silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : MSITRI SRI LESTARI
    NIM : 858829418
    UPBJJ : SI PGSD-74 MALANG POKJAR KEPANJEN

    Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
    Setelah melihat video dari GPO bisa di peroleh kekurangan yang ada pada video yaitu :
    1. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru.
    2. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur,
    3. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
    4. Standar strategi masih ceramah.
    5. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

    Solusi :
    1. guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran.
    2. menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
    3. guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran.

    Kelebihan :
    1. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek
    2. Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

  2. Deliana Pratiwi Siregar
    856091521
    Assalamualikum.
    Menurut pendapat saya,
    Seorang guru matematika harus lebih inovatif dan juga lebih mengembangkan kemampuan mengajar dan juga metode pembelajaran. Karena jika mata pelajaran matematika dilakukan di siang hari atau diakhir pelajaran, maka konsentrasi dan minat belajar siswa juga semakin menurun. Yang ditandai dengan lebih senang bermain dengan teman dan tidak mau mendengarkan penjelasan guru. Guru juga harus memberikan metode dengan menggunakan alat atau media yang menarik dan juga mengajak siswa untuk berinteraksi secara terus menerus agak mengembalikan semangat dan konsentrasi siswa. Jika guru hanya berdiri didepan saja dan tidak terjadi interaksi maka siswa tidak akan mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh guru tersebut.
    Maka dari itu sebelum memulai pelajaran alangkah baiknya guru melihat kondisi dan memahami karakter dan situasi siswa terlebih dahulu. Setelah itu berikan hal-hal atau cerita yang menarik sehingga membangkitkan minat dan semangat para siswa.
    Terima kasih.

  3. Nama : Dina Tira Arianti
    NIM : 856021761
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : UT Medan

    Setelah saya menyimak video pembelajaran mengenai ” Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika pada Siang Hari ” , dapat saya analisis sebagai berikut:
    1. Reaksi siswa
    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru terlihat jenuh, lelah dan tidak antusias, hal tersebut dikarenakan jadwal jam mata pelajaran yang tidak sesuai.
    2. Kelemahan pembelajaran dalam video
    Kelemahan pembelajaran dalam video terletak pada tidak tepatnya jadwal jam mata pelajaran matematika. Pelajaran matematika seharusnya dilakukan pada jam pertama pembelajaran.
    3. Kelebihan pembelajaran dalam video
    Guru dalam melakukan pembelajaran berupaya untuk menarik perhatian dan konsentrasi siswa dengan memilih metode pembelajaran dan media yang dimanfaatkan.
    4. Hal unik yang terdapat dalam video
    Cara guru menyampaikan pembelajaran dengan berupaya menarik perhatian dan konsentrasi siswa dijam siang hari. Tentu hal tersebut tidaklah mudah.
    5. Upaya dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    Memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk mata pelajaran matematika pada siang hari dan pemanfaatan media yang tepat agar dapat menarik perhatian dan konsentrasi siswa.

  4. NAMA : SHUBHAN FADHIIL
    NIM. 856993674
    PROGRAM STUDI: S1 PGSD
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG (SIDOMULYO)

    setelah melihat video pembelajaran tersebut menurut saya melakukan pembelajaran matematika di siang hari cukup sulit dilakukan karena siswa sering kali tidak dapat berkonsentrasi dengan baik apa lagi dilakukan pada jam jam terakhir
    kelemahan pada video tersebut adalah
    1. kegiatan pembelajaran tidak dilakukan pendahuluan yang bertujuan membangkitkan semangat siswa dalam mulai pembelajaran, guru hanya menyuruh siswa mengeluarkan alat tulis
    2. kelemahan selanjutnya adalah kegiatan pembelajaran dilakukan pada siang hari sehingga hal tersebut membuat siswa tidak bersemangat karna kondisi siswa pada jam siang sudah mulai menurun seperti timbulnya rasa lelah, lapar dan mengantuk sehingga membuat para siswa tidak fokus pada pelajaran
    3. kelebihan video guru berupaya mengubah metode pembelajaran yang awalnya membosankan dengan cara menggunakan media gambar yang dimana hal tersebut dapat mengambil perhatian dan fokus siswa kembali, dengan menggunakan metode tersebut pembelajaran menjadi lebih mengasyikkan dan tidak membosankan. selain itu juga ada interaksi yang terjadi antara siswa dan guru.
    4. solusi yang dapat dilakukan adalah dengan ngubah jam pelajaran dari siang pindah pagi. melakukan pendahuluan atau refleksi dalam pembukaan pembelajaran dengan membangkitkan minat belajar siswa seperti mengaitkan hal-hal yang ada di sekitar dengan materi pembelajaran yang akan dilakukan. guru harus menyiapkan strategi pembelajaran untuk menghilangkan rasa lelah ngantuk pada pembelajaran matematika di siang hari dengan cara menciptakan suasana belajar yang menuntut siswa banyak bergerak disertai rasa senang. dalam melaksanakan pembelajaran lakukan evaluasi sebisa mungkin

