silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.
Mulyadi
Pakar Dosen
Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.
Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.
Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.
Drs. Edi Prayitno, M.Pd.
Pakar Guru
1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.
2. Standar strategi masih ceramah.
3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.
4. Sudah sesuai dengan peserta didik.
Etty Misawati
NAMA MAHASISWA : CUT HASANAH
NIM: 857565651
PRODI: PGSD
“Setiap siswa tentunya punya gaya belajar, dan yang pasti berbeda dari siswa lainnya. Dalam hal tersebut pentingnya guru membangkitkan semangat jika siswa sudah menurun konsentrasi. mencari solusi untuk mempertahankan konsentrasi tersebut. Banyak faktor yang menjadikan konsentrasi belajar siswa menurun, salah satunya gaya belajar yang kurang diminati, sebagai seorang guru tentunya kita harus punya cara untuk mendukung dan menerapkan sistem belajar bagi mereka agar mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya. Mari kita jaga lingkungan
belajar yang kondusit dan fokus, agar setiap siswa merasa didengar dan didukung dalam pencapaian mereka.
Nama : Putri Wahyuni
NIM : 857565558
UPBJJ : Purwokerto
Media pembelajaran sangat penting karena dengan adanya media, proses belajar menjadi lebih dinamis dan siswa menjadi lebih aktif serta antusias. Terutama jika media pembelajaran berupa benda nyata. Penggunaan media nyata membuat materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh siswa dan tujuan pembelajaran lebih mudah tercapai. Oleh karena itu, perencanaan penggunaan media dalam pembelajaran harus diperhatikan. Media yang digunakan tidak harus modern atau mahal, media dari lingkungan sekitar yang sesuai dengan materi pembelajaran juga bisa digunakan. Guru harus kreatif dalam memilih media yang akan dipakai. Dalam video, guru masih kurang berinteraksi dengan siswa. sehingga siswa masih kurang bersemangat.
Nama: Rahmat Hardianto
NIM: 857565526
Pokjar: Kedungreja
UPBJJ UT Purwokerto
Berdasarkan video tersebut, menurut saya terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Seringkali, siswa mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi, terutama pada jam-jam terakhir pembelajaran atau pada siang hari. Untuk mengatasi hal ini, guru dapat mempertimbangkan penjadwalan ulang mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi tinggi seperti matematika ke pagi hari, saat energi dan fokus siswa masih optimal. Selain itu, metode ceramah yang menjadi standar strategi pembelajaran saat ini mungkin kurang efektif, khususnya dalam pelajaran yang membutuhkan pemahaman mendalam dan keterlibatan aktif siswa. Oleh karena itu, menggabungkan metode ceramah dengan pendekatan lain seperti diskusi kelompok, pembelajaran berbasis proyek, atau penggunaan media interaktif dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Ketika guru hanya berdiri di depan kelas dan keterlibatan siswa masih minim, efektivitas penyampaian materi juga berkurang. Guru perlu lebih sering berinteraksi dengan siswa, memberikan umpan balik, dan memastikan semua siswa memahami materi yang diajarkan, menggunakan alat bantu visual dan teknologi pendidikan untuk menjelaskan konsep yang kompleks dengan lebih jelas. Meskipun materi pembelajaran sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik, cara penyampaiannya juga harus disesuaikan agar lebih efektif. Dengan memanfaatkan pendekatan yang bervariasi sesuai dengan gaya belajar siswa (visual, auditori, kinestetik), pemahaman dan retensi informasi dapat ditingkatkan. Secara keseluruhan, meningkatkan kualitas pembelajaran matematika memerlukan pendekatan yang lebih holistik, mencakup penyesuaian jadwal, metode pengajaran yang lebih interaktif, peran aktif guru dalam kelas, dan penggunaan berbagai media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Nama : Sulastri
Nim : 857565647
Prodi : PGSD S-1 Purwokerto
Pembelajaran matematika ada siswa yang menyukai dan ada juga yang tidak menyukai pembelajaran matematika, terutama kalau sudah siang, minat siswa belajar itu menurun karena lelah saat bermain atau karena rasa lapar dan juga karena mengantuk. Sebagai guru bagaimana cara kita agara siswa tetap aktif dalam pembelajaran tersebut? Kita harus menggunakan metode yang menarik minat Siswa misalnya dengan melibatkan siswa dalam pembelajaran tersebut, menggunakan media atau gambar yang mudah di pahami dan menarik oleh siswa serta memberikan umpan balik kepada siswa.
