalagi kegiatan pembelajaran tersebut dilakukan di siang hari dimana pada waktu tersebut merupakan waktu yang membuat peserta didik merasa ngantuk dan bosan. Dan terlihat pula pada video tersebut peserta didik asik dengan dirinya masing masing dan sibuk dengan teman temannya sambil bermain tanpa memperhatikan guru saat dijelaskan dan juga penggunaan media pembelajaran yang minim dan hanya terlihat buku paket saja yang digunakan hal itu tentunya membuat peserta didik tidak bersemangat untuk belajar dan merasa bosan.

  8. NAMA : FRESIA ANDRIAN
    NIM : 859632188
    Prodi : S1 pgsd

    Setelah saya melihat video pembelajaran tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari.
    saya mengamati bahwa:
    1. Pada awal kegiatan pembelajaran guru tidak memberi salam, tidak mengajak berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran.
    2. suasana kelas mulai ramai ketika guru memberi tahu untuk mengeluarkan alat tulis dan lain-lain namun ada salah satu anak yang tidak membawa.
    3. pembelajaran matematika itu adalah pembelajaran yang membutuhkan keterampilan dalam mengingat materi yang disampaikan. Pembelajaran yang dilakukan pada siang hari, kebanyakan siswa terlihat suda mulai lelah segingga pembelajaran kurang kondusif.
    4. pada saat pelajaran matematika di siang hari, siswa sudah lelah dan sudah susah diajak berkonsentrasi dengan alasan sudah lelah.
    untuk mengatasi masalah yang ada didalam kelas tersebut, menurut saya yang harus dilakukan oleh guru adalah:
    1. guru harus membuat media pembelajaran yang menarik dengan tujuan siswa lebih bisa menerima pelajaran matematika pada siang hari
    2. guru harus lebih bersemangat lagi untuk mengajak siswa dalam melakukan pembelajaran agar siswa lebih giat lagi dalam belajar.
    3. guru membagi kelompok diskusi menjadi beberapa kelompok agar siswa tidah merasa bosan dan lelah.
    4.apabila siswa terlihat bosan an tidak bersemangat, hendaknya guru menajak melakukan ice breaking agar siswa lebih bersemangat lagi.

  9. Nama : Fatihatul Askia
    NIM : 857692719
    Program Studi : S1-PGSD

    Setelah saya mengamati video diatas, yang berjudul :siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”. Berikut hasil pengamatan dari saya:

    1. Terlihat pada awal kegiatan pembelajaran guru, tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran terlebih dahulu, seperti salam pembuka, absensi, penyampaian materi, apresepsi, dan mengecek kesiapan peserta didik terlebih dahulu.
    2. Reaksi siswa pada pembelajaran terlihat tidak kondusif, beberapa siswa terlihat bercanda dengan teman sebangku, kemdian ada juga yang terlihat lesu.
    3. Dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab
    4. Terdapat kelebihan guru dalam mengajar seperti penggunaan alat peraga, kemudian bahasa yang digunakan baik, aktif melakukan tanya jawab.
    5. Terdapat juga kelemahan guru seperiti terlalu kaku dalam berbicara, tidak mengevaluasi hasil pekerjaan siswa, tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dan akhir pembelajaran, penjelasan yang diberikan kurang jelas.
    6. Seharusnya jadwal pembelajaran matematika dapat diberikan pada jam pagi hari, dimana energi dan semangat siswa masih bagus sehingga siswa dapat berkonsentrasi penuh pada pembelajaran matematika.
    7. Untuk menghindari kebosanan pada pembelajaran sebaiknya guru dapat melakukan ice breaking untuk membangkitkan kembali konsentrasi dan semangat belajar siswa.

    Sekian yang bisa saya sampaikan, terimaksih.

  10. Nama : Fatihatul Askia
    NIM : 857692719
    Program Studi : S1-PGSD

    Setelah saya mengamati video diatas, yang berjudul :siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”. Berikut hasil pengamatan dari saya:

    1. Terlihat pada awal kegiatan pembelajaran guru, tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran terlebih dahulu, seperti salam pembuka, absensi, penyampaian materi, apresepsi, dan mengecek kesiapan peserta didik terlebih dahulu.
    2. Reaksi siswa pada pembelajaran terlihat tidak kondusif, beberapa siswa terlihat bercanda dengan teman sebangku, kemdian ada juga yang terlihat lesu.
    3. Dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab
    4. Terdapat kelebihan guru dalam mengajar seperti penggunaan alat peraga, kemudian bahasa yang digunakan baik, aktif melakukan tanya jawab.
    5. Terdapat juga kelemahan guru seperiti terlalu kaku dalam berbicara, tidak mengevaluasi hasil pekerjaan siswa, tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran dan akhir pembelajaran, penjelasan yang diberikan kurang jelas.
    6. Seharusnya jadwal pembelajaran matematika dapat diberikan pada jam pagi hari, dimana energi dan semangat siswa masih bagus sehingga siswa dapat berkonsentrasi penuh pada pembelajaran matematika.
    7. Untuk menghindari kebosanan pada pembelajaran sebaiknya guru dapat melakukan ice breaking untuk membangkitkan kembali konsentrasi dan semangat belajar siswa.

    Sekian yang bisa saya sampaikan, terimaksih.

Leave a Reply