silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
NAMA : SYAHRANI WULANDARI
NIM : 856454872
PRODI : S1 PGSD
UPBJJ UT : PEKANBARU
Pada video pembelajaran “Siswa tidak konsentrasi belajar Matematika pada siang hari” penyebabnya karena Guru tidak memberikan arahan yang jelas dalam materi pembelajaran matematika. Matematika adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hal-hal yang nyata dalam kehidupan manusia, dalam bentuk simbol-simbol dan dapat digunakan untuk mengatasi persoalan-persoalan nyata di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di siang hari sebaiknya guru menggunakan Alat peraga melalui model pembelajaran Cooperative Learning metode STAD. Dengan pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa serta dalam pembelajaran matematika memberikan suasana kelas yang lebih menyenangkan, jadi siswa bisa berkonsentrasi belajar matematika walaupun pada siang hari.
Nama :Elda Septiani
Nim :855746252
Semester 6
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 🙏
Tanggapan saya mengenai video tersebut adalah siswa seharusnya di beri pelajaran matematika pada jam pertama.
Jika siswa belajar di siang hari tingkat konsentrasi mereka berkurang.
Sebagai guru harus bisa membuat suasana kelas aktif dan menyenangkan.
Guru juga dapat mengajar matematika dengan berbagai metode.
Menggunakan metode belajar dengan adanya ice breaking itu dapat meningkatkan suasana kelas.
Serta melibatkan siswa dalam pembelajaran itu lebih baik. Contohnya membuat sesi tanya jawab, memberi apresiasi terhadap siswa .
Dengan demikian suasana belajar matematika lebih aktif dan menyenangkan. 🙏
Nama : Dinda Pratiwi
Nim : 856455186
Pokjar : Kemuning
Tanggapan saya mengenai Video pembelajaran tersebut yaitu siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siang hari karena biasanya anak anak sudah mulai lelah sehingga anak anak tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Mengubah kegiatan pembukaan agar menarik perhatian siswa, seperti mengajaknya bernyanyi bersama untuk mengilangkan rasa kantuknya, dapat mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas, penayangkan video pembelajaran serta juga dapat menyelipkan ice breaking seperti permainan sederhana ditengah – tengah pembelajaran.Pelajaran matematika pada umumnya merupakan pelajaran yang menakutkan bagi siswa.
Oleh karena itu, siswa dituntut untuk mempunyai tingkat konsentrasi tertentu sebaiknya guru menggunakan metode belajar seperti ice breaking untuk membangun antusias siswa, media belajar yang menarik agar siswa menyimak materi yang disampaikan, serta memberikan apresiasi pada siswa sebagai rasa terima kasih dan untuk memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Nama :Ika Tirta Yani
Nim : 856815002
Upbjj: Bengkulu
Pokjar : Ipuh
Menurut saya dalam pembelajaran ini ada beberapa point yang terlewatkan , disana guru langsung memulai pembelajaran tanpa menyapa dan memberikan apresiasi kepada anak, seharusnya itu dahulu yang di lakukan agar menambah semangat anak dalam belajar, hal itu juga harus di lakukan supaya anak tidak langsung terkejut dan masuk kedalam materi yang akan di sampaikan beri basa basi dahulu seperti menyapa, menanyakan kabar dan lain sebagainya . Selebihnya sudah bagus dan pas, terimakasih
RINIKA AULA
NIM 856455108
POKJAR KEMUNING
pentingnya pembukaan pembelajaran yang menyenangkan dan ketegasan dari guru sebelum memulai pembelajaran lebih lanjut agar fokus siswa tidak terbagi selanjutnya cara penyampaian yang menyenangkan juga akan membrijing masuknya metode pembelajaran dengan mudah.