Nama : Ambar Hartatun
Nim : 857565597
Setelah menonton video pembelajaran di mana seorang guru berusaha mengatasi masalah ketidak-konsentrasian siswa saat belajar matematika di siang hari, saya melihat bahwa pendekatannya sudah cukup efektif. Guru tersebut menggunakan berbagai metode seperti penggunaan media gambar dan eksperimen langsung, serta mengajarkan kepercayaan diri kepada siswa dengan kegiatan mengukur panjang gambar di depan kelas. Meskipun demikian, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian saat pembukaan pembelajaran. Ini mungkin disebabkan oleh persepsi umum bahwa matematika sulit dan membosankan, terutama saat diajarkan pada siang hari. Untuk meningkatkan konsentrasi siswa, guru perlu mengubah mindset mereka tentang matematika dengan mengedepankan ide bahwa matematika dapat dipahami dengan mudah dan menyenangkan. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan membuat penyampaian materi lebih menarik dan menyenangkan, misalnya dengan mengadakan ice breaking atau kegiatan pembuka yang interaktif. Dengan pendekatan ini, siswa dapat lebih fokus dan belajar dengan semangat serta keceriaan.
Nama: Novita Rani, NIM: 857565605, Prodi: PGSD-S1, UPBJJ : UT Purwokerto, Pokjar: Kedungreja, Semester 8.
Izin menanggapi video tersebut.
Berdasarkan video tersebut, pembelajaran yang dilakukan menunjukkan pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan mencapai tujuan pembelajaran khususnya pada tingkat konsentrasi siswa saat belajar Matematika pada siang hari. Kita sebagai guru perlu kreatif dalam memilih media sesuai dengan materi yang disampaikan. Selain itu, interaksi didalam kelas sangat penting dilakukan oleh guru dan siswa baik dari mengawali, pelaksanaan maupun menutup pembelajaran seperti melakukan pertanyaan pemantik, menggunakan media pembelajaran yang menarik, melakukan umpan balik serta melakukan kegiatan refleksi. Kelebihan dari video tersebut adalah menyadari tingkat konsentrasi siswa pada siang hari saat belajar matematika, menggunakan media yang cukup menarik bagi siswa. Yang perlu diperbaiki adalah melakukan persiapan awal belajar siswa yang lebih baik, menggunakan media yang lebih bervariasi sesuai materi yang disampaikan, penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan materi, meningkatkan interaksi dalam kelas serta melakukan kegiatan refleksi.
Sekian dari saya, terimakasih.
