silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Tommy cahya Prambudi
Nim : 858825435
UPBJJ : MALANG
Mohon izin untuk menanggapi :
kurang bisa menyesuaikan kondisi para siswa pada saat pembelajaran matematika sering kali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. apalagi kegiatan pembelajaran tersebut dilaksanakan pada jam terakhir atau pada siang hari, dapat di lihat dari banyaknya siswa yang yang asik sendiri dan mengobrol dengan temannya, dan ada beberapa siswa yang mengantuk. sebagai seorang guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif untuk menarik perhatian dan minat belajar siswa.
1. reaksi siswa pada pembelajaran tersebut terlihat beberapa siswa sibuk atau asik sendiri mengbrol dengan temanya, terlihat dan tidak antisias atau tidak bersemangat pada saat pembelajaran.
2. kelemahan guru pada pembelajara tersebut, pada saat pendahuluan guru tidak memberikan salam atau saapaan kepada siswa dan guru tersebut tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. kelebihan dalam video pembelajaran guru tersebut kreatiatif menggunakan media gambar yang dapat menarik perhatiaan siswa pada saat pembelajaran, guru memberikan motovasi dengan menjelaskan manfaat belajar matematika, guru juga melibatkan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru.
4. hal unik pada video terdapat 2 orang siswa meminjam pulpen dan buku namun disorakan oleh teman sekelasnya.
5. upaya yang dapat di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, sebaiknya pembelajaran matematika tidak dilaksanakan pada siang hari karena benyakan siswa akan merasa lelah dan sulitu untuk berkonsentrasi, sebaiknya kegiatan tersebut dilaksanakan pada jam pertama atau pada pagi hari, kemudian pada saaat memulai pembelajaran terlebih dahulu mengucap salam dan doa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
nama : RIZSKI ANINDI NASUTION
NIM : 856023733
UPBJJ : S1- PGSD MEDAN
POKJAR : ASAHAN
Menutut saya lebih bagus pelajaran matematika di laku kan pada pagi hari karena siswa/siswi masih dalam keadaan semangat dan tidak bosan dalam belajar.
para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari.
Agar siswa tidak merasa bosan saat belajar matematika padasiang hari guru dapat menggunaka media bergambar agar siswa terfokus pada pelajaran.
1. gunakan metode bermain sebelum melakukan pelajaran
2. mengajar sambil mendongeng
NAMA : RIZSKI ANINDI NASUTION
NIM : 856023733
UPBJJ : S1- PGSD MEDAN
POKJAR : ASAHAN
Menutut saya lebih bagus pelajaran matematika di laku kan pada pagi hari karena siswa/siswi masih dalam keadaan semangat dan tidak bosan dalam belajar.
para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari.
Agar siswa tidak merasa bosan saat belajar matematika padasiang hari guru dapat menggunaka media bergambar agar siswa terfokus pada pelajaran.
1. gunakan metode bermain sebelum melakukan pelajaran
2. mengajar sambil mendongeng
NAMA : RIZSKI ANINDI NASUTION
NIM : 856023733
UPBJJ : S1- PGSD MEDAN
POKJAR : ASAHAN
Menurut saya lebih bagus pelajaran matematika di laku kan pada pagi hari karena siswa/siswi masih dalam keadaan semangat dan tidak bosan dalam belajar.
Agar siswa tidak merasa bosan saat belajar matematika padasiang hari guru dapat menggunaka media bergambar agar siswa terfokus pada pelajaran.
1. gunakan metode bermain sebelum melakukan pelajaran
2. mengajar sambil mendongeng
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Anak-anak cenderung kurang bersemangat dalam mengikuti Pelajaran matematika pada jam siang.
2. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru menggunakan media gambar yang jelas, Guru melakukan tanya jawab kepada siswa (keterampilan bertanya)
3. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Dalam pembelajaran di mulai guru tidak melakukan sesi berdoa atau ice breaking yang sangat berguna untuk menumbuhkan semangat serta minat siswa dalam pembelajaran ini sangat di butuhkan apalagi di jam siang hari.
4. hal – hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
hal unik pada video terdapat 2 orang siswa meminjam pulpen dan buku namun disorakan oleh teman sekelasnya.
