silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
NAMA : WENING LIMADANINGTIAS
NIM : 857699625
Setelah saya melihat video pembelajaran terhadap Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari merupakan hal yang sangat wajar terjadi di sekolah, hal ini terjadi karena pada siang hari siswa telah merasakan lelah, lapar belajar mulai dari pagi dan harus kembali belajar matematika pada siang hari yang memerlukan konsentrasi tinggi tentu kondisi siswa sudah tidak seaktif pada pelajaran yang dilakukan pagi hari, siswa cenderung merasa bosan, lelah, lapar, dan mengantuk. Adapun cara yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menghidupkan kembali suasana kelas yang menyenangkan, tidak mau terlalu memberikan tekanan kepada siswa, melakukan icebreaking, memastikan semua siswa melakukan interaksi dengan guru, serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya, tentunya melalui cara ini konsentrasi siswa dapat meningkat lagi, pelajaran matematika tidak selalu dilakukan dengan cara perhitungan namun bisa juga dilakukan dengan cara pengaplikasian pada benda-benda yang mudah diperoleh. pembelajaran yang diberikan tidak mototon siswa diajak aktif dalam kelas, misal dengan bermain peran agar siswa tidak bosan.
PUTRI RAHAYU
857105339
Kondisi kelas yang bising, gangguan dari teman sekelas, atau suara luar ruangan dapat mengganggu pemusatan perhatian siswa. Ketidakmampuan untuk memfokuskan perhatian mereka pada materi yang diajarkan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif dapat menyebabkan siswa kehilangan minat dan fokus dalam memahami materi pelajaran . Jika siswa hanya diberikan penjelasan yang panjang lebar tanpa adanya interaksi atau kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif, maka siswa cenderung menjadi bosan dan sulit untuk berkonsentrasi.pelajaran matematika tidak selalu dilakukan dengan cara perhitungan namun bisa juga dilakukan dengan cara pengaplikasian pada benda-benda yang mudah diperoleh. pembelajaran yang diberikan tidak mototon siswa diajak aktif dalam kelas, misal dengan bermain peran agar siswa tidak bosan.
Dan kemungkinan dari Lingkungan belajar yang tidak sesuai Ruangan kelas yang tidak nyaman, panas, atau kurang pencahayaan dapat mengganggu konsentrasi siswa.Kondisi kelas yang bising, gangguan dari teman sekelas, atau suara luar ruangan dapat mengganggu pemusatan perhatian siswa. Ketidakmampuan untuk memfokuskan perhatian mereka pada materi yang diajarkan
NAMA : Rifqi irsyadi
NIM : 85896735
POKJAR : MANGLI
anak anak sangat aktif ketika guru memberikan pembelajaran yang menarik minat siswa.kelemahan pada pembelajaran tersebut guru kurang aktif dan tidak melibatkan siswa dalam menggunakan media pembelajarannya, mengakibatkan anak mengantuk karena tidak ada interaksi antara guru dan murid.Guru tersebut kreatif dalam menggunakan media visual yang dapat menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran, guru memberikan motivasi dengan menjelaskan manfaat pembelajaran matematika.Guru memepersiapkan alat peraga yang menarik agar menarik perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran.
Nama : Angelita Dwi Putri
Nim : 856466662
UPBJJ UT : RENGAT
Video ini sangat membantu saya untuk memahami cara apa yang mampu membuat anak tidak bosan dan suka dengan pelajaran matematika.
Selama ini anak selalu berpikir bahwa pelajaran matematika itu sangat menakutkan dan membosankan. Namun guru dapat menghilangkan persepsi itu dengan membuat kelas yg nyaman dan pembelajaran yg menarik serta menyenangkan bagi anak anak.
Video ini juga menampilkan bagiamana agar anak mampu berkonsentrasi dalam pelajaran matematika.
Good
Menurut pendapat saya, dalam video tersebut sangat tidak kondusif, siswa tidak konsentrasi dalam belajar pelajaran matematika di siang hari siswa tampak bosan saat pembelajaran berlangsung . Pada awal pembelajaran guru tidak memberikan sapaan atau salam pembuka pada siswa, kemudian motivasi yang dilakukan oleh guru tersebut sudah bagus dan dapat menarik perhatian siswa.
Materi yang di sampaikan kurang jelas karena guru langsung mengajak siswa untuk melihat gambar tanpa ada penjelasan dan panduan terlebih dahulu. Materi yang di pelajari hari itu adalah “Pengukuran Satuan Panjang”. Guru langsung meminta siswa mengukur tanpa menjelaskan terlebih dahulu yang mana satuan panjang dan yang mana satuan lebar, saat guru meminta siswa mengukur menggunakan mistar seharusnya diukur dari bawah dahulu, meskipun media yang dipakai adalah media gambar, namun di kehidupan nyata pengukuran selalu dilakukan dari bawah.
