silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Menanggapi video tersebut, pada saat pembelajaran matematika di siang hari tentunya siswa sudah mulai merasa Lelah, bosan, mengantuk sehingga keaktifan siswa menjadi menurun apalagi cara penyampaian guru menggunakan metode ceramah. Maka dari itu jika pelajaran matematika pada siang hari harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik misalnya dibuat game atau siswa diberi untuk menyusun puzzle dll.
    Dengan memberikan metode yang menarik maka siswa akan penasaran sehingga mereka akan berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran.

  2. NAMA : Erita Asih Astini
    NIM : 856972402

    Belajar matematika di siang hari umumnya dianggap kurang efektif karena beberapa alasan. Pertama, kelelahan fisik dan mental pada siswa di waktu tersebut dapat menurunkan konsentrasi dan semangat belajar. Hal ini diperparah dengan stigma matematika sebagai pelajaran yang sulit dan tidak disukai.

    Oleh karena itu, solusi yang diusulkan adalah:

    Penjadwalan: Mapel eksak seperti matematika lebih baik ditempatkan di jam-jam awal/pagi saat siswa masih segar dan bersemangat.

    Metode Pembelajaran: Guru perlu meninggalkan metode ceramah dan melibatkan siswa secara aktif. Contohnya, seperti icebreaking, tanya jawab, dan kegiatan praktikum untuk menarik perhatian dan memotivasi siswa.

    Seperti yang ditunjukkan dalam video, guru yang menerapkan metode pembelajaran interaktif dapat membuat siswa tetap semangat belajar matematika meskipun pada siang hari.

  3. Nama : Dila Fadilla Helsani
    NIM : 857531067
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : Bandung

    Video tersebut menampilkan permasalahan saat pembelajaran yaitu peserta didik tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari. Seringkali peserta didik mengalami hal ini apabila guru tidak melakukan strategi pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa. Pentingnya adanya strategi ini supaya kegiatan pembelajaran matematika berjalan dengan sukses, peserta didik fokus dan merasa antusias terhadap pembelajarannya.
    Setelah saya melihat tayangan video tersebut, saya menyimpulkan terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut.
    Kelebihan :
    1. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan memberikan manfaat belajar matematika.
    2. Guru memancing peserta didik untuk aktif dengan menggunakan alat peragam berupa gambar-gambar yang berkaitan dengan materi yang sedang diajarkan.
    3. Guru mengajak peserta didik untuk terjun langsung melakukan praktik yang berkaitan dengan materi yang sedang diajarkan.
    Kekurangan :
    1. Saat awal pembelajaran, guru tidak memotivasi atau memancing peserta didik agar bersemangat saat memulai pembelajaran. Sehingga peserta didik dalam keadaan belum siap belajar.
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
    3. Guru tidak menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

  4. Nama : Salsabilla Putri Furensa
    NIM : 858963724
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : UT Jember
    Pada video tersebut tentang kegiatan pembelajaran mata pelajaran matematika pada siang hari sehingga siswa tidak bisa konsentrasi belajar. Siswa akan susah memahami materi jika dalam kondisi lelah dan bosan. Hal tersebut mengakibatkan kelas menjadi gaduh dan tidak kondusif. Dengan demikian, guru mengatasi hal tersebut dengan menggunakan strategi ceramah, tanya jawab dan media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa. Guru juga memberikan kesempatan pada siswa untuk praktek mengukur gambar dan benda disekitarnya. Dengan metode pembelajaran tersebut, siswa dapat menyimak dan memahami pembelajaran matematika yang dijelaskan oleh gurunya.

  5. Nama : Sekar Harum Mastuty
    NIM : 859945134
    UPBJJ : Jakarta

    Setelah mengamati video tentang “siswa tidak konsentrasi belajar matematika disiang hari ” , banyak dirasakan siswa belajar disiang hari itu tidak konsentrasi disebabkan karena faktor kelelahan karena sepanjang hari mereka disekolah, kemudian lapar, mengantuk, jenuh , apalagi banyak yang menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit. Maka untuk mengatasi faktor tersebut bisa dengan cara menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan tenang, memberikan variasi dalam metode belajar untuk dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran, siswa diberikan waktu istirahat yang cukup karena seharian ada disekolah. Pada video tersebut memiliki kelebihan dan juga kelemahan :

    Kelemahan :
    1. Kondisi kelas masih belum siap belajar karena ada siswa yang masih ketinggalan buku dan alat tulisnya
    2. Masih belum bisa mengelola kelas agar tertib karena sebagian siswa masih sibuk bercanda, mengobrol
    3. Pada awal pembelajaran, guru masih banyak menggunakan metode ceramah

    Kelebihan :
    1. Guru cepat menyadari, sehingga mengganti strategi pembelajaran yang tadinya hanya berpusat pada guru tetapi dikombinasikan dengan cara tanya jawab sehingga anak-anak yang awalnya masih banyak yang mengobrol dan bercanda dapat fokus lagi dalam pembelajaran
    2. Memberikan contoh nyata manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari
    3. Menggunakan benda nyata sehingga siswa dapat mencobanya, dan aktif dalam pembelajaran

  6. Nama : Muhammad Irfandi Saragih
    Nim : 855865423
    UPBJJ : UT Medan
    Prodi : PGSD
    Semester : 6
    Menurut saya vidio tersebut sudah bagus.

