silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
Nama : Deva Ramadani Siregar
Nim : 856024394
Pokjar : Labusel
Prodi : PGSD -S1
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik siswa yang diberikan.
Reaksi siswa kurang konsentraipada saat belajar siang hari. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran.
Pada video yang saya lihat video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian yang diberikan. Kemudian pada video pertama guru tersebut berpakaian kurang rapi dan tidak bagus bukan refleksi pada pembelajaran sehingga tidak memperhatikan guru tersebut. pada video kedua guru melakukan kegiatan apresiasi atau refleksi sehingga anak-anak tertuju pada guru tersebut dan bersemangat untuk melakukan pengajaran. Dan pada video kedua guru menggunakan alat peraga pada pembelajaran. Dan pada video tersebut guru tidak mengapa pada pembelajaran
Nama : Khairun Nisa
Nim : 855856542
Upbjj : Medan
Dari video pembelajaran diatas dapat diketahui, sudah menjadi hal yang biasa kondisi kelas yang kurang kondusif dan para siswa banyak bermain dan mengantuk bukan hanya di pelajaran matematika saja yang seperti itu, tetapi di berbagai mata pelajaran yang lain juga begitu. Ini menjadi tantang bagi seorang guru bagaimana cara kita menarik perhatian siswa agar arah pandangan nya tertuju pada kita. Guru bisa menggunakan media yang dapat menarik perhatian siswa atau guru mengajak siswa untuk belajar diluar kelas. Agar proses pembelajaran berlangsung kondusif serta menyenangkan.
Nama : Indah istikhomah
Nim : 858686678
Prodi : S1 PGSD AKPMM
Semester : 8
UPBJJ : Surabaya
Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut adalah siswa kurang berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika pada siang hari, karena biasanya siswa sudah mulai lelah dan bosan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. selain itu suasana kelas yang tidak kondusif, gaduh, membuat kegiatan belajar yang akan dilakukan menjadi tidak maksimal. untuk itu sebagai guru harus sebisa mungkin menghidupkan suasana kelas agar siswa menjadi kembali bersemangat untuk mengikuti kegiatan belajar. penggunaan metode belajar seperti ice breaking untuk membangun antusias siswa, media belajar yang menarik agar siswa menyimak materi yang disampaikan, serta memberikan apresiasi pada siswa sebagai rasa terima kasih dan untuk memotivasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
NAMA : FADILLAH INDAH BUDIARTI
NIM : 856986916
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
SISWA
1. siswa tidak tertarik dengan materi yg di sampaikan.
2. Siswa tidak merasa nyaman dengan suasana kelas pada siang hari.
3. Siswa sudah merasa lelah saat mengikuti pembelajaran.
4. Siswa tegang saat proses pembelajaran.
Penyelesaian
1. Guru menyiapkan materi pembelajaran dengan menggunakan media yg menarik.
2. Guru menyiapkan tempat belajar yang nyaman seperti belajar di luar kelas dan lingkungan sekitar.
3. Guru menyiapkan ice breaking yang bisa membuat fokus siswa terjaga.
NAMA: CINDI CANDORA SINAGA
NIM :856032449
POKJAR : SAMOSIR
Menurut pendapat saya tentang Video pembelajaran ‘SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI’ Yaitu:
Kelemahan video tersebut adalah:
– Guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
– Guru hanya fokus pada materi yang disampaikan
Kelebihannya adalah:
– Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran.
– Dengan adanya media gambar sederhana, guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif
Menurut pendapat saya, alangkah baiknya guru harus membuat strategi pembelajaran dan metode pembelajaran sebaik mungkin, tidak hanya dengan menggunakan metode ceramah. Pagi matematika ini pelajaran yang tidak semua disukai oleh para siswa, jadi guru harus bisa membuat situasi kelas ketika siang hari itu tenang terlebih dahulu, yaitu :
1. Menggunakan metode ice breaking, guru dapat menggunakan metode ini yang dimana nanti nya kita bisa mengembalikan fokus anak-anak setelah kita ajak mereka untuk bermain sejenak.
2. Menggunakan alat media, guru dapat menggunakan peraga seperti miniatur atau pun media yang menarik yang dapat membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat belajar matematika.
3. Menggunakan metode pembelajaran tidak hanya ceramah, bisa dengan metode pembelajaran lain. Karena jika kita hanya menggunakan metode ceramah tentu saja akan membuat anak-anak semakin bosan belajar matematika.
Semoga apa yg saya sarankan bisa membantu para siswa lebih fokus dalam memperhatikan guru dan semangat belajar ketika di siang hari. Dan tidak hanya itu, para siswa juga dapat melawan rasa bosan, rasa malas belajar, rasa lelah, dan rasa kurang fokus atau berkonsentrasi pada saat belajar. Itulah sedikit saran dari saya untuk mengatasi siswa yang tidak berkonsentrasi belajar matematika pada siang hari.
Terimakasih.
NAMA: YUSPITA SARI
NIM: 855865233
POKJAR: TEBINGTINGGI
Menurut pendapat saya tentang Video pembelajaran ‘SISWA TIDAK KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SIANG HARI’ Yaitu:
Kelemahan video tersebut adalah:
– Guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
– Guru hanya fokus pada materi yang disampaikan
Kelebihannya adalah:
– Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran.