  5. Nama : Valeria Doviana
    Nim: 858066745
    Setelah saya menyimak video siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari,
    Dari video tadi kita bisa melihat siswa banyak yang tidak bisa diam dalam belajar dan banyak yang ribut.
    Banyak faktor yang membuat siswa tidak konsentrasi dalam belajar terutama desain belajar, penunjang pembelajaran termasuk didalamnya ruangan kelas dan tempat duduk yang nyaman.
    Pada siang hari siswa banyak yang tidak konsentrasi belajar karena rasa ngantuk pada siang hari,siswa cenderung ngantuk akibat kurang tidur pada malam hari dan dan kurang minum air putih dan makan yang kurang asupan air dan nutrisi yang tepat mempengaruhi tingkat energi dan konsentrasi siswa siang hari.

  6. Nama : Ridho Andi Saputra
    Nim : 855832622
    Semester : 6C PGSD
    Pokjar : Sidomulyo

    Menanggapi video tersebut, pada saat pembelajaran matematika di siang hari tentunya siswa sudah mulai merasa Lelah, bosan, mengantuk sehingga keaktifan siswa menjadi menurun apalagi cara penyampaian guru menggunakan metode ceramah. Maka dari itu jika pelajaran matematika pada siang hari harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik misalnya dibuat game atau siswa diberi untuk menyusun puzzle dll.
    Dengan memberikan metode yang menarik maka siswa akan penasaran sehingga mereka akan berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran.

  7. Nama : Ridho Andi Saputra
    Nim : 855832622
    Semester : 6C PGSD
    Pokjar : Sidomulyo

    Menanggapi video tersebut, pada saat pembelajaran matematika di siang hari tentunya siswa sudah mulai merasa Lelah, bosan, mengantuk sehingga keaktifan siswa menjadi menurun apalagi cara penyampaian guru menggunakan metode ceramah. Maka dari itu jika pelajaran matematika pada siang hari harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik.
    Dengan memberikan metode yang menarik maka siswa akan penasaran sehingga mereka akan berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran.

  8. Nama : Ridho Andi Saputra
    Nim : 855832622
    Semester : 6C PGSD
    Pokjar : Sidomulyo

    Menurut saya video tersebut, pada saat pembelajaran matematika di siang hari tentunya siswa sudah mulai merasa Lelah, bosan, mengantuk sehingga keaktifan siswa menjadi menurun apalagi cara penyampaian guru menggunakan metode ceramah. Maka dari itu jika pelajaran matematika pada siang hari harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik.
    Dengan memberikan metode yang menarik maka siswa akan penasaran sehingga mereka akan berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran.

  9. Nama : Ridho Andi Saputra
    Nim : 855832622
    Semester : 6C PGSD
    Pokjar : Sidomulyo
    Setelah melihat vide tersebut, pada saat pembelajaran matematika di siang hari tentunya siswa sudah mulai merasa Lelah, bosan, mengantuk sehingga keaktifan siswa menjadi menurun apalagi cara penyampaian guru menggunakan metode ceramah. Maka dari itu jika pelajaran matematika pada siang hari harus menggunakan metode pembelajaran yang menarik.
    Dengan memberikan metode yang menarik maka siswa akan penasaran sehingga mereka akan berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran.

  10. Nama : Megawati
    NIM : 858414638
    UPBJJ : Samarinda
    Mata Kuliah : PKP

    Menurut saya salah satu cara agar anak berkonsentrasi saat belajar matematika di siang hari adalah dengan Menggunakan bahan belajar yang efektif: Gunakan bahan belajar matematika yang efektif dan menarik. Banyak bahan belajar matematika yang tersedia, seperti buku, video tutorial, dan aplikasi belajar matematika. Pastikan bahan belajar yang Anda gunakan sesuai dengan tingkatan siswa dan memiliki konten yang efektif.
    Menggunakan metode belajar yang efektif: Gunakan metode belajar yang efektif, seperti metode visual, auditory, dan tangible. Gunakan gambar, animasi, dan perangkat lunak untuk membuat belajar matematika lebih menarik dan efektif.

Leave a Reply