Nama : Farida Romaulina Purba
NiM : 501222301
Prodi : MPDr UT Bogor
Berdasarkan Video yang saya tonton perlunya kesiapan siswa dalam mempersiapkan alat belajarnya agar waktu menjelaskan tidak terpotong. dan guru memiliki startegi dalam mengajar mapel mtk disiang hari karena saat siang hari fokus anak sudah berkurang untuk belajar. guru harus mempersiapkan alternatif cara mengajar untuk menangani siswa yang kurang konsentrasi. pada video tersebut guru mampu menyampaikan materi belajar dengan mengajak siswa berinteraksi menyebutkan nama-nama benda sehingga membuat siswa tertarik untuk menyebutkan berbagai benda. perbaikan yang perlu dilakukan adalah perluinya ice breking sebelum memulai pelajaran disiang hari dan persiapan belajar yang lebih menarik. Terima kasih
Bissmillahhirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr Wb
NAMA : AMALIA LISYALAMA
NIM : 501312313
PRODI : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : SAMARINDA
Ijinkan saya mengomentari video pembelajaran diatas pada mata pelajaran matematika di SEKOLAH DASAR.Pertama-tama pembelajaran diatas sudah menunjukkan pembelajaran yang sangat menarik,dimana pada saat awal pembelajaran guru sedikit mengalami kendala tentang konsentrasi peserta didik.Sehingga daya tarik peserta didik terhadap pembelajaran tidak konsentrasi,ini mungkin dikarenakan pembelajaran saat siang hari.Namun guru saat menggunkan atau menunjukkan media pembelajaran,maka perhatian peserta didik mulai fokus dalam pembelajaran.Sehigga saya sangat setuju dengan teknik atau metode guru untuk menarik minat atau konsentrasi peserta didik.Bahwa dengan menggunkan media pembelajaran,tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik.Karena hakikatnya peserta didik usia SEKOLAH DASAR,sangat menyukai metode belajar sambil bemain dan atau banyak menggunakan macam raga media pembelajaran.
Bissmillahhirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr Wb
NAMA : AMALIA LISYALAMA
NIM : 501312313
PRODI : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : SAMARINDA
Ulasan saya tentang pembelajaran diatas pada mata pelajaran matematika di SEKOLAH DASAR.Pertama-tama pembelajaran diatas sudah menunjukkan pembelajaran yang sangat menarik,dimana pada saat awal pembelajaran guru sedikit mengalami kendala tentang konsentrasi peserta didik.Sehingga daya tarik peserta didik terhadap pembelajaran tidak konsentrasi,ini mungkin dikarenakan pembelajaran saat siang hari.Namun guru saat menggunkan atau menunjukkan media pembelajaran,maka perhatian peserta didik mulai fokus dalam pembelajaran.Sehigga saya sangat setuju dengan teknik atau metode guru untuk menarik minat atau konsentrasi peserta didik.Bahwa dengan menggunkan media pembelajaran,tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik.Karena hakikatnya peserta didik usia SEKOLAH DASAR,sangat menyukai metode belajar sambil bemain dan atau banyak menggunakan macam raga media pembelajaran.
Nama: Narti Harahap
NIM: 501122653
Setelah menonton vidio yang berjudul “Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari”, beberapa hal penting menarik perhatian saya, diantaranya:
Pada kegiatan pendahuluan guru tarlihat kurang terampil mengkondisikan kelas dan tidak melakukan apersepsi dengan baik. Guru masih mendominasi dengan ceramah saja tanpa menarik perhatian siswa, seharusnya dalam kondisi siang hari siswa diajak ice breaking agar siswa berkonsentrasi dan semangat kembali mengikuti pembelajaran.
Setelah guru tersebut menggunakan berbagai metode seperti penggunaan media gambar dan eksperimen, siswa mulai tertarik dan ikut berpartisipasi dalam pembelajaran. sebagian siswa sudah berani mengacungkan tangan dan memberikan respon atas pertanyaan guru, selain tiu ada juga siswa yang berani tampil ke depan untuk mengukut gambar sebuah gedung yang ditunjukkan guru di papan tulis. Meskipun demikian, beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian saat pembukaan pembelajaran. Ini mungkin disebabkan oleh persepsi umum bahwa matematika sulit dan membosankan, terutama saat diajarkan pada siang hari. Untuk meningkatkan konsentrasi siswa, sebaiknya guru mengajak siswa keluar kelas untuk mengukur benda-benda disekitar, misalnya mengukur panjang meja, atau panjang lapangan, dll dengan begitu, sangat memungkinkan siswa banyak terlibat dan bergerak. Hal itu salah satu cara untuk membuat penyampaian materi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan pendekatan ini, siswa dapat lebih fokus dan belajar dengan senang dan semangat.