– Dengan adanya media gambar sederhana, guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif
Menurut pendapat saya, alangkah baiknya guru harus membuat strategi pembelajaran dan metode pembelajaran sebaik mungkin, tidak hanya dengan menggunakan metode ceramah. Pagi matematika ini pelajaran yang tidak semua disukai oleh para siswa, jadi guru harus bisa membuat situasi kelas ketika siang hari itu tenang terlebih dahulu, yaitu :
1. Menggunakan metode ice breaking, guru dapat menggunakan metode ini yang dimana nanti nya kita bisa mengembalikan fokus anak-anak setelah kita ajak mereka untuk bermain sejenak.
2. Menggunakan alat media, guru dapat menggunakan peraga seperti miniatur atau pun media yang menarik yang dapat membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat belajar matematika.
3. Menggunakan metode pembelajaran tidak hanya ceramah, bisa dengan metode pembelajaran lain. Karena jika kita hanya menggunakan metode ceramah tentu saja akan membuat anak-anak semakin bosan belajar matematika.
Semoga apa yg saya sarankan bisa membantu para siswa lebih fokus dalam memperhatikan guru dan semangat belajar ketika di siang hari. Dan tidak hanya itu, para siswa juga dapat melawan rasa bosan, rasa malas belajar, rasa lelah, dan rasa kurang fokus atau berkonsentrasi pada saat belajar. Itulah sedikit saran dari saya untuk mengatasi siswa yang tidak berkonsentrasi belajar matematika pada siang hari.
Terimakasih.
Nama : Lisnawarni Fransiska Manik
NIM : 859778339
Menurut saya video mengajar tersebut diatas, guru tersebut langsung masuk ke materi hari itu juga, seharusnya mengulang sekedar pembelajaran matematika di hari sebelumnya, lalu guru mengajarnya terlalu asyik sendiri tanpa melihat kondisi anak, karena pada saat siang hari anak2 sudah malas untuk belajar bukan hanya belajar matematika, bahkan pelajaran lain juga seperti itu, oleh sebab itu guru harus membuat ice breaking dan membuat beberapa media yang menarik
Nama : Alfina Sirait
Nim : 856034324
Pokjar: Tanjungbalai
UPBJJ: Medan
Menurut saya ialah
Siang adalah lawan dari malam. Disekolah siang mulai dari pukul 12.00 sampai 17.30 siswa yang bersekolah di sekolah yang mengadakan pembelajaran 2 sesi, waktu belajar siang akan dimulai pada pukul 12.00 sampai 17.30. siang hari adalah saat dimana kondisi siswa sudah mengantuk dan lelah karena pada hari
sudah beraktifitas ditambah lagi udara sudah panas, sehingga banyak siswa yang
sudah tidak berkonsentrasi lagi belajar pada siang hari. Tapi seharusnya kendala
ini bisa diatasi oleh siswa karena waktu belajar siang ini bukan pilihan tapi merupakan keharusan yang harus diikuti oleh siswa. Jadi berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa perbedaan jam waktu belajar sangat mempengaruhi sebagian siswa Sedangkan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada siang hari akan
terasa begitu berat. Pada siang hari siswa mengalami kelelahan sehingga menyebabkan sukarnya berkonsentrasi dalam belajar. Ditambah dengan waktu istirahat yang digunakan oleh siswa untuk beraktifitas lain selain belajar itu akanmempengaruhi konsentrasi belajar setelah waktu istirahat usai.
Belajar pada pagi atau siang hari akan terasa sama saja jika siswa termotivasi untuk belajar.
Nama : Alfina Sirait
Nim : 856034324
Pokjar : Tanjungbalai
UPBJJ : Medan
Menurut saya ialah Siang adalah lawan dari malam. Disekolah siang mulai dari pukul 12.00 sampai 17.30 siswa yang bersekolah di sekolah yang mengadakan pembelajaran 2 sesi, waktu belajar siang akan dimulai pada pukul 12.00 sampai 17.30. siang hari adalah saat dimana kondisi siswa sudah mengantuk dan lelah karena pada hari sudah beraktifitas ditambah lagi udara sudah panas, sehingga banyak siswa yang sudah tidak berkonsentrasi lagi belajar pada siang hari. Tapi seharusnya kendala
ini bisa diatasi oleh siswa karena waktu belajar siang ini bukan pilihan tapi merupakan keharusan yang harus diikuti oleh siswa. Jadi berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa perbedaan jam waktu belajar sangat mempengaruhi sebagian siswa Sedangkan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada siang hari akan terasa begitu berat. Pada siang hari siswa mengalami kelelahan sehingga menyebabkan sukarnya berkonsentrasi dalam belajar. Ditambah dengan waktu istirahat yang digunakan oleh siswa untuk beraktifitas lain selain belajar itu akan mempengaruhi konsentrasi belajar setelah waktu istirahat usai.
Belajar pada pagi atau siang hari akan terasa sama saja jika siswa termotivasi untuk belajar.
Berikut adalah tanggapan saya terhadap video yang sudah di tonton.
Judul video “Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari”
Karena mata pelajaran matematika dilakukan pada siang hari membuat kondisi kelas kurang kondusif dan konsentrasi anak pun berkurang. Reaksi yang diperlihatkan oleh siswa pun beragam ketika pembelajaran dimulai, dari yang asik sendiri, mengantuk, bahkan ada yang mengobrol dengan teman sebangkunya. Hal itu memvalidasi bahwa mapel MTK kurang cocok dilakukan di jam siang jika guru yang mengajar kurang menguasai materi dan kelas terlebih lagi jika pelajaran langsung dimulai tanpa adanya ice breaking yang akan membuat suasana belajar terlihat sangat monoton. Untungnya, guru tersebut cepat memahami kondisi kelas sehingga bisa membuat suasana kelas tersebut hidup kembali. Salah satunya dengan menggunakan media ajar seperti gambar tersebut.