Nama: Wike Nurfalah
Nim: 856233584
Prodi: PGSD S1
Tanggapan saya mengenai video Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?jika seorang siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siang hari, bisa jadi karena kelelahan, kurangnya minat dalam subjek tersebut, atau gangguan dari lingkungan sekitarnya. Penting bagi guru untuk memahami faktor-faktor ini dan mencoba berbagai strategi untuk membantu siswa tetap fokus dan terlibat dalam pembelajaran.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Tidak menciptakan lingkungan belajar yang kondusif: Lingkungan kelas yang tidak mendukung pembelajaran, misalnya terlalu berisik atau tidak nyaman, dapat mengganggu konsentrasi siswa.Kurangnya variasi dalam metode pengajaran: Jika seorang guru hanya mengandalkan satu metode pengajaran, siswa yang tidak responsif terhadap metode tersebut mungkin akan kesulitan untuk tetap fokus.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kemampuan mengidentifikasi kebutuhan individual siswa: Guru yang baik dapat mengenali kebutuhan dan gaya belajar individual setiap siswa. Mereka dapat menyesuaikan pendekatan pengajaran mereka sesuai dengan kebutuhan siswa yang tidak konsentrasi untuk membantu mereka tetap fokus dan memahami materi.
Kemampuan mengelola kelas: Guru yang mahir dalam mengelola kelas dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di mana siswa merasa nyaman dan terfokus. Mereka dapat mengurangi gangguan dan mengarahkan perhatian siswa ke materi pembelajaran.
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Penerapan strategi diferensiasi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individual siswa yang tidak konsentrasi, seperti menyediakan bantuan tambahan atau tugas yang lebih menantang sesuai dengan tingkat pemahaman masing-masing siswa.
Interaksi yang kuat antara guru dan siswa, termasuk pertanyaan-pertanyaan terbuka, diskusi kelompok, atau sesi tanya jawab yang membangkitkan minat siswa terhadap materi pembelajaran.
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Pelatihan dan pengembangan profesional: Guru dapat mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional yang fokus pada strategi pengajaran yang inovatif, manajemen kelas yang efektif, dan diferensiasi pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individual siswa.
Pemberian umpan balik: Guru dapat meminta umpan balik dari siswa tentang pengalaman pembelajaran mereka. Dengan memahami perspektif siswa, guru dapat menyesuaikan pendekatan pengajaran mereka sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa.
RINIKA AULA
NIM 856455108
POKJAR KEMUNING
Pentingnya seorang guru pada awal pembukaan pembelajaran dibuka dengan basa basi yang menujukan dara pedulu, seperti ” apakah masih semangat ?” karena pembelajaran disiang hari dengan mata pelajaran yang cukup berat akan membuat murid sudah lelah dan kurang fokus, maka dari itu di buka dengan hal-hal sederhana tapi tegas akan membuat siswa tertib serta pembawaan awal yang menyenangkan akan mempermudah guru dalam menjalankan metode pembelajaran yang sesuai dan relevan pada saat jam-jam di siang hari.
NAMA : SISKA INDRIANI NIM : 855862284 POKJAR : ASAHAN Menurut saya dalam video tersebut reaksi siswa yang tampak lelah dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran,dalam mengatasi hal tersebut guru bisa melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana menjadi hidup kembali.
Nama: Asih Putri Hariyanti
NIM: 856641694
UPBJJ-UT: Jambi
Salah satu pakar psikologi pendidikan J.Biggers berpendapat bahwa
belajar pada pagi hari lebih efektif dari pada belajar pada waktu-waktu lainnya. pagi hari adalah saat dimana suasana masih segar dan tidak panas, sehingga banyak siswa yang lebih memilih belajar dipagi hari dengan alasan lebih segar sehingga lebih konsentrasi khususnya untuk belajar matematika. Jadi. menurut pendapat saya sebaiknya pelajaran matematika dilakukan pada pagi hari.
Nama: Asih Putri Hariyanti
NIM: 856641694
UPBJJ-UT: Jambi
Salah satu pakar psikologi pendidikan J.Biggers berpendapat bahwa
belajar pada pagi hari lebih efektif dari pada belajar pada waktu-waktu lainnya. Pagi hari adalah saat dimana suasana masih segar dan tidak panas, sehingga banyak siswa yang lebih memilih belajar dipagi hari dengan alasan lebih segar sehingga lebih konsentrasi khususnya untuk belajar matematika. Jadi menurut pendapat saya sebaiknya pelajaran matematika dilakukan pada pagi hari.