5. upaya yang dapat di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, sebaiknya pembelajaran matematika tidak dilaksanakan pada siang hari karena kebanyakan siswa akan merasa lelah dan sulit untuk berkonsentrasi, sebaiknya kegiatan tersebut dilaksanakan pada jam pertama atau pada pagi hari, kemudian pada saaat memulai pembelajaran terlebih dahulu mengucap salam dan doa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
NAMA:Anggun Glidis Anggraini Putri
NIM:856080812
PRODI:S1-PGSD
UPBJJ:U13/UTBATAM
-Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
(Reaksi siswa dalam vidio tersebut siswa sibuk sendiri,ada yang ngobrol dengan teman dan ada yang sibuk bermain jalan sana sini bersama teman-temanya,pada hakikatnya anak-anak merasa bosan dan kurang semangat jika pelajaran matematika di lakukan pada siang hari)
-Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
(kelemahan yang ada pada vidio tersebuat adalah pada awal pembelajaran guru tidak memulai dengan berdoa guru tersebut langsung menyampaikan tujuan dari pembelajaran matematika kepada anak-anak,guru juga tidak melakukan ice breaking pada awal pembelajaran sehingga anak-anak merasa bosan dan jenuh padahal tujuan dilakukan ice breaking pada awal pembelajaran akan menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika apalagi pada siang hari.)
-Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
(kelebihan guru pada vidio tersbeut adalah guru mampu memberikan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dengan begitu siswa akan lebih sedikit fokus karena adanya media pembelajaran yang di gunakan guru tersebut)
-Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
(hal unik yang di temukan dalam vidio tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran guru bisa mengajak anak untuk mengukura panjang dan lebar gedung tersebut dengan menggunakan penggaris,kemudian guru memberikan kesempatan kepada masing-masing anak untuk megukur buku pada masing-masing anak dengan menggunakan penggrais.)
-Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
(upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu dengan melakukan ice breaking pada awal atau di tengah-tengah pembelajaran agar anak-anak tidak bosan dan merasa ngantuk supaya anak-anak pun bisa tetap fokus dalam mengikuti pembelajaran kemudian guru juga harus memulai segala kegiatan belajar mengajar dengan berdoa terlebih dahulu dan juga di akhir pembelajaran di lakukan refleksi tentang materi yang di bahas agar siswa tidak lupa)
Nama : Ain ur isna lailatul nikmah
NIM : 858571201
UPBJJ MALANG – POKJAR KEDIRI RAYA (AL-HUDA)
izin menaggapi video diatas:
– bagaimana respon anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
beberapa siswa terihat tidak siap mengikuti pelajaran karena tidak membawa buku, dll
banyak siswa yang acuh, tetap bermain dengan temannya dan tidak memperhatikan penjelasan guru
beberapa siswa antusias mengikuti pelajaran dan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru
– secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
pembelajaran matematika di siang hari cenderung membosankan bagi anak-anak, guru membuka pelajaran dengan metode ceramah dan kurang bisa
menarik perhatian siswa, akibatnya saat guru menjeaskan siswa acuh dan materi tidak tersampaikan secara maksimal
gaya bicara guru dalam menyampaikan materi terkesan monoton, tidak menekankan pada bagian bagian yang dirasa penting
guru tetap melanjutkan materi, tanpa memperdulikan siswa yang gaduh
– secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
guru menggunakan mmedia belajar
guru menggunakan strategi tanya jawab untuk mendapat feedback dari siswa
gurur memberikan apresiasi untuk setiap jawaban yang diontarkan oleh siswa
– hal unik apa yang ditemukan dalam video tersebut oleh guru saat melakuka pembelajaran
guru mengajak salah satu siswa untuk mempraktikan secara langsung materi yang telah dijelaskan
– Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
hendaknya guru membuka kegiatan belajar dengan berdoa, dilanjutkan dengan ice breaking agar suasana tidak membosankan. sebelum memuai pelajaran, pastikan semua siswa telah siap mengikuti pelajaran baik secara fisik maupun secara mental.
jika dirasa semuanya sudah siap, mulailah pembeaaran dengan media belajar yang menarik, libbat kan siswa dalam proses belajar, gunakan metode belajar dan pendekatan yang sesuai dengan siswa.
