silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Cindi Candora Sinaga
    NIM : 856032449
    UPBJJ : Medan

    Setelah mengamati Video tentang Siswa tidak konsentrasi saat pembelajaran matematika pada siang hari siswa tidak tertarik belajar matematika penyebabnya karena metode yang digunakan oleh guru kurang menarik, yang mana guru lebih banyak menggunakan metode ceramah . Guru kurang dalam melibatkan siswa dalam pembelajaran tersebut.

    Solusinya :

    1. Jadwal dalam pembelajaran matematika di lakukan pada pagi hari
    2. Guru menggunakan metode yang lebih menarik dan melibatkan siswa dalam pembelajaran tersebut.

    terimakasih

  2. NAMA : IDA SETYOWATI
    NIM :858870992
    UPBJJ : SI PGSD-74 MALANG
    POKJAR : NGANJUK RAYA

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Menurut saya Pembelajaran Matematika disiang hari memanglah cukup sulit karena terlihat anak-anak bosan, letih , dan kurang berkonsentrasi saat pelajaran Matematika berlangsung. Apalagi jam pelajaran dilaksanakan setelah jam istirahat, tentunya anak-anak sudah lelah karena bermain dengan teman-temannya.
    Setelah melihat video dari Guru Pintar Online dapat diperoleh :
    Kekurangan:
    1. Tidak adanya pendahuluan seperti ucapan salam , berdoa bersama , ice breaking .
    2. Guru tidak melakukan review tentang pelajaran sebelumnya.
    3. Guru terlihat hanya berdiri saja tanpa adanya interaksi yang lebih terhadap siswa, hal tersebut dapat membuat siswa merasa bosan dan mengantuk .
    4. Guru tidak melakukan evaluasi , seperti saat melakukan kegiatan pengukuran media guru tidak menunjukkan bagaimana cara mengukur yang benar.

    saran :
    1. Seharusnya guru mengucapkan salam terlebih dahulu, mengajak siswa untuk berdoa bersama sebelum pelajaran dimulai. dan untuk membuat siswa lebih semangat guru dapat melakukan kegiatan ice breaking .
    2. sebelum memasuki materi sebaiknya guru mereview pelajaran sebelumnya dan menghubungkan dengan pelajaran yang akan disampaikan
    3. seharusnya guru lebih berinteraksi dengan siswa dengan sedikit berkeliling atau berjalan , serta melakukan evaluasi bagaimana cara mengukur yang benar dna apakah siswa sudah mengukur dengan benar .
    4. guru dapat menggunakan media pembelajaran audio visual agar siswa lebih tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pelajaran

    Kelebihan :
    1. Guru sudah menjelaskan dengan memberikan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan pelajaran matematika
    2. Guru sudah menggunakan media pembelajaran yang mendukung
    3. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada siswa, hal tersebut dilakukan agar siswa lebih berkonsetrasi dan apakah sisws mengerti dengan apa yang diterangkan oleh guru.

  3. Nama : Indo Tang
    Nim : 859419084
    UPBJJ : 80 Makassar

    Analisis saya pada vidio “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari” :
    1. Reaksi siswa pada vidio :
    Pada awal pembelajaran siswa kurang konsentrasi dan tidak memperhatikan guru karena mereka sudah mengantuk dan merasa bosan sehingga mereka ribut dan main – main bersama temannya,apalagi pelajaran matematika tersebut di jam terakhir dan siang hari. Ditambah metode/strategi mengajar guru kurang mendukung atau menarik, tapi setelah guru mengubah metode/strategi mengajarnya siswa sudah mulai fokus dan konsentrasi pada pelajaran tersebut.
    2.Kelemahan pembelajaran dalam vidio :
    – Guru tidak melakukan apersepsi
    sehingga siswa tidak fokus dan siap
    menerima pelajaran.
    -Jadwal pelajaran kurang tepat, pelajaran
    matematika sebaiknya dilakukan pada
    jam pertama bukan pada siang hari.
    3.Kelebihan pembelajaran dalam vidio
    -Guru cepat dan tanggap dalam
    menghadapi dan mengatasi masalah siswa yang sebelumnya mengantuk,
    bermain -main dan tidak konsentrasi menjadi lebih fokus dan memperhatikan pembelajaran dengan cara mengubah metode dan menggunakan media gambar yang dapat mengalihkan dan menfokuskan perhatian siswa.
    4.Hal unik yang terdapat dalam vidio :
    -Cara guru mengubah metode pembelajaran, siswa yang sebelumnya mengantuk dan bermain-main menjadi fokus dan konsentrasi pada pembelajaran.
    5.Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran :
    -Jadwal pelajaran sebaiknya dibuat dan disusun dengan baik,jam pelajaran matematika sebaiknya di pagi hari.
    -Menggunakan metode/strategi dan media pembelajaran yang bisa menarik dan memfokuskan siswa pada proses pembelajaran.
    -Sebelum memulai pembelajaran sebaiknya melakukan apersepsi untuk mengetahui kesiapan siswa sebelum memulai pelajaran agar siswa lebih fokus dan siap menerima pelajaran.