  7. NAMA : AFIF FATHURROKHMAN
    NIM : 858918671
    POKJAR : UMBULSARI
    PRODI : PGSD_S1
    UPJJ76 : JEMBER
    Setelah mencermati video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ” Ada beberapa strategi yang bisa membantu mengatasi masalah siswa yang tidak konsentrasi saat belajar matematika pada siang hari. Berikut adalah beberapa saran:

    PERTAMA >Pahami Penyebabnya: Pertama-tama, penting untuk mencoba memahami apa yang menyebabkan kurangnya konsentrasi siswa. Apakah faktor
    lingkungan, kurangnya minat pada matematika, kelelahan fisik, atau masalah pribadi lainnya yang memengaruhi konsentrasi mereka?
    KEDUA >Variasi Metode Pengajaran: Cobalah berbagai metode pengajaran untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan interaktif.
    Misalnya, menggunakan permainan, kasus nyata, atau aplikasi matematika yang menarik.
    KETIGA >Istirahat yang Cukup: Pastikan siswa memiliki istirahat yang cukup sebelum pelajaran matematika dimulai. Kebanyakan anak membutuhkan tidur
    yang cukup untuk dapat fokus dan belajar dengan baik.
    KEEMPAT >Jadwal Pembelajaran yang Efektif

  8. NAMA MAHASISWA : GHINA ULFA THAIB
    NIM : 856271892
    PROGRAM ST UDI : S1 PGSD
    UPBJJ-UT : PADANG

    Dalam hal ini, saya menganalisis video pembelajaran “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”.
    Dari analisis video ini, banyak siswa yang memiliki kesulitan konsentrasi saat belajar matematika pada siang hari, dan menurut saya metode dan strategi yang dilakukan guru sudah sangat membantu siswa dalam membangkitkan semangat dan motivasinya dalam belajar dengan mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, menyediakan media yang menarik agar anak menjadi segar kembali. Untuk anak yang masih belum bersemangat mungkin ada beberapa kemungkinan penyebab diantaranya kurangnya minat atau motivasi belajar anak terhadap matematika di siang hari. Coba cari tahu apa yang membuat siswa kurang tertarik pada matematika dan cari cara untuk meningkatkan minat atau memberikan motivasi tambahan. Bisa juga karena suasana yang bising atau berisik di sekitar tempat belajar bisa mengganggu konsentrasi siswa, serta siswa tidak mendapatkan tidur atau istirahat yang cukup, konsentrasinya juga akan menurun.
    Jika metode dan strategi pembelajaran yang dilakukan guru monoton atau kurang interaktif bisa membuat siswa mudah kehilangan fokus. Maka dari itu, gunakan pendekatan yang lebih variatif dan interaktif dalam pembelajaran matematika, seperti diskusi kelompok, permainan, atau penggunaan teknologi pembelajaran yang menarik. Serta pastikan siswa memiliki rutinitas tidur yang teratur dan cukup waktu istirahat sebelum belajar.

  9. Assalamualaikum
    Nama : Yayah Meiriah
    NIM : 859658016
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ: Bandung

    Hasil analisis pada vidio seri pembelajaran matematika SD yang berjudul Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari adalah:
    Siswa mengalami kesulitan konsentrasi dalam mengikuti pelajaran matematika karena beberapa alasan seperti pembukaan yang kurang menarik, penguasaan kelas yg kurang, tidak ada penggunaan media yg menarik & siswa kelelahan karena sudah belajar dari pagi hari. Melihat hal tersebut maka langkah guru untuk merubah metode belajar sudah tepat. Ternyata penggunaan gambar-gambar dapat menarik perhatian siswa. dengan tambahan tanda jawab bisa mengajak siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran.
    Sekian
    Wassalamualaikum

  10. Nama : Imelda Prisca Krishanti
    NIM : 858961903
    Prodi : SI PGSD
    UPBJJ : Jember

    Setelah melihat video tersebut (Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Pada Siang Hari) dapat dilihat bahwa siswa/siswi kurang fokus karena rasa lelah atau jenuh pada pelajaran terutama karena pelajaran tersebut diletakkan pada akhir kegiatan pembelajaran. Akan tetapi, guru dapat mengembalikan fokus siswa pada pelajaran dengan menyediakan media pembelajaran yang menarik untuk siswa yaitu media gambar. Selain itu guru juga mengajak siswa berinteraksi sehingga fokus siswa dapat kembali dengan begitu siswa akan tertarik untuk berlajar kembali walaupun disiang hari.

Leave a Reply