Pembelajaran matematika yang paling efektif dilakukan pada siang hari yaitu guru harus berusaha membuat pembelajaran lebih kreatif dengan cara menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan yang membuat siswa lebih fokus memperhatikan gurunya di depan kelas. Misalnya, dengan menyampaikan materi yang menyenangkan, seperti materi matematika dijadikan sebuah lagu, misal tentang menghafal rumus matematika. Hal ini, akan membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam menghafal materi tersebut. Dan juga bisa membawa siswa belajar diluar kelas dengan melihat pembelajaran lebih kreatif dengan cara menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan yang membuat siswa lebih fokus memperhatikan gurunya di depan kelas.
Misalnya, dengan menyampaikan materi yang menyenangkan, seperti materi matematika dijadikan sebuah lagu, misal tentang menghafal rumus matematika. Hal ini, akan membuat siswa menjadi lebih bersemangat dalam menghafal materi tersebut. Dan bisa membawa siswa belajar diluar kelas dengan melihat benda-benda konkret yang ada diluar kelas, dan masih banyak lagi hal-hal yang menyenangkan pada saat pembelajaran yang menarik perhatian siswa yang harus diterapkan oleh seorang guru. Oleh sebab itu, seorang guru harus lebih kreatif dan harus memilih metode pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Nama : AHMAD WIJAYA
NIM. : 857001723
Menurut pendapat saya Siswa tidak konsentrasi dikarenakan kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal tersebut misalnya, ribut dengan temantemannya dan mengatuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada diluar kelas sehingga siswa akan lebih bersemangat dalam menerima materi.
NAMA = IRA SEFTIANTI
NIM = 857002116
POKJAR = SALUT WAY TUBA, BANDAR LAMPUNG
menurut saya sudah dapat ditangkap kelemahan dari kegiatan pembelajaran matematika yang dilakukan di jam siang hari disini bukan tentang jam berapa siang atau pagi tetapi bagaimana cara guru mengkondisi kan kelas agar bisa kondusif serta menyenangkan dan mencari cara alternatif lain dalam mengajarkan matematika agar siswa dapat menyukai matematika.
Nama : Taufik Hidayat
Nim : 857002757
Pokjar : way tuba
UPBJJ : Bandar Lampung
Menurut saya,ada beberapa point pada video tersebut, yaitu :
– Reaksi siswa terlihat asyik sendiri, lebih suka bermain dan mengobrol bersama temannya
– Kelemahan guru :
– pengambilan jam pelajaran yang kurang tepat karena dilakukan pada siang hari dimana siswa sudah lelah dan tidak sabar untuk pulang
– guru hanya fokus pada materi yang di ajarkan
– guru tidak memberikan penguatan materi
– guru tidak memberikan awalan dan ice breaking
– Kelebihan guru:
– suara guru yang lantang membuat siswa fokus pada materi yang disampaikan
– Pertanyaan yang dilontarkan oleh guru membuat siswa antusias menjawab dan terlibat dalam pembelajaran
– Dengan media gambar sederhana guru dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif
– hal unik pada video pembelajaran masih tetap bisa berjalan meskipun siswa sudah terlihat malas di siang hari
– Guru perlu meningkatkan kualitas mengajar dengan mengganti jam pada pagi hari disaat siswa masih fresh
– Seharusnya media yang digunakan harus lebih menarik dan konsentrasi seperti menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang disampaikan
Nama : Kezia Priskila K
UPBJJ : UT Kendari
Pokjar : Wanggudu
Izin berkomentar.
Dari analisis saya terhadap video tersebut, terdapat Kelemahan yang terlihat dalam video pembelajaran ialah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang memadai. Hal ini dapat mengakibatkan kurangnya kejelasan dalam penyampaian materi dan mempersulit siswa untuk memahami konsep yang diajarkan. Selain itu, ketiadaan kegiatan ice breaking pada awal pembelajaran juga dapat menyebabkan kurangnya keterlibatan siswa dan kesulitan dalam menciptakan ikatan antara guru dan siswa.Selanjutnya, dalam video tersebut terlihat bahwa anak-anak didik tidak sepenuhnya fokus dengan penjelasan yang diberikan oleh guru. Mayoritas dari mereka terlihat lebih asik dengan kegiatan mereka sendiri, yang mengindikasikan kurangnya keterlibatan dan minat dalam pembelajaran.
NAMA = KHOIRUL UMAM
NIM = 857002123
POKJAR = SALUT WAY TUBA, BANDAR LAMPUNG
Menurut saya sebaiknya sebelum memulai pembelajaran siswa diajak melakukan ice breaking atau bermain game pembelajaran terlebih dahulu mengingat disiang hari para siswa cenderung sudah merasa lelah dan mengantuk, metode pembelajaran yg digunakan pun harus menggunakan metode yg menarik dan tidak membosankan dengan cara mengajak siswa mengaitkan pembelajaran dengan benda yang ada disekitar.