  4. Nama : Haya Sopiyati
    Nim : 858049939
    Pragram Studi : PGSD-S1
    UPBJJ : Pontianak
    Kelas B Semester 8
    Assalamu’laikum Wr.Wb
    Izinkan saya untuk menanggapi video diatas.
    Pembelajaran matematika di tingkat SD merupakan bagian penting dalam proses pendidikan. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memperoleh pemahaman yang baik. Salah satu permasalahan yang perlu dianalisis adalah kurangnya konsentrasi siswa saat belajar matematika, terutama pada siang hari. Pembelajaran matematika pada siang hari ini membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Dalam hal ini dapat disebabkan oleh suhu ruangan yang tinggi pada siang hari dapat membuat siswa merasa tidak nyaman dan mengantuk, materi yang diajarkan tidak menarik bagi mereka sehingga mereka cenderung tidak fokus, metode pembelajaran yang monoton atau tidak interaktif dapat membuat siswa bosan dan kurang fokus.
    Solusinya : Pastikan suhu ruangan nyaman dan pilih waktu pembelajaran yang lebih optimal misalnya pagi hari, guru dapat menggunakan metode yang lebih interaktif, seperti permainan matematika atau diskusi kelompok.
    Sekian yang dapat saya tanggapi, kurang lebihnya saya mohon maaf.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih

  5. Nama : NURUTUL lUTFIA
    NIM : 858808905
    UPBJJ : SI PGSD-74 MALANG POKJAR KAB. KEDIRI
    Ada beberapa faktor yang dapat membuat siswa SD sulit berkonsentrasi belajar matematika pada siang hari. Pada video tersebut terdapat beberapa kekurangan, diantaranya yaitu :
    1. Guru tidak bisa menyesuaikan kondisi siswa, jika siswa belajar matematika saat siang hari maka pembelajaran harus menarik
    2. Metode yang digunakan masih menggunakan ceramah
    3. Guru tidak mengevaluasi kegiatan mengukur yang dilakukan oleh siswa, hanya dilihat saja
    4. Respon dari siswa kurang karena guru tidak menuntukkan pembahasan yang menarik
    Solusi yang dapat dilakukan yaitu :
    1. Guru menyiapkan materi pembelajaran dengan maksimaal
    2. Guru menggunakan berbagai metode, seperti menggunakan audio visual agar siswa lebih tertarik
    3. Guru menciptakan suasana belajar yang menarik

  6. Nama : Febriyana Harahap
    Nim : 856038117
    Prodi : PGSD -S1
    Pokjar : Labusel
    Upbjj : Medan

    Menurut pendapat saya tentang video diatas adalah guru tidak bisa mengkondisikan siswa dikelas dengan baik sehingga siswa terlihat tidak tertib saat dimulainya pembelajaran , saat pembukaan pembelajaran guru tidak melakukan pendahuluan seperti mengecek kehadiran siswa , melakukan apersepsi,motivasi
    dan menyampaikan tujuan pembelajaran.guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran tersebut.
    adapun solusi agar konsentrasi siswa tetap semangat saat pelajaran matematika ialah :
    1. dilakukannya pelajaran matematika disaat pagi hari agar siswa tidak mengantuk
    2. lalu guru melakukan metode yang lebih menarikn agar siswa lebih semangat dalam pembelajaran

  7. Nama : Ajeng Azharul Jannati
    Nim. : 855869327
    UPBJJ: SI-PGSD MEDAN
    POKJAR : LABUHANBATU SELATAN

    setelah saya mengamati vidio tersebut ada beberapa faktor yang mempengaruhi siswa tidak berkonsentrasi saat belajar matematika di siang hari, karena di siang hari ank ank sudh lelah dan panasnya di siang hari jdi membuat mereka tidak konsentrasi. Adapun kekurangan dri vidio dia atas antaranya :
    1. Kurangny menarik
    2. Kurng asik
    3. Kurangnya media untuk menjelaskan
    4. Kurng asik buat ank ank karna mereka ingin yg asik

    Ad pun kelebihan dari vidio nya adalah :
    1. Semangatnya bapak untuk mengajarkan ank untuk belajar

    Solusinya adalah:
    1. Guru harus menyiapkan metode yg menarik supaya ank ank semngat untuk belajar
    2. Mengurangi metode ceramah

Leave a Reply