Nama : Ain ur isna lailatul nikmah
NIM : 858571201
UPBJJ MALANG – POKJAR KEDIRI RAYA (AL-HUDA)
izin menaggapi video diatas:
– bagaimana respon anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
beberapa siswa terihat tidak siap mengikuti pelajaran karena tidak membawa buku, dll
banyak siswa yang acuh, tetap bermain dengan temannya dan tidak memperhatikan penjelasan guru
beberapa siswa antusias mengikuti pelajaran dan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru
– secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
pembelajaran matematika di siang hari cenderung membosankan bagi anak-anak, guru membuka pelajaran dengan metode ceramah dan kurang bisa
menarik perhatian siswa, akibatnya saat guru menjeaskan siswa acuh dan materi tidak tersampaikan secara maksimal
gaya bicara guru dalam menyampaikan materi terkesan monoton, tidak menekankan pada bagian bagian yang dirasa penting
guru tetap melanjutkan materi, tanpa memperdulikan siswa yang gaduh
– secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
guru menggunakan mmedia belajar
guru menggunakan strategi tanya jawab untuk mendapat feedback dari siswa
gurur memberikan apresiasi untuk setiap jawaban yang diontarkan oleh siswa
– hal unik apa yang ditemukan dalam video tersebut oleh guru saat melakuka pembelajaran
di awal pembelajaran guru memberika motivasi kpd siswa bahwa matematika adalah pelajaran yg mudah dan menyenangkan
guru mengajak salah satu siswa untuk mempraktikan secara langsung materi yang telah dijelaskan
– Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
hendaknya guru membuka kegiatan belajar dengan berdoa, dilanjutkan dengan ice breaking agar suasana tidak membosankan. sebelum memuai pelajaran, pastikan semua siswa telah siap mengikuti pelajaran baik secara fisik maupun secara mental.
jika dirasa semuanya sudah siap, mulailah pembeaaran dengan media belajar yang menarik, libbat kan siswa dalam proses belajar, gunakan metode belajar dan pendekatan yang sesuai dengan siswa.
Nama : Ita Kurniati
Npm : 859691468
Kelas : 6 B
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah menyimak video pembelajaran diatas dapat disimpulkan bahwa dalam memberikan pembelajaran matematika terlebih pada waktu siang hari guru harus memiliki metode pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan yang mampu meningkatkan fokus dan ketertarikan siswa terhadap materi pembelajaran misal dengan menggunakan alat peraga yang relevan dengan materi, menggunakan game interaktif sehingga siswa lebih bersemangat , metode tanya jawab serta bisa juga menyelingi nya dengan ice breaking sederhana
Nama: Eka Putri Zulaikah
NIM: 855739827
UPBJJ: UT-Bandar Lampung
Pokjar: Sidomulyo
Judul video: Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari
Menanggapi video yang sudah saya lihat, belajar matematika memang seringkali membuat siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Hal yang terjadi Siswa ribut dengan teman-temannya, ada juga yang mengantuk. Menurut saya, solusi yang dapat dilakukan pak guru tersebut, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan benda yang sesuai dengan materi. Mengingat pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Rasa lelah mendorong para siswa tersebut mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk.
1. reaksi siswa pada pembelajaran tersebut terlihat beberapa siswa sibuk atau asik sendiri mengbrol dengan temanya, terlihat dan tidak antusias atau tidak bersemangat pada saat pembelajaran.
2. kelemahan guru pada pembelajara tersebut, pada saat pendahuluan guru tidak memberikan salam atau saapaan kepada siswa dan guru tersebut tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. kelebihan dalam video pembelajaran guru tersebut kreatif menggunakan media gambar yang dapat menarik perhatiaan siswa pada saat pembelajaran, guru memberikan motivasi dengan menjelaskan manfaat belajar matematika, guru juga melibatkan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru.
4. hal unik pada video terdapat 2 orang siswa meminjam pulpen dan buku namun disorakan oleh teman sekelasnya.
5. upaya yang dapat di lakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran, sebaiknya pembelajaran matematika tidak dilaksanakan pada siang hari karena benyakan siswa akan merasa lelah dan sulitu untuk berkonsentrasi, sebaiknya kegiatan tersebut dilaksanakan pada jam pertama atau pada pagi hari, kemudian pada saaat memulai pembelajaran terlebih dahulu mengucap salam dan doa dan menyampaikan tujuan pembelajaran.