silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

1,458 Comments

  1. Nama : Luthfia Adilla
    Nim : 857114908
    Pokjar : Bogor selatan
    Setelah saya menon vidio pembelajaran tentang siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ialah guru sudah bagus dalam melaksanakan pembelajaran karena sudah menggunakan media gambar, metode eksperimen langsung dan melatih siswa untuk tampil didepan kelas. Namun, pada pembukaan pembelajaran masih ada beberapa siswa yang belum konsentrasi. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang dilaksanakan pada siang hari dan biasanya di mindset para perserta didik sudah tertanam bahwa matematika itu pelajaran yang membosankan dan sulit. Tugas seorang guru disini ialah harus merubah mindset tersebut dengan cara dalam menyampaikan materi harus lebih menarik dan bisa juga di lakukan ice breaking di awal pembelajaran ataupun di sela” Pembelajaran.

  2. Nama : Herwinda Okta Nur Asyifa
    NIM : 858565235
    setelah saya menonton video di atas, siswa cenderung tidak fokus saat belajar matematika di siang hari. Hal ini dapat disebabkan karena mereka kelelahan, suhu ruangan yang meningkat, maupun pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa. Dalam video tersebut Pak Guru sudah melakukan pembelajaran dengan metode demonstrasi melalui gambar yang ditempel di depan kelas. Namun siswa masih tetap tidak fokus. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat fokus belajar di siang hari adalah melakukan ice breaking, dengan melakukan ice breaking diharapkan semua siswa terlibat, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi siswa dan guru dapat melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan media yang menarik supaya siswa tidak bosan dan jenuh

  3. Nama: KIKI MEILASARI
    Nim:856977497
    Setelah saya menonton vidio pembelajaran tentang siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ialah guru tersebut sudah bagus dalam melaksanakan pembelajaran tersebut, karena di dalam pembelajarannya guru sudah menggunakan media gambar, menggunakan metode eksperimen langsung dan guru sudah melatih kepercayaan murid untuk tampil di depan kelas yaitu mengukur panjang gambar. Namun, dalam pembelajaran matematika tersebut masih ada beberapa murid yang belum konsentrasi di saat kegiatan pembukaan pembelajaran. Hal ini bisa terjadi munkin karena pembelajaran matematika yang dilakukan pada siang hari dan yang mana biasanya diaanggap sulit dan membosankan oleh siswa. Dan Agar siswa dapat lebih berkonsentrasi ,jadi seorang guru harus merubah mindset mereka bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan, salah satu caranya
    adalah dalam pembawaan saat penyampaian materi dapat dibuat lebih menarik lagi dan menyenangkan dengan salah satu caranya diadakan ice breaking.
    Maka anak lebih konsentrasi dan belajar dengan senang dan ceria .

  4. nama:leni lesmina
    nim:859763339
    setelah saya melihat vidio tersebut Sebaiknya pembelajaran matematika dilakukan dengan mengkreasikan pembelejaran dengan games yang masih berkaitan dengan pembelajaran sehingga siswa tidak merasa jenuh mengikuti pelajaran.Video diatas juga diperlihatkan siswa yang kurang siap untuk belajar karena alat tulis yang dibawa tidak lengkap. Guru harus mempunyai trik yang menarik untuk membuat siswa semangat lagi seperti pada video diatas dilakukan tanya jawab agar siswa tidak mengantuk disertakan dengan media gambar sehingga menarik perhatian siswa

  5. NAMA : JUNIKA VERANI HALOHO
    NIM : 856057489
    POKJAR : SALUT PERMATA LABURA
    UPBJJ : MEDAN
    SEMESTER : 6 PGSD

    Mengenai video yang saya tonton tentang “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari” mengenai pengajaran video itu sudah benar karna dengan kita menampilkan media gambar dan siswa di ajak ikut berpartisipasi disitu lah siswa berperan aktif atau makin aktif dalam memulai pelajaran matematika

  6. Nama : RISMA
    NIM : 859762004

    setelah saya menonton video di atas, saya melihat siswa cenderung tidak fokus saat belajar matematika di siang hari. Hal ini dapat disebabkan karena mereka kelelahan, suhu ruangan yang meningkat, maupun pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa. Seharusnya akan lebih bagus lagi jika guru tersebut memberikan motivasi belajar kepada siswa. Dan guru juga sudah menyiapkan alat berupa poster namun lebih baik jika alat pembelajaran tersebut lengkap. kelebihan guru juga terlihat dalam video tersebut. Guru tersebut sangat kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, yang membuat para siswa menjadi semangat untuk belajar dan berinteraksi dengan guru. Ini menciptakan kedekatan antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, serta mendorong siswa untuk merespon materi matematika secara kreatif.

  7. Nama :Hilyatun nisak
    Nim :855746126
    Pokjar :kotaagung
    Upjj :Bandar lampung

    Setelah saya menon vidio pembelajaran tentang siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ialah guru sudah bagus dalam melaksanakan pembelajaran karena sudah menggunakan media gambar, metode eksperimen langsung dan melatih siswa untuk tampil didepan kelas. Namun, pada pembukaan pembelajaran masih ada beberapa siswa yang belum konsentrasi. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang dilaksanakan pada siang hari dan biasanya di mindset para perserta didik sudah tertanam bahwa matematika itu pelajaran yang membosankan dan sulit. Tugas seorang guru disini ialah harus merubah mindset tersebut dengan cara dalam menyampaikan materi harus lebih menarik dan bisa juga di lakukan ice breaking di awal pembelajaran ataupun di sela” Pembelajaran.

  8. Nama :Hilyatun nisak
    Nim :855736126
    Pokjar : Kotaagung
    Upjj : Bandar lampung

    Setelah saya menon vidio pembelajaran tentang siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ialah guru sudah bagus dalam melaksanakan pembelajaran karena sudah menggunakan media gambar, metode eksperimen langsung dan melatih siswa untuk tampil didepan kelas. Namun, pada pembukaan pembelajaran masih ada beberapa siswa yang belum konsentrasi. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang dilaksanakan pada siang hari dan biasanya di mindset para perserta didik sudah tertanam bahwa matematika itu pelajaran yang membosankan dan sulit. Tugas seorang guru disini ialah harus merubah mindset tersebut dengan cara dalam menyampaikan materi harus lebih menarik dan bisa juga di lakukan ice breaking di awal pembelajaran ataupun di sela” Pembelajaran.

  9. Nama : Dina B Mandibondibo
    Nim : 859616484

    Berdasarkan pengamatan saya melalui video pembelajaran diatas, ketika siang hari guru masuk kedalam kelas dan menyampaikan mata pelajaran yang akan diajarkan adalah matematika, tampak terlihat sebagian besar siswa didalam kelas merasa keberatan, namun sebagai seorang guru agar dapat mengendalikan keadaan kelas, maka harus memiliki strategis pembelajaran yang tepat dan sesuai. Sehingga membuat siswa menjadi semangat dan termotivasi dalam mengikuti pelajaran matematika pada siang hari

  10. NAMASetelah saya melihat video pembelajaran terhadap Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari merupakan hal yang sangat wajar terjadi di sekolah, hal ini terjadi karena pada siang hari siswa telah merasakan lelah, lapar belajar mulai dari pagi dan harus kembali belajar matematika pada siang hari yang memerlukan konsentrasi tinggi tentu kondisi siswa sudah tidak seaktif pada pelajaran yang dilakukan pagi hari, siswa cenderung merasa bosan, lelah, lapar, dan mengantuk. Adapun cara yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menghidupkan kembali suasana kelas yang menyenangkan, tidak mau terlalu memberikan tekanan kepada siswa, melakukan icebreaking, memastikan semua siswa melakukan interaksi dengan guru, serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya, tentunya melalui cara ini konsentrasi siswa dapat meningkat lagi, pelajaran matematika tidak selalu dilakukan dengan cara perhitungan namun bisa juga dilakukan dengan cara pengaplikasian pada benda-benda yang mudah diperoleh. pembelajaran yang diberikan tidak mototon siswa diajak aktif dalam kelas, misal dengan bermain peran agar siswa tidak bosan.

Leave a Reply